ENJ 2015 : Antara Jalan Menuju Mimpi dan Panggilan Hati

| 7
Bismillahirrahmaanirrahiim
“Ekspedisi ini akan di laksanakan pada bulan Mei-Juni dengan melalui 35 pelabuhan pangkal, 505 pelabuhan destinasi di 22 Provinsi dengan panjang total lintasan kurang lebih 230.000 km” (Poster ENJ 2015)

Ingin berpartisipasi dengan kegiatan ini? Pasti! Prolognya saja sudah menggiurkan. Kegiatan ini bernama Ekspedisi Nusantara Jaya 2015 dengan icon  di Poster adalah KRI BAC-593. Saat pendaftaran awal bulan April aku masih belum mulai bekerja, jadi saat itu kuputuskan mendaftar kegiatan ini. Aku yakin ini adalah salah satu jalan mewujudkan impian nomor kesekian yaitu menaiki KRI (sebenarnya dalam rangka SAR dan inginnya KRI Bung Tomo #efekevakuasiQZ-8501).

Ekspedisi Nusantara Jaya 2015 akan mengelilingi pulau-pulau terluar Indonesia untuk meningkatkan konektivitas di pulau-pulau terdepan, terpencil dan wilayah perbatasan, melalui peningkatan akses terhadap kebutuhan bahan pokok sehari-hari, fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan, sarana dan prasarana. Acara yang diselenggarakan oleh Kemenko bidang Kemaritiman bekerjasama dengan berbagai instansi di antaranya TNI AL ini menempuh rute Jakarta-Makassar-Sorong-Fani-Saumlaki-Kupang. Selama perjalanan, peserta juga akan diberikan materi-materi terkait kemaritiman serta games-games yang menstimulasi peserta untuk cinta terhadap bahari. Kegiatan ini berbeda dengan Sail, sebab program Sail lebih bertujuan mendorong pariwisata, sementara ENJ merupakan penguatan hubungan pulau-pulau terluar Indonesia.(http://enj2015.maritim.go.id)



Pelayaran dengan menggunakan 88 kapal ini bertujuan untuk menyambungkan Indonesia bagian barat dengan timur serta mengunjungi pulau-pulau terluar yang jarang dikunjungi (Deputi SDM Kemenko bidang Kemaritiman, Dr. Ir. Safri Burhanuddin dalam Web ENJ 2015).

Saat pelatihan FIM pun beberapa kawan juga membicarakan tentang ENJ makanya saat pendaftaran lanjutan dibuka, akupun mantab mendaftar dengan pilihan Pelabuhan Keberangkatan Surabaya-Semarang-Kendari. Pertimbangan memilih Surabaya-Semarang karena tergolong dekat dengan domisili. Lalu kenapa Kendari? Aku rindu Wakatobi (titik). Sudah tak ada lagi alasan yang bisa mewakili mengenai satu tempat ini, karena obat rindu adalah bertemu #ceileh.

Bayangan pada saat itu adalah semua peserta yang terpilih akan dapat mengunjungi dan mengabdi dari satu daerah ke daerah yang lain terutama terpencil dan perbatasan di  Indonesia. Penjemputannya berdasarkan pelabuhan keberangkatan dan berkeliling sesuai rute dan  melakukan kegiatan penyerahan logistik, mendapatkan pelatihan selama perjalanan dan dapat berpartisipasi untuk penukaran uang seperti kegiatan yang tercantum di website ENJ 2015.

Tibalah saat pengumuman, 18 Mei 2015. Judul tulisannya “Pengumuman Hasil Seleksi Peserta Ekspedisi Nusantara Jaya Tahap I”. Hmmm…tahap I berarti ada lanjutan. Lihat bermacam-macam komentar semua menanyakan “adakah seleksi lanjutan yang harus dilalui?”.  Admin menjawab bahwa yang sudah terlampir namanya disini sudah resmi menjadi peserta ENJ 2015 dan tahap II adalah nama-nama yang terpilih untuk KRI Banda Aceh. Nah loh…. Ada yang komentar “Min berarti yg namanya ga ada disini masih ada kemungkinan namanya bisa ikut di KRI Banda Aceh ya min?”. Admin menjawab “Kalo ada pilihannya Sunda Kelapa, ya ada kemungkinan terpilih di KRI”.



Hyyaaa…. Harapan menuju impian KRI hilang karena untuk KRI Banda Aceh admin menyampaikan “Peserta diambilkan dari yang mengisi pilihan keberangkatan “Sunda Kelapa” (artinya: berangkat dari Jakarta)”. #gwgatermasukyangdaftarSundaKelapa

Alhamdulillah meskipun demikian aku masih diberi kesempatan untuk berpartisipasi di ENJ 2015 keberangkatan pelabuhan Surabaya. Mulailah saat dikirimkan email pemberitahuan itu langsung menindaklanjuti dengan membuat grup di WA. Disanalah kami berbincang walaupun masih sedikit bayangan karena jadwal keberangkatan kami belum diketahui. Sedangkan teman-teman terdiri berbagai macam profesi dan latar belakang. Ada mahasiswa, dosen, karyawan, dll, yang pastinya membutuhkan tanggal keberangkatan yang fix.  Saat itu kami hanya mengetahui bahwa rute Kapal Perintis keberangkatan Surabaya terdiri dari 2 rute R.14 dan R.15.



Rute R.14 yaitu Surabaya -150- Masalembo -40- Keramaian -40- Masalembo -113- Kalianget -30- Sapudi -62- Kangean -65- Pagerungan Besar -15- Sapeken -120- Tanjung Wangi -120- Sapeken – Sapudi -30- Kalianget -113- Masalembo -40-15- Pagerungan Besar -65- Kangean -62- Karamaian -40- Masalembo -150- Surabaya

Rute R.15  yaitu Surabaya -150- Masalembo -40- Karamaian -72- Matasiri -20- Maradapan -22- Marabatuan -62- Batulicin -22- Kotabaru -22- Batulicin -62- Marabatuan -22- Maradapan -20- Matasiri -72- Karamaian -40- Masalembo -150- Surabaya
***
Tempat berjuang, selama akhir Mei 2015
Vita Ayu Kusuma Dewi
share on facebook

7 comments:

walimah ewa said...

Mbak anak FIM juga? 😁
Angkatan berapa?



#kepo 😅

Vita Ayu Kusuma Dewi said...

hehe iya...fim 15 kak :)

Gerakan Anti Kapitalisasi Pendidikan said...

Assalamualaikum Mbak, Saya Hari adi suwondo
Saya peserta ENJ 2016
Saya bisa minta no contact hp nya atau FB (email)
Saya mau tanya2 tentang ENJ
karna saya masih buta tentang kegiatannya
Kalo gak keberatan supaya lebih jelas buat saya
Ini rmail saya lihatselengkapnya91@gmail.com
082251000031

Ai Namira Wulandari アイ said...

Kak, saya izin meminta kontak kakak untuk menanyai cara ngisi pendaftarannya biar saya gak salah pilih.
Saya mendaftar untuk kategori siswa unt. Thn ini. Tp saya masih Bingung cara mengisi data2nya. Trmksh.

Vita Ayu Kusuma Dewi said...

Silahkan, didalam webnya tinggal mengikuti saja alurnya :)

Novita A.Z said...

Assaalamu'alaikum kak vita, saya Novita dan lulus ENJ 2017. kak saya boleh minta contact hp atau email,saya mau tanya-tanya tentang ENJ karena saya masih buta tentang kegiatannya, kalo gak keberatan ini contact dan email saya 085373161229 & novitaaz137@gmail.com makasih kak

Vita Ayu Kusuma Dewi said...

wa'alaykumsalam... ini email saya dr.vita15@gmail.com

Post a Comment

Komentar dimoderasi, yuk sambung silaturahim, saya akan langsung berkunjung balik ke sahabat semua ^^