Opal Card : Kartu Transportasi di New South Wales

Bismillahirrahmaanirrahiim
Sebelumnya, saya mau mengucapkan terima kasih buat mas Nanda yang sudah mewariskan kartu Opalnya ke saya. Hehe… Jadi bulan lalu mas Nanda ke Sydney dan sebelum saya berangkat sudah tiba lagi di Indonesia, jadilah kartu Opal “lungsuran” ini sangat bermanfaat untuk saya. 

Baiklah, jadi kartu Opal ini adalah kartu transportasi di NSW bisa dipakai di bus, ferry, light rail atau kereta. Namun tidak semuanya dapat menggunakan Opal, seperti kapal cepat, kapal Captain Cook Cruises, bus Sydney Explorer Hop on/off, bus Katoomba Trolley dan bus Katoomba Explorer Hop on/off. 

Biaya perjalanan lebih murah dibandingkan dengan menggunakan tiket single trip, untuk tarif Opalnya bermacam-macam untuk setiap transportasinya. Kartu ini bisa didapatkan di online, retail Opal atau di mesin Opal di layanan transportasi umum. Kartunya ada yang buat dewasa hingga anak-anak. 
Pembelian Opal online bisa di website Opal

Salah satu hal yang memudahkan lagi adalah adanya aplikasi Opal yang bisa diunduh di HP melalui play store.  Menunya mulai dari top up, trip planner dan opal activity. Menu top up ini bisa untuk isi ulang kartu dengan menggunakan kartu debit atau credit. Lalu menu trip planner ini seperti layaknya Google Maps, jadi kita dari mana mau kemana, nanti sistem akan mencarikan alternatif transportasi umum beserta biayanya, yang menggunakan Opal. Ada gambar bintang di pojok atas kanan itu gunanya untuk menyimpan pencarian kita tadi. Yang terakhir ada opal activity, itu berisi catatan perjalana kita menggunakan kartu opal, plus biayanya. Jadi bagi yang suka mencatat pengeluaran, ini sangat berfugsi sekali :D 



Nah, punya Opal harus melek informasi, jangan seperti saya 3 minggu awal di Sydney tidak bisa memanfaatkan Opal dengan baik :D Jadi setiap hari minggu maksimal bayar itu hanya A$2.70 jadi mau kemana saja naik apa saja (yang pakai Opal) kalau sudah A$2.70 setelahnya gratis alias nol rupiah, hanya hari minggu ya. Alhamdulillah saya baru tau jadi saya merasa hari minggu saya aman dan bisa fokus mengerjakan kemarin :D Selain hari minggu maksimal pengeluaran A$2.70, ada juga promo jika sudah 8x perjalanan dalam seminggu setelahnya hanya a half price atau diskon 50%. Jadi misal senin kita sudah 4x perjalanan, selasa 4x perjalanan, misal rabunya kita bepergian kita sudah dapat harga setengahnya. Kata teman saya kalau dulu gratis, tapi kebijakannya sudah dirubah. 

Alhamdulillah itu salah satu bentuk dukungan dan fasilitas pemerintah untuk masyarakat agar mau menggunakan transportasi umum. Apalagi transportasi umumnya tepat waktu, bersih dan nyaman, siapa yang tak mau. Nah itulah mengenai kartu Opal, jika sahabat ke Australia jangan lewatkan hari minggunya ya, hitung-hitung penghematan keras :D Semoga bermanfaat ya…
***
Alexandria, 23 November 2018
Vita Ayu Kusuma Dewi 

Comments