Pentingnya Relasi Saat Laptop Tak Bisa Wifi

Bismillahirrahmaanirrahiim... 
Kemarin, sabtu (14/01/2017) seharian saya berada di Laboratorium untuk mengerjakan beberapa progres baik tugas UAS maupun penelitian. Seharian pula laptop ini tak terkoneksi dengan internet. Pada awalnya hanya tidak mendeteksi wifi Wageningen, tapi sorenya tandanya berubah bukan hanya tak terkoneksi, tapi ada tanda seperti gambar dibawah ini. 



Sudah bingung sama keadaan dedek Laptop yang sudah 4 tahun menemani ini, akhirnya saya coba pakai troubleshoot problems, tapi nihil, tetap tidak bisa dan munculnya gambar dibawah ini.


Saya sempat hopeless sih, hehe.... soalnya memang sedang butuh untuk mencari salah satu referensi, kalau pakai HP kasihan paket data dan pindah-pindah lagi dari HP ke Laptop. Saya teringat ketika ENJ 2016, ekspedisi di Pulau Harapan, suatu malam, Laptop saya bermasalah dengan wifinya, saat itu Galih dan Mas Fhajar sebagai perantara Allah memperbaiki koneksinya dan alhamdulillah bisa. Akhirnya saya langsung menghubungi Mas Fhajar via line dan menjelaskan apa yang terjadi dengan wifi laptop. Alhamdulillah beberapa saat Mas Fhajar langsung merespon dan memberikan beberapa alternatif, salah satunya di shutdown dulu kemudian dinyalakan kembali, tapi setelah  saya lakukan tidak berpengaruh sama sekali.hehe.. 


Kemudian Mas Fhajar menjelaskan kalau ada masalah diperangkat wifi yang berada didalam laptop, bisa jadi jatuh atau sudah melemah. Akhirnya saya bilang kalau sudah menemani saya 4 tahun, dan saya diberi alternatif pakai cara lain. Caranya klik kanan pada “gambar komputer yang tanda silang (gambar awal)” tadi, kemudian pilih “network connection”, klik “change adapter”. Taraaaa...kosong sodara-sodara... 


Terus sama Mas Fhajar diarahkan lagi, klik “my computer”, klik kanan lalu pilih “properties”, kemudian setelah muncul jendela baru, klik “device manager”. Cari tulisan “network adapter”, ternyata disitu tandanya tanda seru semua.hehe... 


Ya sudah katanya kalau ada tanda seru berarti ada masalah, salah satu jalannya di instal lagi drivernya, bisa jadi yang sekarang tidak stabil. Belum berhenti disitu, kan driver laptop ini ada dirumah, lalu laptop ini slim edition, alias tidak ada tempat VCD. Alhamdulillah ada alternatif lain, kata Mas Fhajar download saja drivernya di mbah google Driver wirelless asus X401U”. 



Malamnya alhamdulillah saya ngungsi di Lab teman, jadi bisa pinjam laptopnya buat download. Alhamdulillah ada beberapa alternatif file download, saya pilih yang "Atheros". Nah ternyata tidak bisa langsung diinstal, maunya di uninstal dulu yang bermasalah tadi.

Setelah uninstal dan saya coba instal kembali alhamdulillah bisa. 



Ya Allah terima kasih, akhirnya tidak jadi membeli wifi adapter yang harganya mulai Rp75.000,- hehe.. kan lumayan bisa buat nabung yang lain.. Terima kasih ya Allah atas perantara bantuan-Mu melalui Mas Fhajar, rekan ENJ 2016. 

So, hikmahnya adalah jaga terus relasimu, dimanapun kamu berada dan kapanpun tetap komunikasi dijaga, berbagai macam relasi dengan background berbeda bisa jadi suatu saat nanti bisa menjadi perantara dari Allah untuk membantu mengatasi salah satu permasalahanmu. Alhamdulillah, atas ijin Allah dan semoga Allah ridho ^^ 

Semoga sharing diatas bermanfaat jika suatu saat nanti kalian ada yang mengalami hal serupa..semoga bermanfaat ^^ 
*** 
Puri Fikriyyah, 15 Januari 2017 
Vita Ayu Kusuma Dewi

Comments