Jejaring Sosial made in Indonesia

| 0
 Assalamu'alaykum....
Malam bro 'n sis..hehe.. Pake istilah agak gaul padahal ga gaul.hehe.. Malam - malam gini waktunya istirahat tapi mau share sedikit nich, mau berbagi cerita. It's about social network. Tadi malam ga' sengaja nich lihat acara di TV One "Ketemu Pepeng",  nah disitu saya lihat Yahya, adik kecil yang baru kelas 1 SMP tapi jenius, keren dah. Gimana ga, anak SMP dah bisa buat jejaring sosial asli made in Indonesia. Tujuannya sih biar masyarakat bermigrasi dari facebook yang notabene buatan luar negeri agar berpindah ke buatan anak Indonesia. Hemz..good job bro ^_^ Bangga banget sebagai warga Indonesia melihat generasi muda berbakat. Sebenarnya sih saya ga update banget tentang jejaring sosial made in Indonesia (haduwh..)  tapi...karena lihat tayangan "Ketemu Pepeng" tadi malam malah pengen nyoba dan setelah nyoba subhanallah..karya anak Bangsa ternyata lebih dari buatan luar negeri. Contohnya aja nich yang punyanya de Yahya itu salingsapa.com malah lebih lengkap dan tampilannya tu seperti mix dari Facebook, Twitter dan jejaring lainnya. Belum lagi di tambah video streaming dan radio streamingnya, malah lebih lengkap. Terus salingsapa ni insyaallah khusus muslim. Top abies dech anak Indonesia. Selain salingsapa ada yang lain juga loh..berdasarkan hasil browsing ini nich karya anak Negeri lainnya.



1. Fupei.com FUPEI (Friends Uniting Program Especially Indonesia)adalah sebuah website komunitas yang berisi tentang jurnal persahabatan dan kreatifitas di internet, dikhususkan untuk kalangan Indonesia, FUPEI terus berusaha untuk mengembangkan fasilitasnya agar
tidak kalah dengan fasilitas website-website yang sejenis diluar, memiliki anggota sebanyak 80.000 lebih orang dengan 96,3 persen adalah pengguna yang berasal dari Indonesia.
 
2. Adandu.com 
Adandu memiliki tampilan logo dan website yang didominasi warna merah-putih serta maskot berbentuk kartun bintang kuning. Adandu mulai diluncurkan dalam versi beta di bulan Oktober 2009. Berdasarkan data Alexa pada Mei 2009 laju pertumbuhan jumlah halaman website Adandu yang diakses (pageviews) dalam tiga bulan naik 6000%. Sedangkan laju waktu tinggal per orang (average time on site) tumbuh 2400%. Data ini menunjukkan meningkatnya jumlah dan loyalitas pengunjung yang mengakses website 
 
3. Digli.com
DIGLI adalah situs pertemanan dengan rasa Indonesia dimana seluruh pengguna DIGLI bisa berinteraksi satu sama lain sehingga membentuk sebuah aktifitas bersosialisasi.Lebih mudah mendapatkan temanDengan DIGLI, para pengguna bisa lebih mudah mendapatkan teman-teman baru karena di sini para pengguna DIGLI lebih mudah mengakrabkan diri dengan pengguna lainnya. Selain itu, berbagai fasilitas yang tersedia sangat mendukung para penggunanya untuk menjalin komunikasi dengan pengguna- pengguna lainnya,kalau dalam penilaian situs ini menggabungkan antara facebook dengan kaskus. 
 
4. Otofriends.com 
Otofriends merupakan sebuah social networking yang baru, diperkenalkan tahun 2008. Situs ini mengusung tema jejaring sosial dengan tagline "Community Gathering, Start From Indonesia". Otofriends dikembangkan oleh mahasiswa asli dari Indonesia, sampai saat saya menulis posting-an ini, saya belum tahu siapa nama pasti mahasiswa tersebut, (pemilik tidak mengespost jati dirinya, hanya menisbahkan diri sebagai Team Otofriends) beberapa forum mengidentifikasinya sebagai mahasiswa Perguruan Tinggi terkemuka di Indonesia. Beberapa user yang telah bergabung, menilai akses Otofriends tergolong cepat dengan fitur komplit serta terus bertambah. Jika dibandingkan dengan Facebook, fitur Otofriends mirip Facebook. Fitur Otofriends dapat dikatakan merupakan kombinasi (gado-gado) dari Facebook, Yahoogroups, Friendster, bahkan Multiply. 
 
5. Lilocity.com
LILO (Little Online) dikembangkan sebagai medium berkumpul anak muda yang berkonsep Virtual World
Society (VWS). Sandi Pinatabahri, Manajer Bisnis M- Stars, menyampaikan, "Kami mengembangkan LILO ke arah VWS karena memang kami ingin memberikan tempat untuk anak-anak muda bersosialisasi, berkreasi, dan mengekspresikan dirinya di virtual world."
 
6. Kongkoow.com 
Kongkoow merupakan situs jejaring sosial bercitarasa lokal yang menyediakan fasilitas sangat lengkap seperti akun email, file sharing, video streaming, dan blogging.
 
7. KenalanYuk.com 
kenalan yuk.com adalah situs pertemanan/sosial seperti yang sedang marak dibicarakan saat ini. Fitur-
fitur pada KenalanYuk pun agak-agak mirip dengan Facebook. Cuma tentu saja ada perbedaannya. Kalo Facebook > biru maka KenalanYuk > hijau. Silahkan buka sendiri situsnya untuk info lebih lanjut.
 
8. MyPulau.com 
MyPulau adalah situs jejaring sosial yang dimotori oleh pihak telkomsel. Sebenarnya MyPulau sudah terdaftar sejak 28 Agustus 2007. Namun situs yang satu ini, baru aktif baru-baru ini. Namanya juga situs
jejaring sosial, disini kamu dapat menemukan serta berkomunikasi dengan teman-teman kamu ataupun mencari teman-teman yang baru. Situs jejaring sosial yang satu ini memiliki kelebihan dimana semua hal yang dimiliki situs jejaring sosial ternama seperti facebook dan twitter ada disini. Bahkan yang ada dalam mypulau.com tidak terdapat pada facebook dan twitter. 
 
9. Koprol.com 
Koprol.com merupakan jejaring sosial berdasarkan lokasi yang ditujukan untuk kota – kota di Indonesia, Koprol memberitahu lokasi sesama pengguna Koprol serta menghubungkan sesama penggunanya yang berada ditempat yang sama. Jejaring sosial ini menggunakan metode berbasis lokasi. Disini ponsel pengguna dapat bersifat seperti GPS tanpa aplikasi GPS dari ponsel itu sendiri. Koprol menyediakan sejumlah pilihan tempat dimana penggunanya bisa check-in di lokasi tersebut. Setelah masuk log, di sini pengguna bisa melihat siapa saja anggota lain yang sedang berada di lokasi yang sama. 
 
10. Kidnetmania.com 
KID Net yang berarti Kerja Input Data dot Net merupakan produk asli Indonesia, yang membuat wadah bagi anda yang menginginkan pendapatan tambahan melalui internet, ribuan orang sudah bergabung, saat ini sudah masuk 3000-an member lebih. Tugas member kid net adalah sebagai staff data entry dan akan mendapat komisi dari pekerjaan yang dia lakukan. Saat ini KID NET sudah tidak menerima member lagi, kecuali melalui jalur khusus (bayar) dan hanya akan membuka pendaftaran diwaktu-waktu tertentu.

11. TEMANSTER.comTemanster adalah komunitas online khusus Indonesia yang menghubungkan teman dengan teman. Kamu bisa menemukan teman baru atau bertemu teman lama disini.

12.LIVECONNECTOR.com
Tempatnya para anak muda chat ,, dan berbagi pengalaman dengan cara sharing atau berteman gak itu aja di LC liveconnector kalian juga bisa meliahat gambar atau foto kawan yang kita mau kenal atau bisa mencari pasangan hidup ,, dan banyak pula para pencari even untuk anggota LC yang bisanya ngadain party setiap tahun ,, situs ini sudah terkenal di berbagai kalangan

13.Salingsapa.com
Salingsapa.com adalah situs yang dibuat atas dasar kewajiban Islam untuk bersilaturahmi. Banyak silaturahmi banyak rezeki, dan SalingSapa bertujuan untuk membantu mempermudah itu. Kelebihan SalingSapa adalah memiliki berbagai konten islami, seperti fitur Al-Quran (di fitur ini kita bisa dipandu agar membaca Al-Qur’annya baik dan benar), fitur khazanah (fitur ini berisi tentang dakwah islami), dan fitur radiosalingsapa (radio yang berisikan siaran islami).SalingSapa ini memang terlihat seperti facebook, karena memang situs ini dibangun untuk memberikan alternatif media social network kepada muslimin dan muslimat untuk menggunakan sarana pertemanan/jejaring sosial milik sendiri. 

14.Smaboy.com
Kalau yang ini tampilannya persis kaya facebook tapi juga kaya twitter modelnya. 

Nah, mungkin keterangan di atas hanya sebagian dari hasil karya generasi muda dan masih banyak lagi dech. Dan dari beberapa itu saya suka salingsapa.com dengan fitur"nya yang islamic banget.  ing tpentTapi yang namanya pendapat orang kan beda - beda mungkin kalian ada yang suka jejaring sosial lainnya. Yang penting tidak disalahgunakan. Ya udah Tashbahul 'alal khair yach... Good night...have a nice dream..

Wassalamu'alaykum..... ^_^

Sangiran, 6 Mei 2011
©


share on facebook

0 komentar:

Sekilas Info:



Kotak pada kolom blok komentar ini masih kosong. Maka merupakan suatu kehormatan jika sobat menjadi orang yang paling pertama menuliskan komentar, baik berupa pujian, masukan, kritikan, maupun pertanyaan di kolom komentar yang terletak di bawah kotak ini.

Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap artikel-artikel saya sendiri maupun ilmu yang telah saya peroleh dari orang lain.

Vheytha

Post a Comment

Komentar dimoderasi, yuk sambung silaturahim, saya akan langsung berkunjung balik ke sahabat semua ^^