Kalimantan, Malaysia, Singapura, Macau, I'm coming!!!

| 4
Bismillahirrahmaanirrahiim
Alhamdulillah beberapa waktu yang lalu dan hampir bersamaan banyak kawan-kawan yang baru pulang ke Malang lagi setelah aktivitas luar Kampus seperti studi banding, magang, konferensi dan juga lomba dari luar Negeri. Sebenarnya aku jadi ingat sama Ayah, dulu setiap beliau pulang darimanapun, beliau selalu membelikan oleh-oleh khas dari daerah tersebut. Tujuannya adalah biar aku suatu saat nanti punya semangat untuk menginjakkan kaki disana :)
Kalimantan dan Singapura dari Mbak Mustika, Mbak Ita dan Mas Luri

Malaysia, Macau, Singapura dari Mbak Anggun, Mas Yunus dan Mbak Ita

Terima kasih kawan-kawan semoga dapat menginjakkan kaki di tempat-tempat yang kalian pijak :) Aamiin... 
***
GBT, 27 Oktober 2014
Vita Ayu Kusuma Dewi



Wake Up! Allah sedang Berbicara denganmu!

| 0
Bismillahirrahmaanirrahiim
Malam ini seperti kembali bergelora semangat memandangi peta dunia di Kamar Kos dan berusaha mewujudkan mimpi menapakkan jejak dari satu Negara ke Negara lain. Terasa tertampar setelah vakum beberapa bulan absen dari kegiatan yang diawali dengan proses seleksi. Akhir-akhir ini mencoba aktif kembali namun terkendala masalah dana untuk roundtrip ke tempat dilaksanakannya kegiatan. Kesempatan yang terabaikan!

Hari ini sejak pagi disuguhi semangat dari teman-teman yang pernah satu kegiatan dan satu forum dengan mereka, yang saat ini mereka sedang melejit mengikuti kegiatan Nasional dan Internasional. Kawan Indonesia Youth Forum 2014 Wakatobi, Nutrifood Leadership Awards 2013 dan 2014, ICAST Kumamoto 2013, NFEC 2013,  Jenesys 2.0 Science and Technology 2014 dan masih banyak kawan dari kegiatan lain yang saat ini sedang mengembangkan potensi yang telah diberikan Allah kepada mereka. Lalu satu pertanyaan dalam diriku yang terus menghampiri,  kamu kemana saja Vita?
Memori Wakatobi

Saat sedang menulis naskah ini, dilayar televisi baru saja diumumkan The Best Culture Costume  dalam HiLo Green Ambassador  yang pemenangnya adalah Mbak Fina, kawan delegasi Jawa Timur saat  IYF 2014, bulan Mei lalu. Beberapa saat kemudian, diumumkanlah Grand finalist 6 besar HiLo Green Ambassador yang salah duanya adalah Mbak Vania dan Mas Dika, kawan seleksi tahap 2 Nutrifood Leadership Awards 2013 Kota Surabaya. Barakallah Mbak dan Mas semua, semoga bermanfaat kegiatannya dan diridhoi oleh Allah. Aku belajar banyak tentang lingkungan, leadership dan entrepreneur dari kalian.

Sesaat kemudian, seorang kawan mengabarkan bahwa beberapa sahabat sedang go abroad, ada yang melanjutkan belajarnya, ada yang mengikuti conference, dan masih banyak lagi. Hmmm…semakin jauh. Wake up, Vita!

Jujur aku semakin teringat dengan sebuah pesan, Apapun yang terjadi dalam kehidupan kita, Allah sedang berbicara dengan kita. Ketika kita mendapatkan apa yang kita inginkan, Allah ingin tahu, apakah kita akan menyebut nama-Nya dan meninggikan-Nya bahwa karena Dia-lah, kita bisa seperti yang kita harapkan, ataukah kemungkinan yang kedua, ketika kita mendapatkan apa yang kita inginkan, kita berpikir itu hanya karena usaha kita, karena kita pintar dan akhirnya kita merasa hebat. Ingat, Dia-lah pemilik segala sesuatu dan atas kuasa Allah-lah kita dapat menikmati nikmat-Nya yang sangat luas. 

Kalaupun ketika kita berharap ternyata tidak dapat terlaksana dan tidak sesuai harapan, Allah sedang berbicara dengan kita tentang keyakinan, apakah kita masih yakin akan pertolongan Allah, ataukah kita akan meragukan-Nya, kemudian perlahan mencari sandaran lain selain-Nya. Berbaik sangkalah pada Allah, Allah tidak akan membebani seseorang diluar batas kesanggupannya. 

Terima kasih ya Allah, masih diperkenankan untuk bersama mereka, mereka yang selalu mengingatkanku untuk selalu dijalan-Mu :’)
***
GANIZ, 17 Oktober 2014
Vita Ayu Kusuma Dewi

Move On

| 0
Bismillahirrahmaanirrahiim
Semoga bermanfaat, sebagian pembahasan dalam kajian OMG (Obrolan Muslimah Engineer) "Udah Putusin Aja!"(FT, 3 Oktober 2014)

Bismillah, semoga Allah tetap menjaga hati ini dari niat yang tak semestinya. Sedikit berbagi dari sebuah buku dan OMG tentang #MoveON :D

“Teh,aku ga bisa #MoveON nih dari dia!” | Cara untuk #MoveON itu banyak 1.Mengingat Allah akan membuat galau karena cinta menjadi ketenangan Mengingat Allah berarti kita yakin kalo Allah selalu bersama kita&melihat apapun yang kita perbuat,sehingga kita lebih berhati2 :’)

#MoveON “…Hanya mengingat Allah, hati menjadi tenteram” (QS.13:28)| Masih belum yakin bisa #MoveON ? 

#MoveON 2.Gabung ke majelis ilmu. Saat kamu bergabung dengan orang2 yang semangat mengkaji ilmu Allah,tak ada celah bergalau ria ttg cinta

#MoveON 3.Baca kisah Nabi dan sahabat-sahabatnya. Kamu akan tahu bagaimana kehidupan sehari-hari beliau, yang selalu memberikan inspirasi 

Kamu juga tahu tentang ujian dlm hidup beliausehingga kamu sadar, ujian yang kamu terima belum ada pa-apanya, apalagi hanya sekadar 

#MoveON 4. Lakukan apa yang menjadi hobi dan passionmu.Daripada galau buat #MoveON,lebih baik nulis yang bermanfaat bagi orang lain 

5.Kalau memang harus galau #MoveON, galaulah yang bermanfaat :) Galau dosa-dosa yang sudah diperbuat kemarin, tidak terjadi peningkatan iman untuk hari ini dan berusaha #MoveON kepada Allah 

6.Niatkan #MoveON hanya karena Allah, ingin mendekat kepada Allah dan meninggalkan hal yang dilarang Allah. 

Nah itu tadi 6 jurus jitu #MoveON dari buku UPA | UPA apa? | Udah Putusin Aja! :D 

Masih galau? Iya, Aku udah berusaha tapi tetep aja ga bisa #MoveON?| waduh…berarti jurus tadi tidak mempan ya?| Belum | Gubrak :3 

Ya udah, semoga jurus #MoveON ini mujarab, lupakan dan jauhkan semua yang berkaitan tentang dia! Sudah selesai 

Maksudnya Teh? Harus mengenyahkan dia dari bumi ini cuma biar aku #MoveON gitu, membencinya?jadikan musuh?| Bukan :3 

Kamu pengen #MoveON tapi kamu masih suka stalking FB,twitter ,path, blog, apapunlah sosmednya dia?| Katanya #MoveON? :D 

*nyengir* tiap hari, tiap waktu kalau online mesti nongol nama dia | Pantas aja ga bisa #MoveON 

Ok dear, ketahuan sekarang masalah utamanya, kamu ga bakal bisa #MoveON kalau kamu masih suka stalking tentang dia Yakin deh! Allah sayang sama kamu , jangan disia-siakan itu #MoveON 

Kamu putus itu tandanya Allah tau dia belum pantas buat kamu. Percaya sama Allah, suatu saat nanti Allah akan mempertemukanmu dengan yang halal buat kamu. #MoveON

Bila kenangan tentangnya membuatmu susah #MoveON, ingat lagi dan kuatkan dalam hati, bahwa kamu melakukannya,ingin lebih baik karena Allah 

#MoveON bukan sebatas pelampiasan perasaan, namun sebagai sarana perbaikan :) 

Jika #MoveON dimaknai hanya sebatas pelampiasaan bisa dipastikan keyakinan yang telah mantab akan terkikis pelan-pelan

Witing tresno jalaran soko kulino,mulainya cinta karena terbiasa Begitupula untuk #MoveON 

Maka #MoveON pun butuh waktu, proses dan pembiasaan untuk tidak bersentuhan dengan hal yang berhubungan dengan dia :) 

Yuk #MoveON kepada Allah, semoga Allah selalu menjaga hati ini dari fitnah yang keji :’) Semoga dimudahkan untuk segera #MoveON :)
***
OMG, 3 Oktober 2014
Vita Ayu Kusuma Dewi

Karena Separuh Agamaku, Dirimu

| 2
Bismillahirrahmaanirrahiim
Ini hanya beberapa dari keseluruhan materi yang disampaikan oleh Ust.Yosi dan Ust.Cahyadi di acara SAB (Widyaloka UB, 2 Oktober 2014). Semoga bermanfaat, bisa juga search dengan hastag #SAB untuk tweet da ri teman-teman lain :)

#SAB ini bahas apa sih? |Kamu tau lagunya NOAH?|Tau| Nah bahas salah satu liriknya, "karena separuh agamaku, dirimu" :D

Jika belum siap menikah, jadilah jomblo berkualitas dan bermartabat :D #SAB 

Kalau yang sudah ngebet nikah, yuk perbaiki niat lagi!Niat nikahnya karena Allah atau sungkan? :D kamu ngebet,butuh/memang pantas? #SAB 

Jangan salah mengartikan kata "menyegerakan", menyegerakan itu butuh persiapan diri, beda dengan tergesa-gesa yang didominasi nafsu :) #SAB 

Yuk buka QS. Al-Anbiyaa:37 biar kita sadar diri :') | ada hubungannya sama #SAB? | iya ada, sok atuh dihayati :') 

Nikah itu yang haram jadi halal|kok bisa?|Iya,yg awalnya pandangan kpd bukan mahram bisa jadi zina mata,kalo udh nikah malah pahala :') #SAB 

Ust.Cahyadi berpesan"nikah tu bukan masalah pengen"|terlalu sederhana dan tak bertanggungjawab|Nikah itu butuh visi dan misi yang jelas #SAB 

Menunda menikah dgn alasan kesiapan boleh, asal TIDAK untuk melakukan kemaksiatan(Ust.Cahyadi| Jangan sampai pacaran berkedok ta'aruf #SAB 

Nikah itu untuk selama-lamanya,makanya butuh persiapan| Siap spiritual, mental, konsepsional,fisik,material dan sosial | Sudah siap? :) #SAB 

Kamu siap untuk berbagi dengan orang yang sebelumnya bukan apa2 bagimu?Jika kamu tak siap hakmu dibagi maka kamu belum siap menikah #SAB 

Bro&Sist, jangan sampai salah menaruh hati pada seseorang ya!|Pacaran bukan solusi, kl blm siap nikah #ikhlasin #perbaiki diri saja :') #SAB 

Hukum nikah itu ga cuma satu,karena kondisinya setiap orang beda. Bisa jadi wajib, sunnah, makruh, mubah dan haram.Islam itu indah :') #SAB 

Kamu sakit hati diputus pacar? Dia nikah sama orang lain?|Jangan sedih, ALLAH SAYANG kamu. Allah tunjukkan dia belum pantas untukmu :') #SAB 

Karena nikah itu ibadah, maka niat, tujuan dan prosesnya harus karena Allah :') |Allah dulu, Allah lagi, Allah terus :') #SAB
***
Widyaloka, 2 Oktober 2014
Vita Ayu Kusuma Dewi