TIPS MENGERJAKAN TPA

| 0
HARI pertama ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan mengujikan Tes Potensi Akademik (TPA). Sebagai tes yang mengandalkan kemampuan alamiah peserta, TPA bisa dilatih, meski tidak bisa dihafalkan.

Yuk, simak tips mengerjakan TPA seperti yang dilansir situs snmptn.or.id, Rabu (4/5/2011).

1. Rutin berlatih
Seperti halnya tes bidang studi prediktif (TBSP), kamu juga bisa berlatih soal-soal TPA sesering dan sebanyak mungkin. Latihan akan membuatmu akrab dengan berbagai jenis dan model soal. Kemampuan analisamu juga akan meningkat melalui berbagai latihan tersebut.  

Usahakan kamu mengikuti batasan waktu yang ditetapkan dalma setiap jenis tes. Hal ini penting agar kamu terbiasa bekerja dengan cepat. Disiplin dalam mengerjakan soal sesuai ketentuan waktu juga akan melatihmu mengelola waktu ujian yang kamu miliki.

2. Tak perlu menghafal rumus
Tes angka dalam TPA tidak sulit. Ia biasanya menyajikan soal yang bisa dikerjakan tanpa menggunakan rumus matematika tertentu yang rumit.

Menghafal berbagai rumus justru akan membuatmu stres. Yang perlu kamu persiapkan adalah berlatih berfikir logis dan terstruktur. Caranya, berlatihlah mengerjakan soal-soal TPA sebanyak dan sesering mungkin. Dengan begitu, kamu akan terbiasa mengerjakan soal-soal dalam tes angka dengan ceoat dan benar.

3. Konsentrasi Penuh
Mengerjakan soal-soal TPA perlu konsentrasi penuh. Tapi, kamu juga perlu tetap rileks. Tak usah tegang. Hal itu hanya akan menguras energi otakmu lebih cepat. Kepanikan juga akan membuatmu ceroboh dan terburu-buru dalam mengerjakan soal. Jadi, rileks dan konsentrasi saja, ya!

4. Tak usah terlalu penasaran
Soal yang membuat penasaran memang menantang untuk dapat diselesaikan, terutama pada jenis soal numerik. Namun, rasa penasaran itu bisa membuat waktumu terkuras hanya untuk mengerjakan satu soal tertentu.

Tak hanya itu, dengan memusatkan perhatian hanya pada soal yang membuatmu penasaran, energimu juga akan berkurang secara sognifikan. Belum lagi emosimu meningkat jika ternyata kamu tetap gagal menjawab soal itu, dan bahkan tak bisa menyelesaikan soal-soal lain.

Tiap soal TPA dirancang dengan bobot nilai yang sama. Kamu tak perlu memperturutkan rasa penasaran untuk menjawab soal yang menantang tersebut.

5. Sering baca koran
Tak hanya berita, kolom editorial pun perlu kamu simak. Ini penting untuk menambah wawasanmu tentang berbagai hal yang sedang terjadi, dan bisa membantumu dalam sub tes berjenis Tes Memahami Makalah (TMM).

Nah, selamat berlatih!(rfa)

SUMBER :www.okezone.com share on facebook

0 komentar:

Sekilas Info:



Kotak pada kolom blok komentar ini masih kosong. Maka merupakan suatu kehormatan jika sobat menjadi orang yang paling pertama menuliskan komentar, baik berupa pujian, masukan, kritikan, maupun pertanyaan di kolom komentar yang terletak di bawah kotak ini.

Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap artikel-artikel saya sendiri maupun ilmu yang telah saya peroleh dari orang lain.

Vheytha

Post a Comment

Komentar dimoderasi, yuk sambung silaturahim, saya akan langsung berkunjung balik ke sahabat semua ^^