Allah, Penghilang Segala Gundah

Bismillahirrahmaanirrahiim 
Suatu malam saya pulang cepat dari kampus, sekitar pukul 7 malam, padahal biasanya kalau memang tidak ada agenda lain bisa sampai jam 10 atau lebih. Saya tidak bisa menguraikan pikiran saya sendiri, sampai akhirnya memutuskan pulang ke kos daripada tanpa arti di depan komputer. Ada beberapa “highlight” di kepala yang sulit diungkapkan, dan sesampainya di kospun saya tidak berniat untuk menelan sebuah makanan. 

Usai sholat, saya menuju kasur halus saya dan menikmati alunan lagu Fix You hingga tanpa terasa tertidur seketika. Tidur malam itu terasa nyenyak dan bangun sebelum subuhpun menjadi fresh. Saya belum berpikiran apa-apa, mungkin memang sedang lelah dan butuh istirahat. Setelah Subuh, saya membuka aplikasi Muslim Pro untuk tadarus, sengaja tidak memakai mushaf karena kamar gelap dan teman sekamar belum bangun, jadi dengan HP lebih mudah. Seperti biasanya, di Muslim Pro ada ayat harian, dan masyaa Allah, entah mengapa saya merasa pas dengan kondisi tersebut. Surah itu adalah QS. Al Anfaal (8) ayat 11 T.T

Saya langsung ingat bagaimana Allah dengan mudah membuat saya tertidur, membangunkan dengan kondisi lebih tenang dari hari sebelumya, dan jujur pagi itu hujan termasuk saat saya berangkat ke kampus saya tidak memakai payung. Saya terkesima dengan kata "menguatkan hatimu", Allah sangat tau bagaimana kondisi hati dan pikiran hamba-Nya T.T 
(Ingatlah), ketika Allah menjadikan kamu mengantuk sebagai suatu penenteraman daripada-Nya, dan Allah menurunkan kepadamu hujan dari langit untuk mensucikan kamu dengan hujan itu dan menghilangkan dari kamu gangguan-gangguan syaitan dan untuk menguatkan hatimu dan memperteguh dengannya telapak kaki(mu) [QS. Al Anfaal (8) : 11]
Pada hari itu juga saya menjadi semangat menyelesaikan apa-apa yang belum diselesaikan, seolah satu ayat itu menjadi pengingat untuk terus bersabar dan yakin akan ketentuan Allah. Apapun kondisinya, Allah paham dan Allah akan membantu menguraikan agar tenang. Alhamdulillah, terima kasih ya Allah :')
***
Eveleigh, 2 Januari 2019
Vita Ayu Kusuma Dewi 

Comments