Apa itu Search Engine?

Hello..pren" semua..ada yang tau tentang Search Engine??harus tau donk jaman dah maju dengan teknologi - teknologi canggih masak ga tau cih.he...Lalu apa itu search engine??ni dia jawabnya yang saya peroleh dari berbagai sumber. 

Mesin pencari web atau yang lebih dikenal dengan istilah web search engine merupakan program komputer yang dirancang untuk mencari informasi yang tersedia didalam dunia maya. Berbeda halnya dengan direktori web (seperti dmoz.org) yang dikerjakan oleh manusia untuk mengelompokkan suatu halaman informasi berdasarkan kriteria yang ada, web search engine mengumpulkan informasi yang tersedia secara otomatis.Dengan search engine kita bisa menemukan suatu website atau artikel yang kita inginkan tanpa harus menjelajahi internet dengan membuka beribu halaman website yang tidak perlu.


Search engine bekerja dengan cara memanfaatkan suatu program yang disebut dengan “Web Robots”. Program ini browser otomatis dengan metode tertentu menjelajahiweb mengumpulkan informasi tentang teks, judul halaman, dan isi dari dukumen yang ditemukan.Sehingga search engine mempunyai kemampuan untuk mencari halaman web dengan cara mengetikkan sebuah kata atau frase (lebih dikenal dengan sebutan keyword). Search engine menampilkan halaman yang berisi link ke topik tersebut.

Wah..unik ya tu baru sekelumit saja??Lalu cara kerjanya gimana sich..kok pinter banget tu mesin??Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan hampir semua informasi halaman web, yang diambil langsung dari www. Halaman-halaman ini diambil secara otomatis. Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara mengindeksnya (misalnya, kata-kata diambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang disebut meta tag). Data tentang halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Sebagian mesin pencari, seperti Google, menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber (yang disebut cache) maupun informasi tentang halaman web itu sendiri.

Ketika seorang pengguna mengunjungi mesin pencari dan memasukkan query, biasanya dengan memasukkan kata kunci, mesin mencari indeks dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan kriterianya, biasanya disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan terkadang sebagian teksnya.

Mesin pencari lain yang menggunakan proses real-time, seperti Orase, tidak menggunakan indeks dalam cara kerjanya. Informasi yang diperlukan mesin tersebut hanya dikumpulkan jika ada pencarian baru. Jika dibandingkan dengan sistem berbasis indeks yang digunakan mesin-mesin seperti Google, sistem real-time ini unggul dalam beberapa hal seperti informasi selalu mutakhir, (hampir) tak ada broken link, dan lebih sedikit sumberdaya sistem yang diperlukan (Google menggunakan hampir 100.000 komputer, Orase hanya satu.). Tetapi, ada juga kelemahannya yaitu pencarian lebih lama rampungnya.
Benar benar canggih ternyata.. Ehm.. komponennya itu apa  saja cih??Sebuah search engine memiliki beberapa komponen agar dapat menyediakan layanan utamanya sebagai sebuah mesin pencari informasi. Komponen tersebut antara lain :
  1. Web Crawler
    Web crawler atau yang dikenal juga dengan istilah web spider bertugas untuk mengumpulkan semua informasi yang ada di dalam halaman web. Web crawler bekerja secara otomatis dengan cara memberikan sejumlah alamat website untuk dikunjungi serta menyimpan semua informasi yang terkandung didalamnya. Setiap kali web crawler mengunjungi sebuah website, maka dia akan mendata semua link yang ada dihalaman yang dikunjunginya itu untuk kemudian di kunjungi lagi satu persatu. Proses web crawler dalam mengunjungi setiap dokumen web disebut dengan web crawling atau spidering. Beberapa websites, khususnya yang berhubungan dengan pencarian menggunakan proses spidering untuk memperbaharui data data mereka. Web crawler biasa digunakan untuk membuat salinan secara sebhagian atau keseluruhan halaman web yang telah dikunjunginya agar dapat dip roses lebih lanjut oleh system pengindexan. Crawler dapat juga digunakan untuk proses pemeliharaan sebuah website, seperti memvalidasi kode html sebuah web, dan crawler juga digunakan untuk memperoleh data yang khusus seperti mengumpulkan alamat e-mail.

    Web crawler termasuk kedalam bagian software agent atau yang lebih dikenal dengan istilah program bot. Secara umum crawler memulai prosesnya dengan memberikan daftar sejumlah alamat website untuk dikunjungi, disebut sebagai seeds. Setiap kali sebuah halaman web dikunjungi, crawler akan mencari alamat yang lain yang terdapat didalamnya dan menambahkan kedalam daftar seeds sebelumnya.

    Dalam melakukan prosesnya, web crawler juga mempunyai beberapa persoalan yang harus mampu di atasinya. Permasalahan tersebut mencakup :
    • Halaman mana yang harus dikunjungi terlebih dahulu.
    • Aturan dalam proses mengunjungi kembali sebuah halaman.
    • Performansi, mencakup banyaknya halaman yang harus dikunjungi.
    • Aturan dalam setiap kunjungan agar server yang dikunjungi tidak kelebihan beban.
    • Kegagalan, mencakup tidak tersedianya halaman yang dikunjungi, server down, timeout, maupun jebakan yang sengaja dibuat oleh webmaster.
    • Seberapa jauh kedalaman sebuah website yang akan dikunjungi.
    • Hal yang tak kalah pentingnya adalah kemampuan web crawler untuk mengikuti
      perkembangan teknologi web, dimana setiap kali teknologi baru muncul, web crawler harus dapat menyesuaikan diri agar dapat mengunjungi halaman web yang menggunakan teknologi baru tersebut.

      Proses sebuah web crawler untuk mendata link – link yang terdapat didalam sebuah halaman web menggunakan pendekatan regular expression. Crawler akan menelurusi setiap karakter yang ada untuk menemukan hyperlink tag html (). Setiap hyperlink tag yang ditemukan diperiksa lebih lanjut apakah tag tersebut mengandung atribut nofollow rel, jika tidak ada maka diambil nilai yang terdapat didalam attribute href yang merupakan sebuah link baru.




  2. 1. Yahoo!
    http://yahoo.com

    Dengan banyak kemiripan besar database situs, bukan berarti Yahoo! ini juga menyediakan hasil pencarian yang sama dengan Google.

    2. DogPile

    http://www.dogpile.com
    Hasil pencarian dari DogPile ini merupakan kumpulan dari search engine besar seperti Google, Yahoo dan WIndows Live Search. Jadi anda tidak akan melewatkan sesuatu di internet melalui hasil pencarian anda.

    3. AltaVista

    http://www.altavista.com
    Anda bisa mencari website, audio, gambar, video dan berita melalui situs ini. Selain itu, anda juga bisa mengarahkan hasil pencarian anda apakah itu seluruh dunia atau negara tertentu saja, seperti US dsb.

    4. Windows Live Search

    http://live.com/
    Melalui search engine ini, anda bisa mencari seluruh isi web di databasenya atayu membuat sendiri halaman personalisasi anda dengan diisi informasi yang anda miliki.

    5. Zuula

    http://www.zuula.com
    Hasil pencarian dari mesin pencari ini adalah kumpulan dari banyak mesin pencari, selain itu anda bisa menspesifikasi search engine apa yang ingin anda dapatkan hasil pencariannya. Anda juga bisa menambahkan Zuula ini pada search box firefox

    6. Mamma

    http://www.mamma.com
    Search engine berbasis meta ini tidak hanya membantu anda untuk mencari informasi dari web dan video tetapi anda juga dapat mencari pada white pages dan yellow pages.

    7. Ask

    http://www.ask.com
    Ask ini membantu untuk menemukan apa yang ingin anda temukan dengan cepat dan mudah mulai dari web, gambar, blog, berita dan banyak lagi. Baru-baru ini Ask memiliki desain baru dan beberapa pemberitaan positif tentang ask di berbagai situs berita teknologi.

    8. WebCrawler

    http://www.webcrawler.com
    Ide search engine ini adalah “mengapa harus mencoba mencari di search engine satu persatu jika semua bisa dilakukan sekaligus”. Hasil pencarian dari webcrawler ini merupakan gabungan bersama dari Google, Yahoo, Windows Live dan banyak lagi.

    9. Netscape Search

    http://search.netscape.com/search/webhome
    Anda bisa mencari informasi-informasi favorit anda dari web dari sini, meskipun bukan search engine terbaik di dunia web, tetapi banyak digunakan oleh pengguna Nescape.

    10. MetaCrawler

    http://www.metacrawler.com
    Anda bisa mencari web, yellow pages dan white pages dari satu tempat.

    11. Clusty

    http://clusty.com
    Gabungan dari berbagai search engine, clusty ini tidak hanya mendaftar hasil pencarian seperti yang biasa anda lihat, tetapi juga memisah-misahkannya berdasarkan cluster, kategori, sehingga membantu anda untuk menemukan apa yang anda cari dengan mudah.

    12. Excite

    http://www.excite.com
    Search engine ini disertai dengan halaman kustomisasi dengan berita, horoskop, cuaca lokal dan banyak lagi.

    13. MozDex

    http://www.mozdex.com
    Search engine dengan database dari direktori Dmoz dan dengan dukungan teknologi open source.

    14. Kanoodle

    http://www.kanoodle.com
    Search engine bersponsor pay-per-click, tetapi menghasilkan hasil pencarian yang sangat lengkap dan komprehensif.

    15. ExactSeek

    http://www.exactseek.com
    Search engine online yang sangat besar, anda bisa mencari web, blog, berita dan artikel disini. Selain itu anda juga bisa mengajukan situs anda secara gratis atau berbayar.

    16. AllTheWeb

    http://www.alltheweb.com
    Hasil pencarian di sini disediakan oleh Yahoo, selain itu anda bisa mencari spesifik berdasarkan berita, audio dan video dalam 36 bahasa berbeda.

    17. Lycos

    http://lycos.com
    Hasil pencarian dari lycos ini didukung oleh Ask.com dan seperti halnya Excite, anda dapat mengkustomisasi halaman homepage sesuai kebutuhan anda.

    18. ScrubTheWeb

    http://www.scrubtheweb.com
    Di samping dunia search engine, situs ini juga memiliki banyak perangkat developer web, seperti meta tag builder dan analyzer.

    19. LemmeFind

    http://www.lemmefind.com
    Search engine meta ini mengambil hasil pencarian dari Google, Yahoo dan MSN.

    20. KarTOO

    http://www.kartoo.com
    Metasearch engine dengan flash menyenangkan dan antarmuka visual unik ini memiliki kelebihan, yaitu dibandingkan menampilkan daftar panjang hasil pencarian yang membosankan, Kartoo menampilkan peta interaktif untuk menemukan hasil pencarian.

    21. AOL Search

    http://search.aol.com/aol/webhome
    Anda bisa mencari web disini dengan bantuan dukungan dari Google untuk hasil pencariannya.

    22. HotBot

    http://www.hotbot.com
    Dengan menggunakan hasil pencarian dari Ask.com dan MSN, disini anda juga bisa membuat filter untuk memblok informasi yang tidak anda inginkan.

    23. SearchMaze

    http://searchmaze.com
    Search engine bersih dan menyenangkan dengan beberapa tool dan fitur seperti toolbar untuk pencarian dari lebih 150 search engine.

    24. IxQuick

    http://www.ixquick.com
    Search engine meta yang sangat bagus, tidak hanya anda bisa menemukan apa saja dari web, tetapi juga mencari nomor telepon dan alamat melalui pencarian di direktori nomor telepon internasionalnya.

    25. MSN

    http://msn.com
    Anda bisa mencari isi web disini seperti halnya search engine lainnya dengan disertai banyak sumber untuk mendapatkan hasil pencarian.

    26. GigaBlast

    http://www.gigablast.com
    Search engine yang menarik dengan banyak fitur, anda bisa melarang hasil pencarian ke situs tertentu, menambahkan fitur pencarian untuk situs anda dan banyak lagi.

    27. Seekz

    http://www.seekz.com
    Seaarch engine meta dengan clustermsitus dan penghilangan duplikasi situs dengan isi yang sama.

    28. Zippy

    http://www.zippy.co.uk
    Search engine hebat dengan fitur spesial untuk webmaster, anda bisa membandingkan daftar 10 hasil pencarian untuk tujuan SEO, membandingkan dua situs dengan yang lain dengan fitur-fitur yang baik.

    29. Iboogie

    http://www.iboogie.com
    Search engine meta dengan hasil cluster pencarian yang bisa dipisahkan sehingga menjadi informasi paling relevan yang berhubungan dengan kriteria anda.

    30. Irazoo

    http://www.irazoo.com
    Anda dapat menghasilkan poin yang dapat menghasilkan hadiah dengan menggunakan search engine ini.

    31. WebFetch

    http://webfetch.com
    Hasil pencarian dari situs ini bisa diarahkan untuk situs berbasis di UK atau seluruh dunia.


    Human edited Directories and Search Engines 
    (Direktori dan mesin pencari yang diedit oleh manusia)

    32. Mahalo

    http://www.mahalo.com
    Situs yang diprakarsai John Calacanis ini dengan sumbangan yang sangat besar ini, sangat cocok dideskripsikan sebagai persilangan antar Wikipedia dan Google. Jika human edit result untuk permintaan anda tidak ada, anda akan dipindahkan ke hasil pencarian standar Google.

    33. Dmoz

    http://www.dmoz.org
    Mungkin situs ini merupakan direktori mesin pencari editan manusia paling besar dan populer, semua situs harus di ajukan dan diterima untuk penempatan di direktori mereka.

    34. Sproose

    http://sproose.com
    Search engine yang didukung oleh penggunanya ini berdasarkan pada voting hasil pencarian dan kemudian situs diberi ranking berdasarkan hal tersebut. Hal ini dapat membantu anda untuk menghasilkan hasil berkualitas tanpa semua situs tanpa kualitas yang biasa anda temukan di search engine biasanya.

    35. Directory Hound

    http://www.directory-hound.com
    Direktori human edited dengan model seperti Dmoz, semua situs disini harus diajukan dan diterima sebelum masuk ke dalam daftar. Situs ini meliputi hampir semua kategori umum.

    36. Yoofindit

    http://www.yoofindit.com
    Direktori dengan informasi-informasi umum, semua situs disini direview oleh anggota staff Yoofindit.

    37. Best of the Web

    http://botw.org
    Direktori yang sangat populer, dengan panduan pengajuan yang sangat ketat dan juga mempunyai program penghargaan untuk situs dengan ranking terbaik.

    38. 10 Directory

    http://www.10directory.com
    Direktori yang bersih dan menyenangkan untuk dilihat dan merupakan direktori web terkategorisasi.

    39. Ajdee

    http://www.ajdee.com
    Semua situs yang diajukan disini harus di-review dan diterima dulu oleh editor sebelum masuk ke dalam daftar. Direktori ini mencakup semua kategori dan tidak memperbolehkan situs yang berhubungan dengan pornografi untuk terdaftar disini.

    40. Search Turtle

    http://www.searchturtle.com
    Direktori web dan search engine human edited ini mengklaim memiliki panduan pengajuan yang paling ketat untuk menghasilkan hasil pencarian yang bebas spam dan penipuan.

    41. GoGuides

    http://www.goguides.org
    Komunitas ini me-review semua pengajuan situs untuk dimasukkan ke dalam daftar direktori. Dengan penampilannya yang bersih, situs ini mudah digunakan.

    42. JoeAnt

    http://www.joeant.com
    Portal directory yang sangat besar ini dioperasikan oleh pemandu-pemandu sukarela. Anda bisa menemukan apa saja disini dan anda juga dapat mengajukan diri untuk menjadi pemandu disini.

    43. ChaCha

    http://www.chacha.com
    Jika kamu tidak menemukan apa yang anda cari dimanapun, dengan satu kali klik di ChaCha akan membawa anda untuk langsung bertanya pada pemandu secara langsung untuk membantu anda menemukan apa yang anda cari.


    Search Engine buku dan perpustakaan

    44. Librarians Internet Index

    http://lii.org
    SEarch engine dan direktori informasi dan sumber-sumber yang disusun oleh para pustakawan. Dana situs ini berasal dari sumbangan publik.

    45. BookFinder

    http://www.bookfinder.com
    Anda bisa mencari lebih dari 125 juta buku dari beberapa katalog online dengan bantuan BookFinder ini.

    46. AddAll

    http://www.addall.com
    Anda bisa mencari buku-buku favorit anda dari lebih dari 40 toko berbeda dan 20.000 server berbeda, termasuk Amazon.com

    47. USedBookSearch

    http://www.usedbooksearch.co.uk
    Anda bisa mencari ribuan toko online untuk mencari buku cetak second dan langka.

    48. ComicSeeker

    http://www.comicseeker.com
    Jika Buku komik lebih cocok dengan gaya anda, anda bisa mencari komik yang jarang anda dan bisa anda koleksi disini.


    Search Engine dan Direktori Bisnis

    49. Bpubs

    http://www.bpubs.com
    Search engine bisnis dan direktori untuk semua hal yang berhubungan dengan publikasi bisnis dan perdagangan.

    50. BizEurope

    http://www.bizeurope.com
    Direktori ekstensif dan portal perdagangan untuk bisnis-bisnis di eropa.

    51. Business

    http://www.business.com
    Search engine dan direktori bisnis yang memiliki database besar.

    52. HongKong Business Directory

    http://www.business-directory.com.hk/HongKong.htm
    Direktori informasi yang berisi lebih dari 100.000 bisnis yang berbasis di HongKong.

    53. World-Trade-Search

    http://world-trade-search.com
    Search Engine dan direktori perdagangan untuk bisnis di seluruh Amerika, eropa dan Asia.

    54. Jayde

    http://www.jayde.com
    Search engine B2B (business to business) yang sangat populer. Anda dapat menemukan bisnis-bisnis pada banyak pasar berbeda.

    55. AardvarkBusiness.net

    http://www.aardvarkbusiness.net
    Anda bisa menemukan ribuan website bisnis dari seluruh dunia dengan search engine ini.

    56. Cyber TradeZone

    http://www.cybertradezone.com
    Direktori global yang berisi database importer dan exporter.

    57. Zibb

    http://www.zibb.com
    Search engine global untuk menemukan bisnis di web.

    58. Made-in-China.com

    http://www.made-in-china.com
    Direktori perdagangan produk dari supplier cina.

    59. MasterSeek

    http://www.masterseek.com
    Anda dapat menemukan informasi bisnis dan kontak dari berbagai perusahaan di 75 negara. Anda dapat menyaring hasil pencarian berdasarkan negara-negara tertentu.

    60. BusinesSeek

    http://www.businesseek.com
    Direktori bisnis dan search engine global.

    61. KellySearch

    http://www.kellysearch.com
    Direktori ini berisi lebih dari 2juta bisnis dan produk dari seluruh dunia.

    62. SmallBizSearch

    http://www.smallbizsearch.com
    Search engine bisnis kecil dan menengah yang disediakan oleh Entrepreneur.com

    63. BusinessCrawler

    http://www.businesscrawler.net
    Search engine dan direktori bisnis yang sangat besar.

    64. BizAhead

    http://www.bizahead.com
    Direktori internasional B2B (business to business).

    65. Alibaba.com

    http://www.alibaba.com
    direktori ekstensif perdagangan global, memiliki banyak sekali produk dan perusahaan manufaktur berbeda tersedia disini.


    Search Engine Musik, Audio dan Video

    66. Project Playlist

    http://www.projectplaylist.com/music
    Hasil pencarian dari search engine ini berasal dari label record, website artis, blog musik dan situs-situs lainnya. Anda bisa mencari berdasarkan nama artis, judul lagu atau keduanya.

    67. PodNova

    http://www.podnova.com
    Search engine podcast dan video blog. Anda bisa mencari direktori atau browsing berdasarkan tag, selain itu anda juga bis a menambahkan feed rss situs anda disini agar terdaftar.

    68. Truveo

    http://www.truveo.com
    Anda bisa mencari jutaan video di web dengan update realtime. Truveo ini menjadi sumber terbesar menemukan video setelah dibeli oleh AOl pada tahun 2006 lalu.

    69. Espew

    http://www.espew.com
    Search engine Mp3 yang mengumpulkan hasil pencarian dari semua web. Layanan ini gratis dan legal karena mereka yang membayar ke label record untuk setiap lagunya.

    70. SkeemR

    http://www.skreemr.com
    Search engine ini mengumpulkan file-file audio dari berbagai web yang bisa diakses dan didownload publik.

    71. EveryZing

    http://www.findsounds.com
    Search engine media untuk mencari file-file audio dan video melalui berbagai channel dan tempat di web.

    72. Blinkx

    http://www.blinkx.com
    Search engine terbesar di dunia untuk menemukan video di berbagai web penyedia video.

    73. ScoopVid!http://scoopvid.com
    Anda bisa mencari video-video populer berdasarkan jam, hari dan bulan video tersebut diajukan, selain itu anda juga bisa mencari video di berbagai website penyedia video.


    74. MusicIP

    http://www.musicip.com
    Anda bisa mencari artis-artis baru dengan search engine musik digital ini. Selain itu anda juga bisa sign up untuk memasukkan rekaman anda sendiri di dalam indeksnya.

    75. MusicHits

    http://www.musichits.org
    Anda bisa menemukan apa saja mulain dari halaman website pemusik, penjualan musik hingga situs berita musik disini. Direktori yang ekstensif.

    76. Mp3Realm

    http://www.mp3realm.org
    Anda bisa mencari file-file Mp3 berdasarkan artis, judul, genre dan album.

    77. Musicians-Search.net

    http://www.musicians-search.net/index/html?page=categories
    Direktori situs yang berhubungan dengan musik ini selalu di-update penggunanya. Anda bisa mencari berdasarkan genre atau instrumen

    78. MusicSearcher

    http://www.musicsearcher.com
    Anda bisa mencari atau browsing berdasarkan artis favorit atau genre musik, selain itu mereka juga mengumpulkan berbagai berita di industri musik.

    79. Vdoogle

    http://vdoogle.com
    Search engine ini mengumpulkan hasil pencarian dari situs seperti YouTube dan Google Video untuk video-video sharing dan viral.

    80. The Brass Band Portal

    http://www.bandsman.co.uk
    Jika brass band (drum band) adalah apa yang anda cari, mesin pencari ini didedikasikan untuk menemukan informasi-informasi yang berhubungan dengan brass band.

    81. Artist Direct

    http://ubl.artistdirect.com
    Jaringan yang berhubungan dengan layanan situs musik ini dapat membantu anda untuk menemukan situs multi-media, e-commerce yang berhubungan dengan musik, berita musik dan banyak lagi.

    82. PodScope

    http://www.podscope.com
    PodScope ini adalah search engine pertama yang membantu anda mencari dan menemukan berbagai podcast berdasarkan kata yang diucapkan oleh podcast tersebut.

    83. MusicRobot

    http://www.musicrobot.com
    Anda bisa mencari di internet file-file MIDI musik favoritmu.

    84. Pixsy

    http://www.pixsy.com
    Search engine media ini sangat menyenangkan, anda bisa mencari banyak gambar-gambar dan video-video yang sesuai dengan keinginan anda.

    85. Music crawler

    http://www.musiccrawler.net
    Salah satu search engine musik yang terbaik dan berbasis di U.S., anda bisa menemukan musik-musik favorit dimanapun di web.

    86. LyricsPoint

    http://lyricspoint.com
    Jika anda mencari lirik lagu, search engine ini mengumpulkan lebih dari 100rb lirik lagu yang cocok dengan kriteria anda.

    87. Mu-Seek

    http://mu-seek.com
    Anda bisa mencari web berdasarkan musik-musik favorit, berdasarkan kata-kata judul atau kata-kata pada lirik lagu, jika anda tidak ingat lagu apa judulnya.

    88. Ulinkx

    http://www.ulinkx.com
    Search engine video sosial ini bisa anda cari berdasarkan video-video populer berdasarkan tag atau favorit kesukaan anda.

    89. MELE

    http://www.mele.com/resources/search.html
    Search engine ini bisa membantu anda untuk menemukan musik-musik hawai berdasarkan nama artis, nama album atau judul lagu.

    90. SeeqPod

    http://www.seeqpod.com
    Search engine ini mengumpulkan berbagai musik dari seluruh web, dan menampilkan hasil pencarian pada antarmukanya yang bersih. Anda juga dapat mendengarkan musik langsung dari hasil pencarian anda untuk langsung mengetahui apakah musik tersebut yang anda cari.

    91. MusicVideos4All

    http://www.musicvideos4all.com
    Anda bisa mencari berdasarkan web untuk menemukan musik video favorit anda dan browsing langsung disini.

    92. VidSea

    http://www.vidsea.com
    search engine beta ini ditujukan untu para pemburu video.


    Search Engine dan Direktori RSS dan Blog

    93. BlogSearchEngine

    http://www.blogsearchengine.com
    Hasil pencarian berdasarkan search engine ini berasal dari lebih dari 10juta blog di seluruh web.

    94. Google Blog Search

    http://blogsearch.google.com
    Anda bisa mencari melalui indeks Google untuk menemukan blog tentang topik favorit anda.

    95. Bloogz

    http://www.bloogz.com
    Search engine blog seperti halnya yang lain.

    96. Total Blog directory

    http://www.totalblogdirectory.com
    Direktori blog terkategorisasi.

    97. BritBlog

    http://www.britblog.com
    Direktori blog berbasis di Inggris yang bisa anda cari.

    98. Real Estate Blogs

    http://www.real-estate-blogs.com/blogs
    Direktori besar blog yang berafiliasi dengan pasar real estate.

    99. Technorati

    http://technorati.com
    Salah satu direktori blog yang paling populer ini memiliki index lebih dari 100juta blog yang mencakup hampir semua topik.

    100. BlogDigger

    http://www.blogdigger.com/index.html
    Search engine ini dapat membantu anda menemukan blog dan RSS Feed.

    101. BlogHub

    http://www.bloghub.com
    Direktori online blog dan sumber-sumber bagus untuk blogger.

    102. Blog-Search

    http://www.blog-search.com
    Disini anda bisa menemukan berbagai macam blog favorit dan RSS feed blog tersebut.

    103. BlogCatalog

    http://www.blogcatalog.com
    Direktori blog sosial yang sangat besar, anda bisa menemukan blog dan menambahkan blog anda sendiri ke dalam list tersebut.

    104. Bloglines

    http://www.bloglines.com/search
    Anda bisa mencari dan sharing feed berita favorit anda, blog dan web dengan isi yang kaya lainnya.

    105. BlogExplosion

    http://www.blogexplosion.com/directory/
    Direktori blog ini mencakup hampir semua kategori yang anda ingin cari.

    106. Peace Corps Journals

    http://www.peacecorpsjournals.com
    Direktori ini memiliki lebih dari 3000 blog yang disusun oleh para sukarelawan Peace Corps dari seluruh dunia.

    107. Find That Feed

    http://grumet.net/syo/findThatFeed
    Melalui situs ini anda bisa mencari feed web berdasarkan kata kunci.
    Dan yang paling terkenal adalah Google.Semoga bermanfaat yach...

Comments