Sekilas Tentang Beasiswa PMDSU Kemenristekdikti

Bismillahirrahmaanirahim
Sesuai keinginan buat share bagaimana proses mendapatkan beasiswa PMDSU setahun yang lalu, in syaa Allah berawal dari postingan ini akan saya sampaikan mengenai beasiswa ini (sesuai yang saya alami). Kenapa ga share dari dulu? Karena beasiswa ini mensyaratkan beberapa poin pada tahun pertama, jadi saya putuskan menunggu jalannya proses belajar selama setahun terlebih dahulu. Sampai detik inipun saya sedang menunggu evaluasi dari pihak Kampus dan Kemenristekdikti mengenai hasil studi saya selama setahun dan apakah saya layak melanjutkan beasiswa ini. Mohon doanya juga ya kawan semoga bisa lolos evaluasi dan terus melanjutkan menuntut ilmu di Kampus IPB ini.

Ohya, beberapa waktu yang lalu juga banyak BC, jarkom maupun info-info dibeberapa website informasi beasiswa menyiarkan bahwa tahun 2016 ada pendaftaran beasiswa PMDSU. Iya ada, tapi tahun 2016 hanya untuk seleksi Perguruan Tinggi penyelenggara beasiswa PMDSU batch III. Sampai berita yang viral di media sosial ini mendapatkan feedback dari pihak PMDSU.

"Meluruskan informasi yang beredar bahwa pada tahun 2016 ini akan diselenggarakan penerimaan mahasiswa PMDSU Batch III, dengan ini dapat kami sampaikan bahwa seleksi untuk penerimaan calon mahasiswa penerima beasiswa PMDSU Batch I telah dilaksanakan pada tahun 2013, sedangkan untuk batch II telah dilaksanakan pada tahun 2015. Untuk tahun 2016 ini akan dilaksanakan seleksi untuk perguruan tinggi penyelenggara PMDSU Batch III, sedangkan untuk seleksi penerima mahasiswa calon penerima beasiswa PMDSU Batch III akan dilakukan pada tahun 2017" [Website PMDSU]

Bagi yang belum mengetahui tentang beasiswa PMDSU,  PMDSU singkatan dari Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul. Biasanya teman-teman singkatnya menyebut beasiswa S2 dan S3 yang dilakukan dengan masa studi 4 tahun. Kalau secara bahasa formalnya rekan-rekan sekalian bisa membaca di  Panduan Penyelenggaran Beasiswa PMDSU Tahap III. Skema ini semoga dapat menjelaskan bagaimana jalannya beasiswa PMDSU




Pertanyaan umum dari teman-teman semua misalnya syaratnya apa, prosesnya bagaimana, bisa terjawab dari leaflet berikut. Tapi jangan dibaca bagian jadwal pelaksanaan ya, soalnya ini leaflet tahun lalu, ketika batch II.hehe...






Sekarang banyak yang tanya, daftar promotornya dimana kak lihatnya? Sabar..sabar ya kawan, kalau sudah final in syaa Allah akan diumumkan di website  PMDSU, karena sekarang masih dalam seleksi promotor. Di buku panduan yang linknya saya share diatas ada jadwalnya. Semoga jadwal itu dapat membantu untuk tetap tenang dan sabar.


Nah, kalau saat ini sambil menunggu apa yang perlu disiapkan? Kalau berdasarkan pengalaman, yang pasti penuhi syarat umumnya dulu seperti IPK harus diatas 3,25, lulus S1 maksimal 2 tahun terakhir dan memenuhi berkas-berkas yang diminta. Sertifikat bahasa inggris seperti TOEFL ITP dan hasil tes TPA Bappenas itu yang sangat perlu disiapkan dari sekarang, karena keduanya tidak bisa dadakan. Plus rencana studi dan penelitian, jangan seperti saya yang serba dadakan ketika itu. Terkait syarat belum tahu juga apakah tahun ini ada perubahan.


Rekan-rekan semuanya harus juga sering mengupdate website http://budi.ristekdikti.go.id/pmdsu/ siapa tahu ada informasi awal dari pihak PMDSU.  Eh..untuk mengakhiri sekilas beasiswa PMDSU ini saya ingin menyampaikan salah satu jawaban atas pertanyaan beberapa waktu lalu yang dilontarkan pada saya. "Mbak kalau dapat beasiswa ini boleh nikah ditengah proses studi?". Jawaban saya masih sama dengan yang saya  jadikan caption di instagram.



Mau nikah sebelum dapat beasiswa, pas dapat, atau setelah lulus itu pilihan kita (dan atas ijin-Nya). Ada juga kok kakak angkatan yang menikah di masa studi tapi dia bisa bagi waktu untuk tetap menjalankan kewajibannya sebagai mahasiswa dan juga kewajiban dikeluarga. Beasiswa tak akan menghalangi jalanmu buat menikah, begitupula menikah tidak akan menghalangimu mendapatkan beasiswa [VAKD] 

Mulai sekarang sembari melengkapi berkas, coba buat rencana hidup jika mengambil beasiswa ini, dengan itu jika terjadi sesuatu ditengah jalan, bisa diantisipasi. Untuk awalan, saya rasa cukup sekian dulu ya, jika ada pertanyaan yang ingin disharingkan bisa dituliskan di kolom komentar atau langsung menghubungi via email. In syaa Allah setelah keluar hasil evaluasi keberlanjutan beasiswa, akan saya posting cerita perjalanan yang saya lalui ketika mendaftar PMDSU.


Semoga selalu dilimpahi rahmat Allah dan semangat selalu, selamat dini hari bagi yang membaca post ini langsung ketika terbit. Selamat istirahat bagi yang sudah membaca dan akan istirahat, dan bagi kawan PMDSU tetap sabar semangat menunggu kepastian, semoga Allah berikan yang terbaik untuk kita ^^

***
Ngawi, pergantian hari 23-24 Agustus 2016
Vita Ayu Kusuma Dewi

Comments

  1. IPK diatas 3,25, jadi minder aku. Tidak berani daftar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe setiap beasiswa memang ada syaratnya masing2 kakak tetap semangat ^^

      Delete
  2. Replies
    1. Share juga pengalaman mas ii' tentang beasiswanya dong ^^

      Delete
  3. Mbak vita makasih udah share infonya. Btw buat rata2 IPK emang segitu ya? Kayaknya harus 3 keatas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak pipit : sama-sama mbak ^^ setahu saya iya mb hampir beberapa beasiswa standart syarat ipknya 3 ke atas mba..mungkin bentuk tanggung jawav terhadap studinya mb

      Delete
  4. Beasiswa PMDSU untuk S2 dan S3 ya Vita?.. Dan kamu punya pengalaman mendapatkan ini, waaah hebat dong Vita... Mantapppp... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak pmdsu beasiswanya s2 dan S3 dengan beberapa syarat kak..mohon doanya ya kak masih nubggu evaluasi kak..hoho

      Delete
  5. Kalau saya mah mbak paling sering menang beasiswa waktu smk tapi mulai dari kelas 2 sampai 3 dan setelah itu tidak dapat lagi mungkin karena banyak saingannya jadi agak berat gituh, ahi hi hi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kang nurul iman : wah keren nih kang juara beasiswa terus. Saya malah baru kuliah kang dapat alhamdulillah..hhe semakin taun smakin banyak saingan kang

      Delete
  6. Periodenya 2017 ya, lumayan buat persiapan
    Tp ini buat LN apa DN vit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Gustyanita pratiwi : iya mb seleksi mahasiswanya 2017 mbak..ini buat DN mbak hanya beberapa univ terpilih mb tujuannya

      Delete
  7. Wah...jadi pengen dapet beasiswa untuk meneruskan ke S2, tapi itu syaratnya harus maksimal 2 tahun terakhir lulus S1-nya ya...? Wah, kadaluarsa, nih hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak nurul fitri : hihi iyaa mbak..kalau mb mau lpdp aja mbak itu syaratnya umur mbak.in syaa Allah mbak bsa itu semanat mbakkk ^^

      Delete
    2. Assalamualaikum, maaf mbak Nurul ikut komen disini soalnya pertanyaannya hampir mirip. Mbak Vita, maaf mau nanya, kalau tidak salah saya baca di web pmdsunya itu lulusan 3 tahun terakhir bukan 2 tahun terakhir. Misalnya 2017, maka lulusan 2017, 2016, dan 2015 yang boleh ikut. Benar ga ya mbak? Kalau 2 tahun terakhir berarti 2017 dan 2016 saja dong mbak? Trims.

      Delete
  8. Bila syarat umumnya itu terpenuhi maka selanjutnya enak ya, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak akhmad muhaimin : Minimal sudah mempersiapkan kak..soalnya yang syarat umum itu ga bisa dadakan kak ..kalau enak ga nya tergantung seleksi selanjutnya kak.he

      Delete
  9. Aku tahun 2011 alhamdulillah dapat yang beasiswa mahasiswa unggul, mba. Untuk lanjutin S2. Tapi tantangannya berat ya. Perjuangan banget. Selamat ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak rach alida..: mbak kerennn dapat BU juga ya mbak...ambil dimana mb kmrn pas dapat BU? Hehe begitulah mbak tantangannya banyak ..namanya perjuangan harus ad tantangan hehe

      Delete
  10. wh wah min IPK 3.25, tinggi sekali hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak fadly : in syaa Allah bisa diusahakan ka fadly :)

      Delete
  11. Replies
    1. Mbak anisa jangan mlipir aja..sini maen mbak.hehs

      Delete
  12. Adminnya hebat. Dapat beasiswa s2 dan s3 duh perlu belajar ni dari adminnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak imron : kakak juga hebat..saling belajar yuk ka ^^

      Delete
  13. Kak Jelly gamat : setiap orang punya keinginan dan impiannya masing-masing kak ^^

    ReplyDelete
  14. Untuk TOEFL dan TPA skor nya sekitar berapa ya Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung univ mbak..misal ipb toefl 450, ugm toefl 500 tpa 500 :)

      Delete
  15. Assalamualaikum kak, terima kasih banyak atas infonya, cita2 saya ingin menjadi dosen melalui program ini ^^ tapi kalau boleh tahu, di batch kakak calon promotornya ada berapa dan apakah ada yang dari bidang hukum ataupun agama? Karena kalau promotornya tidak ada yang cocok berarti kita tidak bisa ambil beasiswa ini ya?

    Terima kasih kak atas jawabannya ^^ semoga berkah menjalani program beasiswanya

    ReplyDelete
  16. Nadya Andriyani : Wa'alaykumsalam...Nadya, maaf sekali baru balas.. Maaf Nadya saya tidak ngitung jumlahnya.hehe..karena saat itu juga saya mepet daftarnya, yang saya tau kebanyakan bidang eksak. Tapi tidak menutup kemungkinan juga tahun ni ada ynag lolos dari jurusan hukum atay agama. Maksudnya kalau tidak cocok jurusannya dan jauh sekali mungkin kecil kemungkinannya. Cuma coba aja, kita tidak tahu rejekinya dimana :) Semangat

    ReplyDelete
  17. Bismillah kak, saya sangat tertarik dengan beasiswa ini. Bener bener harus mempersiapkan diri ini hehe makasih ya kaaak

    ReplyDelete
  18. Sugiyati Ningrum : Sama-sama, semoga bermanfaat yaa :) Bener banget harus mempersiapkan diri dari sekarang, siapin yang bisa disiapin

    ReplyDelete
  19. IPK sih memenuhi....Berminat mencoba mba... tapi ini masih berjuang di skripsi...kalaupun sudah lulus, masih belum banyak mengerti soal beasiswa ini, promotor, dll.. padahal hari sabtu ikut pertemuan terkait info beasiswa, dan pembicaranya sempat menyinggung soal beasiswa ini

    ReplyDelete
  20. Ayatul Rahma : Semangat yaa :) Semoga dimudahkan dan kalau memang rejekinya tak kemana, terus berikhtiar dan tawakalkan kepada Allah :)

    ReplyDelete
  21. assalamu'alaikum mbak vita.
    waahhh.. . keren ini. saya juga pengen ikut seleksi beasiswa ini dan lagi cari2 info dan ketemu blog nya mbak vita.
    mbak program beasiswa ini untuk seluruh bidang keilmuan atau dibatasi untuk bidang keilmuan tertentu?
    IPK saya 3,73 n dari PTS,scara administrasi boleh gak mbak?
    oh ya satu lagi TPA di bappenas mksudnya gmn mbak?
    maaf bnyak tanya tapi semanggaaatttt mbak semoga lanjut terus beasiswanya

    ReplyDelete
  22. Wa'alaykumsalam Wr.Wb
    Hanya keilmuan tertentu sesuai dengan promotor yang ada :) Silahkan dicek nanti bidang promotornya.
    Setau saya ga ada batasan Negeri atau PTS.

    TPA yang dari bappenas, bisa tes di bappenas atau dikampus yang bermitra dengan bappenas untuk menyelenggarakan tes..Semangat :)


    Aamiin ya Allah.. terima kasih ya :)

    ReplyDelete
  23. Assalamu'alaykum ka, mau nanya dong. untuk memilih promotornya itu kita kita bener2 ga dapet info sama sekali ya ? jadi kita nyari sendiri lewat bagian akademik kampus2, atau googling gitu ya ka ? oiya mengenai IPK itu, kira2 masih masuk pertimbangan atau udah pasti di diskualifikasi ya ka kalo yang dibawah 3.25 ?

    maaf ya ka banyak nanya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykumsalam habibi...ada kok nama2 promotornya di web pmdsu..nah kan ada email disitu dan riset beliau..hub aja kalau minat dan kepoin dr data beliaubyang ada di web...nah kalau ipk saya kurang tau mekanisme seleksinya..amannya sih diatas standart yg disyaratkan...sukses yaa

      Delete
  24. wa'alaykumsalam wr.wb ka nurul. Oh iya maksudnya seperti itu kak, kaya kemarin 2015, lulusan tahun 2013 bisa ikut seleksi :)

    ReplyDelete
  25. terimakasih mbak Vita sudah dijawab :) semoga sukses ya proses studinya

    ReplyDelete
  26. Terimakasih atas sharing ceritanya, Kak Vita. Sangat menginspirasi.
    Kebetulan saya sedang mempersiapkan diri untuk mendaftar beasiswa PMDSU tahun 2017, Kak.
    Bolehkah saya minta tips dan contoh email atau semacamnya untuk menghubungi calon promotor PMDSU yang kita hanya mengetahui jurnal-jurnal penelitian beliau, tetapi belum mengenal beliau secara pribadi.
    Terimakasih sebelumnya, Kak Vita :)

    ReplyDelete
  27. Kak Elfa : sama-sama kak :) makasih ya kak, kakak juga sukses ya :)

    ReplyDelete
  28. Kak Brigitta : alangkah baiknya jika memang kampus tujuan dekat dengan domisili bisa menemui secara langsung, apabila jauh, bisa email dengan bahasa yang sopan kak. Saya mengemail beliau dengan memperkenalkan diri, kemudian menyatakan tujuan, dan sedikit memberi gambaran rencana penelitian :)

    ReplyDelete
  29. Vita : salam kenal, maaf mau nanya, itu harus lulusan 2 tahun terakhir ya? apa ada syarat usia gitu??

    ReplyDelete
  30. Assalaamu'alaikum alaikum mba Vita, Syukron infonya begitu bermanfaat mbak. Oh ya mba, utk ikut beasiswa PMDSU ini apa hanya bisa sekali sja? Atw bs ikut lebih dari sekali selama masih tamatan 2 tahun terakhir ?

    Mksh sblmnya mbak Vita :)

    ReplyDelete
  31. kak Rere : seingat saya hanya lulusan 2 kalau ga 3 tahun terakhir kak :) semangat kak di coba saja :)

    ReplyDelete
  32. Kak Hilwah : Wa'alaykumsalam...dalam tahun yang sama hanya sekali kak, karena hanya memilih satu promotor :)

    ReplyDelete
  33. Assalamu'alaikum Kak Vita,
    saya tertarik sekali dengan beasiswa ini..kalau boleh tau kak, apakah TOEFL dan TPA itu menjadi persyaratan awal kak? maksud saya saat pendaftaran online kak.
    Kira-kira apalagi ya kak berkas yang perlu dipersiapkan jauh hari selain TOEFL dan TPA ? masih bingung kak berkas yang diperlukan apa saja ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykumsalan..iya di awal sekali saat mendaftar..cari saja info di universitas tujuan karena syaratnya sama dengan di universitas tujuan..semangaat :)

      Delete
  34. Assalamu'alaikum, saya ingin bertanya mengenai syarat pendaftaran beasiswa ini,

    Apakah pendaftaran ke program studi itu harus dilakukan sebelum mendaftar ke promotor? Bagaimana jika setelah mendaftar ke promotor?

    Saya merasa kurang jelas tentang apa saja yang didanai oleh beasiswa ini, jadi fasilitas yang diberikan pada beasiswa ini apa saja ya mbak? Bagaimana sejauh ini pendapat mbak mengenai turunnya dana beasiswa ini?
    Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykumsalam.silahkan dibaca diketentuan pmdsu batch 3 ada di website pmdsu. Sudah buka pendaftaran. Aman masalah dana setiap bulan turun kecuali ketika ttd kontrak baru dirapel 3bulan

      Delete
  35. Assalamu'alaikum, Mba. Saya juga ingin bertanya, kalau pengalaman Mba, itu harus melakukan pendaftaran ke PT-nya terlebih dahulu atau bisa beasiswanya dulu?

    ReplyDelete
  36. Assalamu'alaikum mbak, saya mau tanya,kira2 butuh waktu berapa lama pas mbak siapin semua berkas2 buat daftar pmdsu ? saya tertarik dg beasiswa ini, cuma karena pendaftaran nya sampe tgl 30 Juni ini, saya jadi merasa kurang pede,terima kasih hehe

    ReplyDelete
  37. Mba vita aku mau tanya, aku baca di persyaratan kok gk ada syarat toefl&tpa ya. Itu memang sudah syarat wajib atau gimana?

    ReplyDelete
  38. Windi ariesti : Wa'alaykumsalam Wr.Wb. Bersamaan mbak jadi daftar PT sekaligus PMDSU :)


    Nurul Mukhlis : Wa'alaykumsalam Wr.Wb. Berhubung syarat2 seperti TPA dan TOEFL sudah ada jadi saya hanay butuh waktu 3 hari untuk mencari surat rekomendasi sekligus komunikasi dengan promotor

    Yuli Yandari : Itu syarat universitas tujuan mbak, kalau memang tidak disyaratkan di univ tujuan ga usah gpp tapi kebanyakan s2 ada syarat itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih tanggapan nya mbak, ada tips ga buat bikin sinopsis penelitian nya? hehe, oh ya, tahapan untuk beasiswa ini kyak gimana ya mbak ? apa cuma seleksi administrasi aja?

      Delete
  39. Assalamualaikum mbak
    Izin nanya

    1. Di saat pendaftaran ke ipb,, kan di minta rencana penelitian,, nah apa itu harus sesuai dengan tema penelitian dr promotor yang ingin kita tuju ? Araukah bebas saja ?

    2. Untuk surat rekomendasi dari doping untuk pmsdu,, itu dosen saat TA ya mbak ?

    3. Surat rekomendasi dari 3 dosen untuk memdaftar ke ipb, apakah boleh sama dengan dosen yang merekomendasikan untuk pmsdu nya ?

    Mohon Pencerahannya
    Terimakasih mbak

    ReplyDelete
  40. Said Mirza Pratama : Wa'alaykumsalam Wr.Wb
    1. Tidak harus kok, tapi kemarin saya mengajukan rencana penelitian yang saya rencanakan untuk saya ajukan ke promotor.
    2. Boleh, atau dosen wali saat S1
    3. Iya sama, kemarin saya juga sama :)
    Semoga membantu ya semoga sukses :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi maksud mbak bahwa penelitian nantinya tidak harus mengikuti dengan apa yg menjadi tema dari promotor ya mbak ?
      Promotor boleh saja mengangkat judul dari mahasiswa begitu?

      Delete
  41. Assalammualaikum kak vita boleh minta alamat emailnya

    ReplyDelete
  42. Assalammualaikum ka vita boleh mnt alamat emailnya untuk bertnya mengeni beasiswa ini kak trimkasih sblumny kak

    ReplyDelete
  43. mba vita, pengalaman mba selama kuliah apakah ada tekendala dg biaya hidup di ipb? Apakah dg biaya hidup yg diberikan beasiswa mencukupi tanpa biaya lg dr ortu?

    ReplyDelete
  44. mba vita, selama pengalaman mba mndapat beasiswa ini apakah ada kendala biaya hidup d ipb? Apakah murni tdk ada biaya dr orang tua untuk biaya hidup dsna? Terimakasih mba

    ReplyDelete
  45. mba vita, pengalaman mba selama kuliah apakah ada tekendala dg biaya hidup di ipb? Apakah dg biaya hidup yg diberikan beasiswa mencukupi tanpa biaya lg dr ortu?

    ReplyDelete
  46. Mba saya belum tes TPA, TPA Bappenas di ITB sudah terlewat pendaftarannya, ada pun TPA UGM pada tgl 22 Juni , sedangkan pascasarjana UGM tgl 15 Juni seleksi wawancara, apa persyaratan msk universitas seperti TPA bisa disusulkan ?

    ReplyDelete
  47. Said Mirza : Tergantung promotor masing-masing, nantinya kan ada diskusi mahasiswa dan promotor ketika sudah diterima, dan disitulah kita mengjukan rencana penelitian kita, apakah nanti pakai itu atau tidak nanti dilihat pas diskusi tersebut :)

    ReplyDelete
  48. siti hardiyanti : bisa ke vita.ayukusumadewi@apps.ipb.ac.id

    ReplyDelete
  49. Endah kurnia sari : alhamdulillah sangat cukup sekali :)

    ReplyDelete
  50. kak vita,saya juga tertarik untuk mendaftar beasiswa pmdsu.
    Saya juga berencana mendaftar di ipb. saya mau tanya untuk alur pendaftaran beasiswa ini, apakah kita harus mendaftar di universitas tujuan terlebih dahulu dan dinyatakan diterima? atau secara bersamaan? Misal, jika saya mendaftar secara bersamaan, akan tetapi jadwal pengumuman beasiswa pmdsu akhir Juli sedangkan pengumuman di PPs Tujuan masih bulan Agustus.
    Mohon tanggapannya kak, dan maaf pertanyaannya hampir sama dengan kawan2 lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bersamaan. Pmdsu akan langsung terkoneksi dengan pps tujuan

      Delete
  51. Assalamu'alaikum kak vita. Maaf sebelumnya jika kedatangan email saya
    mengganggu aktivitas kakak. Nama saya Maghfiroh. Saya dapat email dari
    blog kakak. Saya ingin bertanya mengenai alur pendaftaran beasiswa
    PMDSU. Apakah untuk mendaftar besiswa ini sudah harus mendaftar di
    kampus tujuan dan dinyatakan diterima? atau secara bersamaan? Karena
    saya bingung kak, pengumuman beasiswa pmdsu akhir juli sedangkan
    pengumuman di kampus tujuan masih bulan agustus (kebetulan saya mau
    daftar di PPs IPB gel.2).
    Mohon tanggapannya kak.
    Terimakasih

    Wa'alaikumsalam..

    ReplyDelete
  52. Berdasarkan pengalaman kakak, menghubungi promotor, daftar beasiswa, dan daftar di PPs tujuan, lebih dahulu mana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menghubungi promotor baru bersamaan mendaftar beasiswa dan pps

      Delete
  53. Hallo kak, saya mau bertanya, jd rencananya saya ingin ikut beasiswa PMDSU namun kalau tidak lolos saya akan melanjutkan dengan biaya sendiri. Nah apakah bisa kalau tidak lolos beasiswa tetapi lolos di ipbnya? Atau kalo tidak lolos beasiswa otomatis tidak lolos jg di ipbnya? Terima kasih

    ReplyDelete
  54. Kak vita, saya mau bertanya. Jadi saya ada keinginan mendaftar beasiswa pmdsu ini namun jika memang tidak lolos saya berniat menlanjutkan dengan biaya sendiri. Apakah bisa apabila tidak lolos beasiswa pmdsu namun bisa lolos di univnya? Atau ketika tidak lolos pmdsu otomatis tidak lolos di univ nya. Terima kasih kak vita

    ReplyDelete
  55. Terimakasih banyak kak vita. Sukses selalu untuk kakak :)

    ReplyDelete
  56. Anonim : tidak mesti kok, selama ipb nya diterima masih bisa dilanjutkan sendiri :)

    ReplyDelete
  57. Diantika LN : maaf ya keselip komentarnya. Untuk persyaratan TPA dan TOEFL tergantung kampus masing2, jadi tanyakan saja ke kampus tujuan ya bisa tidak menyusul. Semangat

    ReplyDelete
  58. Kak, di IPB untuk TPA tidak waajib sepertinya. Apaakah benar kak?

    ReplyDelete
  59. Kak maaf saya mau bertanya apakah kemarin surat rekom yang diajukan ke IPB dan yang diajukan untuk beasiswa PMDSU sama ? terima kasih.

    ReplyDelete
  60. Mungkin tidak apa2..soalnya dl rekomendasinya hanya untuk kampus

    ReplyDelete
  61. Mba vita kalo boleh tahu, diperiode 2 pengumumannya keluar bulan berapa? dan bagaimana jika perkuliahan sudah mau dimulai tetapi pengumuman pmdsu belum keluar? apakah pembiayaannya akan ditanggung oleh individu, sya membaca syarat toefl untuk pendaftarn diIPB yg bersifat opsional, dan sya lihat ada nntinya ada placement test, jika toefl sudah memenuhi apakah masih harus ikut placement test itu? bagaimna pengalamn kakak, terimakasih

    ReplyDelete
  62. Mba vita kalo boleh tahu, diperiode 2 pengumumannya keluar bulan berapa? dan bagaimana jika perkuliahan sudah mau dimulai tetapi pengumuman pmdsu belum keluar? apakah pembiayaannya akan ditanggung oleh individu, sya membaca syarat toefl untuk pendaftarn diIPB yg bersifat opsional, dan sya lihat ada nntinya ada placement test, jika toefl sudah memenuhi apakah masih harus ikut placement test itu? bagaimna pengalamn kakak, terimakasih

    ReplyDelete
  63. Mbak aufa saya kan lulusan D3 ini rencana nya mau lanjut lagi S1, mbak Beasiswa PMDSU ini kira2 bisa gak ya saya ikut kalau saya s1 nya dr program ekstensi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya bisa karena yang disyaratkan adalah lulusan s1 tanpa menyebutkan ekstensi atau tidak..semangaat :)

      Delete
  64. Mia lee : maaf ya kelewat dijawab. mohon maaf uga jadwal pengumuman saya belum mengetahui. PMDSU akan diumumkan sebelum masuk kuliah biasanya, kalaupun sudh terlanjur kalau ketrima akan diganti pmdsu kalau tidak berarti mandiri.. semangat :)

    ReplyDelete
  65. mohon info ny kk saya kn sdh mendaftar online di web PMDSU dan sdh dinyatakan lolos di IPB pascasarjana. tapi kog sampe sekarang saya belum dapat email atau konfirmsi apapun ? kira-kira brp lama kk kita harus menunggu kabar dr PMDSU/PROMOTOR bahwa kita lolos? dan dmn kita bisa mengakses info lolos PMDSU ny ?
    saya jg sdh mencoba menghubungi promotor melalui email tpi blm di bls smpe skrng namun saya belum mencantumkn berkas-berrkas seperti cv, toefl dll ke email promotor trsbt. apakah saya harus krim ulang email dengan mencantumkn cv, toefl dll ?

    ReplyDelete
  66. mw nanya kk saya kn sdh mendaftar online di web PMDSU dan sdh dinyatakan lolos di IPB pascasarjana. tapi kog sampe sekarang saya belum dapat email atau konfirmsi apapun ? kira-kira brp lama kk kita harus menunggu kabar dr PMDSU/PROMOTOR bahwa kita lolos? dan dmn kita bisa mengakses info lolos PMDSU ny ?
    saya jg sdh mencoba menghubungi promotor melalui email tpi blm di bls smpe skrng namun saya belum mencantumkn berkas-berrkas seperti cv, toefl dll ke email promotor trsbt. apakah saya harus krim ulang email dengan mencantumkn cv, toefl dll ?

    ReplyDelete
  67. Cici Febrianti : sudah ada pengumuman ya kak :) cek disini http://aufalatifah.blogspot.co.id/2017/08/pengumuman-penerima-pmdsu-batch-iii.html di postingan terbaru saya :)

    ReplyDelete
  68. Kak apakah benar beasiswa ini baru turun saat kita sdah smt 2, utk biaya hidup awal dr kita sendiri. Tolong diceritain pengalamnnya dong kak

    ReplyDelete
  69. Nanti bulan desember kalau berdasarkan pengalaman kami seperti it. Jadi di rapel 4 bulan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar dimoderasi, yuk sambung silaturahim, saya akan langsung berkunjung balik ke sahabat semua ^^