Student Day 2017 : Jurus Lolos Winter Course di Jepang

Bismillahirrahmaanirrahiim
Sebelum ke tulisan ini silahkan mampir ke part 1 nya di sini. Nah, melanjutkan kisah ya, Alhamdulillah atas ijin Allah, 2016 kemarin saya menjadi salah satu peserta winter course bersama 5 peserta lainnya. Lalu pertanyaan yang muncul dari kawan-kawan adalah “gimana caranya lolos winter?”. Ini tipsnya saya rangkum dari kawan-kawan winter course 2016 ya, semoga bermanfaat.

Jadi yang pertama harus be your self. Pada kegiatan summer course, kita harus menjadi diri kita sendiri, jangan memasksakan menjadi ornag lain untuk berpura-pura akrab, mendominasi kegiatan dan hal-hal lain yang menjadikan dirimu sebagai orang lain. Sebab dengan menjadi diri sendiri itu kita akan melalukan yang terbaik alias do the best. Ada beberapa penugasan seperti presentasi penelitian dalam bentuk oral serta poster, hingga presentasi akhir yang bisa kita manfaatkan agar Allah dan juri menilai kita “layak” mengikuti winter course. Pun ada final report harus dikerjakan sebab ada yang hampir gagal ikut winter karena dalam perfomanya bagus tapi final reportnya masuk spam, dikira tidak mengirimkan. Yang berpeluang besar mengikuti winter course adalah yang menjadi best oral dan poster presentation, tapi belum tentu juga jika Allah berkehendak lain. So, lakukan yang terbaik dan biar Allah yang menentukan keputusannya melalui juri. 
Jangan mendominasi. Kebanyakan peserta ingin terlihat aktif tapi ujung-ujungnya menguasai semua panggung atau mendominasi, ini kurang baik karena teman-teman kita juga punya hak berpendapat. Jangan minder dan bangunlah komunikasi yang hangat dengan peserta lain. Hal ini sangat bermanfaat terutama membangun networking, dengan ini pula juri akan melihat kamu sebagai sosok yang bisa adaptasi dan berkomunikasi dengan baik dengan yang lain. Dan yang paling penting menurut saya adalah memohon kepada-Nya hasil yang terbaik atas usaha yang telah kita lakukan. Semua perfoma kita sangat baik, tapi kalau tidak ijinkan pasti tidak akan lolos winter course juga.

Alhamdulillah saat kemarin sharing di grup dapat tips tambahan, salah satunya dari mas Ahib, rekan winter course juga. Kalian bisa juga mengikuti tips dari mas Ahib berikut:
1. Best perform saat presentasi. Upayanya dengan menyajikan slide yang menarik dan sistematis, semudah mungkin dipahami audiences beda rumpun ilmu. Kemudian perhatikan juga durasi presentasi agar tepat waktu serta sajikan konten yang mengundang perhatian. 


2. Responsif dan kreatif. Ini berkaitan dengan cara memberikan argumen yang logis, detail, membangun serta sopan dalam diskusi. Serta sama seperti yang saya sampaikan tadi, fokus pada kontribusi bukan dominasi.

3. Tawakal. Setelah berusaha maka pasrahkan semua pada-Nya. Toh semua sudah ada jatahnya masing-masing, ketika yang lain lupa berdoa, kita jangan sampai lupa, yang lain lupa tawakal, kita jangan, kalau yang lain lupa sedekah dan shalat Dhuha, kita jangan. 

Itu dari dari mas Ahib, kalau dari mas Septian, rekan saya juga, ada tambahan pelajari materi yang akan disampaikan kalau perlu sampai browsing agar tidak blank apalagi tidka bisa menjawab pertanyaan. Usahakan juga ada latihan presentasi sebelum tampil.

Alhamdulillah, itu sharing dari saya mengenai Student day 2017 dan mengenai program summer dan winter course. Kalau teman-teman kepo bisa kepoin kegiatan summer course di sini dan winter course di sini, sudah saya tuliskan sebelumnya.

Tetap semangat, be your self do the best and keep fighting Lillahi Ta’ala. Semoga Allah perkenankan mimpi-mimpinya dan Allah ridhoi agar semua kegiatannya menjadi berkah. Aamiin

Winter course member (Ibaraki university, IPB, UNSOED, UGM, UNUD)

Ohya, di sesi akhir acara ada yang menghampiri saya dan sayapun kaget. Ternyata salah satu rencana Allah yang lain adalah pertemuan saya dengan dik Mirza, adik kos saat di kos Bromo Malang. Dan memang, rencana Allah itu istimewa dan tidak bisa ditebak, namun sangat indah :') Alhamdulillah bisa bersilaturahim lagi dengan dik Mirza yang melanjutkan S2 di IPB, semoga barakah dan bermanfaat dedek ilmunya :")
Dokumentasi Student daynya secara singkat via video karya Timnya mas Almer bisa dilihat di sini ya sahabat, langsung jadi videonya di akhir acara. Keren....
***
 Lab. Pindah Panas – Puri Fikriyyah, 28 September 2017 
Vita Ayu Kusuma Dewi

Comments

  1. hampir semua lomba pasti menginginkan peserta yang bisa jadi diri sendiri. Dan bener kalau terlalu mendominasi kesannya seperti orang yang sok tahu. Kalau terlalu pendiam malah disangka gak tahu apa-apa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak jadi mesti menyampaikan pendapat yang perlu dan penting ga perlu di buat2.hehe

      Delete

Post a Comment

Komentar dimoderasi, yuk sambung silaturahim, saya akan langsung berkunjung balik ke sahabat semua ^^