"Cantik Berprestasi Perempuan Masa Kini"

| 4
Bismillahirrahmaanirrahiim….

Assalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh….
Membuka - buka catatan membuat saya tertarik pada salah satu judul, cantik berprestasi perempuan masa kini. Salah satu materi yang pernah disampaikan Mbak Oki Setiana Dewi (pemeran Anna Althafunnisa' pada KCB) pada seminar beauty inside beauty outside yang diadakan oleh FORKIM FIA UB. Nah, pada kesempatan ini saya ingin berbagi kepada sahabat - sahabat semua ^_^ 


Engkaulah sebaik  - baik perhiasan namun engkau juga seburuk - buruk fitnah. Sebagaimana sabda Rasulullah Dunia ini adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah". (HR. Muslim). Tahukan sahabat keadaan wanita sebelum datangnya islam? di Eropa wanita dianggap setan. Bagi yahudi wanita adalah pelampiasan hawa nafsu, wanita adalah makhluk terlaknat. Sebabnyalah Nabi Adam melanggar larangan Allah hingga dikeluarkan dari surga. Sebagian golongan Yahudi menganggap ayah sis,i wanita berhak memperjualbelikan putrinya. Bangsa Yunani dan Romawi mereka menempatkan wanita tidak lebih dari sekadar barang murahan yang bebas untuk diperjualbelikan di pasaran. Wanita di sisi mereka tidak memiliki kemerdekaan dan kedudukan, tidak pula diberi hak waris. Dan masih banyak daerah lainnya hingga banyak kisah bahwa jika lahir bayi perempuan mereka langsung membunuhnya. Begitu tragis dan miris jika melihat hal tersebut, lalu bagaimana kondisi setelah datang Islam? ya, wanita dinaikkan derajatnya, tidak ada perbedaan antara laki - perempuan kecuali iman dan takwanya. Disini Islam menjadi kemerdekaan wanita. Dimana Islam melindungi kehormatan wanita.

Perempuan masa kini, bagaimanakah? Secara umum westernisasi, gaya, mode, exploitasi. Tujuannya menuruti kepuasan pribadi, materi dunia,popularitas, hawa nafsu yang tak terbelenggu dan hal ini berkiblat kebarat. Ada juga yang berideologi gado - gado. Namun, saya yakin masih banyak pula perempuan yang tidak seperti itu.

Sahabat, cantik bukan dilihat dari pakaian namun keelokan budi pekerti dan akhlak yang baik. ada yang tidak setuju? Seorang muslimah jika gagal mempersiapkan maka ia mempersiapkan untuk gagal. Sekarang, bagaimana kita bisa cantik inside dan outside?
  • Berpakaian takwa
Sebagaimana firman Allah dalam QS. Al Ahzab ayat 59 "Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang". Tak usah dijelaskan sahabat pasti mengetahui maksud ayat ini. Menggunakan hijab akan menghindarkan kita dari orang yang berpenyakit hati. Selain itu kita akan terkontrol dari ucapan maupun perbuatan kita.
  • Menjaga perilaku
Menjaga perilaku disini termasuk penampilan, ucapan maupun kepribadian kita. Bagaimana kita harus bersikap dan berpenampilan. Karena mayoritas orang melihat kita dari penampilan kita.
  • Menjaga kebersihan
Walaupun berhijab jangan sampai kita melupakan kebersihan diri kita, jangan sampai karena sudah ditutupi hijab kita melalaikan kebersihan seperti mandi, keramas kebersihan baju - baju kita dll.
  • Menjaga kesehatan
Hal ini bisa dilakukan dengan olahraga yang teratur, banyak minum air putih dan konsumsi sayur dan buah.
  • Mengisi diri dengan ilmu pengetahuan
Sebagai wanita yang ingin berprestasi m kita harus mengikuti perkembangan ilmu. Karena dengan ilmu kita dapat mengembangkan potensi kita dan mengetahui dunia.
  • Berprestasi
Berprestasi dapat dilakukan dengan membuat catatan atau buku impian, dengan berjiwa kompetitif, mengetahui potensi diri sendiri dalam bidang apa, dan belajar produktif menghasilkan karya. 
Nah, itulah sekelumit ilmu yang saya dapat semoga dapat bermanfaat bagi sahabat semua. Kita semua adalah artis, Allahlah sutradaranya hendaklah kita berdasar pada skenario yang telah dibuat Allah.  Sebagai wanita kita akan menjadi ibu, yang perlu kita ingat Ibu adalah guru pertama dan sebagai madrasah. Jangan sampai kita salah mendidik putra - putri kita nantinya. KAU ADALAH APA YANG KAMU PIKIRKAN, MAN JADDA WA JADDA ^_^

Wallahua’lam bish shawwab

Wassalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh….…
================================================================================
Malang, 4 Desember 2011
©





share on facebook

4 komentar:

naspard said...

mantap dah mbak vita, sayangnya ane bukan perempuan tapi mantap lah sedikit diambil makna untuk orang terdekat keke

Dava_line09 said...

Nice artikel,..
Like It,..

shafira said...

yang penting cantik ,, membuat fisik dan hati menyatu... :D
bukan begetooo...?????

shafira said...

thank you for sharing this article .. article really impressing ...
[salam santun and selamat*Hari iBu]

Post a Comment

Komentar dimoderasi, yuk sambung silaturahim, saya akan langsung berkunjung balik ke sahabat semua ^^