Tutorial Pra & Pasca Skripsi WRE

| 2
Bismillahirrahmaanirrahiim
Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh. Menanggapi pertanyaan-pertanyaan sahabat saya. Saya mohon ijin untuk share diblog agar lebih mudah dibaca mengenai proses pengurusan surat ujian skripsi. Semoga dimudahkan Allah ya kawan-kawanku ^^

*Pra ujian skripsi
#Mengurus S01-A:
Poin 1. Ke Pak Misdu dengan mengumpulkan jilidan berjumlah 5 + semua form-form skripsi yang telah diunduh dan diisi dari web pengairan, termasuk mengurus transkrip. Cek betul transkrip, takutnya ada nilai yang salah atau mata kuliah yang belum terhitung. Semua yang ada fotonya dilengkapi foto (Foto disarankan semuanya dof karena beberapa foto itu digunakan untuk ijazah) dan untuk lembar plagiasi, revisi serta tanda tangan berhijab memakai materai (Jumlah total 3 materai). Kalau sudah diparaf oleh pak Misdu, nanti dimintakan tanda tangan Pak Nur. (Biasanya poin 1 dan 2 yang terakhir dilakukan)
Poin 2. Ke Pak Nur, ujian sendiri untuk SNMPTN 600k untuk SPMK 750k, jika ujian lebih dari 1 orang maka biayanya akan berbeda, tergantung jumlah mahasiswa yang akan ujian (insya Allah)
Poin 3. Ke Kasubag akademik lt.4 Dekanat (sebelah kiri lift)
Poin 4. Ke Kasubag akademik lt.4 Dekanat (sebelah kiri lift)
Poin 5. Ke Kopma, belakang receptionist Guest House UB, bayar 5k untuk kupon lalu ditukar dengan belanja di Minimarket depan guest house.
Poin 6. Ke bagian IOM lt.4 dekanat (sebelah kanan lift)

#Kalau semua administrasi sudah siap, tinggal menunggu SK dan undangan. Jangan lupa sebarkan undangan ujian skripsi ke dosen, jangan sampai pada hari H surat masih ditangan. Mohonlah kepada Allah agar dimudahkan lidah kita untuk presentasi. Buat masa menunggu adalah masa mengingat Allah. Ohya H-1 ujian, usai sholat dengan rasa ikhlas dan tulus, doakan dosen penguji dan dosen pembimbing, bayangkan malam itu ketemu mereka, al fatihah, insya Allah esok hari keadaannya tidak akan jauh dari apa yang dibayangkan. Semoga ujiannya dimudahkan dan dilancarkan Allah ^^

*Saat ujian skripsi:
Jangan lupa mohon restu kepada orang tua. Banyak berdoa, kalau sudah nervous jangan paksakan melahap materi. Banyak silaturahim/diskusi sambil mendengarkan mp3 murattal atau membaca Al Qur'an (Pengalaman kemarin ini yang paling mujarab untuk mengusir gundah dihati). Jangan lupa untuk absen dan percaya diri, serta sebelum masuk ruangan doa dan ucapkan "Bismillah". Saat melihat dosen, ingat bahwa tadi malam sudah bertemu dalam doa, jadi anggap saja ini pertemuan lanjutan. Saat presentasi, give your best action and argument. You have an opportunity to show the world that you can do your research ^^ Dalam menunggu nilai, tata lagi hatimu. Semoga diberikan hasil terbaik oleh Allah ^^ Aamiin..

Usai keluar ruangan setelah dinyatakan lulus ujian skripsi, ambil lebar revisi di Recording (semoga saja tidak ada revisi, aamiin) dan hargailah teman-temanmu yang telah menunggumu sejak pagi hari ^^ Jangan lupa bersyukur ya ^^ Jangan lupa juga mengerjakan revisian. Revisi menunjukkan bahwa Bapak/Ibu dosen itu ingin hasil skripsi tersebut lebih sempurna, bukan merepotkan proses kita. Sebab jika dosen memberikan revisi berarti dosen tersebut akan ekstra bekerja keras membenahi apa yang kurang dan menambah waktunya untuk membimbing kita. (Terima kasih Bapak/Ibu dosen atas bimbingannya ^^)

*Setelah Masa Revisi
Jika skripsi dinyatakan selesai dan dijilid begitu pula jurnal telah di acc maka tahap selanjutnya adalah melengkapi S01-B.

Poin 1. Ke Perpustakaan jurusan menyerahkan skripsi+CD+jurnal yang telah dijilid cover hijau, foto 4x6 1 lembar, buku yang akan disumbangkan ke perpustakaan jurusan. Jika sudah mendapatkan form perpustakaan kemudian menyerahkan skripsi+CD ke perpustakaan pusat dan membayar 50k untuk sumbangan alumni untuk perpustakaan. Kemudian kembali lagi menyerahkan form ke perpustakaan jurusan dan minta stempel. Setelah itu ke Recording menemui Ibu Annisa untuk upload jurnal, kemudian membayar 50k untuk sumbangan alumni jurusan di Pak Nur. (Sekaligus tanda tangan S02 poin 1).
Poin2. Paraf masing-masing dosen pembimbing.

*Setelah S01-B selesai dan distempel jurusan maka S01-B di fotocopy 2x diserahkan ke Pak Misdu, nanti akan dibuatkan biodata yang akan langsung diserahkan Recording ke lantai 4 Dekanat. Jadi kita tidak perlu menyerahkan sendiri ke Dekanat.

Ditunggu 1-2 hari, langsung saja ke dekanat lt.4 bagian akademik untuk mengambil SKL.

SKL dicopy sejumlah yang dibutuhkan kemudian distempel dibagian umum. Jika memerlukan SKL bahasa inggris atau SIAM belum aktif, komunikasikan dengan bagian akademik. Mbak dan Bapak akademik baik hati untuk membantu ^^

*Sembari mengurus S01-B bisa diurus juga S02 (Form wisuda)
Poin 1. Tanda tangan seluruh laboratorium beserta sampel serta paraf perpustakaan dan jurusan kemudian tanda tangan Pak Nur.
2. Ke Dekanat lt.6 bagian keuangan dengan membawa foto copy kwitansi pelunasan biaya wisuda (poin 3) serta membayar 230k untuk sewa toga dll.
3. Ke BNI dan membayar 350k.
4. Ke Dekanat Lt.5 bagian IKA dan membayar 40k.
5. Validasi di lt.1 Dekanat bagian kemahasiswaan.
6. Ttd perpustakaan pada saat mengumpulkan skripsi ke perpustaan pusat dan membayar (telah dijelaskan saat mengurus S01-B).

*Urutan rute khusus adalah poin 3-2-5 atau 5-3-2

Jika form S02 lengkap, SKL sudah keluar dan telah mengupload berkas wisuda ke SIAM (hanya bisa diakses setelah nilai skripsi keluar), maka selanjutnya mendaftar wisuda ke lantai 1 kemahasiswaan dengan membawa : 
-Form S02 asli yang telah di stempel 
-Fotocopy form S01-B 
-Fotocopy pembayaran wisuda dan sewa toga 
-Form pendaftaran wisuda yang diperoleh di Lantai 1 kemahasiswaan
-Form dari akun sinatra.ub.ac.id

*Perhatikan ukuran data/berkas  yang diupload di SIAM, untuk foto tidak boleh lebih dari 500kb, file cover-kesimpulan berupa PDF atau Ms.Word, link jurnal ada di web Teknik Pengairan

*Jika sudah terdaftar wisuda, kemudian melakukan validasi transkrip dan ijazah di Lt.4 bagian Akademik. Cek konsentrasi studi kita ya ^^

*Jika semua urusan selesai, ke Rektorat lt.2 bagian KTM, KTA (tanya satpam jika belum tahu tempatnya) untuk mengambil kartu alumni.

Selamat menunggu wisuda, semoga ilmunya bermanfaat bagi masyarakat. Insya Allah prosesnya seperti itu, mohon koreksinya apabila ada yang kurang. Semoga bermanfaat dan Allah memudahkan segala urusan kita serta meridhoi setiap langkah kita. Aamiin

*kalau ada pertanyaaan lain pm aja ya :D Ohya ini tempatnya saya anggap belum berubah ya. Kalau ada perubahan Kantor saya mohon maaf
***
GANIZ, 3 Maret 2015
Vita Ayu Kusuma Dewi
share on facebook

2 comments:

FauZhee 10069 said...

Makasih banyak mbak, meskipun saya beda fakultas tapi cukup membantu.

Saya mau tanya kalo mau ngambil KTA itu masih ada syaratnya ga? Misalnya suruh bawa apa gitu?
Terimakasih...

Vita Ayu Kusuma Dewi said...

ga ada ka fau :) langsung aja ke rektorat bawa form yang dikasih waktu di dekanat (kalau fakultas saya) :)

Post a Comment

Komentar dimoderasi, yuk sambung silaturahim, saya akan langsung berkunjung balik ke sahabat semua ^^