Catatan Muslimah: The Perfect Muslim & Muslimah is You

| 10
Bismillahirrahmaanirrahim 
Apa kabar hari ini kawan? Eh..pertanyaannya terlalu biasa. Apa kabar iman hari ini kawan? Semoga selalu terjaga dan meningkat ketaqwaan kita ya. Aamiin

Ketika membuka catatan, saya menemukan catatan ini, salah satu materi yang saya dan teman saya dapatkan saat mengikuti sebuah acara. Acaranya sih sudah lewat namun ilmunya semoga terus bermanfaat.

Jadi ketika itu saya dan Mbak Miftah mengikuti acara seperti bedah buku. Bukunya Ahmad Rifa'i Rif'an tahu kan? Ya, The Perfect Muslimah tepatnya. Nah, saya share ya beberapa point yang saya catat.

Buku The Perfect Muslimah karya Kang Rifa'i

Ok, pertama sekali penulis menyampaikan seharusnya tanpa disebutkan "perfect", seorang muslim  dan muslimah harus sempurna kepribadiannya. Tidak ada alasan untuk seorang muslim/muslimah untuk tidak berusaha menjadi pribadi yang sempurna. Kalian tahu kenapa? 

1. Renungkan sejenak QS. Ali Imraan ayat 110, "Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma`ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah", disitu disebutkan manusia umat terbaik. Menurut tafsir jalalain kata "ukhrijat" juga berarti ditampakkan, diturunkan, dikeluarkan. Melalui apa saja itu? diantaranya  akhlak, prestasi, kontribusi dll, yang bermanfaat untuk sekitarnya. Ingat: Manusia paling baik adalah yang paling banyak memberikan manfaat bagi sekitarnya :)

2. Teladannya adalah manusia sempurna, Nabi Muhammad SAW. Tentu kita tahu bagaimana kisah hidup beliau, yang sangat menginspirasi sekali bagi kita, bahkan seorang Mahatma Gandhi saja kagum setelah membaca biografi beliau :')

3. Kitab sucinya sempurna, Al Qur'an. Ketika seorang muslim menggunakan Al Qur'an sebagai pedoman hidupnya, mustahil muslim tersebut menjadi orang yang biasa-biasa saja ^^

4. Ajarannya sempurna, Islam. Tidak ada satupun ajaran Islam yang dilarang  yang tidak merugikan manusia, tidak ada satupun yang diperintahkan yang tidak bermanfaat bagi manusia. Hanya saja terkadang manusia tidak konsisten untuk melaksanakan ajaran Islam :'(

Terus seperti apa sih "The perfect muslim and muslimah itu?

1. Indah akhlaknya
2. Teduh parasnya
3. Hebat prestasinya
4. Luas pergaulannya
5. Besar kontribusinya

perfect bukan? Adakah orang yang seperti itu? Ada, dia adalah muslim dan  muslimah ^^

1. Indah akhlaknya. Perhiasan terbaik bagi seseorang adalah akhlaknya. Ingat sebuah hadits : "orang yang sempurna imannya adalah yang baik akhlaknya" (in syaa Allah HR At-Tirmidzi)

2. Teduh parasnya. Ingat sebuah hadits "...apabila kamu memandang mereka kamu teringat Allah..." sejuk banget ya, dari pancaran parasnya terdapat aura kebaikan dan kesholihah. Caranya bisa kita lakukan setiap hari yaitu dengan (a) "Qiyamul Lail". Imam Hasan Al Bashri "..kenapa orang yang suka bertahajud bercahaya..? karena mereka gemar berduaan bersama Allah yang Maha Rahman, maka Allah menyelimuti mereka dengan cahaya-Nya..". (b) Menjaga wudhunya. 

3. Besar kontribusinya. Jangan hanya sukses untuk diri sendiri dan keluarga, jangan hanya puas dengan aktivitas hidup sederhana. Ingat kata Buya Hamka "kalau sekedar bekerja, kera juga bekerja, kalau sekedar hidup....", Ingat lagi bahwa manusia paling baik adalah yang paling banyak memberikan manfaat bagi manusia lain.

Ohya, tahu kan 3 amalan yang tidak akan terputus pahalanya? Nah, ini juga masuk dalam point kontribusi loh. Apa saja itu?
-  Shadaqah jariyah
- Ilmu yang bermanfaat, yaitu: 1.ilmu yang memiliki dampak, bisa diaplikasikan dimasyarakat dan dirasakan oleh sekitarnya,  2.Ilmu yang kita amalkan dalam kehidupan,  3.Ilmu yang kita ajarkan kepada orang lain.
- Doa anak shaleh, kalau pas ini sedikit kesindir.hehe..katanya untuk bershadaqah jariyah bekerjalah, untuk mendapatkan ilmu belajarlah dan untuk mendapatkan anak shaleh menikahlah :D, ya Allah butuh  nikah. hehe..

Terkait kontribusi juga khususnya muslimah jangan membatasi diri dalam aspek kehidupan untuk tetap berkontribusi bagi ummat. Boleh aktif didunia apapun, asal tidak meninggalkan kodratnya sebagai wanita. Ada sebuah refleksi ucapan Rohana Kudus, pioneer jurnalis perempuan “Perputaran zaman tidak akan pernah membuat perempuan menyamai laki-laki. Perempuan tetaplah perempuan dengan segala kemampuan dan kewajibannya. Yang harus berubah adalah perempuan harus mendapat pendidikan dan perlakukan yang lebih baik. Perempuan harus sehat jasmani dan rohani, berakhlak dan berbudi pekerti luhur, taat beribadah yang kesemuanya hanya akan terpenuhi dengan mempunyai ilmu pengetahuan" :)


4. Hebat prestasinya. Prestasi bukan hanya didunia tapi juga akhirat. Prestasi juga dapat dijadikan sebagai media dakwah. Misalnya seseorang bisa sukses karena rajin shalat Dhuha ^^

5.Luas pergaulannya. “Seorang mukmin yang bergaul di tengah masyarakat dan bersabar terhadap gangguan mereka, itu lebih baik dari pada seorang mukmin yang tidak bergaul di tengah masyarakat dan tidak bersabar terhadap gangguan mereka” (HR. At Tirmidzi 2507, Al Bukhari dalam Adabul Mufrad 388, Ahmad 5/365,)

Nah, itulah beberapa point yang berhasil tercatat selama mengikuti bedah buku. Semoga bermanfaat ya. Buat muslimah khususnya, jangan jadi muslimah ekslusif. Bergaulah namun jangan sampai kita diwarnai oleh mereka :)


Ini foto sebelum materi dimulai.hehe

Jadi sudah siapkah untuk menjadi perfect muslim and muslimah? Insyaa Allah ^^
***
Wisma Wageningen, 26 Juli 2016
Vita Ayu Kusuma Dewi
share on facebook

10 comments:

Yogi Satria said...

Wah, renungan disore hari nih, btw, point yang ke lima,kayaknya harus coba dijalanin yah, nice postlah :)

Vita Ayu Kusuma Dewi said...

semoga bermanfaat kak Yogi :) Iya kak yuk dilakukan :)

Kang Oim said...

Semoga buku ini bermanfaat. yang jelas, saya jadi ingin segera membeli buku perfect muslim ini

Sonny Ogawa said...

Sama seperti tulisan ini perfect banget buat bahan kontemplasi. Semoga kita semua bisa menjadi insan muslim yg Indah akhlaknya, teduh parasnya, hebat prestasinya, luas pergaulannya dan besar kontribusinya untuk sesama umat, bangsa dan negara. amin

Vita Ayu Kusuma Dewi said...

Aamiin kak :)

Vita Ayu Kusuma Dewi said...

Aamiin...silahkan kak...sangat bagus bukunya

Lulu Andhita said...

MasyaAllah, aku jd tersindir dgn postingan ini, tentunya ke arah yg lebih baik :)
InsyaAllah, aku bsa mnjadi perfect muslim dan muslimah. Smga kita bisaa, Aaamiiinn :)

Vita Ayu Kusuma Dewi said...

Aamiin aamiin semoga Allah selalu membimbing langkah kita ya mba :')

Mubarok Agun said...

Nice Ukhti,,

Vita Ayu Kusuma Dewi said...

Semoga bermanfaat kak :)

Post a Comment

Komentar dimoderasi, yuk sambung silaturahim, saya akan langsung berkunjung balik ke sahabat semua ^^