Nonton TV Ingat Tugas

| 0
Bismillahirrahmaanirrahiim
Apa kabar liburannya sahabat? Sempatkah liburan? Atau hanya bayang-bayang?hehe... Jadi ceritanya kemarin saya lihat tayangan spotlight di salah satu stasiun televisi. Awalnya sih pembahasannya biasa saja, lalu pada akhir tayangan ada pernyataan "Tiongkok buat kereta tanpa awak di atas rel virtual". Deg....pikiran saya langsung melanglangbuana ke tugas teknik kontrol :'D

Pasalnya nama kereta tersebut adalah autonomous rail transit. Penjelasannya ada di artikel ini dan tampak keretanya seperti gambar diatas. Keretanya merupakan perpaduan trem dan bus dan tidak menggunakan rel melainkan ada jalur virtual yang nantinya kereta akan dilengkapi sensor deteksi. Jujur saya langsung teringat presentasi mata kuliah teknik kontrol yang saat itu saya membawakan materi tentang autonomous tractor for a row type tree plantation.

Nah, kalau mesin pertanian yang saya bahas dia menggunakan single sensor laser range finder atau dikenal LRF. Pemilihan sensor tersebut berdasarkan beberapa pertimbangan penggunaan sensor lainnya. LRF dinilai lebih ekonomis dan lebih cocok diterapkan di outdoor.Algoritma yang diguanakan adalah Point to go.  Setelah dipasangi sensor tersebut dan diatur dengan algoritma point to go, didapatkan hasil yang bagus dengan rata-rata eror 0,4 m dan 4 derajat. Simulasi dari mesin ini ada 3, jalan lurus, belok dan putar balik. Ya, kira-kira singkatnya dengan pengaturan itu, traktornya sudah tidak perlu kemudi lagi, dia sudah bisa jalans sendiri. Sama halnya dengan ART milik Tiongkok, bedanya di sensor dan algoritma yang digunakan. 

Sekian tadi curcol yang semoga masih bisa diambil manfaat dan pengetahuannya, selamat mengerjakan tugas bagi yang masih punya tugas.hehe....
***
Ngawi, 2 Juli 2017
Vita Ayu Kusuma Dewi

share on facebook

0 comments:

Sekilas Info:



Kotak pada kolom blok komentar ini masih kosong. Maka merupakan suatu kehormatan jika sobat menjadi orang yang paling pertama menuliskan komentar, baik berupa pujian, masukan, kritikan, maupun pertanyaan di kolom komentar yang terletak di bawah kotak ini.

Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap artikel-artikel saya sendiri maupun ilmu yang telah saya peroleh dari orang lain.

Vheytha

Post a Comment

Komentar dimoderasi, yuk sambung silaturahim, saya akan langsung berkunjung balik ke sahabat semua ^^