Indahnya Sabar dan Syukur

| 21
Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarokatuh

Khaifa haluk sahabat - sahabatku? ^_^ Afwan ya jarang OL sekarang dan jarang BW ketempat kalian. Kali ini a ingin berbagitentag sabar dan syukur. Materi ini a dapat dari kajian online yang diadakan mbak Ifta Nanda. Semoga materi ini juga bermanfaat bagi rekan - rekan semua. Amiin...
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sabar hakekatnya adalah menahan, yaitu menahan rasa sakit akibat perlakuan atau perbuatan buruk yang kita alami ketika menghadapi kesulitan. Yang namanya menahan, berati tidak ada upaya untuk mengelak, artinya pasrah saja yg terjadi. Menahan juga berarti menerima. Menerima tanpa melawan sedikitpun. Karena itu arti hakekat sabar adalah: menerima rasa sakit akibat beban atau perbuatan buruk yg menimpa kita karena ketidakmampuan kita untuk mengatasinya.

Sedangkan syukur juga dapat berarti menahan atau menerima. Bedanya kalau dalam sabar masih ada terasa pedih di jiwa akibat rasa sakit yg kita terima karena menahan beban. Sedangkan syukur, kepedihan itu tak terasa lagi, karena syukur adalah bentuk perasaan senang saat menerima anugerah, baik berupa kesenangan atau kesedihan.
 
Kesabaran itu tidak ada batasnya.
Jika kesabaran ada batasnya, lalu dimana Allah dan kemahakuasaan-Nya dalam memberi cobaan? yg terbatas adalah kemampuan yang tidak bisa sabar menerima cobaan. Hasan albasri berkata: Bagi orang yg hatinya dipenuhi cinta kepada Allah, maka tak ada kesdihan dalam dirinya. Nikmat adalah ujian, dan ujian adalah nikmat dan ukuran utk mengetahui hal tersebut adalah kesabaran.

Kiat terbaik agar dapat bersabar di awal musibah adalah dengan menyadari sesadar-sadarnya bahwa segala musibah adalah takdir dan kehendak-Nya. Jika Dia sudah berkehendak, tak ada yg bisa melawan dan akhirnya kita hanya bisa pasrah, pasrah dalam arti sabar menunggu datang nya pertolongan-Nya dan setiap kesabaran sesorang, Insyaallah berbuah pahala jika kita ikhlas menerimanya.

Rasa sakit, kemiskinan, kesusahan, dan musibah2 lain, jika kita mengingat besarnya pahala sabar Insyaallah itu akan meringankan beban kita. "Dan hanya orang2 yg bersabarlah yg dicukupkan pahala mereka tanpa batas" (QS.Az-zumar 10).

Dari Abi yahya Shuhaib bin Sinan RA. Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya menakjubkan keadaan orang mu’min, karena segala urusannya sangat baik baginya, dan itu tidak akan terjadi kecuali bagi orang mu’min. Bila ia memperoleh kesenangan, ia bersyukur, yang demikian itu baik baginya. Dan bila ia tertimpa kesusahan ia juga bersabar, yang demikian itupun baik baginya”.

Sabar tanpa syukur adalah kurang afdhol dan syukur tanpa sabar juga kurang baik.

Analogi sabar dan syukur dalam proses rahim seorang ibu:

Ketika Allah menakdirkan manusia lahir di bumi ini melalui rahim seorang Ibu, ada sebuah rentang waktu sekitar 9 bulan 10 hari hingga anak tersebut terlahir di dunia ini. Tahukah kita, ketika anak itu lahir dari rahim ibu, apakah yg membuat seorang anak adam berbuat maksiat ketika dewasa? padahal dalam rahim dia tidak minta dilahirkan sebagai anak yang gemar maksiat ketika kelak dewasa? Jawabnya, karena dia tidak memiliki ilmu tentang larangan untuk berbuat maksiat ketika dewasa atau bisa juga dikarenakan ia kurang sabar dalam menaatinya. Ilmu dan sabar adalah sesuatu yang berdampingan.

Jika seorang ibu tidak sabar dalam mengandung, tentu dia akan segera mengeluarkan dengan paksa bayi dalam rahimya dan itu artinya dia telah membunuh sang bayi, tapi ketika dia bersabar, sampai waktunya Allah memutuskan ketetapannya, maka lahirlah sang bayi dan saat itu pantaslah jika sang ibu harus bersyukur..

Tidaklah baju yang melekat pada tubuh kita, uang yg berada di dompet, rumah yang kita tinggali, dan segala bentuk yang bisa kita manfaatkan, melainkan semua berasal dari Allah semata.

Sungguh sistematis, indah, dan sempurna siklus pembelajaran yang Allah tetapkan bagi hambaNya. Untuk kecerdasan intelektual (IQ) Allah Mendidik kita pada “sesi ilmu”, sedangkan Allah memberi kita pendidikan untuk kecerdasan emosional (EQ) pada “sesi sabar”. Dan pada kecerdasan spiritual (SQ), Allah mendidik kita melalui “sesi syukur”. 
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jadi gimana? Sudah tau bedanya sabar dan syukur? Siap menjalaninya? Insyaallah  harus bisa ^_^ Sampai jumpa pada mutiara - mutiara hikmah berikutnya. Sekali lagi afwan jika belum bisa BW. 
Wassalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarokatuh


================================================================================
Malang, 1 November 2011

©




share on facebook

21 komentar:

®obinhut mengatakan...

Assalmualaikum.....

KoskakiUngu mengatakan...

wa'alaikumsalammmmm... :)
sabar nggak harus pasrah dengan keadaan, tapi sabar tuh menerima kenyataan dan berusaha nyari solusi atas keadaan yang dia dpatkan. hehe, mnurut saya sih kyak gitu ^^v

Naya Elbetawi mengatakan...

semoga kita semua termasuk orang2 yang sabar dan pandai bersyukur, Insya ALLAH :)

beby mengatakan...

terkadang manusia kalo udah ngedapetin apa yang dia inginkan jadi lupa bersyukur =..= termasuk aku (huh emang ye manusia)

nice post qaqa :) kunjungan perdana loh, salam kenal yaa

Ego Dafma Dasa mengatakan...

betul tuh Kak.dengan bersabar kita sudah bisa dikatakan menahan rasa sakit.tapi kalau ditahan terus dan disimpan didalam hati lama-lama bisa jadi dendam kalau iman kita kurang

Itik Bali mengatakan...

Aku kadang juga lupa bersyukur, terutama kalo lagi seneng. Kalo lagi susah ngeluh mlulu...

Ahmad Farid Rendraisme mengatakan...

wahh.. ikut pengajian ibu2 ternyata lebih eeeemmm eee?? hahaha...
sipp bu,, lain syakartum laazidannakum wa lain kafartum inna adzabi lasyadiid...

salam jihad tanpa bom !! *apaancoba?

Feby Oktarista Andriawan mengatakan...

Nice posting, gue juga kurang sabar dan bersyukur nih dalam hidup, harus ditingkatin lagi, hehe.. #curhat

socafahreza's blog mengatakan...

wah memang sabar dan syukur itu sangat membawa berkah..
namun kadang2 kita agak sulit melakukannya..

k[A]z mengatakan...

assalamualaykum.insyaAllah semoga kita semua jadi pribadi yang sabar dan selalu mensyukuri nikmat Allah SWT.
salam kenal ^^
saya follow ya blognya.
bila berkenan saya tunggu follow baliknya

BagiBagiBlog mengatakan...

Hmm,, emang sabar & syukur itu dua hal yg kadang terlupakan oleh Kita!!
Gak banyak Orang yg mampu melakukan keduanya secara konsisten jika tanpa kesadaran yg tinggi & Kadar keimanan yg kuat...
Beruntunglah Orang2 yg masih dikaruniai sifat sabar & bersyukur ini..
Semoga Kita semuanya termasuk Orang2 itu!!!
AMin Ya Robbal Alamin

AE65 mengatakan...

sabar itu adalah kata ringan tindakan kuat...ya kalau bisa sabar kita tidak akan merasa kesedihan itu adalah suatu musibah, melainkan jalan terbaik dari Allah untuk mendewasakan diri kita lewat cobaan atau masalah yang sebenarnya hati kita adalah sarana menuju obatnya.

Ladida C mengatakan...

sabar dan syuku akan mmbuat org menjadi berjiwa besar dan selalu mengingatNya, tidak hanya itu, dalam menyikapi masalah juga tidak menjadi makin rumit dan bisa mengatasi dgn baik ;)

Bang Yudha mengatakan...

Assalamu'alaikum wr. wb
Dah lam bgt ana gak kunjung di sini... Semakin mantap aja... Kita taingkatkan kualiatas dakwah kita..... Semngat ........... :)

cara aman belanja online mengatakan...

terkadang membuat diri kita sabar susah banget jika ada masalah yg besar :D
makasih untuk pencerahannya

vheytha mengatakan...

semoga kita selalu menjadi orang yang sabar dan bersyukur kepada Allah. :) Semoga Allah selalu melindungi kita :) Amiin

Syukron kepada semua semoga bermanfaat

dunia tambang mengatakan...

sungguh sabar dan syukur adalah dua poin yang penting dalam menjalani kehidupan.
agar ketentraman dan kedamaian dalam hati kita.
terimakasih atas artikelnya.
benar-benar memberi pelajaran bagi saya.

Gema Shafa Marwa Semarang mengatakan...

subhanallah....
sangat bermanfaat taujihnya
syukron.

ipan jenab barus mengatakan...

subhanalahu, ini merupakan sebuah pelajaran :)

DIAN AHMAD JUFRIH mengatakan...

ASSHOBRU YU'INU ALA KULLI AMALIN.... MAN SHOBARO DHOFIRO.... AS SHOBRU KAS SHIBRI MURRU FII MADZA QOTIHI LAKIN AWA KIBAHU AHLA MINAL ASALI

Anonim mengatakan...

sabar adalah menerima apa yg diberikan ALLOH SWT kepada kita suka atau tdk suka disertai dengan berusaha sesuai dengan syariat alloh. dan sabar itu meliputi segala hal baik musibah cobaan ibadah karena segala apa yg diberikan alloh adalah cobaan baik itu nikmat at musibah. karena tujuan dari segala sesuatu adalah ridho ALLOH SWT.

Poskan Komentar

Sambung silaturahmi disini ^^