Vestifarm: Investasi Berdampak Sosial

Bismillahirrahmaanirrahiim
Alhamdulillah masih diberikan kesempatan menulis oleh Allah :') Saya ingin membagikan pengalaman berinvestasi di Vestifarm yang semoga bisa menjadi ilmu baru ataupun bagi yang masih ragu bisa mencoba untuk berinvestasi. Vestifarm merupakan platform bagi hasil di bidang pertanian dan peternakan. Saya mengetahui Vestifarm dari grup keluarga FIM, yang mana CEOnya adalah kak Dharma, rekan seangkatan FIM. Saat awal launching tahun 2016, awalnya masih belum tertarik namun setelah mencoba mempelajari lagi saya pikir dengan bergabung berinvestasi di Vestifarm berarti turut berkontribusi dalam kesejahteraan petani dan peternak. 

Vestifarm juga menerima penghargaan sebagai the Best UKM Apps The NexDev Telkomsel 2016 dan The Evangelist NextDev Telkomsel  2017. Keuntungannya berinsvestasi di Vestifarm ini sangat mudah karena formnya online dan juga mekanismenya jelas. Pastinya berdampak sosial karena Vestifarm memberdayakan petani dan peternak lokal. Jika ingin berinvestasi, terlebih dahulu mendaftarkan akun di website Vestifarm lalu mengklik menu "Daftar". 

Apabila sudah punya akun tinggal ke menu "Masuk". Setelah login, dalam website akan ditampilkan proyek-proyek yang sedang berjalan, sudah selesai maupun yang baru dibuka.  Di dashboard tersebut kita dapat membaca detail proyek, simulasi investasi, kemudian penjelasan yang terkait sehingga kita dapat memutuskan akan berinvestasi atau tidak. Jangka waktu proyeknya beragam mulai dari yang satu bulan hingga tahunan. Ketika saya sudah membuat akun, saat itu semua proyek sudah closed dan sayapun menunggu untuk hadirnya proyek terbaru. 


Sembari menunggu sayapun mencoba membaca beberapa ketentuan dan simulasi investasi yang sudah pernah berjalan. Saya juga mempelajari fungsi-fungsi menu di dashboard di antaranya:



  • Pilihan proyek : berisi proyek-proyek yang sedang berjalan dan sedang open donatur
  • Proyek saya : terdapat 2 sub menu, proyek yang kita danai yang sedang berjalan dan sudah selesai
  • Riwayat transaksi : track record transaksi kita termasuk apabila kita mencairkan uang
  • Saldo : jumlah dana kita yang mengendap di Vestifarm
  • Pengajuan kemitraan : tempat mengaupload proposal apabila kita mengajukan kerjasama dengan Vestifarm misal instansi yang membutuhkan pendanaan di bidang proyek pertanian dan peternakan
  •  Profil : biodata diri kita dan akun bank yang kita gunakan
  • Ubah password : merubah kata sandi
  • Kotak saran : tempat menuliskan saran-saran untuk Vestifarm

Alhamdulillah setelah menunggu, pada 6 Maret 2018 dibuka pendanaan untuk proyek trading jagung Boyolali dengan durasi proyek sekitar satu bulan, 6 Maret - 8 April 2018. Pas dengan keinginan mencoba dulu, dapat proyek dengan masa yang singkat dan low risk. Sayangnya saya tidak mencapture aturan dan simulasinya, karena saya cari lagi di profil saya hanya tinggal monitoring berjalannya proyek. 


Sayapun mendaftar dan menyetujui ketentuan, lalu mentransfer dana. Setelah itu terbitlah surat perjanjian dana dan sertifikat kepemilikan yang bentuknya seperti dibawah ini. Di surat perjanjian akadnya jelas, berapa lama investasinya, lalu pembagian bagi hasilnya dan porsi hak dan kewajibannya. Misalnya untuk profit sudah disampaikan bahwa "Bagi hasil dilakukan dengan pembagian hasil usaha trading Jagung berupa 50% (lima puluh persen) untuk Operator Trading Jagung yang dikontrak oleh Pihak Kedua melalui perjanjian yang terpisah, 25% (dua puluh lima persen) untuk Pihak Pertama dan 25% (dua puluh lima persen) untuk Pihak Kedua".


Catatan yang harus benar-benar dipahami adalah poin mengenai "Apabila terjadi kegagalan proyek, maka tidak ada penggantian khusus dari operator trading maupun Vestifarm. Risiko ini sebanding dengan besaran dan kecepatan return yang Anda terima (konsep high risk, high return). Namun, sebagai catatan, operator trading kami memiliki success rate hingga 90% dan sudah memiliki kontrak penjualan dengan 2 perusahaan". Sesuai dengan sebuah perkataan Nabi "manfaat itu akan didapat sebanding dengan resiko", salah satu konsep dalam investasi syariah yang saya dapat di materi sekolah pasar modal kemarin.


Ohya, ini proyek cepat laku, karena dari 2070 slot langsung ludes dalam beberapa jam. Jadi dari 2070 slot itu terkumpul dana 1 miliar 35 juta. Proyek ini dijanjikan memiliki return  sekitar 2-3% untuk pendana dalam satu bulan. Kalau 1 slot ya hanya 2-3% itu kalau punya banyak slot silakan dikalikan sendiri.hehe... Alhamdulillah selama berjalannya proyek, tim Vestifarm tepat waktu mengirim laporan perkembangan dilapangan yang disampaikan di laporan monitoring berjalannya proyek seperti di samping. Adanya laporan progres ini sangat bagus karena pendana juga mengetaui bagaimana berjalannya proyek yang didanai, apakah berpotensi berhasil atau sebaliknya. Keuntungannya lagi, Vestifarm terbuka kepada pendana yang ingin site visit melihat proyek yang berjalan. Jadi win win lah menurut saya. Prinsip keterbukaan yang dilaksanakan dengan baik sehingga semakin tercipta kepercayaan.   

Setelah satu bulan berjalan, ketika proyek selesai saya mencoba menghitung return yang diperoleh, apakah sesuai dengan prediksi pengelola diawal saat membuka proyek trading jagung ini. Jadi saya hanya mengambil satu slot, Rp500.000,-, diakhir proyek ada bagi hasil dan saya mendapat Rp10.386,-. Kalau dihitung jumlah profit sharing yang saya terima adalah 2,07% dari modal awal. Alhamdulillah, atas ijin Allah sesuai dengan simulasi awal yang pastinya simulasi itu berdasarkan track record petani jagungnya. 

Kok kecil Vit? Ada yang sempat tanya begitu. Ya iya saya hanya investasi 1 slot, kelihatannya kecil, hehe... Coba saja dikalikan kalau slotnya banyak, dan ini satu bulan loh, kalau satu tahun estimasinya bisa sampai 24% kalau dikalikan. Jadi pintar-pintar kita bersyukur ya, low risk low return

Tapi, menurut saya esensi investasi bukan terletak berapa banyak return yang diterima, tapi bagaimana sebagai investor kita mempelajari track record perusahaan yang akan kita danai, serta menganalisa laporan keuangannya, jadi lebih ke proses kita belajar. Satu lagi yang perlu diingat, bagi saya pribadi investasi harus menggunakan uang yang bukan digunakan kebutuhan pokok, jadi kalau ada kekurangan kebutuhan pokok tidak kelabakan :D Apalagi jangka investasi yang lama. Sebagai anak muda, harus belajar investasi, hitung-hitung memikirkan masa depan alias visioner, kan seru kalau ketemu partner yang selain memikirkan hari ini juga visioner.hehe...

Sejauh ini, saya sangat mengacungi jempol Vestifarm, yang menyediakan wadah bagi saya khususnya, yang belum bekerja dan penghasilan tidak tetap bisa belajar berinvestasi sekaligus berkontribusi langsung mendukung kesejahteraan petani dan peternak. Mulai dari Vestifarm, investasi itu unik dan menarik, membuat saya mempelajari dan bukan hanya memikirkan return tapi proses pembelajaran yang saya alami selama sebelum, saat memutuskan hingga berakhirnya investasi. Bagi sahabat semua, investasi bukan hanya milik orang kaya atau sukses tapi milik semua orang yang bermental kaya dan sukses. 

Begitulah review singkat investasi di Vestifarm dari orang yang awam, semoga yang masih bingung dengan sistemnya atau takut a,b,c,d bisa mulai terjawab dan mulai tergerak untuk mencoba investasi. Menurut saya tidak ada investasi kecil-kecilan semua investasi berapapun nominalnya itu besar, karena sudah berani investasi saja sudah selangkah lebih berani dari orang lain yang belum investasi. 

Selamat melanjutkan menahan hawa nafsu ^^

*Disclaimer : tulisan ini ditulis berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya pribadi ya, karena saya sendiri bukan anak ekonomi :) Mohon koreksi jika ada khilafnya atau bisa juga menambahi
***
Puri Fikriyyah, 31 Mei 2018
Vita Ayu Kusuma Dewi

Comments