FAQ Mahasiswa Baru Teknik Pengairan UB

| 6
Bismillahirrahmaanirrahiim
Mohon maaf sebelumnya khususnya untuk adik-adik Mahasiswa Baru Teknik Pengairan UB yang sejak kemarin-kemarin menghubungi saya, terkait mata kuiah belum bisa saya detailkan melalui pesan singkat. Semoga postingan ini dapat membantu adik-adik sekalian. Pertanyaan-pertanyaan ini merupakan rangkuman pertanyaan yang diajukan oleh beberapa calon Maba WRE dan beberapa orang tua yang menghubungi saya via telepon, sms maupun email.

1.      Untuk prospek kerjanya lulusan Pengairan bagaimana?
Saya copykan dari postingan tentang WRE sebelumnya ya.

Banyak peluang kerja setelah kuliah WRE.  Analogi sederhananya seperti ini. Di Indonesia ada 30an Provinsi, setiap Provinsi ada Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Provinsi. Asumsikan paling sedikit membutuhkan 30 alumni WRE. Dalam setiap Provinsi pasti memiliki banyak Kabupaten dan setiap Kabupaten ada Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Kabupaten. Bisa dihitung sendiri kan berapa banyak alumni WRE yang dibutuhkan? Nah, selain di Dinas PU lulusan WRE juga bisa bergabung dengan konsultan atau kontraktor. Selain itu, di Pertambangan juga ada divisi hidrologi, lulusan WRE juga dapat bergabung didalamnya. Masih banyak lagi bidang yang dapat dijadikan lapangan pekerjaan, selama ada usaha dan kemauan, lapangan pekerjaan in syaa Allah dimudahkan.

Ohya, pengalaman kemarin setelah ada kegiatan di BBWS Bengawan Solo saya di ajak senior ke Konsultan Swasta, disana saya langsung ditawari kerja, padahal saya sudah kerja di konsultan juga. Hal ini menandakan kalau memang kebutuhan tenaga Teknik itu banyak, yang penting jangan gengsi untuk memulai karir dari bawah, dari yang lokal. Rejeki itu tergantung bagaimana seseorang mensyukurinya. Semakin bersyukur in syaa Allah semakin ditambah sama Allah.

Alhamdulillah saya lihat teman-teman seangkatan saya yang lulus tahun ini hampir semuanya yang lulus langsung bekerja, ada yang di konsultan swasta, ada juga di BUMN dan ada juga di BBWS. 

Kalau saya ditanya kenapa tidak langsung berkarir di BUMN atau PNS, saya masih punya tujuan lain yang  tidak ingin terikat kontrak. Saling menghormati keputusan saja ya.

2.      Teknik Pengairan itu hampir sama seperti Manajemen Sumber Daya Perairan?
Tidak. Teknik Pengairan itu Fakultas Teknik, Manajemen Sumber Daya Perairan itu Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

3.      Tentang pelajarannya, kalau di Teknik Pengairan apa saja yang dipelajari?
Teknik Pengairan mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan perencanaan, perancangan, pelaksanaan, pengoperasian dan pemeliharaan serta pengembangan dalam kegiatan Sumber Daya Air. Kalau membuka website www.pengairan.ub.ac.id, berikut ini sedikit penjelasannya (dan tambahan kata dari saya):

Perencanaan prasarana dan sarana Sumber Daya Air  misalnya perencanaan pembangkit tenaga listrik, perencanaan sistem jaringan dan bangunan irigasi-drainasi lahan pertanian sawah, lahan kering, dan persawahan pasang surut atau rawa. Selain itu juga ada perencanaan waduk dan perencanaan sistem jaringan dan bangunan drainasi untuk kawasan perkotaan, jalan raya, lapangan terbang dan lapangan golf.

Pengembangan dan pengelolaan Sumber Daya Air misalnya penatagunaan sumber daya air wilayah sungai dalam rangka memanfaatkan daya guna air wilayah sungai, pengendalian daya rusak air, pengendalian dampak lingkungan dan konservasi lahan suatu daerah aliran sungai (DAS) serta pemanfaatan teknologi Sistem Informasi Geografis (SIG).

Nah kalau detail mata kuliahnya bisa dilihat di buku pedoman karena bisa jadi tahun ini ada pengurangan, penambahan atau penggabungan mata kuliah. Kalau selama saya kuliah 2011-2015 kemarin ini yang saya ambil mata kuliahnya.

4.      Tugas gambarnya apa banyak?
Namanya juga Teknik, gambar adalah nyawa utama, tanpa gambar akan susah memberikan gambaran apa yang di maksud. Hehe.. Tergantung dosen, tapi tugas besar semester 1 ada MKBA atau Menggambar Konstruksi Bangunan Air.

5.      Tugasnya banyak ya kak di Kuliah?
Sekali lagi tergantung dosennya dan tergantung bagaimana adik-adik menghadapinya. Standartnya anak teknik kok tugasnya.

6.      Kak aku diterima di Teknik Pengairan, tapi aku merasa bukan passionku?
Lah..mendaftar kemarin kenapa? Ingat lo banyak orang yang menginginkan kuliah di Pengairan tapi tidak diterima. Kamu harus mensyukuri itu. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia baik bagimu.. Ingat itu kan? Lihat videoku mungkin kamu akan berubah pikiran. Motivasi Salah Jurusan- Teknik Pengairan

7.      Kak aku suka kegiatan basket, ada wadah ga nanti di Teknik?
Ada. Ada lembaga otonom dan membawahi lembaga semi otonom salah satunya bidang minat bakat. Atau kamu bisa bergabung di UKM Universitas.

8.      Ospeknya 1 semesterkah Kak?
Tergantung panitia penyelenggara. Kalau pengalaman saya tiap sabtu hampir ada PK2 Fakultas dan Jurusan, secara bergantian selama satu semester. Tidak usah takut pelaksanaannya selalu ada pemberitahuan sebelumnya kok. Bahkan semakin kesini, semakin berkurang jumlah pertemuan PK2nya. Pesan saya, nikmati saja dan rasakan sendiri, jangan terpengaruh omongan orang sebelum kalian menjalaninya sendiri.

9.      Selama ospek harus pakai kemejakah kak?
Kemeja adalah pakaian yang menghormati dirimu sendiri Dek, PK2 biasanya memakai pakaian rapi, serapinya anak Teknik yang ga ribet. Kalian enak loh beneran, ga disuruh buat topi kertas kek atau apapun. Setiap fakultas PK2nya disesuaikan dengan keseharian dan aktivitas selama kuliah dan pekerjaan.

Seingat saya itu yang sering ditanyakan, jika ada pertanyaan lain bisa dipos di komentar postingan ini ya. Mohon maaf sekali jika saya slow respon atau bahkan ada yang lupa belum terbalas. Untuk yang menanyakan Kos di Malang mohon maaf sekali untuk saat ini saya tidak di Malang dan minim informasi Kos di Malang. Terima kasih atas pengertiaannya. Semangat adik-adikku, pesanku niatkan semua untuk menuntut ilmu karena Allah Ta’ala, urusan pekerjaan sudah Allah atur jika kita berusaha, berdoa dan yakin pada-Nya.

Ohya tolong dipahami buku pedoman yang diberikan ya. Jangan sampai salah langkah.

[Update 28 Agustus 2015]
Alhamdulillah ada respon baik sms maupun medsos. Maafkan kalau jawaban saya kurang memuaskan. Yang ditanya terkadang tidak lebih tahu dari yang menanyakan.

***
100 M dari Saluran Intake, 17 Agustus 2015
Vita Ayu Kusuma Dewi

share on facebook

6 comments:

Firdaus Fatian said...

kak, boleh lebih dijelasin tek. pengairan bisa kerja di pertambangan? Soalnya saya emg pgen kerja di pertambangan. kmren udh nyoba fttm itb. tapi saya keterima di WRE UB(Alhamudulillah). Apa bisa saya kerja di pertambangan nanti? Syukron fik mbak

Vita Ayu Kusuma Dewi said...

Bisa in syaa Allah. Alumni kita ada yang dipertambangan bagian hidrologi. Nanti pas kuliah ada kok in syaa Allah dosen yang memberikan gambaran tentang pekerjaan :)

Dyan Eka said...

Mbak vh aku baru baca ini wkwkwk, tambahin mbak vhe, teknik pengairan bisa ngerencanain fishway :)))

Ervina Nurlaily said...

Assalamualaikum mbak. Kalau boleh tau saya bisa kontak kk lewat mana kak? Sedikit saja saya ingin bertanya tentang jurusan ini, saya masih bngung. Syukron

Ervina Nurlaily said...

Assalamualaikum mbak, kalau boleh tau dimana saya bsa kontak mbak? Untuk bertanya sedikit saja tentang jurusan ini, tolong mbak. Syukron.wasalam

Vita Ayu Kusuma Dewi said...

Wa'alaykumsalam..maaf baru balas ya... bisa di email saja dr.vita15@gmail.com.. :)

Post a Comment

Komentar dimoderasi, yuk sambung silaturahim, saya akan langsung berkunjung balik ke sahabat semua ^^