FAQ Ekspedisi Nusantara Jaya Kapal Perintis 2016

| 7
Bismillahirrahmaanirrahiim 
Beberapa hari yang lalu sudah diumumkan nama-nama peserta yang lolos tahap 2 Ekspedisi Nusantara Jaya 2016 Kapal Perintis. Seketika itu pula terjadi “bom” pertanyaan di media instagram, WA, komentar blog hingga line. Disini akan saya sharekan pertanyaan-pertanyaan yang sudah pernah ditanyakan, harapannya tidak ada yang akan menanyakan lagi. 

Pertanyaan-pertanyaan ini dijawab berdasarkan pengalaman peserta ENJ Kapal Perintis 2015, jawaban resmi dari Asdep di Kementeriaan Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya RI belum dipublish, in syaa Allah nanti akan ada juga FAQ berdasarkan Kemenko Maritim dan Sumber Daya RI. Ini beberapa daftar yang sering ditanyakan. 

- Kapan ENJ Kapal Perintis diberangkatkan?
Sesuai dengan kesepakatan satu tim keberangkatan tiap Pelabuhan, dikarenakan jadwal dan rencana program yang akan dilaksanakan di Pulau didiskusikan dan dibuat setiap tim pelabuhan, bukan siap jadi dari Kemenko. 

- Durasinya berapa lama ENJ Kapal Perintis? 
Tergantung jadwal kapal perintis berlayar dan rencana durasi perkegiatan yang dibuat setiap tim. 

- Kalau misalnya saya domisili Jawa Barat kemudian saya keberangkatan Sulawesi apakah transportasi menuju Sulawesi akan ditanggung Kemenko? 
Tidak. Dari awal pendaftaran Kemenko Maritim dan Sumber Daya RI melalui website ENJ 2016 telah memberitahukan bahwa tiket dari alamat domisili menuju pelabuhan keberangkatan menjadi tanggungan masing-masing peserta. 

- Kalau mau pindah keberangkatan apakah bisa? 
Silahkan menghubungi Kemenko Maritim dan Sumber Daya RI 

- Apakah peserta hanya tinggal siap badan mengikuti kegiatan saja?
Tidak, peserta yang terpilih menjadi peserta ENJ 2016 harus membuat rencana program kegiatan yang akan dilaksanakan disetiap pulau tujuan serta mengurus keberangkatan seperti memesan tiket hingga berkoordinasi dengan masyarakat lokal di Pulau untuk membicarakan tempat tinggal selama di Pulau. 

- Apakah harus membuat proposal?
Ya, untuk merencanakan program-program yang akan dilaksanakan. Proposal ini berisi rencana kegiatan selama di Pulau dan juga beberapa aspek lain yang dibutuhkan misalnya proposal sponsorship. 

- Apakah perlu sponsor? 
Jika rencana kegiatan di Pulau memerlukan banyak biaya, lebih baik buat proposal seponsorship sekaligus mencari dana pribadi tiap tim. Pengalaman tahun lalu Kemenko tidak memberikan bantuan dana untuk kegiatan di Pulau. 

- Apa saja fasilitas dari Kemenko? 
Berdasarkan pengalaman yang ditanggung Kemenko adalah Tiket PP Kapal Perintis dan uang makan, namun tersiar kabar bahwa tahun ini ada uang saku. Ada fasilitas atribut berupa tas, kemeja (jika ada), kaos, topi dan slayer. Berdoa saja. 

- Kemarin tahun 2015 transportasi memang dari kita ya PP?
Transportasi domisili - pelabuhan tanggungan kita. Kemenko Maritim dan Sumber Daya RI hanya menanggung tiket PP kapal perintis yang digunakan.

-Akomodasi dan transportasi selama di Pulau dibiayaikah?
Tahun lalu tidak. Jadi hanya ada uang makan dan uang tiket kapal. Transportasi selama di Pulau kami ambilkan dari uang makan, jadi makannya di koordinir memasak sehingga masih sisa dan bisa digunakan untuk hal lain. Untuk tempat tinggal kami menghubungi kepala desa dan beliau mempersilahkan kami menginap di rumah beliau selama kegiatan atau di rumah warga.

-Alokasi uang tiket, uang makan dan saku berapa?
Tahun ini sudah dijelaskan di website ENJ 2016. Kalau uang tiket sesuai harga tiket, uang makan sesuai dengan harga makan di daerah tersebut, kalau uang saku kami juga belum tahu karena tahun 2015 tidak ada uang saku. Dari Website ENJ diberitahu kalau hak peserta adalah  (1)Peserta akan mendapatkan uang makan, uang saku dan atribut ENJ selama program ENJ berlangsung. Peserta mendapatkan uang saku Rp. 50.000/orang/hari dan uang makan Rp. 64.000/orang/hari (2) Biaya dari tempat tinggal menuju pelabuhan keberangkatan dan sebaliknya merupakan tanggung jawab pribadi peserta


Link-link dibawah ini merupakan cerita kawan-kawan ENJ Kapal Perintis Tim Surabaya tahun 2015. 

*Pra keberangkatan dan pemberangkatan 

*Kegiatan di Pulau Masalembo 

*Kegiatan di Pulau Karamian 

*Kegiatan di Pulau Matasiri 

*Pasca ENJ - Kegiatan Penutupan ENJ 2015

Web resmi ENJ 2016 http://www.enj2016.info/

Saya tak pernah bosan menyampaikan kepada seluruh peserta ENJ, tetap luruskan niat dan tebalkan keikhlasan serta kesabaran. Sebab banyak yang masih berpikiran bahwa kegiatan ENJ Kapal Perintis kita tinggal ikut alur. Tidak! Sekali lagi kitalah yang akan terlibat penuh menyusun alur program pengabdian tersebut. Tanyakan lagi kepada hatimu, apa niatmu mendaftar dan mengikuti ENJ 2016... Semoga niat kita hanya karena Allah SWT semata. Ingat juga ya di ketentuan peserta ENJ 2016 peserta "Memiliki jiwa kepemimpinan, motivasi yang tinggi dan berkomitmen untuk mengikuti ENJ selama 10-20 hari tergantung kondisi dan cuaca". Kalau ada yang sudah patah semangat, ingat ya diluar sana banyak yang mau ikut kegiatan ini tapi tidak diterima, manfaatkan kesempatan yang Allah berikan kepada rekan-rekan semuanya. Terima kasih, semoga dapat menjawab keresahan rekan-rekan
*** 
Koridor Prodi DAS, 29 Agustus 2016 
Vita Ayu Kusuma Dewi
share on facebook

7 comments:

Diar Nurhakim said...

Saya ucapin selamat aja Vita buat peserta yang berhasil lolos tahap 2 Ekspedisi Nusantara Jaya 2016 Kapal Perintis. Dan peserta sepertinya mesti memperhatikan wejangan dari Vita nih ya, tetap luruskan niat dan keikhlasan serta kesabaran... hehehehehehehe :D

Vita Ayu Kusuma Dewi said...

Terima kasih ka Diar...hhe itu wejangan berdasar pengalaman kak biar ga banyak ngeluh.hihi

Wuri Wulandari said...

Wow keren sekali mbak Vita :D

Heru Arya said...

Wah-wah... Selamat ya mbak. Udah terpilih jadi peserta yang lolos di tahap ke-2 Ekspedisi Nusantara Jaya 2016.

Post ini penting banget buat peserta lainnya, harus dibaca. Biar gak pada bingung dan ngomel2 sendiri kalo ada sesuatu yg sudah dijelaskan.

Semoga yg lain jadi ngerti ya mbak. :)

Vita Ayu Kusuma Dewi said...

Keren peserta lainnya mbak wuri.hehe..

Levina said...

Saya selalu tertarik dengan program seperti ini. Sayangnya mungkin agak susah yak untuk yg pekerja? ..karena terkendala waktu..

Vita Ayu Kusuma Dewi said...

Mbak Levina : iya mbak harus cuti mbak kalau tidak pas liburan. Memang agak susah untuk pekerja namun kalau dengan surat ijin yang diberikan bisa buat ijin alhamdulillah banget tuh mbak.heh

Post a Comment

Komentar dimoderasi, yuk sambung silaturahim, saya akan langsung berkunjung balik ke sahabat semua ^^