"Pengecut !! " U're the First said it..

| 0
 Nah lo..kenapa judulnya sadis banget.. hehe..sebenere tu cuma perumpamaan doang.. Waktu buka - buka file cerita dilapi tersayang ternyata ada cerita tentang SBH dan waktu aku baca.. Nah..ceritanya bisa membuatku flash back ke masa lampau..hehe...dan salah satunya ada "dia" yang mengatakan aku "pengecut". Itu pertama kalinya ada orang yang bilang aku pengecut... Pengen tau ceritanya..??? Kalau pengen ini dia ceritanya kalau ga pengen semoga saja pengen...hehehe...
Ngawi, Beran VI,22-24 Januari 2009  PERKEMAHAN PENEMPUHAN BADGE
SAKA BHAKTI HUSADA DI SD BERAN VI NGAWI

Hari ini aku mengikuti perkemahan penempuhan Badge SBH di SD Beran VI.Sebenarnya aku cape’ banget soalnya tanggal 18-20 Januari kemarin aku habis naik gunung n turun gunung mengikuti perkemahan SKT PMR di Kletekan Jogorogo and kemarin pagi disuruh ikut ke SBY.(duch pasti cape’ banget tapi demi SBH dibela – belain ikut juga).Dari pagi hari sebenarnya aku dah ga semangat coz aku cape’,tapi aku mikirnya aku za cape’ lha panitiane gimana??.Aku packing aza dah jam setengah 5 pagi tu juga ga pake fikir dulu mau bawa apa za yang penting ntar berangkat n ga mantapin dulu apa tujuanku.( Kalau ga jelas ngapain berangkat,yang pasti tujuan utamanya cari badge,ya…ga?atau cuma ikut-ikutan?).Aku berangkat dari rumah jam 6 pagi with my father.Sampainya dipukesmas ternyata baru ada 4 orang yaitu Kak Khanang,Mbak Idha,Daisy ma Rita ( Duch kecewa banget nich padahal kan dah jam 7,secara chek in nya aza jam 7 kok lom ada orang…Maklum lah kota Ngawi banyak Jam Karetnya..).

Setelah sekian lama aku menunggu ( ga ada setahun kok lama).Akhirnya…sedikit demi sedikit ada juga yang datang.And akhirnya lagi………( datang juga ) diberangkatin juga tu ma kak Radhit setelah sebelume disuruh gambar peta ( ni lo kak ade’mu dah ga sabar buat kemah padahal awalnya tadi dah bilang cape……).Kami dipisah – pisah menjadi beberapa regu dengan prinsip ga sebangsa dan setanah study ( ga seschool makzud’e ).Pertamane sich sama kak Khanang disuruh berhitung n perregu 2 orang,lha waktu tu aku ma muzi..Tapi tiba’e dipisah juga ma Kak Gun coz seschool (lha gitu lo biar adil…duch yang tadine seneng kaya’e mukanya ditekuk – tekuk dech ).Akhir’e aku kelompoknya Anis ma Qori.

Syarat untuk berangkat adalah jawab pertanyaan dari kak Uzumaki (eh..salah kak Radhit makzud’e).Kapan pramuka diperingati?aku dah mikir kapan ya… eh ternyata kedahuluan kelompok ’E muzi (kasihan dech loe makanya belajar) terpaksa dech nunggu giliran lagi (antri tiket ya bu!).Pertanyaan ke-2 siapa bapak pandu Indonesia,seingatku cuma Sultan Hamengkubuwono tapi aku lupa ke berapa ya! (tu salahnya ga’ belajar). Akhirnya… soal diganti (ge’ Yo’o diganti barang to kak ).Sebutkan salah satu SKK krida bina gizi (mati loe aku kan krida penanggulangan penyakit). Yow wis tak relain wae tu buat anak-anak krida bina gizi ( relain atau emang ga bisa ).Akhire yang berangkat kelompoke Yuni.Soal berikutnya siapa ketua dewan saka ? pikiranku tu Pak Ni ternyata Supri yang jawab kak Khanang (glodaks…soal mudah kok ndak bisa kasihan dech loe).Aku dah pesimis tapi aku yakin aku bisa (emang apa’an).Soal berikutnya siapa istri Bodden Powell (ya bu bodden powell donx..he..he..)Tapi ga’ bisa juga akhirnya soal diganti lagi siapa nama kecil Bodden powell yo kalau itu aku bisa coz masih nemplek difikiranku yaitu R.S.S Bodden powell (ye… akhirnya bisa juga btw ,R.S.S capa? ).

Aku berangkat juga aku di beri soal yang harus dikerjakan dijalan. alhamdulilah aku bawa buku PMR jadi dikit2 bisa ( ge’ yo’o nyonto ).Mari ke pos II dirumah Pak Ni. Pos II ni tentang pengetahuan agama .Yo biasa dijede’i gitu2an .Ga’ada yang spesial banget di pos II tapi aku tambah pengetahuan tentang agama ( Waduch..masa’ tow ga da yang special bukanne disuruh buat peta pita??).Lha tu dia PETA PITA aku ga mudeng tapi tenang..ada les privat dari kak Radhit jadi 25 % donx lach dari pada blas ( Minta bayaran aza kak,Privat loe kak lumayan buat nambah uang saku..he..just kidding).Dari pos II ini aku harus lebih jeli lagi buat ngitung jarak,arah waktu dan lain2,tapi ada juga manfaatnya ( manfaat??beneran ga tuch..tumben ga ngeluh ).Yach dari ngitung itu kita jadi belajar peta pita.Setelah sekian lama dijalan (ngapain bu’?) akhirnya sampai juga di pos III,pos’e kak Idha.Seperti adat kalau baru sampai pos laporan dulu baru kegiatan.Kegiatannya sih asik banget kaya permainan gitu namun hikmahnya kita harus jeli agar kita ga salah pilih kotak coz jika kita salah nginjak kotak kita bisa dihukum.Aku sich lulus ( kaya school za ) jadi ga dapat hukuman n untuk yang terkena hukuman wajib menemui kak Do2.

Abis dari pos tu kami diberi tugas tuk buat yel – yel disepanjang jalan (kenangan..he..he..Whatssssss…..yel?). Akhirnya kami melanjutkan ke pos selanjutnya yaitu kepos IV pos LBB ( duch..dah panas,ga ada payung,ga bawa air LBB lagi…tuch di sungai banyak air!).Dipos ini kami di LBB ma kak Bram.Waktu LBB dijalan ada truck jadi kami buat aba – aba sendiri “geser otomatis agar ga ketabtrak…..grak”! (emang ada ya aba – aba tuch,kapan diresmikannya?).Setelah kepanasan saatnya kedinginan ( nyemplung kali kamzud’e…glodaks…walah kak aku mah dah bosen atu nyemplung kali terus..). Setelah itu ngapalin dasa dharma and disuruh kak Tifa nyanyi saat terakhir n Rosi nyanyi Cinta sampai disini.But,kak Do2 ngrubah scenario (emang drama bu’?) aku malah di suruh nyanyi berkemah ( wdiihh…pramuka ada tes nyanyi juga ya..kaya pepatah sekali dayung 2 pulau terlampaui kamzud’e ikut pramuka sekaligus belajar nyanyi…). Setelah puazzz banget nyebur lepen + jadi penyanyi pingkal ( pinggir kali makzud’e ) we let’s go to next post.Jarak’e jawuuuuuuuuuuh ga pake bangetzz.Mana panas kanan sungai kiri sawah ( apa hubungannya??) tapi kami tetap semangat… (ceile..tenan pora wi ).Udah kami kelompok 2 dari akhir tapi gpp lach alon2 asal klakon ( sampai tujuan makzudnya).

Setelah melalui hamparan sawah yang begitu indah…air sungai kaya coklat ( diminum aza bu’?) n ada ajah pokoknya…akhirnya sampai juga diwarung pojok. (loch bukan pos tow ).Ya cih sebenarnya itu pos tapi berhubung dah haus pake buangeeet akhirnya…jreng dulu ah.. (minum sisri dibilang jreng).Setelah nongkrong diwarung kami akhir’e nemui kak Khanang di pos V. Namun saat itu aku ga ikut nyemplung kesungai ( yach..ga jadi renang gratis dech ).Temen2ku yang renang enak banget bisa mandi coklat gratis..he..he..Akhirnya selesai juga renangnya alias time out. Hampir aza kartu kegiatanku ga ditanda tangani gara2 ga ikut nyemplung ( tapi aku kan penonton setia ).But,karena kak Khanang tu orangnya baik hati ( rajin menabung dan tidak sombong ) ditanda tangani juga tu kartu kegiatan (makasih ya kak,begitu berartinya kartu itu untukku).Setelah itu kami ke warung lagi buat..makan lagi mumpung ada gratisan lagi dari Pak Ni.( makan??ngambil tas yow...Tapi makasih ya pak dah mau mbayarin makan).

Disitu Pak Ni juga bilang siapa yang darahnya “O” disuruh donor n dari pertanyaan tu tercipta berbagai macam jawaban,ada yang ga mau (emang ga mau semua kan?).Abis tu kami nglanjutin lagi sekitar 1 KM buat sampai ke base camp.Akhir’e dengan perasaan kaget,gembira,seneng,happy n etc ( apa bedanya?) sampai juga kami ketempat tujuan yaitu SD Beran VI.Subhanallah begitu indahnya SD Beran VI ni bersih lagi.Aku n my prend langsung istirahat.Ga berapa lama dari tu kami have lunch n mau mandi ga jadi coz dah disuruh kumpul.Tapi kumpulnya cuma sebentar ngasih tau peraturan jadi aku bisa mandi.

Abis sholat kamipun melaksanakan upacara pembukaan yang super special coz upacarane didalam ruangan.Yang jadi pemimpin adalah kakak yang budaya jawanya kental banget ( capa tu??) n yang jadi Pembina kak Bram.Abis upacara kami diajari rapling yang di handle kak Khanang.Dalam materi ini kami memperdalam ilmu tentang rapling mulai alat2,cara pake n prakteknya sekalian.Kami dari peserta diharapkan mencoba untuk memakai alat2 rapling dengan benar ( biar adil..di suruh satu persatu ).Setelah materi rapling kami istirahat istirahat sebentar namun tak berapa lama ada sensasi baru dari kak Do2,Pak Ni n etc.Disitu kami belajar mencintai budaya bangsa ( glodaks.. aku ga bisa namun aku tetap semangat).Kami diajarin ini lah,itu lah n apa lah poko’e banyak dech dari nari sampai..merauke dech sampai2 aku bisa menjatuhkan air mata ( waduch..kok bisa bukane acarane seru banget?? ) .

Yach..aku harus terima kalau akhirnya di SBH ini tambah lagi yang bisa bikin aku ngeluarin mutiara ( kaya putri duyung aza ) dari mulai kak Danis,terus dischool kak Radhit,kak Dimas,kak Khodhori,lha ini malah tambah Pak Ni ma kak Do2 n yang ikut pada permainan sore tu.Padahal setauku kak Do2 tu ga gokiel2 amat dech eh ternyata malah diatas rata2 he..he..Akhirnya acara yang dikemas dalam tema “ marilah kita lestarikan ( hutan kita) budaya bangsa “ selesai juga n kami istirahat lagi.Habis itu kami diambil alih kak Khanang,di situ kami di PLB sore hari.Ada aja pokoknya kesalahan kami.Konsekuensi yang harus kami terima ialah push up. ( beri keringanan donk kak kakak kan baik hati..).Ditambah lagi ada kak Do2 n kak Radhit.Kami di LBB model baru ala SBH (apa’an tu ).Tangan keatas kesamping diayun grak…he..he,.. itulah sepenggal dari LBB ala SBH.

Setelah itu masih ada LBB yang unik serta trend 2009 dari kakak’e.Waktu LBB kami ditanya siapa yang lapar,ya aku jawab aja lapar ( waduch..lapar juga ternyata>kalau lapar makanya makan..).Setelah sekian lama aku menunggu kedatanganmu oh..nasi (datanglah..kedatanganmu kutunggu..gubrak..malah nyanyi).Setelah diLBB akhirnya makan juga.Waktu makan kami disuruh jalan jongkok (rasain loe susahnya cari makan).Jalan jongkok..jadi inget penggalan lagu forget to me waktu pramuka di SMP “mau makan jalan jongkok habis makan lompat kodok,kudicaci dimaki dan dibentak – bentak..”.Setelah semuanya dapat nasi kami disuruh buat lingkaran n disuruh nanya nasinya “nasi,mau ga kamu saya makan” ( ga mau..gila nasi diajak ngomong).

Setelah makan kami sholat Isya ( ga wudhu dulu to ).Abis bersimpuh kepada Yang Esa kamipun diberi materi PeJas dari DinKes.Dimateri tersebut kami dijelaskan lebih jauh lagi tentang pemantauan jentik n ditambah lagi materi tentang Narkotika.Banyak banget,,sampai2 aku ngantuk.he..he..Setelah itu kami diberi pertanyaan terus kalau kita bisa kita akan mendapatkan kaos dai DinKes (duch enak’e,hari gini masih ada yang gratis…enak dech).Pertanyaan pertama ga da yang bisa terus pertanyaan kedua agak nyrempet tapi sayang…….aku ga dapat kaos ( sedih ya…kasihan dech loe salahe jawaban rokok malah dijawab nikotin…he..he..).Abis itu yang dapat kaos kak Khanang,Rita n Rifky ( loch kok anak smasa semua…ga salah nich).Untuk kaos terakhir…Gita yang dapat…Sedih dech ga dapat kaos ( tenang za persediaan terbatas he…he..).

Abis tes…(e..maksudnya habis memperebutkan kaos kita rebutan…apa ya).Saat itu kata kak Radhit kita ( loe aja kali gue ya…) berada antara hidup dan mati karena kita akan tes penempuhan badge.Soalnya 10 jawabannya…sok pasti ya 15 ( dikurang 5 ).Mana soalnya tentang arti lambang semua padahal aku ga begitu paham ( karena ga dibaca..ya tow..).Aku berbudrek - budrek ria daripada aku ga lulus gara – gara nyontek mending ngerjain sendiri tapi halal ( sok banget…).Disitu aku takut banget mana kak Radhit keliling,kak Khanang dibelakang dan para kakak – kakak kaum hawa didepan.Difikiranku Cuma ada kata aku yakin aku bisa ngerjain.Waktu terus berjalan ( emang punya kaki….)jadi waktunya dah habis.Aku segera ngumpulin dan berdoa agar aku diberikan hasil yang memuaskan.

Setelah bermumet – mumet ria kami disuruh tidur karena kegiatan berat akan menunggu kami.Sebelum tidur aku ma best friendku pasang alarm (mang buat pa??).Buat antisipasi PBL ( PLB makzudnya..).Soalnya disetiap perkemahan apa aza itu pasti ada adat itu.Sebelum itu,kami juga persiapan apa aza yang diperlukan buat PLB misal pramuka lengkap yang kami taruh dimeja diatas kami tidur.Habis itu kami berlayar kepulau impian…

Alarm jam 01.45 WIB berbunyi tapi….( da pa??) kok ga ada PLB ya…!tebakanku keliru nich.Ya udah lanjutin aza terbang kealam impian…Sekitar jam 03.00 WIB kami dibangunkan buat Qiyamul Lail.Abis itu nunggu sholat shubuh.Setelah mentari muncul kami disiapkan buat senam pagi.Setelah senam pagi kami makan pagi.Seperti adat kalau mau makan kami harus jalan ditempat,….(glak) tangan diatas kesamping diayun…turun lalu makan…Dalam makan pagi ada yang tidak habis lalu kak Tifa mengumpulkan makanan yang tidak habis dijadiin gado – gado lalu kami disuapin satu persatu ( kaya bayi ya…).Kak Tifa makanan kami dah habis masa kami disuruh makan lagi.Perutku dah miscal n SMS katanya dah kenyang ( no hape’nya perut berapa Vit??).Ya dengan terpaksa ketelen juga tu nasi.Abis makan ternyata ada materi P3k.Sebelum itu katanya kak Radhit mau ada praktik rapling ( ayo…rapling aza),kak Radhit masih mencari tempat yang pas buat rapling karena ga semua tempat bisa ditempati.(Ya iya lach masa’ ya iya lach…).Saat materi P3k yang handle kak Tifa.Kami dijelasin tentang apa itu P3k dan ruang lingkupnya.

Saat materi itu kak Radhit nambahin materi (untung kamu sedikit punya walapun harus pake ilmu keling).Abis itu kami ditanya kak Khanang siapa yang bawa senter kuning (glodak aku kan bawa yang putih).Saat itu berhubung banyak yang ga bawa kami diberi waktu 30 menit buat cari.(30 menit kumencari senter tak dapat juga…kok malah nyanyi).Aku mencari bareng Muzi. Rumah demi rumah kami masuki tapi jawabannya sama “sepurane mbak,sentere wonten tapi bateraine mboten wonten”(glodak…beli..ga dech. Sekarang kalau ilmu ekonomi dikeluarkan…ga jadi dech).Akhirnya…(kumenemukanmu senter pinjamanku) kami masuk kesalah satu rumah…untung ada.Terus kami pinjem dech.Setelah sampai di sekolah kami dibagi menjadi beberapa kelompok.Aku ndiri bagian kelompok RT 4.Anggotanya aku,anis ma mbak puji n leadernya mbak Nia.kami dikasih selebaran ( bukan brosur loch ) ma abate.

Kami memulai perjalanan dengan berkunjung kerumah pak RT.Saat itu penunjuk jalannya anak SD yang ikut kami.Diantaranya yang aku hafal cuma de Erik. Kami bersama – sama masuk rumah satu kerumah lain.Disitu ada rumah yang kamar mandinya positif ada jentiknya dan ada yang negatif. Aku kaget banget kok dirumah – rumah warga dah ada sanyo istilah jawane.Padahal rumahnya ya biasa – biasa aja.Aku seneng lagi orang disekitar situ tu ramah banget kita – kita malah kalah dalam hal bahasa (salahe jadi anaknya werkudoro sing ra iso boso).Saat dijalan aku dibeliin adeknya es,duch malu sich kakaknya malah dibeli’in (jan ga bondo) seharusnya sebaliknya..he…he…he…Aku juga kasihan ma temene de’ Erik coz talinya hilang ( dibeli’in donk kak ).Saat Jumantik kami juga mengunjungi rumahnya de’ Erik.De’ Erik tu lucu banget.

Setelah selesai dapat 20 rumah buat disurvei ma diberi abate kami kembali ke base camp.Setelah kembali ke Base camp kami istirahat.Tak berapa lama kami tuker – tukeran no Hp ma adek’2’e.Duch kenalan baru anak SD pasti lucu – lucu.Setelah itu adek2’e berpamitan dan akupun melanjutkan tugas dari kak Radhit yaitu buat cerita kegiatan.Ga disangka aku ketiduran (cape kaya’e).Tau – tau aku bangun dah jam setengah satu. Muzi ngajak aku buat ngembali’in senter (hayo…minjem kok ga segera dikembali’in).Abis mengucapkan terima kasih dah dipinjemi senter kamipun cari makanan (laper ya…).Setelah itu kami kembali lagi kesekolah..eh SD Beran VI makzud’e.Ternyata diSD tu belum mulai aktivitas.Masih ada yang istirahat,ngerjain tugas n ada juga yang pegang Hp’nya masing – masing.Setelah jum’atan selesai kamipun disuruh masuk coz ada materi dari kakak pembina.Materi pertama demam berdarah.Disitu yang mau bertanya dicatat ma Pak Ni. Katanya mau dikasih hadiah.

Dari sesi awal – akhir jarang ada yang tanya.Abis itu materi tentang Flu burung.Saat materi bikin ngantuk coz di Indoor. Tapi kalo di outdoor juga panas (Di indoor-outdoor aza biar ga ngantuk n ga panas..he.he..he..).Dari materi ini kami mendapat hikmah n dapat pelajaran tentang kesehatan yang belum kita ketahui sebelumnya.Habis itu kami makan…padang ( emang biasanya ga padang..berarti gelap donk).Habis makan Lanjutin lagi ke materi Demam Berdarah.Setelah itu materi Gelut…(eh…salah Gilut makzudnya Gigi dan Mulut) oleh Pak Ni.Dimateri kali ini kami sharing permasalahan kesehatan apa za yang menjadi keluhan.Waduch..jadi tambah luas nich pengetahuannya.Abiz beberapa materi kami Sholat Ashar… Setelah sholat Ashar kami istirahat bentar.Aku kira habis itu materi Rapling.eh…ternyata ga jadi coz kata kak Radhit Pohon yang digunakan ga mendukung,aduch…kak ga menarik donk ga pake rapling.Tapi aku agak seneng coz diganti ma outbond.Biasalach out bondnya anak SBH,itu..tu..yang bikin gelak tawa.Disitu banyak yang dihukum tapi…Aku ga. Sampai – sampai Kak Bram juga ikut kehukum.

Dioutbond tersebut untungnya ga ada diskriminasi sosial..apan tu?makzudnya kakak ma Adik sama za coz lebur jadi 1 dioutbond tersebut.Kasihan banget lo pas kakak’e dihukum kan biasane kakak yang hukum ade’e.He..he,..he……Di outbond tu seru banget malah ga da yang bosen semuanya tertawa.Disela sela outbond ada temenku yang disuruh menghadap kak Danis dkk….hayo..ngapain tu…Diantaranya Anis,Novi,Dais ma Hak Atas Kekayaan Intelektual…Haki makzud’e.Mereka dipanggil coz aktif bertanya..ciye…ciye…Tapi kalau aku lihat dari sudut pandang…(mana Ya)..kaya’e mereka dimarahi ma diLBB dech..Dais aja sampai nangis…Ternyata setelah menimbang,mengingat,mendengar dan memutuskan akhirnya menetapkan….(busyet panjang banget ) ternyata mereka diberi PIN ANTI ROKOK. Uenak…ceritane ternyata kaya perumpamaan Bersusah – susah dahulu baru Seneng.Setelah matahari kembali keperaduaannya akhir’e kami diisuruh ISHOMA.Waktu makan asyik banget loch..diLBB dulu baru makan,mana diketawa’in anak SD pisan,terus disuruh lagi bilang ”Pak Ni mintau makan…”duch mau makan aza kok sulit padahal dah bayar kok masih sulit makannya apalagi yang belum mbayar ya…he..he..Tapi akhir’e dapat makan juga kok yach meskipun kita – kita (loe za kali gua ya..) harus akting jadi pengemis harus rela DiLBB n etc dech tapi kami tetep seneng coz mengandung banyak sekali hikmah dibalik semua tu.

Saat Ishoma di ruang kelas kami kumpul bareng ada yang nyiapin pensi,ada yang ngobrol…Namun setelah kak Radhit datang kami malah flash back bicara’in PAS.. (Ko masih inget ya PAS,emang berkesan…).Disitu kak Radhit sedikit cerita tentang kepandaian kak Dimas dalam membuat Lelucon,Cerita juga tentang kak Khodhori dan lainnya dech.Kami diberi waktu kak Khanang sekitar 20 menit untuk ngrembuk masalah pensi.Setelah lama Syuro’ ( paan tuch..??) kamipun disiapkan di Lapangan untuk Pensi.Namun kaya’e malam tu cuacanya ga bersahabat alias gerimis jadi lom sempet pensi dah disuruh pindah.Namun seperti adat diperkemahan kami tetep bisa nyalain api unggun walaupun sederhana banget.Tapi ya’e anak – anak SD juga menikmati banget.Saat tu yang handle kak Lita.Kelompok pertama yang dsuruh maju aku ma Muzi…waduch ga siap nc,,,namun akhir’e Allah masih membantu kami dengan cara agak nurunin banyak air jadi kami disuruh pindah keruang kelas.Sesampainya diruang kelas kami punya inisiatif untuk mengundi kelompok mana yang harus tampil.Syukur dech aku no.4.

Pensine lutu..lutu…da yang nyanyi puisi nari n ada juga yang sok bisa sulap.Namun yang paling berkesan adalah pensinya adek2 SD dari Beran VI coz bagus banget aku ndiri za belum tentu bisa.Waktu aku pensi aku takut aku salah tebak coz ga da latihan..(salahe disuruh latihan ga latihan…).Untung za Muzi tu temen yang bisa diajak kompromi jadi mudah tapi ditengah aku sok bisa sulap aku dikerjain ma kakak’e masa permenku diambil satu dan disuruh nebak capa yang bawa..ya ga bisa now kemampuan seseorang kan terbatas lagian aku juga ndak sehebat yang dibayangkan.Aku bilang aza permennya pasti dicuri ma salah satu orang yang saat itu ada diruangan tersebut…(ya..iya lach masa’ orang yang ada dilapangan).Setelah selesai pensi kami ditanya kak Kholil rahasianya apa kok bisa sulap tu..kami bilang aza rahasia umum….pasti suatu saat nanti akan tau rahasianya apa..(kasihan dech kakak ga dikasih tau Muzi…he,,,he..Just Kidding).Kak Kholil tanya lagi tapi kaya ga tau Muzi gimana za…Saat itu dibelakangku ada mbak Atma,Mbak Binti dkk..Aku ditanya kenal ga ma cowok yang ada disamping mbak Atma…ya aku ga kenal donk..akhir’e aku dikasih tau kalau tu ketua SBH zamannya mbak Atma..Orang’e kaya’e pendiem tapi tau ya asline gimana..

Setelah Pensi demi Pensi dilewati kami sampai di akhir akhir pensi waktu tu kelompok’e Adit yang tampil.Seru abiessssssssssssssssss…coz Ketuaku Saka ikut ngedan dipensi tu..Masa’ seorang Kak Khanang bisa heboh kaya gitu..agak ga percaya dech..tapi apa sich yang ga mungkin (bukanne tu pensi pembukaan tow??waduch maaf pembaca salah naruh berita).Dilanjutin lagi da pensinya Kak Heri,Kak Bram,Mbak Tifa ma Mbak Atma yang kaya patung alias diem – dieman.Tapi teteeeeeep serrrrrrrrrrrrrru abis.Dilajutin lagi nyanyi berjamaah…(kaya sholat aza).Abiessssssssss tu tidur dech coz waktunya dah ga memungkinkan…Seperti adat aku ma Muzi siap siaga ada (Banjir…)salah kamzud’e kalau ada PLB dadakan.Aku bilange ke Muzi jam 24.00.Ya udah di alarm aza tu.

Waktu kaya’e dah menunjukkan tengah malam tapi kakak’e kok ga da yang bangunin berarti PLB’nya diundur..yaw wiz kembali ke khayangan lagi dech akhire.Jam 2 pagi aku bangun eh,,,ternyata sama kakaknya langsung dibilangin “De’ ganti pramuka lengkap pake sepatu.,”Busyet dach…Lengkap…ya udah aku dobel aja tu baju…Setelah itu kami diambil alih ma kakak’e.Kebetulan aku yang megang kak Danis.(siap mental nich..)Disitu kami ditanya tentang SBH masalah SKK.Aku takut coz aku ga begitu hafal.Kami juga ditanya siapa yang mau berangkat duluan.Aku mau za dari pada nanti.Jadi yang berangkat aku ma Rita.Kami langsung dikasih tau untuk menghadap Kak Do2.

Kami dikasih tau kak Do2 mana rutenya.Kami hanya dibekali korek api 7 ma lilin.Habis itu berangkat dech…….Setelah sampai dipos 2 kami dihandle kak Tifa ditanya mau jadi apa di SBH,Tujuannya inovasi buat SBH n etc.Disitu kami mengungkapkan keluhan2 kami diSBH.Setelah puas dipos 2 kami melanjutkan perjalanan hingga kepos 3.Disana ada kak Radhit.Busyit dech kalau yang ngetes kak Radhit coz pertanyaannya bisa sampai sabang ampe kembali lagi ke merauke coz kak Radhit tu orange pinter banget low disuruh induksi n deduksi pertanyaan.Intine yang berhadapan ma kak Radhit tu harus siap segalanya mulai dari mental,belajar,etc dach.(uang ga kan???he…he…).Syukur dech aku lulus waktu di tes kak Radhit padahal jawabanku tu asal jeplak aza…Makacih yaw kak,ternyata kakak ga separah yang aku tulis diatas tadi..

Setelah itu aku ma Rita nglanjutin perjalanan alias Hijrah…he…he..he…Ini pos yang paling n sangat – sangat,very-very,banget- banget(ga usah narziez..napa??) mendebarkan coz pos buat cari badge…(yes..yes..yes..aku mau cari badge..doa’in dapat yaw) Aku ma Rita cebener’e ragu.Ge’ Yo’o nanti dikerjain gimana…Tapi niat dapat menaklukan ketakutanku.Kamipun disuruh cari badge ma mbak Binti ma mbak siapa ya…kaya’e ku lupa (maap ya mbak…Aku inget kaya’e mbak Devik dech).Ga berapa lama Rita dapat dulu’an.Waduch gimana nich kalau aku ga dapat,bisa dihukum,dimarahi,di………cincang (direbus atauu digoreng aza sekalian ).Mbak Binti akhir’e ngasih petunjuk keselatan sekitar 2 m.Waktu itu aku nemu’in kaya rokok gitu coz dibungkus plastik eh..ternyatau tu badgenya..(seneng dech aku).Kalau boleh Flash back seumur –umur kalau disuruh nyari badge ga pernah dibungkus,tu sebabnya aku buang lagi tu badge.Tapi aku tetep seneng n bersyukur banget bisa dapet badge.Setelah itu kami disuruh ngungkapin gimana rasanya dapat badge sambill lari..tapi……aku dikasih tau kak Kholil bahwa temenku ga dapat.Kok Gitu sich…………

Setelah merasa senang diatas penderitaan orang lain akupun disuruh duduk dipinggir kali..(whats….nyamuk thok kak..)taupi ga p0p0 lach dari pada ngadek terus.Ga berapa lama datang kakaknya ngasih tau lagi “dhek,temenmu ada yang ga dapat badge..gimana sikap kamu?”glodaks…kak jane aku yow mesak’ke tapi piye ya…aku dewe yow bingung bantune gimana.Mana aku dah ga konsen lagi coz di’cium abis- abisan ma nyamuk.Sedikit demi sedikit yang dapat badge bertambah,da Muzi,Rifky,Ester n etc.Sampai pada suatu saat kami dikumpulkan yang dapat badge ditanya “apa yang akan kalian lakukan buat temen2 yang belum dapat badge,padahal kalian saudara senasib (n sepenanggungan)”.

Seketika itu kami diam tanpa kata ( ya iyalach kalau berkata – kata tu namane ngoceh…).Kami ditawar’I kakak’e gimana kalau badge yang udah kami peroleh dikembalikan lagi..(whatsssssssssssss……………dikembalikan??????Sia – sia donk nempuhnya).Kami pun berkata “tidak”.Kami maunya bantu anak – anak yang belum dapat badge.Namun kakaknya berpendapat lain lagi “Dek,kalau kalian bantu aza pazti kalian ga akan sungguh – sungguh coz kalian dah dapat badge”.(glodaks…bener juga yach.tapi……….aku ga mau kak nolak rezeki yang udah di kasih oleh yang Maha Kuasa…).Kami akhirnya dihadapkan ma anak yang belum dapat badge.Kak Anam memberi kesempatan buat yang belum dapat badge buat minta kakak’e,namun ada yang mau dan ada pula yang ga mau.Spontan kak Anam langsung bilang ”pengecut bagi yang ga berani minta kakaknya”.Astaugfirullah…kak kata2’ne diganti pasti lebih enak didengar..N bagi yang udah dapat badge ditanya satu persatu “apa yang akan kalian lakukan,mau ga kalian penempuhan lagi 1 malam” (gubrak…nginep lagi sontak dech aku ga mau).Ada yang menjawab membantu untuk meminta badge.Aku juga bilang gitu terus sama kak Do2 disuruh Bantu Rosi.

Pertamanya disuruh bilang ke kak Radhit.Sama kak Radhit disuruh Bantu Rosi.Aku langsung cari Rosi ‘n ternyata Rosi dihandle Kak Do2 (perasaan dari tadi kaya dikerjain dech disuruh mondar-mandir¬¬_riwa-riwi_hilir-mudik_bolak-balik_ke sana_ke mari tapi hasilnya ga pasti_Ge Yo’o diberi kepastian napa??).Ma Kak Do2 aku ditanya aku mau ngapain.Terus mau ga nyerahin badge ku untuk nempuh lagi Yow moh now aku.Tapi kalau aku ga mau gimana nasib’e temen2ku yang belum dapat badge?Waktu itu kak Anam datang n kak Do2 bilang ke kak Anam low aku ga mau ngasihkan badgeku.Kak Anam langsung bilang pengecut. Busyit…….Pengecut kak dalam hatiku berkata gitu.Seumur umur baru kali ini dibilang pengecut.

Orang tuaku aza low ga pernah bilang kaya gitu.Akhirnya aku serahin aza tu badge ke kak Do2 n aku disuruh ikut bergabung ma temen2ku yang juga ngrelain badgenya.Ohy…aku agak seneng coz tez tulisku kemari lulus..yach walaupun dengan nilai yang ga begitu baik.Setelah ikut gabung ternyata ada yang nangis dan da yang ga.Dan aku ndiri diantara 2 pilihan tu.Kami yang ga nangis ditanya ma kak Bram kenapa kami ga nangis. Jawabanne kaya gado2 ditambah tahu campur.Aku jawab aza bahwa nangis ga akan nyelesain masalah.Kekesalanku pada Kak Anam yang bilang pengecut tu pun bisa sedikit hilang ketika kak Anam bilang salut pada kami semua.(Akhir’e ga mangkel lagi,dasar cwe;’ kalau dah dipuji pasti mangkel’nya juga hilang).Kami ditanya mau penempuhan lagi atau ga aku bilang aza mau asal ga menginap.Waktu itu Yuni nangis n kami disuruh untuk menenangkannya.Tapi Yuni malah nangis n kamipun bukannya menolong tapi kami juga ditolong (ge’ yo’o ngapain lo nangis jare nangis ga nyelesain masalah??).

Yang bisa nasehatin Yuni adalah mbak Yana.Setelah ada ultimatum dari kak Khanang dan kakak lainnya kamipun disuruh berkumpul.Setelah itu dengan rasa terharu kamipun diberi tau bahwa kami ga perlu kemah buat nempuh lagi dan kamipun dapat badge….(duch so sweet…seneng banget kaya’e).Abis tu masak’e jabat tangan ma kami.Akhirnya berakhir dengan senyuman n semua kekecewaan pada kakaknya hilang.Kakak2’e juga memberi suatu masukan bahwa rasa kekeluargaan itu lebih dari segalanya,dalam suatu keluarga sakit satu sakit semua dan jika salah satu senang maka senang semua.Setelah bersedih – sedih ria,dan bersenang – senang kemudian kamipun kembali ke base camp.Dijalan kami lihat kerbau mandi,lucu banget (emang da hubungannya ya…??).Setelah kami sampai dibase camp kamipun disuruh istirahat sampai jam 06.15 WIB.Namun maklum jamnya Ngawi,molor juga tu waktu.Padahal prinsipnya time is waktu…(ya iyalach…he..he..).Setelah bangun tidur kamipun cinta alam dan kasih cayanx……(cee..ilech pramukane metu).Kami bersih – bersih habis tu baksos.Abis baksos kamipun upacara penutupan yang jadi Pembina kak Anggun,setelah itu ternyata kami diberi souvenir.....PIN makzud’e.

Waktu ngambil kami disuruh duduk coz kak Khanang duduk ya sebagai wujud kita menghormati masaknya..(ge’ yo’o akhir’e kak Khanang yang berdiri).Setelah itu waktunya pulang…..kami pakai system Cloter.Cloter pertama enak ndanx c4 pulang lha…aku cloter ke-2 tapi gpp lach lagi’an berat ninggalin SD Beran VI ( tenan pora wi??).Waktu tu de’ Khoirul datang ngasih kenang-kenangan ke masaknya..duch pengen……Setelah sekian lama menunggu akhirnya pulang juga naik ambulance…Aku bersyukur karena kemah penempuhan badge dan aku tempuh tinggal pekerjaan baru dah nunggu didepan mata………..

Buat kakak2’e semuane wae makacih dah mau bimbing kami sampai saat ini dan memberikan suatu kenangan yang mungkin akan tetap jadi kenangan sekaligus semangat…Tetap semangat buat bimbing kami n jangan pernah puas buat bimbing kami..Dalam kemah 3 hari ini banyak hal yang aku dapat diantaranya gimana sich rasanya orang – orang yang sulit nyari makan,rasa kekeluargaan yang ga akan pernah tergantikan n etc.

Buat kakak Alumni dan Pembina makacih dah nyadarin aku agar aku ga egois mikirin diriku sendiri terutama buat kak Anam,mungkin disalah satu sisi emang mangkel dibilang pengecut namun dengan kata2 tu juga dapat memberiku motivasi agar aku berusaha bagaimana cara memperbaiki diriku agar aku ga dibilang pengecut lagi.Kak Danis kok dalam kemah 3 hari ini ga bisa buat full komedi napa,,biasanya masak kan yang paling bisa bikin suasana rame..

Buat Kak Khanang Tetaplah jadi pemimpin yang dapat dijadikan contoh rekan – rekan maupun adek2nya serta ga bosen buat dakwah’n kami.he..he...Kagem kak Radhit matur suwun pelajaran basa jawinipun,,(sulit basa jawanya ganti bahasa za).Kak,menawi maringi soal mboten sah ingkang

awrat,yang easy - easy mawon.(ge’ yo’o bahasane campur kaya gado2).Menawi wekdal nglampahi kemah meniko kulo kaliyan rencang2 wonten kalepatan nyuwun pangapunten kagem sedoyo mawon.Afwan juga kalau ceritanya mulek,ga maksud n kemarin kan nyuruhnya synopsis eh..ni malah cerpan,I’m Sorry ya kak,…..Yow emang hanya ini kemampuannya de’ Vita..he..he..Maaf juga kalau ada kata – kata atau nama,tempat dan tokoh yang sama karena itu hanya kebetulan semata tidak ada unsur kesengajaan serta tidak bermaksud menyinggung.

Kawan kenalkah kau dengan kami
Kami ini semua sahabatmu
Praja Muda Karana namaku
Saka Bhakti Husada Pangkalan Ngawi kota
Kami semua slalu bergembira
Jalankan tugasmu untuk semua saja
Ya..ya..ya…ya
( Theme Song SBH Ngawi Kota )




Nah...udah tau kan ceritanya... Ya cukup sekian dan terima kasih...hehe ^_^


Sangiran, 17 Mei 2011
©
share on facebook

0 komentar:

Sekilas Info:



Kotak pada kolom blok komentar ini masih kosong. Maka merupakan suatu kehormatan jika sobat menjadi orang yang paling pertama menuliskan komentar, baik berupa pujian, masukan, kritikan, maupun pertanyaan di kolom komentar yang terletak di bawah kotak ini.

Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap artikel-artikel saya sendiri maupun ilmu yang telah saya peroleh dari orang lain.

Vheytha

Post a Comment

Komentar dimoderasi, yuk sambung silaturahim, saya akan langsung berkunjung balik ke sahabat semua ^^