Beasiswa PMDSU Batch 3 2017 : Pertanyaan Saat Mendaftar

Bismillahirrahmaanirrahiim 
Beberapa waktu yang lalu, pendaftaran beasiswa PMDSU resmi dibuka melalui website PMDSU. Tentunya rekan-rekan semua yang menantikan kesempatan ini telah mempersiapkan persyaratannya jauh-jauh hari sebelum beasiswa ini di buka. Sebelum postingan ini saya telah menuliskan beberapa artikel mengenai beasiswa ini diantaranya: 


Bagi yang belum membacanya saya sarankan untuk membaca artikel diatas agar tidak ada pertanyaan yang sebenarnya sudah terjawab, apalagi mengenai apa fasilitas yang didapat di beasiswa ini, lalu syarat dan kewajibannya ada semua di Buku panduan beasiswa PMDSU Batch 3. Kalau yang masih mencari promotor bisa di link ini.

Kenapa harus membiasakan membaca terlebih dahulu sebelum bertanya? Sebab saat menjalani beasiswa PMDSU akan sangat diwajibkan kita membaca banyak jurnal.hehe... Percaya deh ini bukan hal yang mudah, sayapun masih membiasakan sampai saat ini. Cara membiasakannya adalah membaca artikel tuntas terlebih dahulu serta komentarnya baru jika kita ada pertanyaan yang belum ter-mention atau dijawab di kolom komentar, itu yang boleh ditanyakan. 

Saya ingin merangkum beberapa pertanyaan yang akhir-akhir sering ditanyakan baik melalui kolom komentar maupun surel. 

- Sebelum mendaftar menghubungi dulu promotorkah? Lalu apa yang disampaikan ke promotor? 
Alangkah baiknya iya, untuk memastikan bahwa promotor berkenan menerima kita sebagai bimbingannya nanti. Istilahnya mah ketuk pintu dulu, permisi mohon ijin. Kalau sepengalaman saya, saya menghubungi promotor saya melalui email, memperkenalkan diri dan menyampaikan topik penelitian yang akan diambil. Ketika itu promotor saya membalas bahwa saya diminta mengikuti saja prosedur pendaftaran yang ada. Rencana penelitian saya baru kami bicarakan setelah saya resmi dinyatakan diterima. 

- Bagaimana tandanya promotor menerima kita? 
Nanti kalau sudah ada pengumuman resmi penerima beasiswanya siapa, berarti itu yang diterima promotornya.hehe 

- Kalau misalnya saya mendaftar di salah satu universitas dan tidak diterima beasiswa PMDSUnya, apakah pasti universitas tidak menerima saya? Apakah saya bisa melanjutkannya dengan biaya mandiri? 
Seleksi PMDSU ini terdiri dari seleksi universitas,Promotor dan DIKTI. Jadi jika seleksi universitas diterima walaupun PMDSUnya tidak, tetap bisa melanjutkan kuliah dengan biaya sendiri. 
Alur pendaftaran (dari buku panduan PMDSU batch 3)

 - Format rekomendasi darimana?
Setiap universitas yang dituju biasanya memiliki format rekomendasi masing-masing, misalnya untuk IPB format rekomendasi adadi website pendaftaran pascasarjananya. Kalaupun tidak ada, coba saja cari contohnya dan buat yang setipe. 

- Surat rekomendasinya boleh dari dosen akademikkah? Atau hanya dosen pembimbing skripsi? 
Saya dulu menggunakan rekomendasi dari dosen pembimbing dan dosen akademik tidak bermasalah. Yang terpenting inti dari rekomendasi adalah pemberi rekomendasi merupakan orang yang mengenal kita dengan baik.

- Apakah beasiswanya cukup tanpa meminta lagi dari orang tua?
Alhamdulillah kalau saya sangat cukup, malah bisa menabung. Tergatung gaya hidup masing-masing sebenarnya, tapi saya rasa ini sangat cukup sekali buat biaya hidup.

Itulah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan akhir-akhir ini, semoga bermanfaat, terus berjuang dan jangan pernah menyerah. Tetap semangat rekan-rekan semua, percayalah setelah berusaha dan menyerahkan hasilnya kepada-Nya, in syaa Allah akan diberikan hasil terbaik dari-Nya untuk kita  ^^ .
***
Wisma Wageningen, 14 Juni 2017
Vita Ayu Kusuma Dewi

Comments

  1. assalamualaikum mbak vita, salam kenal.
    mau nanya mbak, surat rekomendasi dosen pembimbing s1 untuk PMDSU formatnya bagaimana ya? kalau bebas, apa boleh dalam bentuk bahasa inggris? terima kasih mbak

    ReplyDelete
  2. Wa'alaykumsalam... Kalau saya dulu formatnya mengikuti universitas tujuan. termasuk bahasanya

    ReplyDelete
  3. I lіke the valuable іnformation үou provide іn yօur articles.
    I’ll bookmark уoսr blog аnd check agaіn here regularly.
    Ι’m գuite ѕure I ѡill learn mɑny new stuff гight herе!
    Good luck for the next!

    ReplyDelete
  4. Hai Kak, Saya Aini.
    Sewaktu Kak Vita menghubungi dosen promotor dulu itu, poin apa saja ya yang Kak Vita sampaiken?
    Perlukah kita menjelaskan diri secara detail?

    ReplyDelete
  5. Aini : maaf baru balas, perkenalan diri dan rencana penelitian saja

    ReplyDelete
  6. Ass mbak vita, bolehkah saya minta alamat email dan tanya tanya tentang beasiswa pmdsu ini?

    ReplyDelete
  7. Wa"alaykumsalam.. Boleh vita_ayukusukadewi@apps.ipb.ac.id

    ReplyDelete
  8. Mbak vita saya mw tanya, jika kita lolos penerimaan beasiswa pmdsu,apakah spp awal sdh lgsg dibayarkan dikti atau kita bayar dlu baru nanti diganti. Kebetulan klo d ipb pas verifikasi berkas harus membawa bukti pembayaran spp awal

    ReplyDelete
  9. Mba vita saya ingin tanya jika kita lolos sbg penerima beasiswa,apakah spp pertama sdh lgsg dbayarkan dikti atau dari kita dulu yg byar nanti diganti. Kebetulan dipb saat verifikasi dokumen harus membawa bukti pembayaran spp awal

    ReplyDelete
  10. Langsung dibayar oleh dikti jadi tidak perlu membayarkan lagi :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar dimoderasi, yuk sambung silaturahim, saya akan langsung berkunjung balik ke sahabat semua ^^