Secret #8 "Bersyukurlah"

| 14
Bismillahirrahmaanirrahiim

sumber gambar : http://stmik-amikbandung.ac.id/foto_berita/56IPK.jpg
Apa yang terbayang dibenak teman-teman ketika melihat gambar diatas? Hihi... Mumpung akhir semester nih pasti dipojok-pojok Kampus membahas IPK. Itu analisisku saja, tak jarang dari mereka juga sibuk dengan organisasinya alias memikirkan ummat.

Aku ingin berbagi perasaan ini dengan sahabat-sahabat semua tentang yang satu ini. Kemarin banyak yang curhat dan histeris melihat nilainya. Ketika ku kembalikan kepada diriku sendiri ternyata hati ini bisa legowo menerimanya. Ada yang bertanya ke aku, "Mbak pertama kali dapat nilai C+ tumben ga histeris, biasanya udah plan inilah plan itu untuk memperbaiki?" kujawab dengan senyum padahal dalam hati juga berbicara "sebenarnya sudah ada planning untuk memperbaiki tapi apakah harus diumumkan ke khalayak?"

sumber gambar : http://kampus.unikom.ac.id/s/userassets/10509553/blog_images/image_2c143978a412a43a1ebe3776c6decfd7.jpg


Ya memang kuliah ini pertanggungjawabannya kebanyak pihak, Allah, diri sendiri, orang tua, masyarakat, dll. Tergantung kita menyikapinya. Dulu ketika aku semester 1 rasanya dapat nilai jelek itu sakit banget. Setelah aku pelajari ternyata pada waktu itu aku belum bisa mengukur kemampuanku, dalam artian aku hanya meminta nilai tinggi tanpa melihat seberapa paham pada materi yang disampaikan.

Tidak munafik memang sebagai mahasiswa dilema akan butuh nilai atau pemahaman. Kalau aku rasa memang dua-duanya. Ya kita sama-sama mahasiswa istilahnya temenku itu "ga usah munafik deh lo butuh nilai kan" dari omongannya temenku itu aku jadi tersadar sesuatu. Hihi... Nilai bagus atau jelek tergantung kita bagaimana menerimanya. Dapat nilai jelek atau bagus yang perlu dilakukan adalah disyukuri. Mungkin banyak yang dibawah kita yang kita tidak tahu. Mungkin ada hal yang salah ketika proses belajar, mungkin ada faktor x yang membuat kita lupa pada Sang Pemilik Ilmu, Allah. ^^ Intinya kembali lagi ke kita.

Jangan sampai nilai jelek kita hanya membuat kita terpuruk, berkata kotor atau misuh atau menyalahkan teman, menyalahkan dosen. Yuk kita bangkit ^^ Belajar dari kesalahan dari semester lalu untuk perbaikan di semester depan. Jangan lupa murnikan niat kembali karena Allah Ta'ala bukan karena yang lain ^^

Lihatlah kawan, betapa mirisnya kawan-kawan yang dibawah kita dan dengan bangganya kita berkata didepan mereka "Rek, nilaiku jelek. Aku dapat B". Bisa-bisa tanggapan mereka hanya diam karena kita tak bisa memahami perasaan mereka. Dari narasi yang panjang diatas aku ingin menyimpulkan (hehe...maaf ya) Kita kan sudah berusaha, berdoa dan melalukan yang terbaik untuk Agama, Bangsa, Negara, Masyarakat, diri sendiri dll, kalau dikasih nilai baik yuk kita pertanggungjawabkan nilai itu, agar nilai itu menginterprestasikan kompetensi kita. Jangan sampai nilai itu hanya bayangan saja bukan aslinya. Kalau nilainya masih kurang memuaskan kita kaji lagi apa yang salah dan kita perbaiki. Jangan lupa mendekatkan diri dengan Sang Pencipta ^^ Pokoknya jangan terpuruk lagi ya kawan-kawanku, tak selamanya kita berada diatas dan tak selamanya kita dibawah. Roda zaman akan tetap berubah. Semua yang kita harapkan insyaallah akan bisa jadi kenyataan dengan memasrahkan kepada Allah ^^ Kalau kata Mbak Ria "hadirkan Allah dalam setiap apapun dan bagaimanapun keadaannya" ^^ Tetap  positive thinking (husnudzon sama Allah), qona'ah, bersyukur dan berusaha lebih baik lagi ^^

Sekian dari saya, semoga bermanfaat ^^ (diambil yang baik-baik aja ya, jangan ditiru yang tidak pantas ditiru)

-.Vita Ayu Kusuma Dewi - Rescue Iffah
share on facebook

14 comments:

Ria Hidayah said...

suka. Dulu awal kuliah keseeeel bgt klo ada seorg teman yg dapet nilai 85 trus nangis2... ngamuk2 ngaser2 bilang di hadapan teman2 nya yg dpt nilai lbh kecil dr dia 'nilaiku jeleeeeeek... keciiiiiil'... keseeeeel dengernya. sok banget.. gak mikirin perasaan d sekelilibgnya yg cm dpt nilai 80, 70, atau bhkan 50. pdahal bagi yg 70 merasa nilainya itu sudah lumayan jika berkca dgn byknya org2 yg lain yg nilainya jh jeblok d bwh.... astaghfirullah...

Vita Ayu Kusuma Dewi said...

Iya Mbak.... ya pelajaran buat kita kalau mau berbicara dilihat dulu siapa yang diajak bicara kondisinya gimana. Terkadang omongan kita menyakiti orang lain.huhu

Desa Cilembu [Ubi Cilembu] said...

jadi inget jaman muda, untuk dapet nilai C azh..pola belajar kita udah babak belur, dapet B apalagi A, kayanya harus babak belur sampe benjol-benjol dulu. dulu sering aneh dengan mahasiswa dikampus tetangga, dapet nilai C pada sedih malah sampe ada yang nagis segala...aneh kan?

Ria Hidayah said...

yup deeeek... bnr tuuu

Vita Ayu Kusuma Dewi said...

Desa Cilembu : iya Bang, nangis sih boleh aja asal ga berlarut n ada perbaikan kedepannya. Kalau nangis doang mah ga ada untungnya,hehe

ana merya said...

gak pernah ngerasain jadi anak kuliahan....XD

Feby Oktarista Andriawan said...

Yah gitu deh tapi terkadang nilai gak sejalan dengan kemampuan. Itulah mahasiswa. Tapi banyak yang ngejer nilai dulu baru belajar pas mau kerja.. :D

Payz0 said...

Yang penting niat karena Allah... ada sebuah hadits yang menyebutkan 3 orang yang pertama kali di adili di hari pembalasan, salah satunya penuntut ilmu. Tetapi malang nasibnya karena niatnya agar dipandang pintar oleh manusia maka dia di seret ke dalam api neraka... (Naudzubillahi mindzalik).. Afwan hanya mengingatkan saja...

Coll Game said...

menarik sekali, :D berarti apanya yang harus dirubah ;)

Vita Ayu Kusuma Dewi said...

Feby : ya sih mas..tapi ya usaha dong buat menggali potensi :D

ayzo : setuju :) syukron..

Coll game : cara pandang dan kebiasaan ^^

Vita Ayu Kusuma Dewi said...

Ana : hehe maaf y mbak..

jiah said...

harus ya punya IP bagus??? tanya doang wong aq blm kulyah heheh
pokoknya semangat, dalam dunia kerja nilai g terllu penting, yg penting adalah kemampuan :D

Vita Ayu Kusuma Dewi said...

hehe iyups Mbak,,,yang dibutuhkan memang skill. Tapi tak memungkiri kadang IP hanya digunakan pada gerbang alias pintu masuknya saja ^^

Indah P said...

Belajar dari kesalahan dan mengembalikan kpd Sang Pemberi Ilmu....keren banget. sukses yach ?

Post a Comment

Komentar dimoderasi, yuk sambung silaturahim, saya akan langsung berkunjung balik ke sahabat semua ^^