Mau Riset Ke Australia? Ini Cara Urus Temporary Visanya (408)

Bismillahirrahmaanirrahiim
Alhamdulillah ya Allah, dalam postingan ini saya ingin berbagi pengalaman dalam mengurus temporary activity visa (408) untuk pergi ke Australia. Sebelum ke Australia, kita harus banget paham apa yang akan kita lakukan selama di Australia, karena akan berpengaruh ke jenis visa yang akan di apply. Pihak Australia sendiri sudah memudahkan dengan memberikan laman "Visa Finder" untuk menentukan visa apa yang cocok dengan jenis kunjungan kita. Sahabat bisa akses di halaman ini untuk Visa Findernya.

Sebelum ke tata caranya, saya ingin berbagi cerita kawan saya, mbak Nurin namanya, dari UNDIP. Melalui mbak Nurin saya baru menyadari pentingnya mengetahui jenis visa jika akan berkunjung ke Australia. Mbak Nurin ke Australia untuk program PKPI DIKTI, yang mana kegiatannya seputar riset dan penulisan publikasi ilmiah. Mbak Nurin awalnya mengapply  bussiness visa, namun di tolak. Lalu mencoba jenis student visa namun ditolak juga. Sudah kebayang kan ada berapa uang yang hangus, sekitar 3jutaan. Ohya untuk apply bussiness visa saya pernah ceritakan di postingan saya "Mengurus Visa Australia Sendiri". Berdasarkan pengalaman tersebut, mbak Nurin baru mengetahui kalau untuk kegiatan riset menggunakan temporary activity visa. Alhasil pengurusan visanya berpengaruh pada keberangkatan yang mundur dari jadwal yang direncanakan. 


Berbeda dengan bussiness atau tourist visa, temporary activity visa (408) membutuhkan waktu pengurusan lebih lama, menurut Global Processing Time paling cepat 41 hari bahkan sampai 60 hari. Dinyatakan layak menggunakan visa ini apabila kita memiliki ketrampilan untuk melakukan kegiatan yang dituju di Australia, memiliki sponsor dan memenuhi persyaratan lain yang disyaratkan, masa tinggal tergantung dari jenis kegiatan, Bagi yang ingin membaca lebih lanjut tentang jenis visa ini, bisa dilihat di halaman  temporary activity visa (408) , di halaman tersebut dijelaskan berapa lama proses visa sampai visa issued dilihat dari jenis kegiatan.


Alhamdulillahnya, saya dipertemukan dengan mbak Nurin oleh DIKTI sebelum apply visa, padahal hampir saja saya akan apply student visa. Alhamdulillah host promotor saya juga memberikan pesan, "sabar pengurusan visa bisa sampai 2 bulan". Menurut rencana keberangkatan saya akan berangkat September, namun qadarullah surat dari kampus tujuan baru keluar bulan Agustus, dan Agustus pula saya baru apply visa. 

visa Australia saya yang sudah granted

Apply temporary activity visa (408) cukup mudah jika semua berkas lengkap. Semuanya terproses online kecuali jika setelah submit kita diminta untuk heaalth assessment. Biaya visanya mulai dari 285 AUD. Semua aplikasi dilakukan di wesbite https://online.immi.gov.au/.


Hal-hal yang dipersiapkan diantaranya yang dibutuhkan diantaranya :

  • Biaya, untuk temporary activity visa (408) mulai dari 285 AUD atau sekitar 3 juta jika dalam rupiah
  • LoA (letter of acceptance) / surat undangan dari host university di Australia atau dokumen yang menunjukkan kita disetujui untuk melakukan kegiatan khususnya riset di universitas tersebut. LoA harus mencantumkan beberapa hal yaitu durasi tinggal. detail kegiatan, kemampuan atau keilmuan dan keuntungannya bagi proyek atau kegiatan yang diikuti, dan tunjangan (jika ada).
  • Asuransi kesehatan (health insurance), jika masa tinggalnya lebih dari 3 bulan maka asuransi kesehatan ini menjadi salah satu syarat, bisa dari Medibank, Allianz atau penyedia jasa lainnya yang diakui pemerintah Australia, biasanya sebutan asuransinya Overseas Student Health Cover (OSHC). Saya memakai Allianz, sekitar 3 juta untuk 4 bulan selama di Australia.
  • Dokumen sponsor, bisa berupa guarantee letter atau surat sponsorship dari host university. 
  • Jadwal kegiatan selama di Australia yang diketahui oleh host promotor atau host university
  • Scan paspor dan KTP
  • Dokumen data diri seperti CV, pengalaman kerja atau dokumen lain yang berkaitan.
Nah, kalau sudah disiapkan tinggal mendaftar dan submit semua berkas di website. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Buka website http://online.immi.gov.au/lusc/login dan buat ImmiAcount 
  • Pilih "New application" dan pilih "Temporary Work (Activity)" kemudian pilih "Temporary Activity Visa (408)"
  • Setujui term and conditions dan mulai isi formulir
  • Current location, isikan negara yang kita tinggali saat ini dan statusnya sebagai apa, apakah warga negara, WNA atau lainnya
  • Proposed period of stay, pilih sesuai durasi tinggal dan detail kegiatannya apa, misalkan untuk riset
  • Sponsorship details, apabila masa tinggal lebih dari 3 bulan maka wajib diisi, kalau saya mendapat data sponsor dari host university karena ada application ID pihak sponsor
  • Group processing, pilih "no" apabila kita apply untuk diri kita sendiri
  • Visa application charge concession, pilih yes atau no, pilih no jika kita tidak dikenakan biaya aplikasi visa
  • Primary applicant, pada bagian ini kita diminta mengisi biodata kita seperti paspor, data KTP, status perkawinan, kenegaraan, alamat email, dll, pasti bisa dijawab kok pada bagian ini.hehe
  • Health examination, pilih no jika belum pernah tes kesehatan untuk visa Australia
  • Australian Organisation, kita diminta mengisi identitas universitas yang kita tuju, host promotor atau contact person lengkap dengan alamat dan nomor kontak mereka
  • Activity, tuliskan semua yang berkaitan dengan kegiatan seperti durasi kegiatan, alamat tempat kita berkegiatan atau melakukan riset
  • Employment history, isikan dengan riwayat pekerjaan kita
  • Qualification, skills and experience, kita diminta mengisi seperti esai kualifikasi, kemampuan dan pengalaman kita,ceritakan saja apa adanya, jangan drama.hehe
  • Financial support, berikan data yang akan membiayai kita selama di Australia
  • Previous countries of residence, isi no jika belum pernah tinggal di negara lain lebih 12 bulan
  • Additional information, berisi tentang health insurance , health  and character declaration. Ada beberapa deklarasi yang harus dicentang, jadi sabar aja mengisinya.
  • Upload dokumen, yang perlu di upload diantaranya personal financial status bisa menggunakan guarantee letter, employment history dan qualifications skill and experience bisa dengan CV, travel document bisa mengupload paspor, health insurance document bisa menggunakan polis asuransi, suitable research position bisa mengupload detail kegiatan riset yang akan kita jalani, dan identity bisa menguoload KTP.
  • Submit, jika telah mengecek rangkuman data sudah benar, maka tinggal klik submit.
  • Pay, tinggal bayar dengan kartu kredit, kartu debit yang ada tanda Visa atau Mastercard
Jika semua sudah dilakukan, kita tinggal menunggu instruksi selanjutnya. Pokoknya kuncinya sabar, karena sedikit lama, saya saja mengira benar-benar akan 2 bulan, tapi alhamdulillah Allah percepat kira-kira 3,5 minggu sudah issued atau granted. Alhamdulillah...Nah, dalam penantian tersebut, jika dibutuhkan health assessment, maka akan ada pemberitahuan. Untuk detail tata cara cek kesehatan ada di postingan "Medical check up untuk visa Australia"

Alhamdulillah, jarak pengumuman visa dari MCU tergantung masing-masing, seperti mbak Nurin tadi 2 bulan, dan saya alhamdulillah hanya sekitar 2 minggu. Total biaya visa Australia dengan kode 408 ini beserta asuransi dan tes kesehatan kurang lebih 7 juta, kalau visanya saja saya membayar biaya 288,76 AUD. Ludes dalam sehari, hehe...tak apa, kata pepatah jawa, jer basuki mawa bea.

Begitulah kira-kira sharing pengalaman saya mengurus Temporary Activity Visa (408), semoga bermanfaat, dan semua sahabat yang akan atau sedang memproses visa negara manapun, semoga segera issued atau granted.
***
Nomaden, 22 September 2018
Vita Ayu Kusuma Dewi

Comments

  1. Saya berniat bekerja ke Australia, dan apakah jenis visa ini bisa digunakan untuk bekerja di Australia?

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah sangat membantu saya yang sedang apply visa yang sama. Syukron

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Semoga sukses berkah dan dilancarkan segala urusannya di sana kak ^^

      Delete
  3. mau nanya dong kalau setelah submit ada keterangan healt assessment itu harus diisi atau tidak yaa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus tes di RS yang ditunjuk mbak, nanti dari pihak RS yang akan memasukkan hasilnya

      Delete

Post a Comment

Komentar dimoderasi, yuk sambung silaturahim, saya akan langsung berkunjung balik ke sahabat semua ^^