Teknik Pengairan (Lagi)

| 0
Bismillahirrahmaanirrahiim
Alhamdulillah masih diberi kesempatan Allah untuk menulis. Sejak kemarin, ada beberapa yang ingin ditulis namun belum busa tersampaikan. 2 hari yang lalu ikut job fair, pertama kalinya (melelang ijazah). Hari ini, tepatnya pagi tadi, banyak pelajaran dari kolam renang dari adik-adik SD. Tapi, cerita malam ini bukan itu, tapi tentang jurusanku, Teknik Pengairan.

Sejak tadi siang, ada beberapa adik yang mengirim pesan kepada saya, lewat G+, hangout, dan email. Semuanya intinya sama, menanyakan tentang Teknik Pengairan, jurusan yang (akan) mereka pilih.

Besok memang hari terakhir pendaftaran SNMPTN, jadi wajar saja kalau masih ada kegalauan.

Sebagai informasi saja, memang banyak yang belum familiar dengan jurusan Teknik Pengairan, kecuali ada relasi atau keluarganya yang tahu tentang jurusan ini. Wajar juga kemarin ada yang tanya, sama tidak dengan ilmu kelautan, manajemen perairan, pertanian, dll. Berbeda adik-adik, Teknik Pengairan ini di Fakultas Teknik. Culturenya ikut Teknik, berbeda dengan kelautan dan perairan, yang ada di Fakultas Perairan dan Ilmu Kelautan.

Secara singkatnya, kalau di Teknik Pengairan sama dengan Teknik Sipil konsentrasi bangunan air. Contohnya perencanaan bendungan, jaringan irigasi, bendung dan bangunan air lainnya. Mempelajari juga bangunan pantai seperti jetty, pun juga kualitas air serta limbah, dan beberapa konten lainnya.

Meski belum terlalu familiar, prospek kerja Teknik Pengairan juga bukan sebagai juru air, bisa di Kementerian atau Dinas PU, bisa bergabung dengan BUMN, Kontraktor atau Konsultan, atau beberapa bidang lain yang terkait dengan Teknik. Saya yakin, setiap orang ada jatahnya mendapat kerja, jadi jangan pernah takut untuk masuk jurusan yang menurutmu belum terlalu banyak terdengar di masyarakat. Justru itulah kesempatan emasmu.

Luruskan niat ya, kuliah itu untuk cari ilmu, untuk kerja ada Allah yang akan mengarahkan. Percayalah, dengan memurnikan niat menuntut ilmu karena Allah, Allah akan membantu mencarikan pekerjaan untuk kita nantinya, insya allah.

Semangat... ^^
***
GANIZ, 14 Maret 2015
Vita Ayu Kusuma Dewi
share on facebook

0 comments:

Sekilas Info:



Kotak pada kolom blok komentar ini masih kosong. Maka merupakan suatu kehormatan jika sobat menjadi orang yang paling pertama menuliskan komentar, baik berupa pujian, masukan, kritikan, maupun pertanyaan di kolom komentar yang terletak di bawah kotak ini.

Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap artikel-artikel saya sendiri maupun ilmu yang telah saya peroleh dari orang lain.

Vheytha

Post a Comment

Komentar dimoderasi, yuk sambung silaturahim, saya akan langsung berkunjung balik ke sahabat semua ^^