Hikmah Seminar Hari Ini, Pasti Ada Jalan

Bismillahirrahmaanirrahiim
Hari ini saya menghadiri seminar hasil kawan saya. Satu pelajaran berharga yang saya ambil adalah selama kita tidak menyerah, tetap mengikhtiarkan dan yakin kepada Allah yang akan "mengatur dan membereskan" semua urusan hamba-Nya. Kawan saya ini angkatan 2015, tahun ini tahun terakhir, jika tidak ya DO. Di tahun terakhir ini beliau masih mengikhtiarkan, masih mengusahakan menyelesaikan kewajiban, tentunya di bawah tekanan kehidupan yang lain. Saya salut, dan saya belajar banyak dari beliau. Kadang saya berkaca, di posisi saya saat ini, sayapun juga di titik yang ingin "mengakhiri" saja. Namun, melihat semangat dari sekitar, melihat peluang dan kesempatan yang Allah berikan, rasanya sayang jika saya menyerah pada keadaan. Sungguh, setiap detik waktu dan langkah ini, Allah selalu menguatkan dengan caranya. Walaupun sesederhana datang ke seminar hasil kawan dan melihat sendiri bagaimana memperjuangkannya.

Tak apa lelah dan berjalan perlahan, asal tidak menghentikan langkah di tengah perjalanan....
***
Bogor, 7 Oktober 2019
Vita Ayu Kusuma Dewi

Comments