Ga Kuat Kuliah Tapi Pengen Segera Lulus? Coba Cara ini!

| 24
Bismillahirrahmaanirrahim
Assalamu’alaykum Wr.Wb. 
Judulnya ekstrim banget ya? Mana ada ga kuat kuliah terus segera lulus. Hehe.. Sesungguhnya tulisan ini lahir karena ijin Allah tentunya, dengan melalui perantara foto saat awal-awal menjadi mahasiswa baru di WRE UB. Kemarin setelah nostalgia baca tulisan blog, terus berlanjut ke foto-foto. 

Sudah pernah lihat video ini belum? Motivasi Mahasiswa Salah Jurusan Betapa saya tertekannya saat itu, saat saya merasa salah jurusan. Walaupun pada akhirnya saya menyadari tidak ada namanya salah jurusan, yang ada kita tidak bersyukur terhadap apa yang Allah pilihkan. Ingat Al Baqarah ayat 216 ^^

Jadi, dulu tahun 2011 saya masih linglung, apa ya yang bisa saya lakukan biar ga penat, biar enjoy kuliah dan semangat lulus nilainya bagus, minimal ga mengecewakan orang tua tersayang. “Lah gimana mau semangat, suka ama jurusannya aja ga?” Perlahan kamu bakal menyukai jurusanmu kalau kamu mau berusaha menemukan sesuatu yang unik disitu, witing tresno jalaran soko kulino lah bro.hehe 

Akhirnya mulai awal 2012, saya membuat sesuatu yang alhamdulillahnya pernah saya foto, jadi bisa ditulis sekarang.hehe.. Beberapa “sesuatu” yang akhirnya alhamdulillah atas ijin Allah membawa saya lulus 3,5 tahun dengan nilai yang alhamdulillah dikasih Allah lebih adalah: 

1. Planning kapan lulus dan apa saja mata kuliah yang akan diambil 
“Kalau kamu ngerasa salah jurusan jangan malah menyerah, usahain buat segera kelar kuliah dan akhiri dengan indah” asyik...menurut saya sih itu, mau setuju atau ga balik lagi ke sahabat semua.hehe.. Jadi dulu sampai buat tulisan dan rencana berapa IPK yang akan dicapai, mata kuliah apa yang akan diambil. Tujuannya biar jelas peta akademik kita, mau sampai semester berapa kita kuliah. Pun ketika kita mentargetkan berapa IPK yang akan kita dapatkan, kita harus tahu apa yang harus kita lakukan. Jangan sampai ada target tapi tidak ada aksi sama sekali. Kata Boone Pickens "A plan without action is not a plan, it's speech.

Ini rencana kuliahku dan satunya buat semangat biar dapat IP = 4, walau pada akhirnya belum pernah dapat IP = 4 selama S1

2. Planning kegiatan yang akan kamu ikuti
Pastinya bosan kalau jadi mahasiswa kuliah pulang, kuliah pulang, harus dong ada sesuatu yang baru yang didapat selama kuliah, misalnya organisasi, komunitas atau sekadar kepanitiaan. Saat mahasiswa baru pasti LSO, organisasi kampus atau apapun ekstrakurikuler kampus mengumumkan kegiatan mereka, ikuti yang memang kamu minati dan tentukan semester berapa kamu mau ikut. Biar kuliah dan kegiatan tidak keteteran. Kata Kak Iil' -sebutannya Kak Makhyan Jibril waktu ngasih materi PK2-, "Menjadi mahasiswa terlalu singkat untuk tak berbuat, terlalu indah untuk menyerah". 

Dulu saya membuat 2, satu ditempel ditembok hanya berisi kegiatan internal kampus dan saya punya buku arisan isinya rencana kegiatan tahunan baik seminar, kegiatan-kegiatan kepemudaan, lomba dan apapun uneg-uneg masa depan dibuku tersebut. Bukan hanya rencana, buku itu juga berisi checklist realisasi dan pesan dari teman-teman yang sempat menulis dibuku tersebut. Sampai sekarang buku itu masih dan saya sering ketawa sendiri baca curhatan, polos banget curhatnya.hehe..

Buku curhat akademik dan non akademik.hehe


Rencana kegiatan awal mahasiswa baru

3. Berani bermimpi, menulis dan mewujudkannya serta buat peta hidup
Kalau ini pasti tidak asing, sudah banyak yang melakukannya pasti. hehe...Sayapun juga melakukannya dan membuat petanya baik skala waktu kuliah saja dan skala sampai usia tertentu.Sayangnya mimpi-mimpi yang saya tulis ditembok saya lupa dimana fotonya, dan kalau yang ditulis dibuku sebagai duplikat ada di buku yang seperti buku arisan tadi. Eh...setiap ucapan kita doa loh, jadi seringlah berucap baik siapa tahu di ACC sama Allah. hehe..Yang dibuku ini cuma meleset satu bulan, saya berharap lulus januari, atas ijin Allah lulusnya februari. Betapa indah kuasa dan rencana Allah untuk kita.

Ini mimpi lulus ada disela catatan kuliah.hehe

Diagram alir kuliah.hehe

4. Buat komitmen dengan diri sendiri
Saya lupa kenapa saya alay banget sampai buat perjanjian bermaterai untuk diri saya sendiri. hehe... Tapi ini penting banget , kalau kita tempel dipintu atau meja belajar, sekalinya ada penyimpangan bisa ingat kembali. Buatlah perjanjian yang mendukung akademikmu buat fokus kuliah dan tentunya jangan sampai melenceng dari jalan-Nya. Sepertinya komitmen yang tertulis ini mudah, tapi saat menjalankannya luar biasa banyak godaannya.hehe
Alay sih, tapi sangat bermanfaat

5. To do list dan evaluasi harian
Ini akan mempermudah mengontrol keseharianmu, biar segera lulus.hehe..Evaluasi hariannya bukan hanya duniawi saja ya, tapi yang ibadah kepada-Nya juga (kalau bisa). Agar yang ter-upgrade tidak hanya duniawinya saja. Paling penting adalah selesaikan semua to do list yang ada, jangan sampai ditunda, soalnya sudah pernah mengalami betapa keteterannya setelah menunda pekerjaan, bisa jadi tak maksimal. Sampai sekarang juga masih terus belajar buat tertib terhadap apa yang kita tuliskan sendiri.

Dulu dapat hadiah dari majalah, sejak 2013 dapatnya yang mini jadi mudah dibawa kemana-mana
Ini ada lembar evaluasi harian yang bawah, impian-impian, surat buat diri sendiri, dll.

6. Evaluasi kinerja tiap semester
Pernah ga  kalian mengevaluasi setiap nilai persemester kalian? Kalau saya iya, sejak semester 1, per mata kuliah. Kekurangan sampai kadang kebingungan karena kenapa yang mata kuliah kurang paham dapat bagus, yang merasa paham dapat lebih rendah.hehe..sampai dibuat grafiknya. Jadi tujuannya adalah biar kita tahu apa nih yang musti dilakukan dan dipertahankan, atau mungkin yang tak sesuai rencana dapat hukuman.
Bukan cuma tugas yang digrafikin..hehe

Salah satu contoh evaluasi yang sesuai rencana. Alay kan? :D

7. Reward and punishment untuk diri sendiri
Kalau nilai kalian turun pernah ga  memberi hukuman pada diri sendiri? Hehe..saya iya. Biasanya tidak ada paket data untuk HP selama satu semester, jadi kalau pengen internet harus ke Kampus atau Warnet. Terus ga  boleh nontonbioskop selama satu semester walaupun dibayarin temen.hehe.. Carilah hukuman dari sebab turunnya nilai. hehe.. Kenapa hukumannya no paket data? Biar di Kos tidak asyik ber-sosmed ria, biar fokus belajar. Kenapa ga boleh nonton?  Biar 2 jam nonton bisa digantikan hal lain yang lebih produktif.hehe.. Terserah masing-masing pokoknya. 

Salah satu contoh konsekuensi karena tidak sesuai rencana

Salah satu cara upgrade semangat..tempel dipintu ya

Kalau reward biasanya makan enak sih, hehe..atau jalan-jalan kemana gitu. Contoh semester kemarin ngasih reward  jalan-jalan ke Pulau sebelah. Semester ini rewardnya rapel kalau sudah lulus, nabung dulu. Eh..lupa..perlu penekanan..setiap apapun yang kamu peroleh, syukuri, reward and punishment bukan berarti kita tidak bersyukur, tapi hanya agar diri lebih baik. Pertama kali yang harus dilakukan adalah bersyukur. Ok?

8. Jangan malu nulis curhat
Hehe..bisa dibilang ke-absurd-an saya adalah curhat dan mengirim surat untuk mata kuliah. Pernah saya memposting surat untuk SSTT, Rancangan Drainase dan mata kuliah lain. Biar plong dan lega, sampai tak sadar tembok sudah penuh dengan curcolan.

Hanya salah satu sisi tembok

9. Bangunlah lingkaran persahabatan yang sehat dan saling mengingatkan   
Pastikan kamu dikelilingi sahabat-sahabat yang selalu mendukungmu dan tidak menjurumuskanmu kehal-hal negatif. Minimal ada-lah yang peduli sama kamu kalau ada kesalahan yang kamu perbuat. Apalagi punya sahabat sevisi dijalan-Nya, wajib jangan dilepaskan itu. Dulu ada lingkaran yang selalu menjadi perantara penjaga ruhiyah saya, dan alhamdulillah sahabat-sahabat di WRE, di Teknik maupun diluar Teknik banyak yang memberikan semangat dan saling mengingatkan satu sama lain. Terima kasih ya Allah atas kehadiran mereka.
Lingkaran tangguh di Teknik

Thank you ya rek semangatnya, tulisan kalian masih ku simpan :')

10. Mohon restu orang tua dan selalu mendekatlah kepada-Nya, Allah
Ini nomor terakhir untuk postingan kali ini, tapi nilainya paling besar. Tanpa restu orang tua rasanya akan semakin berat perjalanan kita, apalagi menjauh dari-Nya, akan lebih berat lagi. Maka dari itu dimanapun, kapapun, dan apapun yang kita lakukan, minta doa orang tua dan juga awali dengan berdoa kepada Allah agar senantiasa barakah, diridhoi dan juga selalu dijaga dijalan-Nya. Saya pernah terobsesi sesuatu dan akhirnya nihil yang saya peroleh karena saya meninggalkan beberapa kegiatan yang berhubungan dengan mencari ilmu untuk recharge ruhiyah :')

Setelah dibaca lagi sudah banyak ya ini, hehe..Mungkin sementara baru ini yang dapat saya share, ada beberapa "sesuatu" lagi yang belum disebutkan, semoga masih diberi kesempatan menulis kembali. Semua yang diatas adalah hanya berdasarkan pengalaman yang telah saya alami, jika sesuai alhamdulillah, jika tidak setiap orang berhak memotivasi dirinya dengan cara apapun asal tidak melanggar aturan-Nya. 

Beberapas "sesuatu" diatas menjadi awal perjalanan saya ketika kuliah di WRE UB, dan itu baru dari internal diri sendiri. Selain diatas, rekan-rekan juga harus menjalin komunikasi yang baik dengan dosen dan siapapun disekitarnya terutama keluarga. Apapun yang kita capai, pastinya terjadi karena beberapa faktor, bisa jadi doa orang baik disekeliling kita. Bisa jadi bagi kalian apa yang saya lakukan terlalu berlebihan dan penuh ke-geje-an, tapi itulah saya dan saya menikmati cara ke-geje-an yang saya buat.hehe

Buat semua mahasiswa, sesungguhnya ada godaan terberat yang perlu kalian pahami, lawan jenis, pergaulan dan lingkungan. Jangan sampai terjerumus kedalam hal-hal negatif yang akhirnya menghambat perjalanan kuliah dan masa depan. Semoga selalu dalam lindungan Allah dan selesai segera kuliahnya. 

Mohon doanya juga ya semoga saya bisa segera menyelesaikan perjalanan kuliah ini juga, bukan hanya selesai tapi juga bisa mengamalkan ilmu yang telah diperoleh ke masyarakat luas, agar hidup ini senantiasa dalam ridho-Nya.

Semangat ya, walau ada yang merasa jurusan, kalian harus tetap menyelesaikan apa yang ada sekarang, tenanglah..ada Allah, jika kalian ngerasa ga bisa banget, mohon bantuanlah kepada Allah. Karena hanya kepada-Nya lah kita berharap dan memohon pertolongan.

Sudah dulu ya, semoga bermanfaat meski banyak diselingi curhat ^^
***
Wisma Wageningen, 20 Juli 2016
Vita Ayu Kusuma Dewi
share on facebook

24 comments:

My CIrebon said...

BUset dah, tuh komitmen ada materainya jgua :DDD , tapi emang bagus juga sih jadi kita memang serius.

Vita Ayu Kusuma Dewi said...

hehe iya kak, ga tau itu dulu gimana bisa se-serius itu :D

Bimo Aji Widyantoro said...

gila,catatannya banyak banget tuh. saya jugagitu sih tapi semenjak ponsel pintar menyerang sekarang udah gak pake itu lagi. dan alhamdulillah akhirnya saya bisa lulus kuliah juga tahun lalu

Vita Ayu Kusuma Dewi said...

Hehe catatan penuh kegejean... Kalau ponsel ga kaya buku rasanya kak.

Alhanmdulillah barakallah kak sudah lulus ^^

Yogi Satria said...

Wah, kuliah ribet juga ya, apalah saya yang masih sekolah hahaha.... #2TahunMenujuUniversitas

Kang Nurul Iman said...

Kalau begitu samaan kita mbak saya juga demikian, ahi hi hi tapi semangat saja untuk menghadinya.

Ratu SYA said...

Tips tipsnya terarah banget mbak vit. Aku dulu kuliah di ptn, tapi tiap semester ikutan SP mulu -_-

Coba mbak Vita kasi tipsnya waktu aku kuliah. Hehehehe

Dyan Eka said...

aku dulu kuliah kenapa nggak kayak mbak vhe ya wkwkwk :(

Vita Ayu Kusuma Dewi said...

Ga ribet kok sebenernya hanya akunya yabg meribetkan diri.hhe... Semangat yaa persiapkan dari sekarang ^^

Vita Ayu Kusuma Dewi said...

Wah.nemu yang senasib.hhe iya harus semangat dan mensyukuri saat menjalaninya ^^

Vita Ayu Kusuma Dewi said...

Hehe gimana ya mb ratu..saya aja baru nyadar saya kaya gitu dulu pas kuliah :'D nemu catatan lama mbak makanya baru terbit tips ni.hehe...

Vita Ayu Kusuma Dewi said...

Alhamdulillah ya mba sudahbterlewat. Tak ad yang perlu disesali, setiap org punya caranya masing2..iya kan mbak? :)

Eka Fikriyah said...

ih, keren itu, bikin perjanjian terhadap diri sendiri kudu pake materai, biar kita serius ya, karena kulih bukan main-main, banyak biaya yang dikeluarkan ortu. Bagus tipsnya...:))

Obat Herbal Jelly Gamat Gold G said...

tulisanya bagus

Vita Ayu Kusuma Dewi said...

Ga harus sih mbak eka.hehe..yang penting dilaksanain aja ^^ yaps bener bgt ga main2, kalaupun beasiswa tu uang rakyat so harus bener2 kuliahnya ^^

Vita Ayu Kusuma Dewi said...

Semoga bermanfaat :)

Sonny Ogawa said...

Saya belum pernah merasakan dunia kampus (STM), jadi tidak bisa berbagi pengalaman. Namun begitu, saya sangat setuju dengan artikel ini terutama pada point 3 dan 4. Semua orang harus punya mimpi dan komitmen dalam hidup apapun bidangnya.

Vita Ayu Kusuma Dewi said...

Setiap orang dapat berbagi pengalaman pada kisahnya masing2 kak dan kakk juga punya pengalaman yg sudah kakak sharekan ;) iya kak dengan mimpi kita akan berusaha mewujudkannya dengan komitmen kita akan lebih menghargai dan tidak berhenti memperjuangkan mimpi kita ;)

Robby Haryanto said...

Ih, asli, tips-nya unik dan kreatif. Pake ah tips-nya... buat persiapan masuk kuliah. hehehe.

Vita Ayu Kusuma Dewi said...

Silahkan mas robby diambil yang baik2 aja..semoga bermanfaat :)

ulin aini said...

Mbk vitaa kerenn abisss 😍😍

Vita Ayu Kusuma Dewi said...

Ulin juga keren ^^

Anonymous said...

Hebat mbak, sy skrg semester 4, dari awal udah ngerasa salah jurusan,udah gak kuat bgt bawaan nya males terus. Kalo mbak malah makin semangat ya , salut!

Vita Ayu Kusuma Dewi said...

Anonim : hehe awalnya malas mah ada, tapi mikir ortu dirumah terus karena aku SNMPTN tulis mikir juga udah berjuang dll akhirnya ya memaksakan buat segera lulus :D

Post a Comment

Komentar dimoderasi, yuk sambung silaturahim, saya akan langsung berkunjung balik ke sahabat semua ^^