Teknik Pengairan Universitas Brawijaya – Kisah 64 dalam Teknik

Bismillahirrahmaanirrahiim
Banyak yang mengira “Pengairan” sama dengan “Perairan”. Padahal keduanya sangat berbeda baik dalam materi pembelajarannya. Perairan merupakan salah satu jurusan/program studi di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, sedangkan Pengairan merupakan jurusan di Fakultas Teknik. Jurusan Teknik Pengairan masih sangat jarang bahkan terbatas di Indonesia. Dulu, Teknik Pengairan hanya ada di Universitas Brawijaya, Malang. Namun, sekitar 2 tahun yang lalu Institut Teknologi Bandung juga membuka program studi yang sama dengan Teknik Pengairan dengan nama Teknik Sumber Daya Air. Teknik Pengairan di Universitas Brawijaya biasanya dikenal dengan nama Water Resources Engineering atau WRE.

Nah, lalu apa saja yang dipelajari di WRE? Dasarnya adalah ilmu Teknik Sipil, karena Teknik Sipil juga memiliki program penjurusan/keahlian/konsentrasi Sumber Daya Air. 

Sama dong dengan Teknik  Sipil? Beda. Teknik Sipil melakukan penjurusan ini mulai semester 5, namun di WRE mulai semester awal sudah di fokuskan untuk Bangunan Air dan segala yang berkaitan dengan Sumber Daya Air. Jadi di WRE ini mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan perencanaan, perancangan, pelaksanaan, pengoperasian dan pemeliharaan serta pengembangan dalam kegiatan Sumber Daya Air.
WRE Angkatan 2011

Perencanaan prasarana dan sarana Sumber Daya Air  misalnya perencanaan pembangkit tenaga listrik, perencanaan sistem jaringan dan bangunan irigasi-drainasi lahan pertanian sawah, lahan kering, dan persawahan pasang surut atau rawa. Selain itu juga ada perencanaan waduk dan perencanaan sistem jaringan dan bangunan drainasi untuk kawasan perkotaan, jalan raya, lapangan terbang dan lapangan golf.

Pengembangan dan pengelolaan Sumber Daya Air misalnya penatagunaan sumber daya air wilayah sungai dalam rangka memanfaatkan daya guna air wilayah sungai, pengendalian daya rusak air, pengendalian dampak lingkungan dan konservasi lahan suatu daerah aliran sungai (DAS) serta pemanfaatan teknologi Sistem Informasi Geografis (SIG).

Berarti ga belajar baja, beton, struktur dan mekanika tanah dong? Belajar! Selama proses kuliah di WRE ini banyak macamnya, belajar sipil iya, belajar pertanian iya, belajar tata kota iya, karena seluruh ilmu itu saling berkaitan. Konstruksi beton dan baja serta struktur tetap dipelajari di WRE, praktikum mekanika tanah juga tetap ada. FYI,  di WRE setiap semesternya ada tugas besar. This is the dark side of engineering. Tugas besar ini dilaksanakan diluar jam kuliah, jadi ada asistensi. Banyak yang mengira kuliah di Teknik seperti di sinetron, berangkat, ngampus bawa tabung gambar, main, pulang. Lupakan peran di sinetron untuk memilih jurusan. Beda banget! 

Bukan untuk menakut-nakuti diawal, setiap pilihan ada resiko. Anak Teknik itu berbeda, harus kuat mental, fisik dan rohaninya. Tapi selama masih bisa membagi waktu dan fokus, it’s no problem. Tenang saja selama menikmati kuliah bakal dengan sendirinya menyesuaikan diri. Tak jarang juga anak WRE sudah dapat kerja di proyek sebelum lulus. Menurut pengalaman, kuliah di WRE itu asyik, selain kuliah dalam kelas banyak juga kegiatan lapang.

Prospek kerjanya gimana? Juru airkah? Jaga air di  sawah? Tidak! Banyak peluang kerja setelah kuliah WRE.  Analogi sederhananya seperti ini. Di Indonesia ada 30an Provinsi, setiap Provinsi ada Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Provinsi. Asumsikan paling sedikit membutuhkan 30 alumni WRE. Dalam setiap Provinsi pasti memiliki banyak Kabupaten dan setiap Kabupaten ada Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Kabupaten. Bisa dihitung sendiri kan berapa banyak alumni WRE yang dibutuhkan? Nah, selain di Dinas PU lulusan WRE juga bisa bergabung dengan konsultan atau kontraktor. Selain itu, di Pertambangan juga ada divisi hidrologi, lulusan WRE juga dapat bergabung didalamnya. Masih banyak lagi bidang yang dapat dijadikan lapangan pekerjaan, selama ada usaha dan kemauan, lapangan pekerjaan insya Allah dimudahkan.

Itulah penjelasan singkat dan  sedikit sharing selama di WRE. Semoga informasi ini bermanfaat dan jika ada yang mengganjal untuk ditanyakan tentang WRE, dengan senang hati insya Allah menjawab.
***
Vita Ayu Kusuma Dewi
Teknik Pengairan 2011, Universitas Brawijaya
@vheythaa, www.aufalatifah.blogspot.com
dr.vita15@gmail.com

*Masih #galaujurusan? Kunjungi website  jurusankuliah.tumblr.com dan musnahkan kegalauanmu :)

Semoga cerita kami mencegahmu untuk ‘tersesat’ dan menemukan minatmu yang sesungguhnya. Aamiin

Comments

  1. Wah, ada juga nih... Setahu mas gemboool teknik ini anak Fakultas (konsentrasi) dari sipil doang. Ternyata juga sudah ada fakultasnya. Keren.

    ditunggu kunjungan kembalinya. :)

    ReplyDelete
  2. ada Mas, silahkan kalau ada adik-adiknya mau masuk WRE, bisa diberi informasi dulu

    ReplyDelete
  3. kak teknik pengairan juga belajar tentang air laut ga? soalnya daerahku(kepulauan riau) potensi air lautnya lebih tinggi dibanding air tawarnya, mohon jawabannya ya kak....

    ReplyDelete
  4. Maksudnya air laut bagaimana ya? kalau di laut itu kami belaja bangunan bangunannya, untuk lebih dalamnya tentang kelautan ada fakultas perikanan dan ilmu kelautan :)

    ReplyDelete
  5. selamat malam kak vita, boleh minta contac yang bisa di hubungi ? saya berencana ingin masuk universitas brawijaya dan jurusan wre kak

    ReplyDelete
  6. lewat email itu ya, nanti kalau no hp lewat email aja. Bagaimana? :)

    ReplyDelete
  7. terima kasih Pak Wanto telah memberikan ilmunya sampai saat ini kepada kami :)

    ReplyDelete
  8. alhamdulillah jurusannya emang menarik kak Reinald karena limited bgt.hehe

    ReplyDelete
  9. Infonya bermanfaat sekali, kak...
    Kak, aku mau tanya dong, tugas besar tiap semester itu kayak gimana kak? Kayak buat proyek gitu...? Aku masih agak bingung soalnya, hehe...

    ReplyDelete
  10. bukan dek, tugasnya ya tugas kuliah cuma kok dikerjakan diluar jam kuliah. Nikmatin aja asyik kok :)

    ReplyDelete
  11. Terima kasih untuk penjelasan yg cukup detil ya... perkenalkan saya alumni Teknik Pengairan angkatan 1985. Untuk prospek pekerjaan jangan pernah khawatir, dari angkatan awal tahun 1976 sampai sekarang belum pernah mendengar alumni Teknik Pengairan tidak bekerja. Jurusan kita cukup solid, apalagi baru2 ini dibentuk Forum Alumni Pengairan...
    Bravo Teknik Pengairan

    ReplyDelete
  12. terima kasih pak Bayu sudah berkenan ke blog ini, saya vita wre 2011 pak, salam kenal. Iya pak kemarin ada pertemuan alumni di Malang. terima kasih juga pak sudah memberikan kami jaringan yang luas dari alumni untuk adik-adik WRE

    ReplyDelete
  13. tertarik sama teknik pengairan, saya insyaallah lulus tahun ini, saya tinggal di kalimantan mau kuliah disana tapi takut saingannya dan peminatnya banyak.. mau nanya peminat jurusan teknik pengairan seberapa banyak? apa susah buat masuk disana?

    ReplyDelete
  14. tertarik sama teknik pengairan, saya insyaallah lulus tahun ini, saya tinggal di kalimantan mau kuliah disana tapi takut saingannya dan peminatnya banyak.. mau nanya peminat jurusan teknik pengairan seberapa banyak? apa susah buat masuk disana?

    ReplyDelete
  15. tertarik sama teknik pengairan, saya insyaallah lulus tahun ini, saya tinggal di kalimantan mau kuliah disana tapi takut saingannya dan peminatnya banyak.. mau nanya peminat jurusan teknik pengairan seberapa banyak? apa susah buat masuk disana?

    ReplyDelete
  16. tertarik sama teknik pengairan, saya insyaallah lulus tahun ini, saya tinggal di kalimantan mau kuliah disana tapi takut saingannya dan peminatnya banyak.. mau nanya peminat jurusan teknik pengairan seberapa banyak? apa susah buat masuk disana?

    ReplyDelete
  17. Dear Adella Larasati
    Hai salam kenal ya.. kalau untuk jumlah peminatnya nanti dilihat di website snmptn ada jumlah peminat pastinya dari tahun ketahun. Yang aku tahu tiap tahun peminatnya banyak dan meningkat. Kalau susah apa ga nya it's depend on you :) yang penting ikhtiarnya maksimalin sama doa, :)

    ReplyDelete
  18. kak mau nanya, bedanya sama teknik perairan apa? prospek kerja yg teknik perairan gmna kak? trmakasih hehe

    ReplyDelete
  19. kak, bedanya sama teknik perairan apa ya? yg dipelajari apa+prospek kerjanya gmna? mksih hehe

    ReplyDelete
  20. Bedanya kalau teknik pengairan ke bangunan air, kalau perairan mempelajari kelautan. lebih lengkapnya cek web Perairan ya, maaf ya kalau Perairan aku kurang begitu pahamm selain matkulnya.. coba cek di webnya ya :)

    ReplyDelete
  21. Bedanya kalau teknik pengairan ke bangunan air, kalau perairan mempelajari kelautan. lebih lengkapnya cek web Perairan ya, maaf ya kalau Perairan aku kurang begitu pahamm selain matkulnya.. coba cek di webnya ya :) Kalau prospek pengairan banyak sekali seperti yang kutuliskan diartikel ini dan satunya :)

    ReplyDelete
  22. Kak mksd dari tugas besar itu gmna ya? Contohnya

    ReplyDelete
  23. Kak mau nanya kalo lulusan teknik pengairan apa bisa bekerja di perminyakan daerah laut? Kemudian lulusan ini apa mudah untuk mencari pekerjaan?

    ReplyDelete
  24. Kak mau nanya kalau lulusan teknik pengairan apa bisa bekerja di perusahaan perminyakan laut? Kemudian indonesia apa sangat membutuhkan lulusan ini? Makasih kak :) kebetulan saya camaba itb tpsda

    ReplyDelete
  25. Kak mau nanya kalo lulusan teknik pengairan apa bisa bekerja di perminyakan daerah laut? Kemudian lulusan ini apa mudah untuk mencari pekerjaan?

    ReplyDelete
  26. Nurin : tugas besar adalah tugas yang dikerjakan diluarjam kuliah dengan perantara ada asisten dosen yang akan mengajarkan dan tetap ada pantauan perkembangan dari dosen. Misalnya tugas besar mata kuliah konstruksi bendungan, tugas besarnya merencanakan bendungan mulai dari penentuan site bendungan hingga perencanaannya.

    ReplyDelete
  27. Anon dan Fabian : terkait pekerjaan selama kamu memenuhi kualifikasi bisa. Sangat dibutuhkan terutama sekarang Pak Presiden ada target 50 bendungan, itu sudah ladang pekerjaan yang sangat bisa kita masuki. Kalau mudah apa enggaknya cari kerja tergantung pribadi sih, seangkatan saya yang alumni semuanya bekerja dan kalaupun tidak bekerja dia sedang lanjut studi, peluang kerja banyak, diambil tidaknya tergantung kalian :)

    ReplyDelete
  28. maaf, nama saya annisa dwi putri. kalau saya boleh tau mbak alumni teknik pengairan UB kah? saya boleh meminta contact person nya mbak? kebetulan saya sedang mencari lulusan teknik pengairan UB.

    ReplyDelete
  29. Mbak Anisa : maaf baru balas ya mbak, bisa via email dr.vita15@gmail.com

    ReplyDelete
  30. Kak mau tanya kalo anak smk bisa masuk gak? Apa smk tertentu aja yang boleh masuk?

    ReplyDelete
  31. Tidak ada ketentuan, bisa SMK dan SMA melalui ujian tulis SBMPTN :) Semangat

    ReplyDelete
  32. Kak, apakah di wre harus bisa menggambar? Mohon dibalas ya kakk, terimakasih

    ReplyDelete
  33. Apakah di wre harus bisa menggambar kak?

    ReplyDelete
  34. Rizky dan Anonim : ndak harus tapi dalam perjalanannya mau ndak mau kamu harus bisa nggambar :) anak teknik tanpa gambar tu hambar.hehe

    ReplyDelete
  35. assalamualaikum . kak Vita . perkenalkan saya As'at anak Blitar . saya kemarin baca artikel kakak tentang teknik pengairan . saya kepingin masuk teknik pengairan tapi ada 1 pikiran yang mengganjal hati saya tentang jurusan teknik pengairan itu kak . sebelumnya maaf kak pertanyaan saya agak lucu .

    di teknik pengairan iku setiap mahasiswa nya apa diwajibkan harus bisa renang . soale di pemikiran saya kan air itu mesti berhubungan dengan renang ? soalnya saya nggk bisa renang kak 😭.

    atas perhatiannya terimakasih kak Vita .

    ReplyDelete
  36. assalamualaikum . kak Vita . perkenalkan saya As'at anak Blitar . saya kemarin baca artikel kakak tentang teknik pengairan . saya kepingin masuk teknik pengairan tapi ada 1 pikiran yang mengganjal hati saya tentang jurusan teknik pengairan itu kak . sebelumnya maaf kak pertanyaan saya agak lucu .

    di teknik pengairan iku setiap mahasiswa nya apa diwajibkan harus bisa renang . soale di pemikiran saya kan air itu mesti berhubungan dengan renang ? soalnya saya nggk bisa renang kak 😭.

    atas perhatiannya terimakasih kak Vita .

    ReplyDelete
  37. Wa'alaykumsalam..ga harus kok..pengairan itu teknik sipil basah beda dengan perairan di ilmu kelautan. :)

    ReplyDelete
  38. Selamat siang, permisi boleh saya tahu apa sih sebenarnya teknik Pengairan itu? dan Bidang apa saja yang ada di dalamnya? trima kasih, mohon infonya ya..

    ReplyDelete
  39. Kak, mau tanya prakteknya di teknik pengairan itu seperti apa ya?
    Terima kasih:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung nata kiah ada hidrolika transport sedimen dll

      Delete
  40. Silahkan dibaca dulu postingan saya di tag teknik pengairan, in syaa Allah sudah saya jelaskan semua

    ReplyDelete
  41. Kak saya tertarik dengan jurusan ini. Apasaja kak yg dipelajari di teknik ini,dan apakah teknik ini mempelajari semua mata pelajaran jurusan ips?terimakasih

    ReplyDelete
  42. Tidak IPS, justru IPA. Ada dibeberapa artikel lain ditag teknik pengaian sudah saya sharingkan ya

    ReplyDelete
  43. Ka saya MABA WRE 2017, perlukah spesifikasi komputer kelas berat untuk laptop dan juga Rapido buat nanti perkuliahan?

    ReplyDelete
  44. Assalamu'alaikum ka
    Saya Maba WRE 2017 , mau nanya kalo spek Komputer laptop harus tinggi sama Rapido itu perlu punya engga ka?

    ReplyDelete
  45. fahmi : wa'alaykumsalam...kalau laptop yang penting kuat aja buat program seperti autocad. kalau rapido bisa pinjam kaka tingkat hehe

    ReplyDelete
  46. permisi kak, boleh tanya kalau masuk teknik pengairan itu apa masalah banjir juga dihadapi nantinya, kayak mencegah terjadinya banjir di Indonesia lewat pembuatan tempat peresapan air, apa itu juga berhubungan sama teknik pengairan atau tidak sama sekali?

    terima kasih sebelumnya kak

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar dimoderasi, yuk sambung silaturahim, saya akan langsung berkunjung balik ke sahabat semua ^^