Ada Cerita di Sholat Jama'ah

| 8
Assalamu'alaykum...
Bismillahirrahmanirrahim...


Selang satu hari tak jumpa sahabat, Alhamdulillah sudah memasuki puasa yang kelima untuk besok, semoga kita tetap diberikan Allah kekuatan untuk melaksanakannya sampai hari nan fitri nanti tiba. Amiin... ^_^

Sahabat saya mau berbagi cerita nih tentang salah satu kejadian  pada waktu sholat jama'ah di masjid. Waktu itu malam hari sudah memasuki waktu sholat isya dan semua jama'ah telah datang di masjid. 

Disalah satu sudut dalam masjid :

A : Eh.. maju dong, masih cukup buat satu orang ini...
B : Ah, ga usah biar longgar... hawanya agak panas ini nanti sesak malahan
A : Astagfirullah.... Barisan sholat itu bukannya harus dirapatkan ya? kok ga mau sih
B : Tapi kan, ah udah aku disini aja..
A : Jangan gitu nanti kalau ditempati setan gimana?
B : Iya tho?
A : Iya, ntar bahaya loh malahan...


Nah, sahabat ternyata faktor lingkungan jga berpengaruh ya dalam barisan sholat. Mungkin didaerah lain juga masih ada seperti ini. Dalam salah satu hadist insyaallah shahih diriwayatkan :
"Hendaklah Kalian meluruskan shaf-shaf kalian atau Allah akan menyelisihkan di antara wajah-wajah kalian" (HR.Bukhari)

Dalam Al Qur'an QS. As Shaf ayat 4 yang berbunyi "Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh" juga mengisyaratkan kita untuk merapatkan barisan. 

Maka dari itu yuk kita rapatkan barisan sholat kita, dipandangnya juga lebih enak ga semrawut kalau rapat dan lurus. Nah masalahnya, lalu bagaimana jika yang diajak itu tidak mau? Pasti seringlah seperti ini. Ya udah ga usah terlalu dipaksa nanti takutnya malah jadi perselisihan. Lebih baik dinasehati dulu mungkin setelah itu dia akan merasa sadar sendiri. Ukey, cukup sekian dulu ya.. silahkan kalau ada yang mau menambahi dan mengoreksi. Afwan kalau ada salah kata mohon diluruskan. Syukron ^_^
 
Wassalamu'alaykum...
 
===================================================================================
Sangiran,  4 Agustus  2011

©



share on facebook

8 comments:

ketty husnia said...

he em,..masih banyak lho yang suka berpandangan salah dalam shalat berjamaah. Padahal sering juga sang Imam mengingatkan namun tidak digubris,,..masya Allah! Jika sang pemimpin dalam lingkungan masjid saja tidak didengar apalagi di lingkungan yang lebih luas ya???

Poey said...

selamat puasa...

vheytha said...

Ketty > ia mbak masih sering diabaikan.mungkin pemahaman mereka perlu diluruskan.banyak sekali mbak ditemukan fenomena seperti itu

Poey >> iya mpean juga ya


all >>selamat menunaikan ibadah puasa

Feby Oktarista Andriawan said...

Sip, memang harus gitu, terlihat lebih rapih kalo di rapatkan, kalo masalah bisikan setan mah walaupun rapat tetep aja bisa masuk. Islam itu mencintai kebersihan dan kerapihan. selain itu semakin depan barisan shalat berjama'ah akan semakin besar pahalanya lho.. :)

Dokter Gigi Gaul said...

"Sesungguhnya kalo mereka tahu berapa besar pahala untuk shaf terdepan sholat berjamaah, sesungguhnya mereka akan memperebutkan walau dengan merangkak"
Hmm, susah, bahkan waktu jumatan pun, semua berebut di belakang, biar bisa cepat pulang mungkin :D Allahu'alam bis sawwab

vheytha said...

Maz Feb >> ia stju tapi jarang yang mau didepan..hehe

Dokter >> Ia dok, biar cepet waktu ngambil sendal ga kroyokan..hehe

zhi cun lee said...

something interesting ... appropriate for us as Muslims musings ....

vheytha said...

zhi cun lee : thanks :)

Post a Comment

Komentar dimoderasi, yuk sambung silaturahim, saya akan langsung berkunjung balik ke sahabat semua ^^