Tips Belanja Agar Tak "Kalap"

Bismillahirrahmaanirrahiim
Random talk dimulai.hehe…Kenapa belum bahas tempat wisata atau yang wajib dikunjungi di Sydney, itu karena saya belum kemana-mana. Masih komitmen sama diri sendiri, selesain target baru main. Ya kadang pas hari Minggu keluar kalau ada yang ngajak, tapi paling hanya setengah hari :’D

Hari ini saya mau berbagi tips belanja ala mahasiswa selama di Australia, sebenarnya ini ala Vita :D Jadi kalau di dekat tempat tinggal saya, adanya IGA (300m), Woolworths (900m), Coles (2,3km), Woolworths dan Coles harganya cenderung lebih murah dari IGA. Alhamdulillahnya keduanya punya website yang harganya real time jadi tips sederhananya adalah list sebelum pergi dan manfaatkan promo :D 
Kenapa harus dilist? Karena rawan banget buat ngambil yang ga dibutuhin karena mungkin sedang promo. Seperti saat awal saya di sini, niat hati hanya beli kartu SIM, A$30 teh pulangnya nambah bera dan kebutuhan rumah tangga karena promo, dalihnya adalah "mumpung promo, kapan lagi" :'D

Website Woolworths dan Coles ini lengkap harganya tinggal ketik nama barang yang dicari, jadi kalu tidak dimanfaatkan sayang. Bahkan saya selalu buat tabel di excel sebelum belanja, kalau lebih murah W saya ke W, kalau C ya kadang nunggu weekend biar jalan sekalian :’D
Nah promonya juga kadang ga tanggung-tanggung setengah harga, saya pernah dapat promo beras hanya bayar A$7 untuk 5kg. Jadi hematnya sangat lumayan. Dibilang perhitungan, memang iya sih, selain hemat juga kalau yang murah yang lebih dekat kenapa harus ke yang jauh. Jujur saya untuk fasilitas umum di sini saya senang karena bisa menghemat waktu juga.

Seperti jadwal transportasi umum selalu ontime, tempat belanja harganya real time, jadi banyak waktu yang saya manfaatkan untuk yang lain. Mana di sini waktu terasa cepat, tiba-tiba sudah siang, tiba-tiba sudah sore atau malam. Alhamdulillah…semoga kita bisa memanfaatkan fasilitas yang sudah disediakan dengan semaksimal mungkin ya, jadi bisa berefek ke kebiasaan juga, seperti halnya transportasi jadi on time, belanja jadi seperlunya :) 

Semoga bermanfaat random talk ini.
***
Eveleigh, 14 November 2018
Vita Ayu Kusuma Dewi

Comments