Ke Wakatobi Yuk!

| 0
Bismillahirrahmaanirrahiim
Alhamdulillah bisa bercerita lagi tentang tempat yang belum bisa membuatku move on ini. Wakatobi, Pusat Segitiga Karang Dunia. Keren bukan? Yakin ga mau kesana? Aku saja selama 4 hari disana belum ke Wakatobi lengkap loh, hanya ke “Wa” nya saja.hehe

Wakatobi itu singkatan dari Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, Binongko, jadi kalau mau ke Wakatobi harus lengkap ke Pulau-pulau besar Kepulauan Wakatobi tersebut. Sebenarnya kalau dilihat di peta masih banyak lagi Pulau-pulau kecil yang ada di Wakatobi. Alhamdulillah kemarin diberikan sertifikat Promosi Pariwisata Kepulauan Wakatobi oleh Bapak Hugua, Bupati Wakatobi yang inspiratif, plus buku-buku beliau.
Lokasi Kepulauan Wakatobi (Website Pemerintah Wakatobi)

Nah, ada yang bingung ya Wakatobi itu dimana? Kepulauan Wakatobi itu letaknya di sebelah Tenggara Pulau Buton, di Provinsi Sulawesi Tenggara. Namun kemarin dapat kabar dari Kak Tris, sahabat di Wakatobi, jika Kepulauan Wakatobi akan menjadi Provinsi baru dengan nama Provinsi Kepulauan Buton. Kita tunggu saja keputusannya ^^

Wakatobi itu strategis loh sahabat, sebab Kepulauan ini (1) Dilalui oleh jalur pelayaran kawasan Timur dan Barat Indonesia; (2) Ditinjau dari sisi bioregion, letak geografis Kabupaten Wakatobi sangat penting karena berada pada kawasan yang sangat potensial yakni diapit oleh Laut Banda dan Laut Flores yang memiliki potensi sumberdaya keragaman hayati kelautan dan perikanan yang cukup besar; dan (3) Kabupaten Wakatobi berada pada Pusat Kawasan Segi Tiga Karang Dunia (Coral Tri-angle Center) yang meliputi 6 (enam) negara, yakni Indonesia, Malaysia, Philipines, Papua New Guine, Solomon Island, dan Timor Leste (Website Pemerintah Wakatobi).

Masih ga tertarik nih sama Surga nyata bawah lautnya Indonesia? Buat sahabat-sahabat yang tertarik semoga alternatif rute ini bisa membantu ya. Alternatif rute ini aku peroleh ketika mengikuti kegiatan Indonesia Youth Forum 2014 di Wakatobi.
Tari penyambutan saat di Pelabuhan Pangulubelo
  
*Sumatera
Dikarenakan tidak ada rute perjalanan dari Sumatera menuju Sulawesi, maka semua penerbangan dari daerah di Sumatera harus terbang ke Jakarta untuk mendapat penerbangan menuju Wakatobi. Dari Jakarta, ada beberapa alternatif penerbangan dengan transit di 2 Kota sebelum akhirnya sampai di Wakatobi.

A. Sumatera  > Jakarta (CGK)  >  Makassar (UPG)  > Wakatobi (WNI)
B. Sumatera > Jakarta (CGK)  > Kendari (KDI) > Wakatobi (WNI)
C. Sumatera > Jakarta (CGK)  >  Wakatobi (WNI) 

*Jawa
1. Jakarta
A. Jakarta (CGK) > Wakatobi (WNI)
B. Jakarta (Cgk) -> Kendari (KDI) > Wakatobi (WNI)

2. Jogjakarta
A. Jogjakarta > Surabaya (SUB) > Surabaya (SUB) > Kendari (KDI) > Wakatobi (WNI)
B. Jogjakarta-> Jakarta (CGK) > > Kendari (KDI) > Wakatobi (WNI)

3. Surabaya
A. Surabaya (SUB)  > Kendari (KDI)  > Wakatobi (WNI)
B. Surabaya (SUB)  Makassar (UPG) > Kendari (KDI)  > Wakatobi (WNI)

*Bali
A. Bali (DPS) > Makassar (UPG)  > Wakatobi (WNI)
B. Bali (DPS) > Kendari (KDI) > Wakatobi (WNI)

*Kalimantan
A. Samarinda > Balikpapan (Jalur Darat)  > Balikpapan (BPN) > Makassar (UPG) > Wakatobi (WNI)
B. Balikpapan (BPN) > Makassar (UPG) > Wakatobi (WNI)

*Sulawesi
1. Gorontalo > Makassar (UPG)  > Wakatobi (WNI)
2. Makassar (UPG) >  Wakatobi (WNI)
3. Kendari  > Wakatobi (WNI)

*Papua
A. Jayapura (DJJ) > Makassar (UPG) >  Wakatobi (WNI)
Bandar Udara Matahora, Wangi-wangi Wakatobi

Rute-rute diatas adalah rute perjalanan jalur udara, kalau untuk jalur laut bisa pakai alternatif dibawah ini ya.

1. Kapal Cepat Cantika dari Kendari
Lama perjalanan sekitar 3-4 Jam menuju Pulau Wangi-wangi, Wakatobi.
Estimasi Harga: Rp300000- 400000,-

2. Kapal Cepat Cantika dari Bau-Bau
Lama perjalanan sekitar 3-4 Jam menuju Pulau Wangi-wangi, Wakatobi.
Estimasi Harga: Rp300000- 400000,-

3. Kapal Besar Kayu dari Kendari
Keberangkatan Setiap Hari Jam 10.00 WITA  dari Kendari. Lama perjalanan sekitar 10 Jam menuju Pulau Wangi-wangi, Wakatobi.
Estimasi Harga: Rp150000,-

4. Kapal Besar Kayu Dari Bau-Bau
Lama perjalanan  sekitar 10 Jam menuju Pulau Wangi-wangi, Wakatobi.
Estimasi Harga: Rp150000,-

Itu beberapa alternatifnya ya sahabat, semoga bermanfaat. Kalau pengalam aku kemarin aku pakai rute Surabaya-Makassar-Kendari-Wakatobi via Sriwijaya dan Lion Air. Aku ambil rute itu karena saat itu setelah aku hitung-hitung itu yang paling murah, walau harus nunggu penerbangan dari Makassar ke Kendarinya pagi hari sedangkan sampai Makassar tengah malam. 

Lalu pulangnya dari Wakatobi aku naik Kapal dari Wangi-wangi menuju Kendari, harganya Rp125000,-. Tapi percayalah via pesawat lebih nyaman.hehe Malam itu di Kapal aku hanya tidur karena ombak besar. Sayangnya kita juga harus pintar-pintar cari  penerbangan ke Wakatobi kalau pesawat biar trip ala-ala backpacker kita seimbang.

Semoga bermanfaat ya sharing ini, yuk ke Wakatobi, ajak aku juga boleh, tapi bayarin ya tiketnya.hehe… *just kidding
Dapat salam nih dari Kampung Suku Bajo, Wakatobi
***
Puri Fikriyyah, 7 Januari 2016
Vita Ayu Kusuma Dewi
share on facebook

0 comments:

Sekilas Info:



Kotak pada kolom blok komentar ini masih kosong. Maka merupakan suatu kehormatan jika sobat menjadi orang yang paling pertama menuliskan komentar, baik berupa pujian, masukan, kritikan, maupun pertanyaan di kolom komentar yang terletak di bawah kotak ini.

Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap artikel-artikel saya sendiri maupun ilmu yang telah saya peroleh dari orang lain.

Vheytha

Post a Comment

Komentar dimoderasi, yuk sambung silaturahim, saya akan langsung berkunjung balik ke sahabat semua ^^