Inspirasi dari Gym : Pentingnya Niat dan Tujuan

Bismillahirrahmaanirrahiim
Gym, apa yang dipikiran rekan-rekan ketika mendengar kata ini? Olahraga? Fitnes? Cowok kece? Berotot atau yang lain? hehe..Saya tidak akan membahas semua itu.hehe...Lhah terus? Sabar..sabar.. Saya ingin sedikit sharing pengalaman nge-gym, bukan ikut-ikutan kekinian loh ya, awalnya hanya untuk latihan fisik sebuah kegiatan Agustus-an, daripada saya PP GBK - Bogor di malam hari, lebih baik saya menggantinya rutin gym, menurut saya. Tapi pada akhirnya tempat gym ini justru menjadi inspirasi yang menyadarkan saya akan pentingnya niat dan tujuan.

Saya ceritakan ya, saat pertama kali ketempat gym, saya sudah mendapat suatu hikmah, ceileh, hikmahnya adalah saya tidak bisa lari dari persoalan PMDSU, sebab ketika di gym ketemunya sama anak PMDSU juga.hehe...Jadi sambil nge-gym diskusinya proposal kamu sampai mana, yang ini gimana, yang itu gimana, pokoknya Allah ga ngijinin saya melupakan amanah beasiswa.hehe...Ada baiknya sih, jadi walaupun nge-gym masih bisa sharing dengan rekan tentang progres penelitian, tapi kalau tiap gym bahasnya itu juga bosan, dilain sisi ingin refresh sejenak.hehe..

Kali kedua saya ke tempat gym, saya bingung mau pakai alat apa. Mana rekan PMDSU nge-gymnya sore jadi tidak bisa tanya-tanya. Saya dengan Mbak Aini memilih jadwal pagi jam 07.00 WIB dengan pertimbangan jam segitu bakal sepi yang nge-gym  apalagi laki-laki pasti jarang kalau nge-gym sepagi itu. Itu karena kita kurang nyaman sih kalau pas nge-gym dilihatin.hehe... 

Pagi itu dari Kos sudah jalan kaki 15 menit, ya sambil lari kecil tapi banyak jalannya karena dijalan yang ramai motor #alasan. Sesampainya di gym, kami juga malu untuk mau tanya trainernya karena beliaunya pendiam sekali, beda sama yang waktu awal kesana sangat humble orangnya. Tapi trainernya sudah tanya, mau ngecilin badan apa gemukin Mbak, katanya. Ea...badan segini kalau diperkecil jadi apa ya, sapu lidi kali. Tapi saya cuma menjawab buat jaga stamina saja.  Akhirnya saya dan Mbak Aini hanya latihan cardio (static bicycle, treadmill dan satu lagi, yang merepresentasikan kita berjalan seperti eliptical machine), itu terus yang kami pakai latihan beberapa set, istirahat dan berkutatnya sama alat itu saja hingga pukul sembilan pagi. Setelah itu pulang ke Kos, bersih diri dan ke Kampus.

Judulnya pernah nge-gym.hehe

Beberapa hari kemudian ada rasa malas muncul, padahal hari-H yang memerlukan latihan fisik semakin dekat, akhirnya kalau tidak ada teman nge-gym, ga nge-gym. Nah loh..ada yang salah berarti. Saya mencoba mengevaluasi apa ya yang membuat saya malas, usut punya usut kesimpulan saya berujung pada 2 kata "niat" dan "tujuan". Dua hal ini sangat menentukan bagaimana kita melangkah kedepan dan merencanakan sesuatunya. 

Soalnya waktu awal nge-gym beneran ada Mas-mas yang nge-gym sama foto-foto banyakan foto dan pegang HPnya, ada juga yang benar-benar tekun exercise. Saat berpikir itulah saya menemukan sebuah tujuan, tujuan saya nge-gym buat latihan otot ini itu, sama latihan ini itu agar pas nanti hari H sudah siap fisiknya serta tidak akan terjadi cidera ketika latihan dan hari H. Sejak menemukan tujuan itu, sayapun akhirnya berani berangkat nge-gym tanpa teman, maksudnya tidak mengandalkan teman. Masih mengambil jadwal yang sama dengan pertimbangan yang sama, akhirnya saya beranikan tanya ke trainer, kalau untuk menuju tujuan itu saya harus pakai alat mana dan baiknya berapa set. Saat itu akhirnya trainernya memberi tahu pakai alatnya apa dan maksimal setnya.

Benar saja, setelah saya tahu tujuan saya nge-gym, saya jadi semangat, tidak mengandalkan teman, dan tahu alurnya misalnya saya harus pemanasan dulu pakai static bicycle sekitar 15 menit dengan speed tetap, kemudian saya akan melatih otot trisep dengan tricep machine 3 set, dan alat-alat lain. Saat itu juga saya mengkombinasikan alat misalnya latihan dengan dumble dengan memanfaatkan fitness bench, serta alat lain yang saya pernah pakai seperti hyper extension bench, kettlebells dan lainnya lupa namanya. 

Kalau lagi sepi..hehe..dari IGnya tempat Hilzastro Gym Dramaga

Inspirasinya adalah niat dan tujuan itu penting dalam hal apapun, kalau ketika nge-gym sih saya kebayangnya penelitian, saya jadi banyak bertanya kepada diri sendiri, kenapa ga semangat, kenapa ga mulai-mulai, ternyata saya belum paham betul tujuan spesifiknya. Begitupula dalam kehidupan sehari-hari, ketika kita tanpa niat dan tujuan yang jelas pasti akan banyak kebingungan dan kita akan melakukan hal-hal yang tidak kita butuhkan. Jika sudah ada tujuan maka kita akan lebih mudah menentukan arah dan langkah menuju tujuan tersebut, kita juga akan fokus pada hal-hal yang perlu dan tidak sia-sia dan pastinya kita akan lebih menjadi diri kita sendiri atau percaya diri karena tak melulu ikut orang lain. Kalaupun kita akan kolaborasi, kita juga akan mempertimbangkan partner yang tepat untuk dijadikan partner kolaborasi, bukan asal pilih. 

Nah, begitulah sedikit yang bisa saya sharingkan ketika berada di tempat gym, jadi dimanapun kita berada pasti ada satu hikmah atau inspirasi yang kita dapatkan, sekalipun itu ditempat olahraga, tempat belanja, apalagi ditempat menimba ilmu. 

Semoga dengan one minute awareness ditempat gym tersebut dapat bermanfaat kawan. Selamat pagi, selamat beraktivitas.. Awali dengan menyebut asma Allah dan semoga kegiatan hari ini barakah, bermanfaat dan diridhoi Allah. In syaa Allah kedepannya ingin sharing tentang waktu yang berkah, yang akhir-akhir ini sering saya pikirkan^^

Ohya, sekalian numpang promo..itu saya nge-gym nyaman pakai rona dari Gerai Mentari berbahan training, tetap setia menemani apapun aktivitasmu. Yang minat bisa melaju ke link diatas atau bisa hubungi saya.hehe .. ^^

Terima kasih ^^
***
Wisma Wageningen, 13-14 September 2016
Vita Ayu Kusuma Dewi

Comments

  1. Waduh... Ini seriusan nge-gim mbaknya... Keren.... Aku dulunya pernah, sih. Tapi, karena sibuk (alias sok sibuk dan uang suka ngirit), alhasil, programnya aku ganti pake lari-lari kecil aja. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Heru Arya : iya mas nge gym ini.hehe..gpp sih mas pake olahraga sendiri asal rutin..kalau ngegym biasanya punya tujuan spesifik mas dan ada temen yg ngingetin juga..

      Delete

Post a Comment

Komentar dimoderasi, yuk sambung silaturahim, saya akan langsung berkunjung balik ke sahabat semua ^^