Tips One Day Trip Wisata Dieng Ala Pre Wedding Fiersa Besari & Aqia

Bismillahirrahmaanirrahiim
Halo semua, apa kabar? Hehe... Pada kesempatan kali ini saya mau menshare tulisan saya yang pernah saya kirimkan untuk IDN Times namun tidak lolos redaksi. Ya sudah saya posting saja kan di blog pribadi agar bisa bermanfaat bagi yang lain. Hehe. Ini sebenarnya saya tulis saat melihat wedding clipnya bung Fiersa dan mbak Aqia, btw bung Fiersa ini idolanya sahabatku, sampai matanya berbinar kalau menceritakan bung yang satu ini. Nah, tulisan ini semoga bermanfaat ya. 
*
Pernikahan Fiersa Besari dengan Aqia Nurfadla 3 bulan yang lalu (14/7) bukan hanya menghebohkan dunia maya, namun juga rilisnya wedding clip beserta kisah yang membuat para netizen terpana. Nah, jika diperhatikan, latar pemandangan cantik tempat dibuatnya catatan kisah cinta Fiersa dan Aqia berdurasi 4 menit 10 detik tersebut ada di wilayah Dieng, Wonosobo, loh. Kamu pun bisa mengadopsi rencana perjalanan destinasi liburanmu ala pre wedding penulis buku Catatan Juang dan mbak Kroya ini. Yuk simak urutan perjalanannya! 
sumber: instagram/aqianr
1. Bukit Sikunir, destinasi pertama melihat golden sunrise 
Salah satu golden sunrise terbaik di Indonesia, bahkan diklaim terindah di Asia Tenggara ada di bukit Sikunir atau puncak Sikunir (2300 mdpl). Pos pendakian di bukit Sikunir ini dibuka pukul 02.00 WIB, jadi baiknya perhitungkan waktu dari tempat penginapan agar dalam pendakian tidak kesiangan. Selain indahnya mentari pagi, dari puncak Sikunir ini dapat dilihat lanskap yang membuat mata enggan berpaling, deretan gunung-gunung yang ada disekitarnya seperti gunung Sindoro, Sumbing, Merapi, Merbabu, dan jajaran gunung cantik lainnya. HTM untuk menikmati matahari terbit yang memesona ini hanya Rp10ribu, itupun sudah termasuk mengunjungi Telaga Cebong dan Curug Sikarim. Selain di puncak Sikunir, di wilayah Dieng ini ada satu tempat lagi tempat menikmati golden sunrise yang sudah dikenal warga hingga mancanegara, yaitu Gunung Prau. 
sumber: instagram/fiersabesari
 2. Dieng Plateau Theater, menikmati keindahan Telaga Warna
Setelah memanjakan mata dengan semangat pagi mentari Sikunir, perjalanan dilanjutkan menuju Dieng Plateau Theater. Kamu bisa melihat dokumentasi lengkap wilayah Dieng mulai dari sejarah, budaya dan perjalanan kawasan Dieng. Untuk masuk ke teater ini HTMnya Rp10ribu, itupun sudah termasuk menyusuri Lembah Dieng dan melihat lanskap termasuk Telaga Warna yang memukau. Jika ingin berfoto di beberapa spot instagramable dan kekinian, akan ada biaya tambahan yang dikenakan. Jam operasionalnya mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB. Jika ingin melihat Telaga Warna bak pelangi dari dekat, pengunjung dikenakan biaya HTM Rp15ribu (weekend).
sumber: instagram/fiersabesari
3. Bukit Savana Dieng
Tidak banyak pengunjung yang mengetahui keberadaan bukit Savana Dieng ini. Hamparan rumput di Kaki Gunung Pangonan ini dapat ditempuh dengan treking 20-30 menit dari pos awal pendakian. Keindahan panorama rumput ditambah lembah dan bukit serta semilir angin menggoyangkan rerumputan membuat suasana semakin romantis. Apalagi dari ketinggian di tempat ini dapat dinikmati pula pemandangan kawah Sikidang. HTM menuju Bukit Savana ini Rp10ribu. 
sumber: instagram/aqianr
4. Kawah Sikidang
Kawah Sikidang adalah destinasi selanjutnya. Dataran tinggi Dieng merupakan kawasan gunung api dengan beberapa kawah yang masih aktif. Nah, kawah Sikidang ini adalah kawah terbesar yang aktif di kawasan Dieng. Uniknya lagi, sesuai namanya Kidang atau berarti Kijang, konon kawah ini sering berpindah tempat 4 tahun sekali. Untuk ke kawasan ini pengunjung dikenakan HTM Rp15ribu sudah termasuk menuju kawasan candi. Jadi satu tiket langsung 2 destinasi. 
sumber: instagram/pesonadieng_jawatengah
5. Menikmati sunset di Kompleks Candi Dieng
Setelah seharian berjalan-jalan, destinasi terakhir adalah kawasan candi sembari menunggu datangnya sunset. Kamu tidak perlu membayar HTM lagi karena ini merupakan tiket terusan dari kawah Sikidang. Candi Arjuna merupakan candi hindu tertua. Di area candi Arjuna ada candi-candi yang lain diantaranya Semar, Srikandi, Puntadewa, dan Sembadra. 
sumber: instagram/sherust
Nah itu tadi jadwal perjalanan one day trip di kawasan Dieng Wonosobo yang bisa tiru dari inspirasi pre weddingnya Fiersa dan Aqia. Destinasi lainnya di kawasan Dieng ini masih banyak dan bisa dikunjungi di hari berikutnya. Segera agendakan perjalananmu ke Dieng, Wonosobo ya, dijamin seru!
***
Ditulis Juli 2019
Vita Ayu Kusuma Dewi

Comments