UGM Janji Kembalikan Uang Pendaftaran

| 0
Penulis : Mawar Kusuma Wulan | Editor : Latief
Selasa, 18 Januari 2011 | 20:03 WIB
MARCUS SUPRIHADI/KOMPAS IMAGES Sebagai konsekuensi dihapuskannya ujian seleksi mandiri, UGM akan mengembalikan uang pendaftaran jika pendaftar seleksi mandiri terpaksa tidak mau diintegrasikan ke SNMPTN.


YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Universitas Gadjah Mada berjanji akan menerima konsekuensi dihapuskannya seleksi mandiri pada penerimaan mahasiswa baru tahun ini. UGM akan mengembalikan uang pendaftaran jika pendaftar seleksi mandiri terpaksa tidak mau diintegrasikan ke SNMPTN.
"Kami akan terus mengomunikasikan kepada calon mahasiswa baru. Waktu masih panjang sehingga tidak akan menimbulkan kebingungan," kata Direktur Administrasi Akademik UGM yang juga Ketua Ujian Masuk UGM Budi Prasetyo Widyobroto dalam jumpa pers untuk mengumumkan penghapusan seleksi mandiri UGM di Rektorat UGM, Selasa (18/1/2011).
Rektor UGM Sudjarwadi menambahkan, seleksi mandiri melalui ujian tulis mampu mencetak mahasiswa
dengan rerata indeks prestasi kumulatif (IPK) yang lebih tinggi dibandingkan dengan rerata IPK mahasiswa yang masuk melalui UMPTN yang kemudian namanya diubah menjadi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Untuk pelaksanaan SNMPTN 2011, UGM terlibat dalam tim pembuatan soal SNMPTN bersama perguruan tinggi negeri, seperti ITB dan UI.
Sebelumnya, diberitakan di Kompas.com, Selasa (18/1/2011), UGM akhirnya menghapus seleksi jalur mandiri penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tulis (Utul) UM UGM yang telah dikembangkan sejak 2003. UGM akan menjaring 100 persen mahasiswa baru melalui pola SNMPTN yang terdiri dari ujian tulis dan undangan.
Budi Prasetyo Widyobroto menambahkan, pendaftar seleksi mandiri yang sudah telanjur akan diurus calon mahasiswa baru akan dipindahkan ke SNMPTN.
Menurut Sudjarwadi, pada seleksi tahun ini, soal-soal yang dikembangkan UGM melalui jalur seleksi mandiri telah banyak diintegrasikan ke dalam Utul SNMPTN. Ia mengatakan, karena sudah diintegrasikan ke dalam SNMPTN, seleksi mandiri UGM berupa ujian tulis ditiadakan.
Sebelumnya, UGM sempat berencana akan tetap melaksanakan seleksi mandiri sebelum pelaksanaan SNMPTN.
"Integrasi tersebut akan membuat hasil seleksi SNMPTN 2011 lebih berkualitas dan mampu menjaring mahasiswa terbaik yang kelak akan berjasa bagi bangsa dan negara," kata Sudjarwadi saat menggelar jumpa pers untuk mengumumkan penghapusan seleksi mandiri UGM di Rektorat UGM, Selasa (18/1/2011). share on facebook

0 komentar:

Sekilas Info:



Kotak pada kolom blok komentar ini masih kosong. Maka merupakan suatu kehormatan jika sobat menjadi orang yang paling pertama menuliskan komentar, baik berupa pujian, masukan, kritikan, maupun pertanyaan di kolom komentar yang terletak di bawah kotak ini.

Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap artikel-artikel saya sendiri maupun ilmu yang telah saya peroleh dari orang lain.

Vheytha

Post a Comment

Komentar dimoderasi, yuk sambung silaturahim, saya akan langsung berkunjung balik ke sahabat semua ^^