Mengurus Sendiri Visa Multiple Jepang di VFS Global, Alhamdulillah Visa Berlaku 5 Tahun

Bismillahirrahmaanirrahiim
Alhamdulillah bisa menuliskan pengalaman mengenai per-visa-an lagi. Alhamdulillah...kesempatan berarti banget dari Allah. Kali ini saya ingin sharing pengalaman mengurus visa multiple Jepang. Sebelumnya, 3x saya mengurus visa Jepang masih di Kedutaan Jepang, dan semuanya single entry atau sekali berkunjung. Kali ini, Allah beri saya kesempatan untuk mengurus visa multiple atau berkunjung berkali-kali bahasa mudahnya. Punya saya? Hehe...mohon doanya ya semoga Allah beri kesempatan untuk mengurus punya sendiri. Sekarang jadi jembatan dulu milik orang lain, tepatnya saya menemani istri dosen saya. Saya ingat dulu menemani istri dosen saya mengurus visa Australia, tahun depannya, saya mengurus punya saya sendiri. Masyaa Allah, rencana Allah... Prinsipnya, tidak apa-apa sekarang jadi jembatan dulu, nanti ada saatnya diri ini yang sampai tujuan. Aamiin ya Allah :') 
 Baiklah, saya mulai ceritakan ya. Kenapa apply visa multiple? Karena beliau sering banget ke Jepang, khususnya menemani suami beliau bertugas, jadi sayang kalau harus mengurus single entry, lebih mahal juga. Kalau multiple misal disetujui 5 tahun, hanya bayar 900an ribu. Kan hemat...Nah, kondisinya beliau ini sudah pernah 3x dapat multiple dengan rincian 5 tahun, 3 tahun, 3 tahun. Visanya habis Juni kemarin, jadi ini mengurus lagi jaga-jaga kalau ada agenda dadakan. 

Pengurusan visa Jepang tak lagi di Kedutaan Jepang, melainkan di VFS Global Jepang di Lotte Shopping Avenue Kuningan
Nah, yang perlu diketahui para pencari visa Jepang, bahwa pengurusan visa sekarang ada di VFS Global Jepang, tepatnya di lantai 4 Lotte Shopping Avenue Kuningan. Letaknya tepat disamping XXI. Nah, ketika masuk VFS Global Jepang lebih dulu akan di cek aplikasi kita oleh petugas, lengkap atau tidaknya. Ini hanya pengecekan awal, lalu langsung masuk ke dalam setelah melalui pemeriksaan security. Saya bersyukurnya, di VFS Global Jepang ini laptop boleh dibawa masuk walau tidak boleh dipakai, berbeda dengan pengurusan visa Australia yang harus membayar untuk menitipkan.hehe...
VFS Global Jepang ini memiliki 28 desk atau loket lah saya menyebutnya. 1 - 5 nya ada di luar, fungsinya untuk pengecekan kolektif dan pengambilan visa. 6 - 22 ada di dalam berfungsi sebagai collection desk atau pengecekan berkas namun disini belum dikumpulkan, hanya petugas mengumpulkan berkas dalam 1 map yang mereka sediakan, selanjutnya menuju loket 23 - 28 untuk submit atau memasukkan berkas sekaligus mengurus pembayaran. 
Yang lupa belum memfoto kopi berkas bisa foto kopi di sini, harganya 1ribu rupiah per lembar, print 5ribu per lembar dan foto 45ribu. Lokasinya ada di seberang loket-loket tadi. Ada juga fasilitas premium lounge.

Berkas Visa Multiple Jepang
Segala bentuk berkas dapat diakses di https://www.vfsglobal.com/Japan/Indonesia/ . Untuk visa multiple sendiri sebenarnya sudah sangat dimudahkan dengan adanya lembar cek yang disediakan di website. Lembar ceknya ada di sini. Isinya adalah persyaratan, jadi persyaratan yang diminta saat kita  apply wajib ada, kalau gak bakal disuruh balik lagi. Nah, sebelum apply harus dipahami kita masuk di kriteria mana. Kriteria yang tertulis ada 4 yaitu:
  • Individual who has a travel record as temporary visitor to Japan in the last three years and who has the ability to pay the travel expenses 
  • Individual who has a travel record as temporary visitor to Japan and multiple travel records as temporary visitor to G7 countries (Canada, Germany, France, Italy, USA, UK) in the last three years 
  • Individual with sufficient financial capacity 
  • Spouse or children of the individuals who are mentioned A), B), or C) above
Kalau istri dosen saya tersebut masuk ke kategori pertama, jadi persyaratan yang dibutuhkan adalah:
  • Paspor asli
  • Form aplikasi visa Jepang
  • Foto terbaru ukuran 45 mm x 45 mm tanpa latar belakang
  • KTP (Foto kopi di kertas A4 jangan dipotong)
  • Bukti booking tiket dan hotel jika yang dikunjungi adalah perfektur Fukushima/Iwate/Miyagi
  • Certificate of Enrolment (khusus untuk yang mahasiswa kuliah di Jepang)
  • Bukti stempel atau visa kunjungan ke Jepang sebelumnya minimal 3 tahun terakhir (Sertakan saja paspor lama jika yang di paspor baru tidak ada)
  • Dokumen dukungan keuangan (bisa rekening koran atau bukti kepemilikan investasi misal obligasi atau yang lainnya)
  • Sertifikat kerja yang menuliskan kontrak lengkap dengan nominal gaji
  • Surat yang berisi alasan mengapa apply visa multiple Jepang
Susun dokumen secara urut agar mudah pengecekan ketika berada di petugas. Apabila pengurusan ini diwakilkan oleh saudara misalnya, pastikan ada surat kuasa dan foto kopi identitas yang memberikan dan menerima kuasa. 

Setelah berkas siap, buat janji temu
Sebelum datang ke VFS Global Jepang, pastikan lembar janji temu sudah ada di kita. Cara buatnya cukup mudah, cukup kunjungi website ini https://www.vfsglobal.com/Japan/Indonesia/Schedule-an-Appointment.html lalu isikan data yang akan membuat visa kemudian tentukan kapan kita akan ke VFS Global. Pada pembuatan janji temu tesebut nominal biaya pembuatan visa juga sudah tercantum. Jadi bisa mempersiapkan biayanya. 

Biaya visa Jepang
Biaya visa Jepang menurut saya pribadi masih murah dibanding negara lain, dan jujur saja ini visa termudah selama saya urus visa, karena waktunya prosesnya pasti jadi bisa dikira-kira kapan selesainya. Untuk biaya visanya sebagai berikut:
  • Umum single entry Rp380.000,-
  • Umum double/multiple entries Rp770.000,-
  • Visa Transit Rp90.000,-
  • Biaya aplikasi visa Rp165.000,- per orang
  • Pre pendaftaran bebas visa bagi pemegang paspor elektronik Rp120.000,- per orang
Penyerahan Berkas
Datang ke VFS Global  15 menit sebelum jadwal yang ada di janji temu. Lalu petugas yang di luar akan memeriksa kelengkapan berkas. Setelah dinyatakan lengkap, kita melalui pemeriksaan security dan mendapat nomor antri. Masuk keruangan dan menunggu dipanggil. Sesudah dipanggil, selanjutnya menyerahkan berkas ke salah satu petugas loket 6-22 sesuai panggilan dan diperiksa. Jika dinyatakan lengkap dan sudah ditaruh dalam satu map, berkas tersebut akan diserahkan kembali ke kita, lalu kita menuju loket 23-28 untuk menunggu panggilan penyerahan berkas sekaligus pembayaran. Mudah kan? Gak perlu lah calo untuk urus visa ^^
Untuk aplikasi visa yang tadi saya sebutkan, milik istri dosen saya, biayanya 935ribu (biaya visa multiple 770ribu ditambah aplikasi 165ribu). Bisa dibayar cash maupun dengan kartu debit. 

Lacak status aplikasi dapat dilakukan di website berikut tinggal memasukkan reference number  dan nama akhir. Kalau sudah jadi tinggal ambil deh ^^ Durasi proses aplikasi visa Jepang kemarin sangat cepat, apply  hari Senin, hari Kamisnya sudah dapat kabar visa telah selesai dan disetujui. Hari Jum'atnya kami ambil visanya, alhamdulillah disetujui dapat 5 tahun. Proses pengambilan visa sangat mudah tanpa perlu membuat janji, jadi datang saja langsung nanti dikasih nomor antrian.

Begitulah pengalaman saya mengurus visa multiple Jepang kemarin (1 Juli 2019). Semoga bermanfaat ya, dan saling mendoakan semoga kita dapat berkunjung kembali ke Negeri Sakura :") Ohya, untuk yang mencari informasi pembuatan visa Schengen Eropa, semoga tulisan saya yang sebelumnya bermanfaat juga ya :)

Semoga dimudahkan Allah proses aplikasi visanya sahabat semua ^^
***
Wisma Wageningen, 8 Juli 2019
Vita Ayu Kusuma Dewi

Comments