Tak Sebatas Mimpi 2012

| 9
Bismillahirrahmannirrahim….
Assalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh….
"Jangan pernah berhenti bermimpi karena mungkin suatu saat nanti mimpi kalian akan menjadi kenyataan", begitulah kata - kata penyemangat dari Bambang Pamungkas. Beberapa hari lagi 2012 akan tiba, dimana akan ada hal - hal baru yang mungkin terjadi. Menutup lembaran manis dan pahit di tahun 2011. Meninggalkannya dengan keikhlasan dan lebih bersemangat untuk merajut apa yang belum tersambung.
 Di tahun 2012 nanti saya mempunyai banyak impian yang saat ini telah memenuhi coretan - coretan di buku catatan dan sebagian lagi terpampang ditembok kamar.  Bukan hanya sekedar mimpi namun sebuah harapan yang mungkin mendapat ridho-Nya.
Hafal setidaknya juz 30 dan memperdalam ilmu agama adalah mimpi terkuat saya ditahun 2012. 2012 terdiri dari beratus hari. Saya tidak ingin hari – hari itu terbuang sia – sia hanya memikirkan dunia. Saya ingin menambah kemampuan saya tidak hanya untuk lingkungan saya tapi untuk saya sendiri dan untuk Rabb yang telah menciptakan saya. Selanjutnya adalah menjadi delegasi PIMNAS. Bukan apa, saya hanya ingin apa yang ada dalam fikiran saya dan kelompok saya dapat bermanfaat bagi masyarakat nantinya. Selain itu dengan mimpi ini jika Allah ridho, akan menjadi suatu pengalaman yang berharga dalam sejarah hidup saya. Setelah itu saya ingin mengakhiri semester 1 dan 2 dengan sebuah prestasi agar orang –orang disekitar saya dapat tersenyum bahagia.
 Perubahan adalah mimpi saya. Perubahan dari pribadi saya menjadi lebih baik dan mencoba memperbaiki lingkungan yang kurang baik. Selain semua itu sebenarnya ada sebersit mimpi  dalam diri saya untuk menyempurnakan separuh agama saya maka impian saya semoga segera dipersatukan.Mungkin ada ingin tertawa karena saya masih terlalu muda. Masih mahasiswa yang akan menyelesaikan semester 1 namun saya hanya ingin mencari ridho-Nya.
Masih banyak impian yang ingin saya gapai dalam tahun 2012 ini. Ya, meski saya masih mahasiswa impian saya bukan suatu kekonyolan. Bagi saya impian ini adalah sebagai semangat. Tidak hanya sekedar tulisan yang terpajang menghiasi tembok namun sebuah doa yang akan mendorong untuk berusaha, berikhtiar dan akhirnya bertawakal atas segala keputusan-Nya. Tidak salah kita bermimpi asal jangan hanya bermimpi namun juga harus ada tindakan dari impian kita. Kita harus melangkah bukan jalan ditempat. Akhir kata sepotong kalimat dari kakak senior (kak Arief) dikampus perjuangan "Selama kita mau konsisten untuk berjuang mengayuh dayung - dayung romantikanya, kiranya atas ijin-Nya, percayalah impian itu tak bertepuk sebelah tangan". ^_^ Let’s reach our dream…
Wassalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh….…

*Tulisan ini dikutkan dalam  LOMBA ANNIDA-ONLINE “Saya Punya MIMPI SEJUTA DOLAR”
================================================================================
Malang, 25 Desember 2011
©






Senyum di Batas Senja

| 6
Bismillahirrahmannirrahim….
Assalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh….

Senyum di Batas Senja ^_^

Senyum adalah pengubah dunia, sebuah senyum melambangkan kedamaian dan kelapangan hati. Senyum dibatas senja, walau hanya sekejap, namun indah jika mengenangnya. ^_^

Kategori : SEGGER Wanita
Tersenyumlah : SEGGER (Senyum Ekspresi Blogger)
Wassalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh….…
================================================================================
Malang, 25 Desember 2011
©






Madesu, Penyakit Apa Ini?

| 7
Bismillahirrahmannirrahim….
Assalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh….
Kali ini saya akan mencoba men-share materi yang ssaya dapat dulu ketika saya masih mengikuti bimbel di Neutron Madiun. ernah dengar istilah ”MADESU”?.Yap..!kamu pasti pernah mendengarnya. Madesu alias  masa depan suram. Istilah ini menjadi ikon pergaulan / lebih tepatnya keputusan asaan dari sebagian ( atau sebagian besar?) generasi muda dalam menatap masa depan. Separah itukah? Jawabannya: bisa ya,bisa tidak. Kok?

Sebenarnya masa depan itu bukan sesuatu yang bisa begitu saja diramal apalagi dipastikan kayak iklan- iklan menyesatkan disms premium di tv itu. Masa depan adalah buah dari apa yang kita tanam dari sekarang . so, setiap generasi punya hak yang sama dalam meraih masa depan. Semua berpulang pada usaha dan kerja keras kita sekarang. 

Emang sih,kalau kita cermati dari berita-berita dikoran,tv /media yang lain,kita jadi ngeri kalau melihat realita saat ini. Bayangin konon sekarang ada sekitar 30 jutaan orang nggak punya pekerjaan alias nganggur TOTAL!  Itu saja data berdasarkan jenis pengangguran kentara yaitu orang-orang yang benar-benar tidak mempunyai pekerjaan. Kalau dihitung berdasarkan jenis  pengangguran yang lain semisal  orang  yang kerja tapi pendapatannya tidak bias mencukupi kebutuhannya. Waduh…tambah ngeri lagi masalahnya. Tapi nggak perlu resah-resah amat deh..! sekecil apapun peluanggnya masa depan tetep bias jadi milik kita. Yang penting bagaimana kita menyikap diri menyongsong masa depan . sebagai pelajar,ada banyak hal yang mesti kita siapkan.

Buat kamu para pelajar,coba dech introspeksi dan lihat sekitar kamu. Jika kamu jujur mengamatinya,maka kamu akan sampai pada kesimpulannya bahwa persoalan pokok kita sebagai pelajar saat ini adalah rendahnya etos belajar dan daya juang plus rendahnya kompetisi. Setuju  tidak? Jika kamu tidak setuju dengan kesimpulan ini berarti kamu mungkin termasuk pelajar yang ideal. Tetapi jika kamu setuju dengan kesimpulan ini berarti etos belajar,daya juang dan semangat berkompetisi mesti kamu tingkatkan. Mengapa demikian?

Etos belajar,daya juang dan semangat berkompetisi merupakan modal POKOK yang harus dimil,iki setiap pelajar . bayangkan, seseorang pelajar yang tidak memiliki etos belajar tetapi menuntut  mendapat nilai yang baik maka pasti dia akan menempuh ‘ Cara-cara terlarang ”untuk dapat nllai yang baik. Jika daya juang tidak dimiliki oleh seorang pelajar ,maka keputus asaan akan mudah hinggap manakala mendapat sedikit saja kesulitan. Jika semangat berkompetiti tidak terdapat pada diri seorang pelajar,maka dia tidak akan pernah bisa mengukur kemampuannya. Maka ketiga hal tersebut tidak melekat pada diri seorang pelajar,”madesu“ akan benar benar menjadi miliknya.

So,wake up students!!There are many chalange in your future.Mulailah dengan memperbaharui etos belajarmu,tingkatkan daya juangmu dan bakar semangat berkompetisimu.Tanya pada lubuk hati  kamu yang paling dalam apa yang ingin kamu raih esok, dan mulailah menyiapkan bekal untuk meraihnya karena cita – cita setinggi langit saja tak ada artinya tanpa usaha keras meraihnya.Berhentilah marah pada sedikit lapangan kerja,berhentilah mengeluh pada ekonomi negeri ini yang tak kunjung membaik.Tetapi,tingkatkan kompetisimu agar kelak kamu bisa lebih dibutuhkan di dunia kerja syukur – syukur kamu bisa ciptakan lapangan kerja untuk dirimu sendiri dan orang lain.

Semoga bermanfaat ^_^
Wassalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh….…
================================================================================
Malang, 18 Desember 2011
©





"Cantik Berprestasi Perempuan Masa Kini"

| 4
Bismillahirrahmaanirrahiim….

Assalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh….
Membuka - buka catatan membuat saya tertarik pada salah satu judul, cantik berprestasi perempuan masa kini. Salah satu materi yang pernah disampaikan Mbak Oki Setiana Dewi (pemeran Anna Althafunnisa' pada KCB) pada seminar beauty inside beauty outside yang diadakan oleh FORKIM FIA UB. Nah, pada kesempatan ini saya ingin berbagi kepada sahabat - sahabat semua ^_^ 


Engkaulah sebaik  - baik perhiasan namun engkau juga seburuk - buruk fitnah. Sebagaimana sabda Rasulullah Dunia ini adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah". (HR. Muslim). Tahukan sahabat keadaan wanita sebelum datangnya islam? di Eropa wanita dianggap setan. Bagi yahudi wanita adalah pelampiasan hawa nafsu, wanita adalah makhluk terlaknat. Sebabnyalah Nabi Adam melanggar larangan Allah hingga dikeluarkan dari surga. Sebagian golongan Yahudi menganggap ayah sis,i wanita berhak memperjualbelikan putrinya. Bangsa Yunani dan Romawi mereka menempatkan wanita tidak lebih dari sekadar barang murahan yang bebas untuk diperjualbelikan di pasaran. Wanita di sisi mereka tidak memiliki kemerdekaan dan kedudukan, tidak pula diberi hak waris. Dan masih banyak daerah lainnya hingga banyak kisah bahwa jika lahir bayi perempuan mereka langsung membunuhnya. Begitu tragis dan miris jika melihat hal tersebut, lalu bagaimana kondisi setelah datang Islam? ya, wanita dinaikkan derajatnya, tidak ada perbedaan antara laki - perempuan kecuali iman dan takwanya. Disini Islam menjadi kemerdekaan wanita. Dimana Islam melindungi kehormatan wanita.

Perempuan masa kini, bagaimanakah? Secara umum westernisasi, gaya, mode, exploitasi. Tujuannya menuruti kepuasan pribadi, materi dunia,popularitas, hawa nafsu yang tak terbelenggu dan hal ini berkiblat kebarat. Ada juga yang berideologi gado - gado. Namun, saya yakin masih banyak pula perempuan yang tidak seperti itu.

Sahabat, cantik bukan dilihat dari pakaian namun keelokan budi pekerti dan akhlak yang baik. ada yang tidak setuju? Seorang muslimah jika gagal mempersiapkan maka ia mempersiapkan untuk gagal. Sekarang, bagaimana kita bisa cantik inside dan outside?
  • Berpakaian takwa
Sebagaimana firman Allah dalam QS. Al Ahzab ayat 59 "Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang". Tak usah dijelaskan sahabat pasti mengetahui maksud ayat ini. Menggunakan hijab akan menghindarkan kita dari orang yang berpenyakit hati. Selain itu kita akan terkontrol dari ucapan maupun perbuatan kita.
  • Menjaga perilaku
Menjaga perilaku disini termasuk penampilan, ucapan maupun kepribadian kita. Bagaimana kita harus bersikap dan berpenampilan. Karena mayoritas orang melihat kita dari penampilan kita.
  • Menjaga kebersihan
Walaupun berhijab jangan sampai kita melupakan kebersihan diri kita, jangan sampai karena sudah ditutupi hijab kita melalaikan kebersihan seperti mandi, keramas kebersihan baju - baju kita dll.
  • Menjaga kesehatan
Hal ini bisa dilakukan dengan olahraga yang teratur, banyak minum air putih dan konsumsi sayur dan buah.
  • Mengisi diri dengan ilmu pengetahuan
Sebagai wanita yang ingin berprestasi m kita harus mengikuti perkembangan ilmu. Karena dengan ilmu kita dapat mengembangkan potensi kita dan mengetahui dunia.
  • Berprestasi
Berprestasi dapat dilakukan dengan membuat catatan atau buku impian, dengan berjiwa kompetitif, mengetahui potensi diri sendiri dalam bidang apa, dan belajar produktif menghasilkan karya. 
Nah, itulah sekelumit ilmu yang saya dapat semoga dapat bermanfaat bagi sahabat semua. Kita semua adalah artis, Allahlah sutradaranya hendaklah kita berdasar pada skenario yang telah dibuat Allah.  Sebagai wanita kita akan menjadi ibu, yang perlu kita ingat Ibu adalah guru pertama dan sebagai madrasah. Jangan sampai kita salah mendidik putra - putri kita nantinya. KAU ADALAH APA YANG KAMU PIKIRKAN, MAN JADDA WA JADDA ^_^

Wallahua’lam bish shawwab

Wassalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh….…
================================================================================
Malang, 4 Desember 2011
©





Ngintip Tugas via Blogger

| 6
Bismillahirrahmannirrahim….

Assalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh….
Apa kabar saudaraku, sahabatku  dan semuanya? masihkan ingat dengan blog ini? *cek..cek..* yayaya bukannya saya melupakan dunia blogging dan lebih tepatnya ber-maya ini tapi ya memang sementara harus off terlebih dahulu. Dan kemarin sahabat saya Nira Indriani berbisik kepada saya "vhe...ada pr tuh" singkatnya seperti itu. Alhamdulillah kali ini saya diberi kesempatan untuk mengunjunginya dan inilah tugasnya dari Mbak Nira.... *jreng...jreng..taratarara*




Aduh mbak Nira ini mesti translate dulu nih sih Vhe, tapi tak apa itung - itung nglatih kemampuan berbahasa inggris..hehe... Amiin... Bismillahirrahmanirrahim... 

The First >> Intinya nih menceritakan tentang seorang Vita Ayu Kusuma Dewi... *wuz...ga enak nih dibeberin* Okey deh just 11 points about me dan hanya keywordsnya silahkan kalian tebak sendiri  yah :)
  • Perasaan
  • Blogging
  • Pink
  • Takut
  • Ga' tega
  • Training Motivasi
  • Coklat
  • Masjid
  • Me-Tal
  • Organisasi
  • Tersirat

Nah, keywords diatas adalah 11 diantara nya about me kalau kurang puas, maaf ya Mbak Nira ^_^ *peace* karena 11 saja mungkin akan terlalu sempit.hehe And second : Saya harus menjawab pertanyaannya si Atanisha ^_^

1. Seberapa sering anda menggunakan modem anda?
  • Berhubung modem saya sekarang dipakai teman saya dan dulupun jarang membawanya maka jawab saya adalah jarang atau bahkan sekaranag tidak pernah
2. Apa saja yang anda lakukan ketika berhadapan dengan laptop beserta modem anda ?
  • Memanfaatkannya untuk mencari ilmu didunia lain ( dunia maya maksudnya)
3. Pilih mana main game di rumah atau di warnet?
  • I don't like game :(
4. Paling suka mana kucing atau kelinci ?
  • 2'2nya unyu - unyu tapi paling suka lihat kelincahan kelinci dan kelucuan kucing ^_^ hehe
5. Apakah hal yang membuat anda bahagia saat ini ?
  • Merasakan cinta, naungan dan lindungan-Nya ^_^
6. Siapa orang yang PALING anda CINTA ?
  • Cinta-Mu mengalihkan duniaku, Allah SWT ^_^
7. Jika anda mendapat TUGAS apakah LANGSUNG anda kerjakan hari  itu juga ?
  • Jarang, paing hanya mempelajari saja bagaimana problem solve nya tapi kalau pas capek, istirahat dulu
8. Makanan apa yang paling anda suka ?
  • Yang Halalan Toyibah ^_^
9. Lebih suka kencan sama pacar kemana ?\
  • Ga pernah kencan jadi ya ga tau ^_^ *nikah dulu aja deh..hehe*
10.Hal yang paling membuat anda TRAUMAl
  • Silaturahmi hampir terputus :(
11. Bagaimana PENDAPAT anda mengenai BLOG saya Corat Coret Kehidupan
  • Subhanalah.. semoga blognya Mbak Nira selalu bermanfaat bagi yang mengunjunginya... Amiin ^_^ ilmu yang dishare juga banyak dan bermanfaat...

Dan itulah pertanyaan - pertanyaan yang sudah terjawab,sekali lagi maaf ya mbak Nira belum sempurna dan memang tak ada manusia yang sempurna. ^_^ Semoga ukhuwah kita tetap terjaga.And Next PR ini akan aku lanjutkan kepada siapapun yang telah mengunjungi  blog ini ^kejujuran nih^ , jangan takut jangan resah :) Just 3 question :
  1. Bagaimana pendapat anda tentang blognya Vita ini (vheytha)? Adakah saran atau kritik?
  2. Ada yang bisa menebak penjelasan keywords soal pertama yang saya kerjakan?
  3. Bagaimana pendapat anda tentang menikah muda...? *ckckck* 
Terima kasih atas kunjungannya ditunggu kembali untuk kunjungan berikutnya. hehe ^_^

Wassalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh….…
================================================================================
Malang, 3 Desember 2011
©





Afatul Lisan

| 7

Assalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh….
Bismillahirrahmaanirrahiim….
Khaifa halukum? Khair? ^_^ Semoga selalu dalam lindungan-Nya. Amiin
Lama sekali tak bersua dengan sahabat – sahabat dunia maya.hehe… Kali ini saya pengen menshare-kan ilmu yang saya dapat dari sebuah kajian yang pernah saya ikuti. Yaitu tentang afatul lisan atau bahaya lidah. Mungkin saudara– saudaraku sudah banyak yang pernah mendapatkan materi ini namun tidak ada salahnya jika diulang kembali sebagai sarana refleksi diri  termasuk diri saya sendiri. Ok, back to topic ^_^

Islam telah mengingatkan kepada kita untuk menjaga dan dan memelihara dengan baik lidah dan tingkah laku kita. Rasulullah pernah bersabda “ Siapa yang beriman hendaknya berkata yang baik atau diam”

Dalam QS. An Nuur ayat 24 Allah berfirman “pada hari (ketika), lidah, tangan dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan”. Salah satunya adalah lidah kita akan menjadi saksi atas apa yang kita ucapkan selama ini.

Fenomena – fenomena bahaya lidah diantaranya ialah :
  • Ungkapan yang tidak berguna. Yaitu ungkapan – ungkapan yang tidak mengandung makna atau nasehat. Misalnya berbicara kotor. 
  • Berbicara berlebihan. Dalam QS. An Nisaa’ ayat 114 “Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma'ruf, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keredhaan Allah, maka kelak Kami memberi kepadanya pahala yang besar.” Dalam firman Allah ini jika dikaitkan dengan ayat sebelumnya maksudnya ialah pada jaman Nabi orang – orang Quraisy yang ingin menyesatkan umat Islam. Mereka membuat sebuah forum sembunyi dan apa yang mereka bicarakan juga disembunyikan, Rasulullah pun tidak mengetahuinya. Namun pembicaraan yang mereka sembunyikan itupun tidak bermanfaat dan melebih – lebihkan. 
  • Ungkapan yang mendekati kebathilan atau maksiat.
    Hasan Al Bashri semasa mudanya pernah merayu seorang wanita cantik di tempat sepi, perempuan itu menegur, "Apakah engkau tidak malu? "Hasan Al Bashri menoleh ke kanan dan ke kiri, lalu mengawasi pula sekelilingnya, setelah ia yakin ditempat itu hanya ada mereka berdua, dan tidak terlihat siapapun, Hasan Al Bashri bertanya,"Malu kepada siapa? Di sini tidak ada orang lain yang menyaksikan perbuatan kita. "Wanita itu menjawab, "Malu kepada Dzat yang mengetahui  khianatnya mata dan apa yang disembunyikan didalam hati”
  • Berbantahan, bertengkar dan debat kusir. Dalam QS. An Nahl ayat 125 “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.” Dalam hal ini jika ingin membatah harus dengan cara yang baik, jangan sampai kita berlebihan dalam bertengkar apalagi sampai menyakiti seseorang. Begitu pula dengan berdebat jika memang tujuan kita jelas untuk mencari solusi atas permasalahan insyaallah diperbolehkan asal tidak berlebihan dan menimbulkan suatu kesenjangan. Karena perkataan yang tegas dan benar yang dapat membedakan antara yang hak dengan yang bathil. 
  • Bercanda dan bersenda gurau. Bercanda itu sah – sah saja namun jangan sampai bercanda menjadi suatu kebiasaan yang tak ada manfaatnya. Adakalanya diperlukan untuk merenggangkan suasana atau refresing, hal tersebut diperbolehkan asal tidak terlalu lama kita bercanda hingga kita melupakan hal yang lebih bermanfaat lainnya dan jangan sampai bercanda kita menjadikan seseorang merasa tersinggung. 
  • Ungkapan yang menyakitkan. 
  • Melaknat. Melaknat berarti kata – kata buruk yang ditujukan pada sesorang. Firman Allah dalam QS. Al Israa ayat 53 “Dan katakanlah kepada hamha-hamba-Ku: "Hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang lebih baik (benar). Sesungguhnya syaitan itu menimbulkan perselisihan di antara mereka. Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagi manusia.””.  Sebuah hadist dari Abu Dawud “ Melaknat seorang mukmin adalah seperti membunuhnya” (Muttafaqun 'Alaih). Melaknat menjauhkan diri dari rahmat Allah. 
  • Membocorkan rahasia 
  • Dusta / Berbohong. 
  • Ghibah.“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Hujuurat : 12) 
  • Mengadu domba / fitnah 
Setelah mengetahui beberapa fenomena tersebut hendaknya kita lebih berhati – hati dalam berucap. Jaga mulut kita dari makanan yang haram. Mari kita jaga lidah kita dari  kata – kata yang seharusnya tidak kita katakan. Benar memang lidah tak bertulang sehingga apapun yang diucapkan terasa ringan. Masih ingat salah satu sloglan iklan “ MULUTMU HARIMAU”. Sepertinya memang benar slogan tersebut. Saat kita tidak bisa menjaga lisan kita makan lisan kita adalah bahaya bagi kita. Kita sama – sama belajar dan berusaha untuk menjadi insan yang dapat menjaga lisannya dan tidak memboroskan kata – kata. Semoga Allah mengampuni kita semua. Amiin.. Afwan jika saya salah mohon diluruskan.  
Wallahu a’lam bishawab…

Wassalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh….…
================================================================================
Malang, 21 November 2011
©




Indahnya Sabar dan Syukur

| 21
Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarokatuh

Khaifa haluk sahabat - sahabatku? ^_^ Afwan ya jarang OL sekarang dan jarang BW ketempat kalian. Kali ini a ingin berbagitentag sabar dan syukur. Materi ini a dapat dari kajian online yang diadakan mbak Ifta Nanda. Semoga materi ini juga bermanfaat bagi rekan - rekan semua. Amiin...
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sabar hakekatnya adalah menahan, yaitu menahan rasa sakit akibat perlakuan atau perbuatan buruk yang kita alami ketika menghadapi kesulitan. Yang namanya menahan, berati tidak ada upaya untuk mengelak, artinya pasrah saja yg terjadi. Menahan juga berarti menerima. Menerima tanpa melawan sedikitpun. Karena itu arti hakekat sabar adalah: menerima rasa sakit akibat beban atau perbuatan buruk yg menimpa kita karena ketidakmampuan kita untuk mengatasinya.

Sedangkan syukur juga dapat berarti menahan atau menerima. Bedanya kalau dalam sabar masih ada terasa pedih di jiwa akibat rasa sakit yg kita terima karena menahan beban. Sedangkan syukur, kepedihan itu tak terasa lagi, karena syukur adalah bentuk perasaan senang saat menerima anugerah, baik berupa kesenangan atau kesedihan.
 
Kesabaran itu tidak ada batasnya.
Jika kesabaran ada batasnya, lalu dimana Allah dan kemahakuasaan-Nya dalam memberi cobaan? yg terbatas adalah kemampuan yang tidak bisa sabar menerima cobaan. Hasan albasri berkata: Bagi orang yg hatinya dipenuhi cinta kepada Allah, maka tak ada kesdihan dalam dirinya. Nikmat adalah ujian, dan ujian adalah nikmat dan ukuran utk mengetahui hal tersebut adalah kesabaran.

Kiat terbaik agar dapat bersabar di awal musibah adalah dengan menyadari sesadar-sadarnya bahwa segala musibah adalah takdir dan kehendak-Nya. Jika Dia sudah berkehendak, tak ada yg bisa melawan dan akhirnya kita hanya bisa pasrah, pasrah dalam arti sabar menunggu datang nya pertolongan-Nya dan setiap kesabaran sesorang, Insyaallah berbuah pahala jika kita ikhlas menerimanya.

Rasa sakit, kemiskinan, kesusahan, dan musibah2 lain, jika kita mengingat besarnya pahala sabar Insyaallah itu akan meringankan beban kita. "Dan hanya orang2 yg bersabarlah yg dicukupkan pahala mereka tanpa batas" (QS.Az-zumar 10).

Dari Abi yahya Shuhaib bin Sinan RA. Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya menakjubkan keadaan orang mu’min, karena segala urusannya sangat baik baginya, dan itu tidak akan terjadi kecuali bagi orang mu’min. Bila ia memperoleh kesenangan, ia bersyukur, yang demikian itu baik baginya. Dan bila ia tertimpa kesusahan ia juga bersabar, yang demikian itupun baik baginya”.

Sabar tanpa syukur adalah kurang afdhol dan syukur tanpa sabar juga kurang baik.

Analogi sabar dan syukur dalam proses rahim seorang ibu:

Ketika Allah menakdirkan manusia lahir di bumi ini melalui rahim seorang Ibu, ada sebuah rentang waktu sekitar 9 bulan 10 hari hingga anak tersebut terlahir di dunia ini. Tahukah kita, ketika anak itu lahir dari rahim ibu, apakah yg membuat seorang anak adam berbuat maksiat ketika dewasa? padahal dalam rahim dia tidak minta dilahirkan sebagai anak yang gemar maksiat ketika kelak dewasa? Jawabnya, karena dia tidak memiliki ilmu tentang larangan untuk berbuat maksiat ketika dewasa atau bisa juga dikarenakan ia kurang sabar dalam menaatinya. Ilmu dan sabar adalah sesuatu yang berdampingan.

Jika seorang ibu tidak sabar dalam mengandung, tentu dia akan segera mengeluarkan dengan paksa bayi dalam rahimya dan itu artinya dia telah membunuh sang bayi, tapi ketika dia bersabar, sampai waktunya Allah memutuskan ketetapannya, maka lahirlah sang bayi dan saat itu pantaslah jika sang ibu harus bersyukur..

Tidaklah baju yang melekat pada tubuh kita, uang yg berada di dompet, rumah yang kita tinggali, dan segala bentuk yang bisa kita manfaatkan, melainkan semua berasal dari Allah semata.

Sungguh sistematis, indah, dan sempurna siklus pembelajaran yang Allah tetapkan bagi hambaNya. Untuk kecerdasan intelektual (IQ) Allah Mendidik kita pada “sesi ilmu”, sedangkan Allah memberi kita pendidikan untuk kecerdasan emosional (EQ) pada “sesi sabar”. Dan pada kecerdasan spiritual (SQ), Allah mendidik kita melalui “sesi syukur”. 
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jadi gimana? Sudah tau bedanya sabar dan syukur? Siap menjalaninya? Insyaallah  harus bisa ^_^ Sampai jumpa pada mutiara - mutiara hikmah berikutnya. Sekali lagi afwan jika belum bisa BW. 
Wassalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarokatuh


================================================================================
Malang, 1 November 2011

©




Ketika Iblis Membentangkan Sajadah

| 7
Assalamu’alaykum….
Bismillahirrahmannirrahim….
Apa kabar sahabat semua? Lama tak bersua ^_^
Pernah dengar tentang “Dialog Kyai dan Iblis” ? Materi tersebut ana dapatkan dari halaqah waktu SMA dan pernah saya bagikan ketemen2 waktu Tafakur Alam. Semoga bermanfaat ya sahabat (yang belum tau menjadi tau, yang tau akan bisa diulang lagi ^_^)
Okey, let’s begin the story….

Siang itu menjelang dzuhur, salah satu iblis ada dimasjid. Kebetulan hari itu hari jum’at, saat berkumpulnya orang. Saat itu iblis sudah ada didalam masjid. Ia tampak begitu khusyuk dan orang – orang mulai berdatangan.


Iblis menjelma menjadi bermacam bentuk, dan masuk dari segala penjuru. Lewat jendela, pintu, ventilasi atau masuk lewat lubang pembuangan air. Pada setiap manusia, iblis juga masuk lewat  telinga, melalui syaraf  mata, kedalam urat nadi, lalu menggerakkan denyut jantung setiap jama’ah yang hadir. 

Iblis juga menempel disetiap sajadah. Dan terjadilah dialog antara kyai dan iblis.

“Hai, Iblis!” Panggi kyai yang barui masuk kedalam masjid

Iblis merasa terusik : “ Kau kerjakan saja tugasmu, kyai. Tidak perlu kau larang – larang saya. Ini hak saya untuk mengganggu setiap orang yang ada dimasjidini!” Jawab iblis ketus

“Ini rumah Allah, Blis.  Ini tempat suci. Kalau kamu mau ganggu diluar saja nanti! ” Kiai mencoba mengusir

“Kiai, hari ini adalah uji coba system terbaru!” Kata Iblis hingga kiai tercenung

“Saya mencoba cara baru untuk menjerat kaummu” Iblis menambahkan

“Dengan apa?”  Tanya kiai penasaran

“Sajadah!” Iblis menjawab singkat

“Apa yang bisa kau lakukan dengan sajadah, wahai laknatullah?” Tanya kiai

“Pertama, saya akan masuk kesetiap pemilik saham industry sajadah. Mereka akan saya jebak untuk bemimpi dalam keuntungan yang sangat besar, sehingga mereka akan tega memeras para buruh dengan upah dibawah UMR.  Demi keuntungan besar!” Begitulah penjelasan awal sang Iblis

“Ah.. itu cara lama yang memang seruing kau pakai, Blis. Tidak ada yang baru Blis?” Tanya sang Kiai

“Tidak itu saja!” Tegas sang Iblis

“Lalu?”

“Saya juga akan masuk kedalam desainer – desainer sajadah untuk menumbuhkan  gagasan mereka agar mereka membuat sajadah yang lebar – lebar”

“Untuk apa?”

“Supaya, saya berpeluang untuk menanamkan rasa egois kepada setiap kaum yang engkau pimpin, kiai. Selain itu juga memberi keleluasaan kepada saya untuk masuk kedalam barisan sholat. Dengan sajadah yang lebar – lebar maka barisan shaf sholat akan menjadi renggang. Dan disela kerenggangan itu saya pun dapat ikut membentangkan sajadah” Jawab iblis

Sejenak percakapan kiai dan iblis itu pun terputus.

Ada dua orang yang datang.  Mereka saling membentangkan sajadah. Satu diantara mereka bersajadah lebar dan yang satunya lagi mempunyai  sajadah yang lebih kecil ukurannya. Keduanya berdampingan. Orang yang memiliki sajadah lebar seenaknya saja membentangkan sajadah, tanpa melihat kanan kirinya. Sementara, orang yang mempunyai sajadah kecil tidak enak hati jika harus mendesak jama’ah lain yang sudah lebih dahulu datang. Tanpa berpikir panjang, orang yang mempunyai sajadah kecil membentangkan saja sajadahnya. Sehingga, sebagian sajadah yang lebar tertutupi sepertiganya oleh sajadah kecil. Keduanya masih melaksanakan sholat sunnah.

“Nah, lihat itu kiai!” Iblis memulai dialog lagi

“Yang mana?” Tanya kiai

“Ada dua orang yang sedang sholat sunnah itu. Mereka mempunyai ukuran sajadah yang berbeda. Lihat sekarang aku akan masuk diantara mereka berdua”

Iblis lenyap

Ia sudah masuk kedalam barisan shaf. Kiai hanya memperhatikan kedua orang yang sedang  melaksanakan sholat sunnah itu.  Kiai akan menyaksikan kebenaran rencana iblis yang ia kataklan tadi. Pemilik sajadah lebar, rukuk. Kemudian sujud namun sembari bangun iamembuka sajadah yang tertumpuk, lalu meletakkan sajadahnya diatas sajadah yang kecil. Hingga sajadah yang kecil kembali berada dibawahnya. Ia kemudian berdiri. Sementara itu, pemilik sajadah yang kecil melakukan hal serupa. Ia juga membuka sajadahnya karena tertumpuk oleh sajadah yang lebar. Hal tersebut berjalan sampai akhir sholat.

“Astaghfirullahal ‘Adziim..” ujar kiai pelan…

Dari cerita diatas bahkan pada sholat – sholat wajib pun , terkadang masih terlihat di beberapa masjid. Orang lebih memilih diatas ketimbang menerima dibawah. Diatas sajadah orang sudah berebut kekuasaan atas lainnya. Siapa yang memiliki sajadah yang lebar, maka ia akan meletakkan sajadahnya diatas yang kecil.
Sajadah sudah dijadikan iblis sebagai pembeda kelas. Pemilik sajadah lebar diidentikkan sebagai para pemilik kekayaan , yang setiap saat harus berada diatas dari pada yang lain. Dan pemilik sajadah kecil adalah kelas bawah yang setiap saat akan selalu menjadi sub-ordinat dari orang yang berkuasa. Diatas sajadah iblis sudah mengajari orang supaya selalu menguasai orang lain.

Dimata Allah kita sama, yang membedakan adalah iman kita. Dunia hanyalah sementara. Kekuasaan di dunia juga akan lenyap. Selain itu makna lain yang terkadung adalah mari kita rapatkan shaf sholat kita ^_^ Afwan jika ada kesalahan mohon koreksinya


Wallahua’lam bish shawwab

Wassalamu’alaykum…

================================================================================
Malang, 16 Oktober 2011

©