Belajar di Kelas Matrikulasi Institut Ibu Profesional

Bismillahirrahmaanirrahiim
Alhamdulillah atas nikmat yang Allah anugerahkan hingga detik ini. Hari ini mau sharing mengenai keikutsertaan di program matrikulasi di Institut Ibu Profesional. Sebenarnya ingin ikut program ini sejak lama tapi rasanya saya sendiri juga belum siap menerima materi, hehe...Lalu waktu berjalan dan dipertemukan saya dengan sharingnya mbak Ulik, yang menceritakan pengalamannya di program matrikulasi ini. Lalu diperkuat dengan japrian mbak Sekar yang memberi info kelas matrikulasi batch 5 sedang dibuka. Mungkin karena saya sekarang merasa butuh dengan materi-materinya, sayapun langsung meng-iya-kan dan mendaftar. Kelas ini saling melengkapi dengan kelas-kelas yang saya ikuti sebelumnya, semoga ilmunya barakah dan bermanfaat. Aamiin...

Institut Ibu Profesional berdiri tanggal 22 Desember 2011 di Salatiga dan diinisiasi oleh Ibu Septi Peni Wulandari, pasti sahabat semua sudah mengetahui kisah beliau kan? :) Nah, di Institut Ibu Profesional ini ada beberapa program yang bisa diikuti, yaitu program Matrikulasi, Bunda Sayang, Bunda Cekatan, Bunda Produktif, Bunda Shaleha serta program untuk Training Trainer dan fasilitator khusus bagi yang sudah menyelesaikan semua kelas. Apa saja bedanya di kelas-kelas tersebut? Lebih detailnya bisa berkunjung ke website Institut Ibu Profesional. Secara singkatnya saya suka penjelasan yang dipaparkan di website IIP yang kalimatnya seperti berikut.

Sudah semestinya ibu itu ketika memiliki anak, belajar terlebih dahulu, mencari ilmunya yang benar, sehingga bisa menjadi acuan dalam menjalani pola asuh di rumah, tapi banyak ibu yang melihat perannya sebagai "taken for granted" sehingga tidak perlu bekal ilmu. Ibu Profesional memfasilitasi para ibu untuk belajar ilmu-ilmu tentang pengasuhan anak ini di kelas Bunda Sayang. 

Sudah semestinya seorang istri itu belajar bagaimana menjadi manajer keluarga dengan baik, mengatur segala sesuatu urusannya dengan cekatan, namun banyak diantara para perempuan memandang sebelah mata ilmu manajemen ranah domestik ini. Ibu Profesional memfasilitasi para ibu untuk belajar ilmu-ilmu tentang manajemen ibu dalam mengelola diri, keluarga dan aktivitasnya di kelas Bunda Cekatan. 

Sudah semestinya menjadi seorang perempuan itu harus belajar kemandirian finansial,baik yang memilih di ranah domestik maupun yang memilih di ranah publik, tapi kebanyakan perempuan merasa bahwa peran ibu dan bekerja/berkarya adalah dua hal yang tidak sejalan, bahkan ada yang harus dikorbankan. Ibu Profesional memfasilitasi para ibu untuk belajar ilmu-ilmu tentang kemandirian finansial dengan menjalankan passion yang dimilikinya lewat kelas Bunda Produktif. 

Sudah semestinya seorang perempuan, ibu dan istri yang mampu berubah untuk dirinya sendiri, maka merekapun pasti akan mampu merubah keluarganya dan menjadi agen perubahan masyarakat di sekitarnya, namun banyak diantara para ibu yang memilih untuk diam dalam kegamangan. Alasan mereka untuk menyelesaikan diri sendiri saja belum tentu bisa, apalagi berkontribusi untuk orang lain.

Sudah tergambar kan bagaimana penjelasan masing-masing program? ^^ Saat ini saya mengikuti yang kelas matrikulasi yang mana di kelas tersebut kita bersama-sama menyamakan frekuensi calon ibu maupun ibu pembelajar. Bagi yang belum menikah tidak apa-apa kok ikut, justru di kelas ini kita akan banyak belajar peran sebagai perempuan, istri, dan ibu. In syaa Allah ilmu mah selalu bermanfaat ^^


Di kelas matrikulasi ini kami belajar selama 3 bulan, dengan total 9 pertemuan dan pertemuan ke 10 adalah pengumuman kelulusan. Materi yang dipelajari setiap minggunya seperti berikut.
1. Adab Menuntut Ilmu
2. [Overview Ibu Profesional] Menjadi Ibu Profesional Kebanggaan Keluarga 
3. [Bunda Sayang] Membangun Peradaban dari dalam Rumah 
4. [Bunda Sayang] Mendidik dengan Fitrah, berbasis Hati Nurani
5. [Bunda Cekatan] Ibu Manajer Keluarga
6. [Bunda Cekatan] Belajar Bagaimana Caranya Belajar
7. [Bunda Produktif] Rejeki itu Pasti, Kemuliaan harus dicari
8. [Bunda Produktif] Menemukan misi spesifik hidup
9. [Bunda Shaleha] Ibu sebagai Agen Perubahan 

Uniknya di akhir pekan ada gadget free. In syaa Allah seru dan sangat bermanfaat, dan semoga bisa sampai lulus di kelas ini serta bisa melanjutkannya di kelas-kelas berikutnya. Selebihnya, semoga bisa istiqomah mengaplikasikan ilmunya.

Sok mangga untuk sahabat yang ingin mengikuti program ini di batch selanjutnya, bisa mengunjungi website www.ibuprofesional.com untuk info selanjutnya.

*sumber gambar dari website ini
***
Wisma Wageningen, 23 Januari 2018
Vita Ayu Kusuma Dewi

Comments