Dibalik Ujian Listening

Tahukah anda apa itu listening?? Yang ngaku anak SMA pasti tau apa itu listening ( Coz SMP aja kadang sudah ada ).Yupz..Listening merupakan salah satu yang diujikan dalam mata pelajaran bahasa inggris.Biasanya dalam Ujian Naional soal listening berjumlah 15 soal.15 Soal itu dibagi menjadi 3 bagian yaitu Part 1,Part 2dan Part 3.

Part 1 biasanya disajikan sebuah dialog dan kita menebak inti dari dialog tersebut atau kita ditanya tentang personal dari dialog tersebut.Biasanya Part 1 terdiri dari 6 soal.

Part 2..inilah part yang menurut saya paling sulit coz harus menjawab dari hati yang terdalam ( ceilehhh...lebay..).Kenapa  menjawabnya harus dari hati?? sebab ga' ngerti soalnya..haduwh...Part 2 ini biasanya melengkapi dialog..kebayang ga' sih..orang jawa tulen harus mendengarkan percakapan Bahasa Inggris melengkapi dialog lagi..Part 2 ini biasanya ada 4 soal.

Part 3 terdiri dari monolog,kadang cerita kadang pengumuman dan kadang juga berita.Di part ini siswa harusmemperhatikan secara saksama dan dalam tempo yang telah ditentukan..Menurut saya mending part 3 dech daripada part 2.He..he..(kalau orang pintar jawabnya pasti semuanya sama saja..)

Yah..itulah sekelumit trentang listening yang jadi sahabat baru dalam mata pelajaran bahasa inggris.Pendapat masing - masing pasti beda dalam menilai listening karena pribadi tiap - tiap orang juga berbeda.Okeylah cukup sekian curhatnya dengan fikiran yang masih tersisa tentang listening yang baru saja dilaksanakan.



Ngawi, 2 Juni 2010
©


Comments