Bogor Helar Run 2017: Break My Limit

Bismillahirrahmaanirrahiim
Alhamdulillah hingga detik ini masih diberikan kesempatan oleh Allah untuk menulis, serta nikmat-Nya yang senantiasa tercurah. Malam ini ingin bercerita tentang kegiatan yang saya ikuti tadi pagi. 

Punya waktu free yang sedikit di weekend bukan berarti tak berkegiatan, alhamdulillah pagi ini (10/09/2017) bisa memanfaatkan waktu sebelum pukul 11.00 WIB. Saya mengikuti Bogor Helar Run 2017 yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen program ekstensi, Institut Pertanian Bogor. Awalnya saya mendapat informasinya dari salah satu grup komunitas di whatsapp dan saya langsung teringat dengan sahabat SMP saya, mbak Niken serta kawan sekelas saya di SIL, mas Akbar. Saya penasaran bagaimana jadi runner seperti mbak Niken dan mas Akbar. Mbak Niken sudah pernah menempuh a half maraton, dan mas Akbar bisa di bilang sudah elite karena pernah lari lintas provinsi. Inspiratifnya lagi mas Akbar ini lari untuk donasi. Sungguh kemuliaan hati mereka berdua dengan hobi yang mereka tekuni. Ohya, Bogor Helar Run 2017 yang bertema penghijauan ini sudah berlangsung sejak tahun 2016 jadi pesertanya juga banyak.
Singkat cerita sayapun mendaftar dan mengajak rekan di Lab, Lily namanya. Kamipun sepakat untuk mengambil race pack tadi pagi karena kami berhalangan hadir saat jadwal pengambilan. Sebenarnya ada kawan alumni SMASA juga yang mau ikut tapi tadi pas hari  H beliau ada agenda mendadak, jadi tidak bisa hadir. Pagi tadi, pukul 04.00 WIB saya dan Lily sudah terhubung via WA, berkoordinasi untuk berangkat langsung setelah sholat Subuh. Alhamdulillah, sesuai rencana dan kami sampai di IPB Baranangsiang pukul 05.20 WIB. Terima kasih Abang Gojek, menempus pagi, alhamdulillahnya tidak macet ya. 

Saya dan Lily langsung menemui panitia untuk mengambil race pack  yang berisi kaos jersey dan nomor peserta. 702 adalah angka cantik saya. Lalu, pelari amatir seperti kami yang baru sekali ini mengikuti kegiatan seperti ini, kamipun sibuk memperhatikan sekitar. Kami memperhatikan apa sih  yang dilakukan para runner tersebut.hehe..polos ya...Sayapun melihat salah satu komunitas lari sedang melakukan pemanasan, sayapun mengikutinya dari jauh. Serasa seperti virtual warming up, setelah itu pukul 06.00 WIB acara dimulai dengan pemanasan yang dipimpin kakak dari Run for Indonesia. Alhamdulillah, seru sekali pemanasannya dan sangat bermanfaat untuk pemula seperti saya. Pun agar tak cidera selama perjalanan.
Setelah pemanasan acara dibuka secara resmi oleh wakil dekan kemudian dilanjutkan dengan persiapan untuk start. Kalau tidak salah melihat jam, start dimulai hampir 06.45 WIB tapi saya lupa tidak melihat jam pastinya berapa, hanya melihat dari dokumentasi foto terakhir. Start saya berada di belakang tapi tetap semangat terdepan. Apalagi depan saya sudah sepuh, ada yang anak-anak dan adapula yang pasangan suami istri yang romantis.

Balon sudah diterbangkan dan kamipun lari dengan ritmenya masing-masing. Sayapun masih aman. Rute yang kami lewati adalah Kebun Raya Bogor. Kamipun melalui underpass dan masuk KRB melalui pintu 3. Ketika masuk di KRB masih aman, namun ketika di pertengahan yang tertulis 2.5KM mulai napas tidak teratur. Alhamdulillah ada water station dan sayapun berhenti untuk minum. Lalu perjalananpun berlanjut, setiap napas saya terasa ngap saya beralih ke jalan cepat atau sekedar streching, entah yang saya lakukan ini benar atau salah. Saya merasa trek 2.5KM terakhir seperti lebih jauh dari yang awal dan baru diakhir perjalanan saya baru ngeh kalau yang kami tempuh sekitar 6.17KM berdasarkan aplikasi run peserta lain. 
Pertama kalinya ikut event lari dan saya langsung membayangkan mbak Niken, mas Akbar dan runner lainnya, bagaimana mereka memanage tenaga agar stay strong . Kata mbak Niken kalau yang lari 20K kadang merasa jenuh dalam perjalanan. Lalu mbak Niken memberikan tips ke saya untuk terus meningkatkan jarak lari dan menyamakan ritme kaki dan napas yang saling mengikuti. Next 10K ya mbak...kata mbak Niken.

Dibeberapa titik saya kembali atur napas agar tetap bisa sampai akhir, alhamdulillah perut tidak bermasalah walau belum makan, tapi diakhir-akhir sudah sunduken, apa ya bahasa Indonesianya.hehe...Akhirnya saya terus berlari, dan selama perjalanan saya dan Lily sepakat untuk tidak saling menunggu karena ritme kami berbeda. Kami takut jika berhenti, untuk lanjut lagi susah. Lintasan yang dilalui di KRB ada yang menanjak, turunan ataupun yang lurus namun di suguhi pemandangan dan udara yang segar. 
Semua peserta berlari pada treknya masing-masing namun ada juga yang berswafoto dengan teman komunitasnya, ada yang selfie dan sayapun tak ada foto sama sekali selama berlari.hehe...Saya juga baru ngeh euy kalau ternyata KRB masih luas, beberapa kali kesana ternyata masih banyak spot yang belum saya kunjungi dan alhamdulillah bisa tau saat lari kemarin. 

Ketika hampir sampai di pintu keluar KRB, yaitu pintu 3, kami diberhentikan, katanya protokoler Presiden akan lewat. Kamipun berheti dan kesempatan menghela napas. Setelah 3 menit berlalu, Sayapun melanjutkan perjalanan yang kurang sedikit lagi, tapi biasanya yang terakhir inilah yang sering terlupakan. Untuk kedua kalinya menjajaki trek underpass dan semakin semangat menuju finish. Ada haru bercampur semangat saat melihat tulisan FINISH dan sayapun semakin terpush untuk segera selesai. Tampak di belakang garis finish kami telah dinanti oleh panitia berpakaian adat dengan sorak sorai semangatnya. Dan....alhamdulillah 07.20an FINISH. Kata mbak Niken sih sudah bagus 5K tidak sampai satu jam, mungkin kalau saya hitung hanya 40an menit bisa jadi tidak sampai itu.
Alhamdulillah dengan mengikuti kegiatan Bogor Helar Run 2017 ini saya bisa memecah keterbatasan saya yang awalnya sempat ragu mendaftar. Pun lari ini menyadarkan saya untuk tetap semangat dengan segala kondisi yang kadang membuat saya punya pilihan berhenti atau lanjut. Apapun yang terjadi, harus tetap semangat, meski jungkir balik harus tetap kuat sampai tujuan tercapai.

Alhamdulillah sesampainya di garis akhir, panitia memberikan medali finisher beserta goodie bag dari Nivea yang berisi produk Nivea, pocari sweat, air mineral, bibit tanaman, pisang serta permen Yupi. Lalu kamipun melakukan pendinginan bersama saat semua peserta sudah berkumpul. 

Setelah pendinginan acara langsung dilanjutkan dengan games, mengunjungi stand sponsor dan tak lupa silaturahim antar runner. Kamipun juga foto di photobooth yang telah disediakan panitia. Ohya, sayangnya isi bingkisannya Nivea Men semua, terus saya kasih ke siapa, pikir saya saat di lapangan.hehe...Finally ada yang mau ternyata.

Akhirnya seluruh rangkaian kegiatan selesai pukul sembilan pagi dan saya serta Lily kembali ke Dramaga. Alhamdulillah masih bisa berkegiatan dan siangnya ke Lab. ^^
***
Wisma Wageningen-Puri Fikriyyah, 10-11 September 2017
Vita Ayu Kusuma Dewi

Comments

  1. A dua
    dữ
    Ao nước
    bậc nhất
    Bội nghĩa
    đình công
    hội đàm
    giới trẻ
    bao bọc
    cần
    cá tính
    mách nhỏ
    bây giờ
    ngoại hình
    kế bên
    ngoại trừ
    cách
    xem nhẹ
    sắp xếp
    vì thế
    bớt xén
    to kềnh
    bước ngoặt
    marketing
    người mua
    các
    loại
    cơ bản
    khởi thủy
    cần phải có
    cẩn thận
    ngoạm
    khó khăn
    gắt
    chắc chắn
    loại vải
    phân phối
    tầm giá
    yếu tố
    chính hãng
    chọn
    chống thấm nước
    chú ý
    chú ý
    đi lại
    chuyên dụng cho
    ra đời
    với
    kỹ thuật
    nhà hàng
    cùng
    shop
    vô cùng
    mỉm cười
    cứu
    đa dạng
    số đông
    đa số
    đặc biệt
    dại
    ham mê
    dáng vẻ
    phá huỷ
    bệnh tật
    đầu tiên
    toàn bộ
    để dành
    đem lại
    tới
    sang trọng
    rời khỏi
    ưu điểm
    điều tra
    vật dụng
    đơn giản
    giới hạn
    dùng
    dùng
    êm đềm
    giả
    ràng buộc
    mới đây
    gan góc
    thân quen
    thân mật
    gần
    gặp
    cấp tốc
    giả dụ
    giảng nghĩa
    tránh
    tránh
    hài hòa
    hết lòng
    tiên tiến
    tuyệt vời
    hơi
    thua kém
    kém
    kết cục
    kết quả
    bắt đầu
    luận điểm
    bao quát
    tự dưng
    lúc
    làm
    ko
    khuyến mãi
    kiện
    lăng băng

    hướng dẫn
    rét mướt
    lảo đảo
    lào xào
    tiện dụng
    lôi kéo
    lớn
    ma mãnh
    miêu tả
    mua
    nắm
    tài năng
    nặng trĩu
    nấu
    ngã
    kinh ngạc
    nhãn hiệu
    nhanh
    bừa bãi
    nhộn nhịp
    vượt trội
    nổi danh
    oai phong
    ổn định
    pha trộn
    thấp
    phẳng lặng
    phát triển thành
    nguyên tắc
    phù hợp
    quảng bá
    qua chuyện
    quan tâm
    rách
    rậm rì
    rẻ mạt
    rõ ràng
    bao la
    sạch
    thông minh
    sáng
    quý phái
    thâm thúy
    kinh hồn
    tái mét
    tai vạ
    bác tài
    tàn phế
    tang vật
    tàu bay
    thoả thích
    bác sĩ
    thừa thãi
    tiếp tục
    Tuy nhưng
    tối tăm
    ướt đẫm
    đụng phải
    khẩn khoản
    vắng ngắt
    vặt vãnh
    xa vời
    lãng phí
    xâm lược
    xanh lơ
    xấu xí
    van nài
    xong xuôi
    xu hướng
    ý muốn
    ỷ lại
    quần áo
    y chang
    yên ổn
    yêu đương
    yếu hèn

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar dimoderasi, yuk sambung silaturahim, saya akan langsung berkunjung balik ke sahabat semua ^^