Nice Homework IIP : Google Class Room

Bismillahirrahmaanirrahiim
Alhamdulillah pengetahuan baru di awal tahun dari Institut Ibu Profesional mengenai Google Class Room. Ini sekolah online ketiga yang pernah saya ikuti, dan semuanya memiliki ciri khasnya masing-masing. Pun kali ini merasa bersyukur, selalu ada hal baru di tempat baru. Alhamdulillah belum sampai mulai materi inti, bahkan masih pendahuluan, saya sudah mendapatkan hal baru. Tentang metode pengumpulan tugas lebih tepatnya, kalau sebelumnya hanya mengenal mengunggah di google drive, soundcloud ataupun mengisi google form, untuk sekolah yang sekarang memanfaatkan Google Class Room. Jujur, salah satu penyebab saya baru tau mengenai Google Class Room ini mungkin karena sayanya tidak update pemanfaatan teknologi.  Senangnya lagi dengan adanya kelas di Google ini, jadi lebih teratur datanya. 

Dari hal tersebut saya jadi belajar bahwa kelak, ketika menjadi istri, menjadi ibu di rumah tangga, ketika memiliki anak harus tetap juga mengupdate pengetahuan, salah satunya mengenai teknologi ini, karena anak yang lahir di era berbeda akan mengalami tantangan yang berbeda, kalau ibunya saja tidak mengetahui pasti anak akan mencari guru yang lain. Dan...saya tidak ingin itu terjadi :'( Saya ingin menjadi ibu sekaligus menjadi orang yang pertama kali menjawab pertanyaan si buah hati, mengenai apapun :') Semoga Allah ijinkan usia ini sampai di tahap-tahap tersebut :')
Tampilan Google Class Room

Sekaligus pengetahuan ini menjadi referensi saya ketika nanti menjadi guru atau dosen, jadi dapat memanfaatkan platform kelas di Google sebagai media pembelajaran, misalkan untuk memberi tugas atau menyampaikan materi-materi kuliah. Alhamdulillah ilmunya sangat bermanfaat :) 

Baiklah, setelah saya sampaikan aliran rasa pertama kali menggunakan Google Class Room ini, saya akan review  tentang salah satu fasilitas dari Google ini. Tenyata fasilitas ini sudah diluncurkan sejak 14 Agustus 2014 dari Google Apps for Education sebagai salah satu solusi paperless untuk tugas yang diberikan seorang guru untuk muridnya, sekaligus lebih memudahkan untuk komunikasi, membagikan tugas serta mengelompokkan kelas dan tugas. Salah satu yang menggembirakan adalah layanan ini bebas iklan karena untuk edukasi. Saya membaca tulisan Zact dalam blognya yang menyatakan keberadaan Google Class Room ini sangat membantu para pendidik, khususnya saat pertama kali diterapkan di salah satu sekolah di New York. Melalui layanan ini juga sangat mengefektifkan waktu pengumpulan tugas dan saling mengoreksi siapa saja yang sudah dan belum mengumpulkan serta memberikan tanggapan. Kira-kira tampilan seperti ini (gambar dari tulisan Zact)
Tampilan pengumpulan tugas (sumber gambar : Zact)

Kemudian seperti yang dikemukakan mbak Ayunara Bahar dalam artikelnya, ada 8 fitur baru dari Google Class Room yang bisa membantu mengelola kelas diantaranya single view untuk tugas siswa, penyusunan kelas, decimal grading, transfer kepemilikan kelas, integrasi kelas baru, mengimpor skor kuis dan tampilan gambar profil ponsel. Ini mah sangat membantu pengajar sebenarnya jadi bisa real time dan tidak kesulitan memantau perkembangan tugas murid atau mahasiswanya. 

Bagaimana bergabung dengan Google Class Room? Cukup mudah, sahabat hanya memerlukan akun email .gmail untuk disinkronisasi. Setelah memiliki akun gmail sahabat ke alamat website https://classroom.google.com/u/0/ lalu langsung saja sign in, sudah deh langsung terkoneksi. Kalau untuk masuk kelasnya bisa dengan "kode kelas" masing-masing atau diinvite via email. Setelah itu selamat belajar ^^

Lalu, kalau melihat berbagai kemudahan belajar yang saat ini ada, akankan kita masih malas untuk mencari ilmu pengetahuan dan mengamalkannya? :) In syaa Allah tidak ya, karena Allah akan meninggikan derajat bagi yang berilmu. Alhamdulillah, nice home work dari Institut Ibu Profesional yang padahal baru simulasi ini sudah memberikan pengetahuan baru bagi saya dan semoga bisa bermanfaat bagi sahabat semua. 

Sekian dulu ya, semoga Allah senantiasa meridhoi aktivitas kita dan ilmu-ilmu yang kita miliki barokah dan bermanfaat :)
***
Wisma Wageningen, 18 Januari 2018
Vita Ayu Kusuma Dewi

Comments

  1. Wah bermanfaat sekali, baru tau kalau ada google class room yang bisa memudahkan guru memantau murid dan membuat murid bisa belajar dan lebih mengerti yang akan disampaikan oleh guru. Musti di cari tau lagi ni kak tentang google class room, biar ga kudet akunya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe ko sama kak aku juga baru tau, dan ternyata sangat bermanfaat banget :)

      Delete

Post a Comment

Komentar dimoderasi, yuk sambung silaturahim, saya akan langsung berkunjung balik ke sahabat semua ^^