Memberi Koordinat Pada Peta di AutoCad

| 0
Bismillahirrahmaanirrahiim
Ceritanya salah satu tugas di Kantor adalah membuat peta batas DAS yang peta Bakosurtanalnya harus di-pas-kan koordinatnya terlebih dahulu. Nah, kebiasaan banget nih kalau masalah mengisi koordinat mengandalkan Autodeskmap. Kok ya pas kebetulan sudah expired Autodeskmapnya, jadi bingung mau gimana lagi akhirnya peta DAS jadi, tapi lokasi koordinatnya belum pas.

Malu sih, setelah nyerahin kerjaan ke Bapaknya, terus dicek koordinatnya salah, ya sudah jujur apa adanya kalau kebiasaan pakai Autodeskmap dan tidak tahu cara lain selain itu. Disenyumin bro…sumpah malu. Sertifikat workshop Autocad dari Hi-Tech Mall berasa hangus gara-gara ini.

Alhamdulillah disini kadang malam dapat kuliah privat bagi yang belum bisa, jadi diajarin. Ini episode kesekian kalinya diluruskan pemahaman. Dunia kerja, yang sesungguhnya kuliah ya disini….

Jadi di Autocad itu bisa memberi koordinat yang pas buat peta dasar kita. Ini langkah-langkahnya:

1. Masukkan peta Bakosurtanal kita dengan “Insert” > pilih “Raster Image Reference” > Pilih file > Hilangkan centang  pada “scale”, atur jadi 1  untuk mempertahankan skala gambar > “Insertion point”  tetap dicentang atau kalau peta sudah pas X,Ynya ujung ke ujung bisa dihilangkan centangnya lalu diisi koordinatnya, kalau yang diketahui koordinatnya titik tertentu maka biarkan isian ini tetap di centang > Klik “ok”
2. Buatlah lingkaran kecil tepat dititik yang kita ketahui koordinatnya
3. Jika koordinat masih LSBT/LongLat maka convert dulu ke UTM
4. Nah, blok peta dan lingkaran tadi lalu perintah “move” atau cukup ketikkan “M”
Specify base pointnya adalah titiik koordinat yang kita ketahui atau yang sudah kita tandai dengan titik pusat lingkaran tadi, lalu klik titik tersebut
5. Lalu klik “enter”
6. Sudah pindah kan letaknya ^^ Untuk melihatnya pilih menu “View” > “Zoom” > “Extents”
7. Untuk cek sudah benar atau belum koordinatnya kita lihat melalui “properties”, caranya klik kanan pada lingkaran yang kita jadikan acuan tadi. Seperti ini tampilannya
8.Tapi ingat ya, skalanya harus benar dulu jadi akan pas koordinatnya, kalau skala gambarnya salah sudah pasti akan beda koordinatnya

Semoga ilmu ini bermanfaat ya rekan-rekan semuanya ^^

*Maaf banget buat mbak Eva baru bisa melangsungkan posting walau naskah sudah jadi sebelumnya.:(
***
Warnet Tetangga, 30 Mei 2015
Vita Ayu Kusuma Dewi
share on facebook

0 comments:

Sekilas Info:



Kotak pada kolom blok komentar ini masih kosong. Maka merupakan suatu kehormatan jika sobat menjadi orang yang paling pertama menuliskan komentar, baik berupa pujian, masukan, kritikan, maupun pertanyaan di kolom komentar yang terletak di bawah kotak ini.

Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap artikel-artikel saya sendiri maupun ilmu yang telah saya peroleh dari orang lain.

Vheytha

Post a Comment

Komentar dimoderasi, yuk sambung silaturahim, saya akan langsung berkunjung balik ke sahabat semua ^^