Q&A Sharing "Pengolahan Air Laut menjadi Air Minum"

Bismillahirrahmaanirrahim 
Berikut adalah hasil tanya jawab, lanjutan dari materi  sharing "Pengolahan Air Laut menjadi Air Minum.
  • -Begini, di pulau saya, Madura ada penyulingan air terus sekarang tidak berjalan karena masyarakat katanya airnya tidak enak. Dan di sini kalau minum dari air hujan. Apakah dalam penyulingan air laut ke air tawar itu ada obat obatannya? (Ahya Ulumuddin).Sepemahaman saya bedanya air suling dan mineral yang kita minum biasanya adalah dikandungannya. Sedangkan air destilasi atau suling itu air murni atau sudah ikut menguap kandungannya jadi disarankan air suling tidak dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Kalau kata WHO, meningkatkan risiko osteoporosis, hipertensi, serangan jantung dan hipptiroid. Selain itu hilangnya elektrolit dalam air dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh. Tapi kalau hasil RO re Jadi beda perlakuan bisa beda hasil.
  • Apa sih kendala dalam proses penyulingan air laut? (Muhammad Iqbal Maulana). Kendalanya pertama di pemahaman yang kurang, karena beda daerah bisa jadi perlakuan yang digunakan, misalnya untuk menjadi operator harus ada pelatihan. Kedua kendala biaya. Kalau misal memang layak secara teknis dan ekonomi pasti akan dilakukan. Btw, KKP punya program desalinasi loh untuk WP3K Sayangnya belum tersebar sepertinya. Jadi saya juga kaget kemarin di Sebira ada RO ternyata hasil hibah Singapura. 
  • Tadi dikatakan bahwa air hasil suling tidak bisa dikonsumsi secara terus menerus, berarti hanya dipakai untuk keperluan MCK saja? (M. Iqbal Maulana). Untuk jangka panjang menurut referensinyang saya baca efeknya seperti itu. Bisa dipakai minum tapi itu tadi bukan jaangka panjang. Ohya seperti di madura tadi, kalau dirasa air suling tidak nyaman harus dikonsultasikan. 
  • Jika air hasil suling di masak apa bisa dikonsumsi secara terus menerus? (M. Iqbal Maulana).Yang ini saya ambil direbus diuapkan diembunkan dan mineralnya habis. Jadi kalau masih di masak lagi, saya belum mempelajari persisnya adakah pengurangan kandungan lagi. Studi memvalidasi bahwa manfaat dari air pembuangan racun untuk satu waktu tertentu, namun hal ini hanya berlaku untuk jangka waktu yang singkat (hanya untuk beberapa minggu saja). Lama kelamaan menggunakan air suling ini justru bisa berbahaya karena akan hilangnya elektrolit (natrium, kalium, klorida) dan mineral seperti magnesium, yang kekurangan akan zat-zat ini justru akan dapat menyebabkan penyimpangan detak jantung dan tekanan darah tinggi. Memasak makanan dengan menggunakan air yang tela akan menghilangkan mineral yang dikandungnya dan akan menurunkan nilai gizi dari makanan tersebut. 
  • Untuk desalinator apa ada tutorial pembuatannya? (Lukman Aulia Zati). Ini yang sederhana yang NTT tadi dijelaskan pembuat https://youtu.be/I147KMmz51A.  Sea Water Reverse Osmosis pulau-pulau yang kekurangan air bersih untuk diminum kalau yang saya baca tapi apa alatnya mahal sehingga pemerintah tidak bisa membuat diseluruh pulau-pulau yang kekurangan air bersih dibutuhkan apa aja klo mau membuat alat ini? Benar, jatah 2017 saja hanya 5 daerah yang di bantu RO.
  • Izin bertanya pak wahyu, kalo air laut yang dimasak itu bisa dikatakan air bersih ato tidak? (Badrul Hisyam) Air laut jika dimasak atau direbus akan jadi garam endapapannya, sedangkan airnya menguap kak. Kalau diminum langsung, kandungannya kurang baik untuk tubuh.
  • Beri contoh desalinasi treatment yg bisa digunakan? Hasil desalinasi apa ada berupa garam? (Adhifatra Agussalim ). No 1. Yang udah bentuk perusahaan ini ada di sawangan baliIni di nusa dua produksinya sampai 3000m3 perhari pakai sistem RO http://www.cwco.com/portfolio/sawangan/ Ancol. Yang wahana kolam apung itu hasil desalinasi Arab Saudi. No. 2 hasil desalinasi adalah air dan garam jadi Jadi sederhananya pas airnya panasin, itu kandungan h2Onya meenguap dan yang mengendap itu garamnya.
  • Apakah masih ada alternatif lain untuk merubah air laut menjadi air tawar agar bisa diminum, selain dengan alat/mesin penyulingan? (Tika Indah Sari). Maksudnya alat sederhananya ya? Atau metodenya? Kalau alat sederhananya lagi ada yang buat dari botolplastik Konsepnya masih sama pemisahan air dengan garam. Bahan yang di butuhkan: 1. kompor / perapian lainnya 2. wadah air laut + tutup yang rapat 3. selang yang tipis dan tahan panas 4. botol bekas minuman 5. air tawar 6. wadah tempat hasil penyulingan. Alat: pisau. Cara Pembuatan: (1)Pertama-tama, kita harus memberi lubang pada tutup wadah air laut untuk jalan uap air menuju tempat pengembunan. lubang tersebut harus sama besar dengan besar selang. (2)Kedua, kita potong selang dengan ukurang secukupnya. kemuadian sambungkan selang dengan tutup wadah aor laut, dan jangan sampai ada lubang udara. agar uap air tidak keluar dan terus melewati selang hingga proses terakhir. (3)Ketiga, buatlah dua lubang pada bagian atas botol minuman bekas untuk jalan masuk dan keluar selang. kemudian masukkan sela bagian ujungnya. berilah air tawar secukupnya untuk mengembunkan uap gas menjadi air tawar. itulah sebabnya kita harus memberi lubang di bagian atas botol, untuk menjaga air tawar agar tidak tumpah. kegunaan dari bo sebagai tempat pengembunan uap air menjadi air tawar. (4)Keempat, salurkan selang pada wadah penampung hasil air tawar.setelah semuanya selesai, kita tinggal merangkainxa agar posisinya mudah dan efektif. setelah itu pasang kompor di bawah menjadi uap air.air laut yang dipanaskan akan menguap, dan di dalam wadah tersebut akan terlihat hasil pengendapan garam hasil penguapan tersebut.
  • Saya juga pernah melakukan ini tapi tetap asin. Baru air asin separuh dan di campur air tawar separuh hasilnya, agak mendingan. (Tika Indah Sari). Indikasinya kalau asin banget bisa jadi kandungangaramnya masih tinggi dan perlu ada tambahan waktu prosesnya. Saya permahnya yang nyoba ngerebus beneran jadinya garam.
  • Apakah desalinator ini sangat efektif bagi masalah air bersih di pulau? (Abdul Latif). Berdasarkan studi yang dilaksanakan program desalinasi ini dianggap menjadi salah satu solusi mengatasi permasalahan krisis air di pulau, dengan goal dari segi ekonomi pun juga sosial. Ekonomi maksudnya bisa kadi pemberdayaan dan hasilnya bisa digunakan oleh masyarakat sendiri. Sosial adalah bentuk partisipasi masyarakat dalam mengembanhkan potensi daerahnya, minimal masyarakat bisa menikmati air bersih dengan harga tejangkau.

Comments