Indonesia Youth Forum 2014: Enjoy Wakatobi

| 0
Bismillahirrahmaanirrahiim
Hari 4 Sabtu, 24 Mei 2014
Kegiatan hari keempat adalah living in Suku Bajo, visit beautiful Wakatobi, penanaman seribu pohon, peletakan batu pertama Tugu Pemuda dan closing ceremony.

Pada kegiatan living in Suku Bajo, seluruh peserta bersatu di pemukiman Suku Bajo dan melaksanakan aktivitas bersama masyarakat. Aktivitas tersebut diantaranya bersih-bersih, bersilaturahmi dan mengakrabkan diri dengan masyarakat yang ada. Suku Bajo memiliki keistimewaan, Suku Bajo disebut juga Suku sama. Mereka satu bahasa dimanapun Suku Bajo tinggal. Mereka tinggal dipesisir. Transportasi antar rumah mayoritas masih menggunakan perahu kecil. Anak-anak di Suku Bajo sudah berkembang dengan mereka saling berlatih rebana dan tampil dalam beberapa pementasan.
Saya hidup bersama dengan masyarakat Suku Bajo
 Saya bersama  peserta IYF 2014 menggunakan perahu kecil untuk berkunjung dari rumah ke rumah Suku Bajo

Setelah setengah hari beraktivitas dengan masyarakat Suku Bajo, kami peserta IYF 2014 berkunjung ke Sombu untuk melihat salah satu keindahan bawah laut Wakatobi. Peserta diberi waktu 2 jam untuk bercengkrama dengan karang-karang dibawah laut. Wakatobi merupakan surgA karang karena terletak di pusat segitiga (jantung) terumbu karang Dunia. Wakatobi memiliki 750 jenis terumbu karang terbanyak dari 850 total jenis terumbu karang di Dunia. 

Saya dan peserta IYF 2014 dari Bengkulu serta Wakatobi disela aktivitas melihat bawah laut Sombu, Wakatobi

Setelah melakukan aktivitas bawah laut, peserta IYF melakukan aksi tanda tangan dan peletakan batu pertama Tugu Pemuda di kawasan hutan Wangi-wangi. Kegiatan dilanjutkan dengan penanaman seribu pohon yang diikuti oleh peserta IYF 2014 dan masyarakat setempat. Kegiatan hari keempat berakhir hingga menjelang sholat magrib.

Peletakan batu pertama Tugu Pemuda

Rangkaian kegiatan IYF 2014 ditutup pada malam hari di Patuno Resort. Pada pundak kegiatan IYF 2014 ini diumumkan project social terbaik yang dianugerahkan kepada delegasi dari Maluku Utara. Pada penutupan IYF 2014 ini para peserta IYF 2014 juga dinobatkan sebagai Duta Promosi Pariwisata Wakatobi selama 2 tahun terhitung mulai Juni 2014. Keesokan harinya peserta diantarkan menuju Pelabuhan dan Bandar Udara untuk kembali ke Daerahnya masing-masing.
***
Sumber : Laporan Kegiatan Indonesia Youth Forum untuk Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya oleh Vita Ayu Kusuma Dewi

share on facebook

0 comments:

Sekilas Info:



Kotak pada kolom blok komentar ini masih kosong. Maka merupakan suatu kehormatan jika sobat menjadi orang yang paling pertama menuliskan komentar, baik berupa pujian, masukan, kritikan, maupun pertanyaan di kolom komentar yang terletak di bawah kotak ini.

Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap artikel-artikel saya sendiri maupun ilmu yang telah saya peroleh dari orang lain.

Vheytha

Post a Comment

Komentar dimoderasi, yuk sambung silaturahim, saya akan langsung berkunjung balik ke sahabat semua ^^