The History of "INTERNET"

| 10
Assalamu’alaykum Wr.Wb

Berhubung da tugas nich dari mapel TIK dischol sekalian mau bagi – bagi ilmu (insyaAllah) bermanfaat.Amien..

Pernahkan kalian dengar kata “Internet”?sudahkah kalian mencoba menggunakannya?Pastinya udahlah terutama bagi sobat – sobat remaja yang malah mungkin 24 jam selalu on line.Tahu sejarahnya???(Nah lo..)Malu atuh Kalau kalian sering menggunakannya tapi ga tau asalnya…he..he..he..

Bagi temen – temen yang belum tau sejarahnya baca za ni yach..diresapi,dinikmati dan moga” bermanfaat..Amien…

APA ITU INTERNET ????

Hemz..tau ga sich  internet  itu pa?Internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung secara global yang memungkinkan pengguna internet saling bertukar informasi/data melalui jaringan tersebut. Internet adalah sistem komunikasi data berskala global, suatu infrastruktur yang terdiri dari hardware dan software yang menghubungkan komputer yang berada di jaringannya.Jadi internet itu dapat menghubungkan jarak yang jauuuuuuuuuuuuuuuhhhhhhhh banget menjadi dekat..(he..lebay..)

SEDIKIT PENGETAHUAN MASA LALU INTERNET

Menurut Wikipedia, Internet pertama kali berkembang pada tahun 1969. Pada saat itu, Departemen Pertahanan Amerika Serikat membuktikan/mendemonstrasikan bahwa dengan Hardware dan Software based Unix kita dapat berkomunikasi jarak jauh dengan memanfaatkan kabel telepon. Proyek ARPANET inilah yang menjadi cikal bakal TCP/IP. Banyak pula pakar dan sumber  internet sepakat bahwa tahun 1969 merupakan  jejak awal internet.  Karena pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika, US, Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) mempunyai kesadaran tentang kebutuhan jaringan antar komputer agar menjadi sebuah jaringan yang organic. Saat itulah diputuskan untuk mengatakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organic. Dan program riset itulah konon disebut dengan ARPANET.

Perkembangan internet, jika kita telusuri sejarahnya, memang sebenarnya tidak lepas dari perang dingin antara Amerika dan Soviet. Perang dingin yang berlangsung adalah persaingan keunggulan teknologi diantara keduanya. Dimana Soviet pada tahun 1957 meluncurkan Sputnik, sebuah stasiun (wahana) luar angkasa. Karena kekalahan inilah kemudian Amerika pada medio 1962 dengan mengembangkan jaringan komunikasi terintegrasi yang saling menghubungkan komunitas sains dan keperluan militer.



  • Kemunculan internet dimulai pada 1966, oleh ARPA (Advanced Research Project Agency – Salah satu divisi di departemen pertahanan U.S.) dengan ide yang sangat simpel: membuat jaringan komputer militer yang mampu bertukar data dari tempat yang jauh.
  • Di tahun 1969, ARPA dengan ARPANET-nya berhasil menghubungkan dua komputer di University of California, Los Angeles dan SRI International di Menlo Park, California. Hal ini lah yang menjadi salah satu embrio kelahiran internet.
  • Di tahun 1974, TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) diperkenalkan dan menjadi sangat populer serta diterima di tahun 80-an. TCP/IP adalah standar komunikasi data yang digunakan untuk proses tukar-menukar data dalam jaringan internet. Sederhananya, TCP/IP adalah protokol/aturan yang digunakan bersama dalam mentransfer data dari satu komputer ke komputer lain dalam jaringan internet.
  • TCP/IP menggunakan skema pengalamatan yang disebut IP Adress. Satu skema yang memberikan satu alamat kepada satu mesin komputer, yang membuat data yang disimpan di dalamnya dapat diakses oleh komputer lain. Contoh IP Address: 205.116.008.044. Untuk lebih memahami tentang IP Adress, anda bisa artikel mengenai ip address di wikipedia 
  • Pada Oktober 1984, sistem domain name (.com, .org, .gov, .edu, etc) diperkenalkan. Domain name adalah satu cara untuk membuat internet menjadi lebih mudah untuk di jelajahi. Sederhananya begini: Teknologi TCP/IP memberikan satu IP address untuk setiap komputer yang membuatnya dapat diakses oleh komputer lain. IP address ini terdiri dari beberapa deret angka, contohnya: 192.12.12.98 . Nah, domain name adalah satu usaha untuk membuat internet menjadi lebih manusiawi dengan cara menjadikan domain name sebagai “alias” dari IP address. Lebih mudah mengetikkan bloggingly.com daripada 192.12.12.98 kan?
  • Juni 1987, format gambar gif ditemukan. GIF, atau graphic interchange format adalah salah satu format gambar digital yang relatif lebih efisien (karena ukurannya yang lebih kecil) daripada format gambar lain (misalnya, .JPEG) yang segera membuat internet menjadi lebih berwarna dengan berbagai gambar dalam format .gif.


  • November 1990, format World Wide Web atau www diperkenalkan oleh Tim Barners Lee, seorang karyawan CERN (Organisasi gabungan negara-negara eropa yang meneliti teknologi nuklir. Sudah baca Deception Point, novel karangan Dan Brown?).



Well, ini hal yang penting namun seringkali pemahaman kita kurang tepat: internet dan world wide web adalah dua hal yang berbeda. Internet adalah jaringan komputer yang terhubung dalam skala global, sedangkan world wide web adalah salah satu layanan internet yang berupa jaringan dokumen atau sumberdaya lain seperti audio, video atau gambar yang saling terhubung oleh hyperlink atau URL (Uniform Resource Locator – alamat web dokumen web yang anda ketikkan di address bar browser) yang ditransfer melalui jaringan internet melalui protokol HTTP (hypertext transfer protocol).

Jadi awalnya ada berbagai macam format pertukaran data antar komputer yang eksis di jaringan internet. Sialnya, terkadang antara satu format dengan format yang lain tidak kompatibel. Hal tersebutlah yang mendasari diciptakannya world wide web sebagai platform internet: untuk menyeragamkan format pertukaran data di internet.



  • FYI, Ada beberapa layanan lain selain world wide web yang “bernaung” di dalam internet: Gopher, E-Mail, IRC, dll.
  • Kelanjutan dari world wide web? Apa yang tengah anda jelajahi sekarang adalah kelanjutan pengembangan dari world wide web



FUNGSI SESUNGGUHNYA DAN PENYALAHGUNAAN

So,awalnya keberadaan internet adalah selain untuk mendukung keperluan militer dan adalah untuk kepentingan dunia pendidikan (edukasi) pada univesitas-universitas di Amerika dan Eropa. Namun pada perkembangannya internet mulai untuk berbagai keperluan dan kepentingan, sebagaimana perkembangan yang ada sekarang ini. Termasuk untuk kepentingan bisnis, personal branding maupun penyebaran pornografi.

Dari sebuah tujuan yang cukup mulia untuk pengembangan pendidikan, meskipun juga ada kepentingan lain yakni guna menunjang kepentingan militer Amerika. Meskipun dalam kepentingan militernya tersebut sering menjadikan banyak kerugian bagi negara lain. Akan tetapi saat ini dengan semakin bebasnya akses internet dan semakin bervariasinya penggunaan internet, telah menjadikan internet sebagai pedang pusaka bermata dua yang seolah gelap mata.

Bagi yang dapat menguasai dan mengendalikannya dapat menjadi sebuah “pusaka” dan senjata andalan dalam menguasai dunia, namun bagi yang tidak mampu menundukkan internet justru dikuasai oleh “pusaka” tersebut. Akhirnya dalam berinternet menjadi “tidak sehat”,  demikian kata para pakar. Aura hawa murni pusaka tersebut menjadi aura hawa gelap yang akhirnya menguasai penggunanya.

Meskipun “hawa murni” pusaka bernama internet sebagaimana awalnya diciptakan oleh sang Mpu guna mendukung dan memudahkan kegiatan edukasi seolah telah terpinggirkan, namun edukasi (pendidikan) dalam arti luas masih kita dapatkan dari internet. Bukankan segala informasi yang kita peroleh adalah pelajaran (pendidikan) yang dapat kita petik dan manifestasikan dalam kehidupan nyata. Belajar untuk belajar adalah apa yang ada dalam kehidupan ini.

BAGAIMANA DENGAN INDONESIA??ADAKAH MASA LALUNYA?

Bertanya soal asal muasal pastilah ada masak sih sesuatu terjadi tanpa ada awalannya.. konyol kan..??Belum tau versi Indonesianya??simak yach..

Berdasarkan catatan whois ARIN dan APNIC, protokol Internet (IP) pertama dari Indonesia, UI-NETLAB (192.41.206/24) didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada 24 Juni 1988. RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo merupakan beberapa nama-nama legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia di tahun 1992 hingga 1994. Masing-masing personal telah mengontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun cuplikan-cuplikan sejarah jaringan komputer di Indonesia.

Tulisan-tulisan tentang keberadaan jaringan Internet di Indonesia dapat dilihat di beberapa artikel di media cetak seperti KOMPAS berjudul "Jaringan komputer biaya murah menggunakan radio"[1] di bulan November 1990. Juga beberapa artikel pendek di Majalah Elektron Himpunan Mahasiswa Elektro ITB di tahun 1989.

Di sekitar tahun 1994 mulai beroperasi IndoNet yang dipimpin oleh Sanjaya. IndoNet merupakan ISP komersial pertama Indonesia. Pada waktu itu pihak POSTEL belum mengetahui tentang celah-celah bisnis Internet & masih sedikit sekali pengguna Internet di Indonesia. Sambungan awal ke Internet dilakukan menggunakan dial-up oleh IndoNet, sebuah langkah yang cukup nekat barangkali. Lokasi IndoNet masih di daerah Rawamangun di kompleks dosen UI, kebetulan ayah Sanjaya adalah dosen UI. Akses awal di IndoNet mula-mula memakai mode teks dengan shell account, browser lynx dan email client pine pada server AIX.

Mulai 1995 beberapa BBS di Indonesia seperti Clarissa menyediakan jasa akses Telnet ke luar negeri. Dengan memakai remote browser Lynx di AS, maka pemakai Internet di Indonesia bisa akses Internet (HTTP).

Perkembangan terakhir yang perlu diperhitungkan adalah trend ke arah e-commerce dan warung internet yang satu & lainnya saling menunjang membuahkan masyarakat Indonesia yang lebih solid di dunia informasi. Rekan-rekan e-commerce membangun komunitasnya di beberapa mailing list utama seperti warta-e-commerce@egroups.com, mastel-e-commerce@egroups.com, e-commerce@itb.ac.id & i2bc@egroups.com.

Sejak 1988, CIX (Inggris) menawarkan jasa E-mail dan Newsgroup. Belakangan menawarkan jasa akses HTTP dan FTP. Beberapa pengguna Internet memakai modem 1200 bps dan saluran telpon Internasional yang sangat mahal untuk mengakses Internet. Sejak 1989 Compuserve (AS) juga menawarkan jasa E-mail dan belakangan Newsgroup, HTTP/FTP. Beberapa pengguna Compuserve memakai modem yang dihubungkan dengan Gateway Infonet yang terletak di Jakarta. Biaya akses Compuserve masih mahal, tetapi jauh lebih murah dari CIX.

Tak terasa dah banyak ngoceh yach..he..he..he.. walaupun sebagian juga hasil copas..tapi nanti tak tulis dech darimana sumbernya.Kritik saran komentar dan keluhan dapat disampaikan lewat cbox atau kolom comentar.Terima kasih… ^_^

Wassalamu’alaykum Wr.Wb

Sumber :



- Isha irdina shafy  -






share on facebook

10 komentar:

Enambelas September said...

Digawe read more dik, ben ora dowo koyo ngene....

Isha said...

gA JOWO KI MAZ PIYE NUW??

Enambelas September said...

Cari ikon kertas kepotong. ( Jump Break )

Duve said...

OOOOOO mas Noereta......... Ki aq jajal2 buka link2mu Ta. Ki blog ke sp to????
Nunut Link pareng enggeh???????
Gantian Mangke.... Kaulo Enggeh Mantan Smasa.

1) tidaksuka.blogspot.com
2) duve.co.cc

Smasa pripun kabare niki????

Isha said...

en-se > drung bsa i mz....


duve > ni blogny vita mz cah smasa jg.smasa kabar'e apik2 ae k mz...

Isha said...

en-se > alhamdulillah bs tpi untuk yg postingan ini k g bs di edit y mz???

Mein Name Ist Nöe said...

Aneh. mbuh ah, binggung dewe aku dik. ( Hhadewh )

Isha said...

hayah...mz wi ftone cpa??lucu..

Enambelas September said...

Duve = Lho........ mas yudha ads...

Isha = Adikku dik.... pye...???

Isha said...

chip mz..uapik tenan lucu...he...

Post a Comment

Komentar dimoderasi, yuk sambung silaturahim, saya akan langsung berkunjung balik ke sahabat semua ^^