Wisata Alam dan Air, Waduk Pondok (Pondok Dam)

| 4
Assalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

Masih dengan Vita dari Ngawi, untuk kesempatan saat ini saya akan memperkenalkan wisata dari daerah saya, Ngawi. Lebih tepatnya lagi di Kecamatan tempat saya tinggal, Kecamatan Bringin. Selain Museum Trinil Ngawi masih membpunyai wisata lagi. Ngawi tidak hanya meiliki potensi wisata sejarah namun Ngawi juga berpotensi dalam bidang wisata alam dan khususnya air. Perpaduan wisata alam dan air dapat ditemui di wisata bendungan Pondok atau waduk Pondok.

Waduk Pondok terletak di Desa Gondang, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi dengan jarak tempuh kurang lebih 13 km dari pusat kota Ngawi. Waduk ini biasa disebut waduk Ndero. Pesona alam yang ditawarkan di waduk Pondok ini sangat indah. Dengan harga tiket masuk yang sangat murah jika orang lokal biasanya tidak dipungut biaya, jika orang yang akan mancing biasanya hanya ditarik 2000 rupiah sebagai biaya pengelolaan waduk.

Di waduk Pondok sering digelar pentas musik dangdut sebagai peringatan hari – hari tertentu misalnya bulan Syuro atau malam tahun baru dan acara – acara lainnya. Wisata Pondok ini menyuguhkan fasilitas area pemancingan, wisata perahu keliling, gardu pandang dan fasilitas alam lain yang dapat dinikmati. Selain itu, area waduk Pondok juga sering digunakan untuk ajang Motorcross atau arena berpetualang. Jadi, wisata waduk Pondok ini tidak hanya dikhususkan untuk rekreasi keluarga.

Berhubung saya sedang belajar di bidang teknik, saya akan sedikit mengulas tentang bangunan dan kapasitas waduk. Ini merupakan salah satu mata kuliah saya di bidang Pengairan. Menurut sejarah, konstruksi waduk Pondok dibangun pada tahun 1993 – 1995, dan diresmikan pada tahun 2000. Luas waduk Pondok sendiri sekitar 2596 ha, dan diperkirakan dapat menampung air hingga 29juta meter kubik jadi dapat dilihat hamparan air seperti danau dengan latar belakang perbukitan yang hijau. Volume waduk pada :
Muka Air (MA) banjir : 38,1 juta m3, Muka Air (MA) normal : 30,9 juta m3, Volume Mati : 2,9 juta m3, Vol. Efektif : 28 juta m3

Untuk tipe Bendungan ini, berdasarkan materi dan struktur bangunan diklasifikasikan sebagai urugan batu dengan inti tanah dengan panjang puncak mencapai 298 m dan tinggi di atas dasar sungai : 30,67 m. Lebar puncak : 8 m, Tinggi di atas galian terdalam : 32 m, Elevasi puncak : EI + 110 m, Volume tubuh bendungan : 300.000 m3.

Tidak hanya itu saja, di waduk Pondok terdapat suatu tradisi yaitu upacara adat yang oleh masyarakat disebut "Nyadran/Keduk Beji Waduk Pondok" yang biasanya dilaksanakan setiap bulan Syuro. Waduk Pondok sendiri mempunyai suatu legenda, dimana nama Pondok bermula dari banyaknya pondok - pondok yang dibangun oleh peziarah disekitar sumber mata air untuk melakukan ngalap berkah atau tirakatan.

Seperti itulah yang dapat saya perkenalkan dari waduk Pondok, jika ada yang perlu ditanyakan silahkan Tanya pada bagian komentar . Mari kita lestarikan wisata alam dan air serta pengelolaan air yang baik untuk irigasi dan kebutuhan sehari – hari. Tunggu info wisata Kabupaten Ngawi selanjutnya ya, karena akan ada informasi wisata setiap harinya ^_^ Terima kasih

Salam Nusantara, diversity ethnic with one spirit ^_^

Wassalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh
 ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
repost dari presentasi tempat wisata Putera Puteri Nusantara Online edisi 5 oleh Vita Ayu Kusuma Dewi (Rescue Iffah) 
link : https://www.facebook.com/photo.php?fbid=486618238019841&set=a.486159831399015.126646.100000150068780&type=3

share on facebook

4 comments:

Fian Syauqi said...

artikel blog nya bagus2... :)
numpang intip2 ya,,,mau nanya kamu anak teknik apa?

vheytha said...

semoga bermanfaat :)

teknik pengairan. :)

anak teknik juga? :)

ndr said...

postingannya bagus :D

jng lupa kunjungan + likenya yaa :D
www.vacation-star.blogspot.com

free video game said...

wah ini bisa jadi alternatif untuk liburan, bentar lagi liburan semester. tahank gan

Post a Comment

Komentar dimoderasi, yuk sambung silaturahim, saya akan langsung berkunjung balik ke sahabat semua ^^