Cek Kesehatan Gigi di OMDC Mampang

Bismillahirrahmaanirrahiim
Ini adalah kali pertama saya  ke dokter gigi selama di Bogor. Sebenarnya terakhir kali saya ke dokter gigi adalah saat SMP, itupun karena Bapak yang demen banget cek kondisi kesehatan anaknya. Dulu treatment terakhir adalah filling atau penambalan, yang sekarang bekasnya masih kelihatan, dan inginnya ditambal ulang. Sejak bolak-balik rumah sakit selama seminggu karena mata kambuh dan menghabiskan dana hampir seperempat nilai beasiswa yang saya terima, akhirnya saya memilih tindakan preventif. Mulai detik itu saya menjadi aware terhadap kesehatan. Sayapun tak mau hal itu terjadi pada anggota tubuh lain. Akhirnya, saya putuskan untuk men-scaling atau membersihkan karang gigi. Tak kebayang dari SMP hingga sekarang apa kabar yang dibalik gigi.

Awalnya survey harga, beberapa tarif di dental clinic  Bogor, untuk scaling saja sekitar 300-400ribu, tergantung kondisi gigi. Ada yang lebih murah, tapi di tukang gigi. Taukah kalian apa beda tukang gigi dan dokter gigi? Kalau dokter gigi jelas ya, yang tukang gigi ini terkadang basicnya bukan dokter tapi ikut pelatihannya. Menurut beberapa cerita, sangat riskan sekali. Hal itulah yang memantabkan saya untuk memilih dokter gigi. Lebih bergaransi...
Kartu pasien unyu...

Suatu ketika, salah satu senior saya di Forum Indonesia Muda mengupdate foto di instagram. Dia baru saja selesai perawatan gigi. Saya melihat tag akunnya dan ternyata @omdc_official. Setelah saya telusuri lokasinya di Jalan Warung Jati Barat, sekitar 600m dari halte Buncit Indah, sekitar 4km dari stasiun Pasar Minggu. Setelah kepo, ternyata OMDC ada yang di Mampang dan Alam Sutera. Founder dan co-foundernya pasangan suami istri drg.Oktri Manesa dan drg.Toto. Satu lagi, kalau ke OMDC wajib reservasi dulu, kalau langsung datang takutnya sudah penuh apalagi after work. 

Setelah melalui negosiasi karena penuh terus saat mengajukan waktu, saya mendapat jadwal after work hari selasa, namun karena saat itu saya masih di Lab mengerjakan sesuatu akhirnya saya membatalkan. Sempat diajak ke dokter gigi di Bogor tapi saya masih penasaran dengan OMDC. Akhirnya saya re-schedule menjadi senin, 13 Maret kemarin, jam 15.00 WIB. Saya sengaja meluangkan waktu untuk mengetahui kondisi gigi yang sekarang. 
Sembari menunggu...secangkir teh hangat menemani

Langsung ke pengalamannya ya. Saat saya datang, petugas OMDC membukakan pintu dan mempersilahkan saya langsung ke lantai 2 karena telah reservasi. Bagi yang belum bisa menemui petugas di lantai 1 yang counter depan. Nuansa kalemnya fuchia mendominasi klinik OMDC, ini salah satu ciri khasnya. Sayapun disambut Mbak-mbak di counter atas dan diminta KTPnya untuk dibuatkan kartu pasien. Setelah itu saya menunggu di ruang tunggu yang nyaman sekali, bisa buat bobok loh.hehe...Di ruang tunggu sofanya empuk lengkap dengan bantal kalau mau istirahat.  Kemudian, ada mas-mas yang menghampiri saya, menanyakan mau dibuatkan apa sembari menunggu. Kopi, teh, dan ada pilihan panas atau dingin. Ramah banget..Ada juga majalah-majalah yang bisa dibaca. Lumayan lama guys kalau antri.huhu... Saya datang jam 15.30 WIB, baru masuk ruangan sekitar jam empat lebih sedikit. 

Dokter yang menangani saya adalah dokter Vandra. Beliau ramah dan baik. Pada awal pemeriksaan ditanya keluhan, lalu saya bilang tidak ada keluhan, hanya ingin scaling karena sejak SMP tidak pernah lagi ke dokter gigi. Akhirnya beliau memeriksa kondisi gigi saya. Di OMDC kalian dapat gratis semacam scan  gigi, jadi gigi kalian akan dimonitor dan muncul di layar televisi yang ada didepan kita. Disitu kita akan diberitahu kondisi sebelum perawatan dan sesudah. Jadi, menurut pemeriksaan gigi saya ini perlu dicabut 3, dan ditambal 3. huaaa...yang dicabut sudah tau alasannya karena kelihatan juga. hehe..Kalau yang ditambal, satu gigi rahang bawah, 2 gigi rahang atas. Yang rahang atas ini bekas tambalan lama, karena mengenai 2 gigi maka dihitungnya 2 gigi. Akhir dengan memikirkan budget, saya memutuskan ditambal 1 saja yang bawah. 

Paket yang saya ambil adalah Total Filling Solution Silver, terdiri dari 2x scaling, 1x penambalan laser dan 1x flouride treatment, jatuhnya lebih murah dibandingkan kita ambil perawatan satuan. Contoh harga-harganya seperti yang tersebar di postingan ini ya, lainnya ada di instagram OMDC. Lengkap.

Setelah pemeriksaan, dokternya langsung ambil tindakan, pertama scaling dahulu, kemudian dokter memberikan kaca untuk melihat hasilnya, lebih beda tapi saya baru sadar setelah sampai rumah kos, ada 2 gigi yang kurang bersih scalingnya. Setelah scaling selesai beberapa saat kemudian dokter menambal dengan laser gigi saya yang bawah ada lubang kecil, sayang kalau tidak ditutup. Setelah penambalan selesai, dokter melapisi gigi saya dengan flouride treatment.

Alhamdulillah, sekitar 45 menit selesai, dan tidak ada keluhan ngilu ataupun sakit. Kemudian dokter berpesan jangan kumur selama 20 menit setelah flouride treatment. Sayapun ke kasir dan mendapatkan free minuman yang tidak boleh diminum terlebih dahulu.hehe... Selain biaya perawatan, untuk yang pertama kali datang ada biaya administrasi sebesar Rp35.000,-. Ada diskon Rp10.000,- jika kita mau foto di booth lantai 2 dan upload di sosial media.
Pesan dokter....

Setelah selesai semuanya, saya pulang. Setidaknya saya tau kondisi gigi saya dan apa yang harus saya lakukan. Setelah ini, saya akan memanfaatkan fasilitas kesehatan kampus untuk menambal ulang 2 gigi atas, lumayan harga mahasiswa. Sembari lihat hasil tambalan satu gigi bawah dari OMDC. 

Reviewnya sebatas itu dulu ya guys, mungkin ada yang ingin memeriksakan giginya di OMDC. Ohya, OMDC juga memiliki cafe di samping klinik. Cocok buat yang setelah itu mau lanjut quality time dengan temannya. 

Semoga, gigi saya, gigi kamu, gigi kita semua sehat selalu ya ^^
***
Puri Fikriyyah, 14 Maret 2017
Vita Ayu Kusuma Dewi

Comments

  1. Drg yg sangat inovatif n profesional tp tetap dgn visi ingin meningkatkan derajat kesehatan gilut masyarakat melalui promotif, preventif, n kuratif. Lanjutkan cita2 mulia ini

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar dimoderasi, yuk sambung silaturahim, saya akan langsung berkunjung balik ke sahabat semua ^^