Indonesia Youth Forum 2014: Kepulauan Wakatobi Sulawesi Tenggara

| 0
Bismillahirrahmaanirrahiim
Alhamdulillah, hari ini mencoba merapikan file-file yang ada di Laptop  tersayang. Seperti yang kusampaikan pada postingan sebelumnya, banyak sekali naskah yang hanya berujung pada “diam” dalam folder. Salah satunya adalah review kegiatan Indonesia Youth Forum 2014 yang dilaksanakan pada bulan Mei 2014 yang bertema“The Role of Youth : Action on Preserving Heritage and Marine Tourism Sutainability” yang dilaksanakan di Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Wakatobi, mendengarnya asyik bukan. Kepulauan kebanggaan Indonesia yang sangat terkenal di mata dunia. Hayo…ada yang belum tahu?  Hehe.. saya saja sebenarnya baru mengetahui saat mengikuti Indonesia Youth Forum 2014. Sejak pertama kali berkunjung ke Wakatobi aku sangat senang, karena banyak sekali hal yang akhirnya ku ketahui tentang uniknya Indonesia.

Bentuk kegiatan Indonesia Youth Forum 2014 kemarin adalah Meet the Leader, Meet The CEO, Live In Suku Bajau, Save Coral Campaign Mangrove for peace, Corporate Action, Indonesian Youth Intiative forum  dan Forum Discussion on shore, sabanna and boat.

Ohya,  mengenai review  kegiatan yang akan kusampaikan dalam beberapa hari ini adalah review perhari, bukan detail seluruh yang aku alami disana. Jujur ya, karena banyaknya yang aku alami disana, aku sampai bingung mau menulis yang mana Sudah ada draft tulisan hingga halaman 11 yang menceritakan baru sampai hari ke 3. Itu saja masih banyak yang outline. Mohon doanya ya semoga bisa menyelesaikan cerita detail itu bersama naskah yang lain.

Sesi 1 ini aku akan berbagi proses seleksi menuju Indonesia Youth Forum 2014.
*
Pada awalnya peserta mengirimkan formulir serta aplikasi dengan ketentuan: Berusia 17-21 tahun ketika acara berlangsung, memiliki social project yang sedang dijalankan dan menjadi panitia inti proyek, mengisi formulir pendaftaran dan esai serta membawa media partner pada tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

Kemudian panitia Indonesia Youth Forum 2014 menyeleksi melalui dokumen yang diterima melalui email. Setelah aplikasi diterima maka panitia Indonesia Youth Forum akan menginformasikan kepada peserta bahwa aplikasinya diterima dan berhak mengikuti tahap selanjutnya yaitu interview.

Interview dilakukan melalui media sosial skype. Setelah lolos tahap interview 1 maka interview dilakukan pada tahap 2 untuk memastikan kegiatan atau project social calon peserta telah dilakukan dan memberikan dampak bagi masyarakat.

Setelah dinyatakan lolos melalui tahapan seleksi administrasi, proposal dan interview, peserta wajib mengikuti serangkaian kegiatan Indonesia Youth Forum 2014 di Wakatobi, Sulawesi Tenggara.
***

Sumber : Laporan Kegiatan Indonesia Youth Forum untuk Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya oleh Vita Ayu Kusuma Dewi (2014)
share on facebook

0 comments:

Sekilas Info:



Kotak pada kolom blok komentar ini masih kosong. Maka merupakan suatu kehormatan jika sobat menjadi orang yang paling pertama menuliskan komentar, baik berupa pujian, masukan, kritikan, maupun pertanyaan di kolom komentar yang terletak di bawah kotak ini.

Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap artikel-artikel saya sendiri maupun ilmu yang telah saya peroleh dari orang lain.

Vheytha

Post a Comment

Komentar dimoderasi, yuk sambung silaturahim, saya akan langsung berkunjung balik ke sahabat semua ^^