Madesu, Penyakit Apa Ini?

| 7
Bismillahirrahmannirrahim….
Assalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh….
Kali ini saya akan mencoba men-share materi yang ssaya dapat dulu ketika saya masih mengikuti bimbel di Neutron Madiun. ernah dengar istilah ”MADESU”?.Yap..!kamu pasti pernah mendengarnya. Madesu alias  masa depan suram. Istilah ini menjadi ikon pergaulan / lebih tepatnya keputusan asaan dari sebagian ( atau sebagian besar?) generasi muda dalam menatap masa depan. Separah itukah? Jawabannya: bisa ya,bisa tidak. Kok?

Sebenarnya masa depan itu bukan sesuatu yang bisa begitu saja diramal apalagi dipastikan kayak iklan- iklan menyesatkan disms premium di tv itu. Masa depan adalah buah dari apa yang kita tanam dari sekarang . so, setiap generasi punya hak yang sama dalam meraih masa depan. Semua berpulang pada usaha dan kerja keras kita sekarang. 

Emang sih,kalau kita cermati dari berita-berita dikoran,tv /media yang lain,kita jadi ngeri kalau melihat realita saat ini. Bayangin konon sekarang ada sekitar 30 jutaan orang nggak punya pekerjaan alias nganggur TOTAL!  Itu saja data berdasarkan jenis pengangguran kentara yaitu orang-orang yang benar-benar tidak mempunyai pekerjaan. Kalau dihitung berdasarkan jenis  pengangguran yang lain semisal  orang  yang kerja tapi pendapatannya tidak bias mencukupi kebutuhannya. Waduh…tambah ngeri lagi masalahnya. Tapi nggak perlu resah-resah amat deh..! sekecil apapun peluanggnya masa depan tetep bias jadi milik kita. Yang penting bagaimana kita menyikap diri menyongsong masa depan . sebagai pelajar,ada banyak hal yang mesti kita siapkan.

Buat kamu para pelajar,coba dech introspeksi dan lihat sekitar kamu. Jika kamu jujur mengamatinya,maka kamu akan sampai pada kesimpulannya bahwa persoalan pokok kita sebagai pelajar saat ini adalah rendahnya etos belajar dan daya juang plus rendahnya kompetisi. Setuju  tidak? Jika kamu tidak setuju dengan kesimpulan ini berarti kamu mungkin termasuk pelajar yang ideal. Tetapi jika kamu setuju dengan kesimpulan ini berarti etos belajar,daya juang dan semangat berkompetisi mesti kamu tingkatkan. Mengapa demikian?

Etos belajar,daya juang dan semangat berkompetisi merupakan modal POKOK yang harus dimil,iki setiap pelajar . bayangkan, seseorang pelajar yang tidak memiliki etos belajar tetapi menuntut  mendapat nilai yang baik maka pasti dia akan menempuh ‘ Cara-cara terlarang ”untuk dapat nllai yang baik. Jika daya juang tidak dimiliki oleh seorang pelajar ,maka keputus asaan akan mudah hinggap manakala mendapat sedikit saja kesulitan. Jika semangat berkompetiti tidak terdapat pada diri seorang pelajar,maka dia tidak akan pernah bisa mengukur kemampuannya. Maka ketiga hal tersebut tidak melekat pada diri seorang pelajar,”madesu“ akan benar benar menjadi miliknya.

So,wake up students!!There are many chalange in your future.Mulailah dengan memperbaharui etos belajarmu,tingkatkan daya juangmu dan bakar semangat berkompetisimu.Tanya pada lubuk hati  kamu yang paling dalam apa yang ingin kamu raih esok, dan mulailah menyiapkan bekal untuk meraihnya karena cita – cita setinggi langit saja tak ada artinya tanpa usaha keras meraihnya.Berhentilah marah pada sedikit lapangan kerja,berhentilah mengeluh pada ekonomi negeri ini yang tak kunjung membaik.Tetapi,tingkatkan kompetisimu agar kelak kamu bisa lebih dibutuhkan di dunia kerja syukur – syukur kamu bisa ciptakan lapangan kerja untuk dirimu sendiri dan orang lain.

Semoga bermanfaat ^_^
Wassalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh….…
================================================================================
Malang, 18 Desember 2011
©





share on facebook

7 comments:

Rohis Facebook said...

Tulisanx sangat bermanfaat.., makasih yaa :)

Enny Law said...

jangan lupa banyak2 berdoa supaya lebih apdol..
semangat terus ya ^_^

zone said...

makanya KB....
jangan coba-coba bikin anak...
:P

imamsedayu said...

Makasih dah posting tulisan saya. Ini didapat dari buku pedoman pemilihan jurusan, MEMILIH DENGAN BENAR, KULIAH DENGAN LANCAR kan ? kebetulan saya yang menulis buku itu...

vheytha said...

iya...makasih juga.... :)

zaairul haq said...

wah baru tahu ni...trimakasih infonya

Vita Ayu Kusuma Dewi said...

iya Mas sama-sama :) semoga bermanfaat

Post a Comment

Komentar dimoderasi, yuk sambung silaturahim, saya akan langsung berkunjung balik ke sahabat semua ^^