GASWAT.....

| 0
Pernah denger lagunya BCL "Tentang Kamu"?? Lagu ini meracuni pikiran saya. Gaswat banget bagi saya kalau dah denger lagu yang "KLIK" ma perasaan. Namun, untungnya saya segera tersadar dari racun yang mampu membunuh pikiran saya tersebut. Pastinya dengan cara mereplace lagu tersebut dengan lagu yang mampu mengingatkan saya pada-Nya bukan padanya. Ya.. kalau dengerin lagu hati - hati saja. Kalau sekedar hiburan sih tak apa, bahayanya kalau merasuki pikiran. Waduh..waduh.. bawaannya nyanyiin itu aja akhirnya yang ada dipikiran juga apa yang dimaksud dalam lagu itu...Kecuali lagunya itu kaya' nasyid atau yang mengingatkan kita pada-Nya.

Semangat....Jalan Tak Berujung Disini

| 0
Meski orang mencela dan berkata apa aku tak akan patah sampai disini. Sayapku masih bisa ku terbangkan dengan kepak'an sayap yang lebih lebat daripada yang kemarin. Aku yakin aku pasti akan sampai di tempat tujuan. Masih banyak yang mendukungku masih ada Allah yang selalu ada disampingku. Never give up, tetap semangat 'n keep smile. ^_^

Menuju langit yang sangat tinggi pasti ada angin yang akan selalu menghalangi. Belum lagi rintangan lain yang akan terus menggoyahkan kobaran semangat dalam hati. Namun tetap yakin pada Kuasa Allah Yang Maha Besar. I believe I can. Aku yakin ada rencana terindah dibalik semua ini.

"Pengecut !! " U're the First said it..

| 0
 Nah lo..kenapa judulnya sadis banget.. hehe..sebenere tu cuma perumpamaan doang.. Waktu buka - buka file cerita dilapi tersayang ternyata ada cerita tentang SBH dan waktu aku baca.. Nah..ceritanya bisa membuatku flash back ke masa lampau..hehe...dan salah satunya ada "dia" yang mengatakan aku "pengecut". Itu pertama kalinya ada orang yang bilang aku pengecut... Pengen tau ceritanya..??? Kalau pengen ini dia ceritanya kalau ga pengen semoga saja pengen...hehehe...
Ngawi, Beran VI,22-24 Januari 2009  PERKEMAHAN PENEMPUHAN BADGE
SAKA BHAKTI HUSADA DI SD BERAN VI NGAWI

Hari ini aku mengikuti perkemahan penempuhan Badge SBH di SD Beran VI.Sebenarnya aku cape’ banget soalnya tanggal 18-20 Januari kemarin aku habis naik gunung n turun gunung mengikuti perkemahan SKT PMR di Kletekan Jogorogo and kemarin pagi disuruh ikut ke SBY.(duch pasti cape’ banget tapi demi SBH dibela – belain ikut juga).Dari pagi hari sebenarnya aku dah ga semangat coz aku cape’,tapi aku mikirnya aku za cape’ lha panitiane gimana??.Aku packing aza dah jam setengah 5 pagi tu juga ga pake fikir dulu mau bawa apa za yang penting ntar berangkat n ga mantapin dulu apa tujuanku.( Kalau ga jelas ngapain berangkat,yang pasti tujuan utamanya cari badge,ya…ga?atau cuma ikut-ikutan?).Aku berangkat dari rumah jam 6 pagi with my father.Sampainya dipukesmas ternyata baru ada 4 orang yaitu Kak Khanang,Mbak Idha,Daisy ma Rita ( Duch kecewa banget nich padahal kan dah jam 7,secara chek in nya aza jam 7 kok lom ada orang…Maklum lah kota Ngawi banyak Jam Karetnya..).

Setelah sekian lama aku menunggu ( ga ada setahun kok lama).Akhirnya…sedikit demi sedikit ada juga yang datang.And akhirnya lagi………( datang juga ) diberangkatin juga tu ma kak Radhit setelah sebelume disuruh gambar peta ( ni lo kak ade’mu dah ga sabar buat kemah padahal awalnya tadi dah bilang cape……).Kami dipisah – pisah menjadi beberapa regu dengan prinsip ga sebangsa dan setanah study ( ga seschool makzud’e ).Pertamane sich sama kak Khanang disuruh berhitung n perregu 2 orang,lha waktu tu aku ma muzi..Tapi tiba’e dipisah juga ma Kak Gun coz seschool (lha gitu lo biar adil…duch yang tadine seneng kaya’e mukanya ditekuk – tekuk dech ).Akhir’e aku kelompoknya Anis ma Qori.

Syarat untuk berangkat adalah jawab pertanyaan dari kak Uzumaki (eh..salah kak Radhit makzud’e).Kapan pramuka diperingati?aku dah mikir kapan ya… eh ternyata kedahuluan kelompok ’E muzi (kasihan dech loe makanya belajar) terpaksa dech nunggu giliran lagi (antri tiket ya bu!).Pertanyaan ke-2 siapa bapak pandu Indonesia,seingatku cuma Sultan Hamengkubuwono tapi aku lupa ke berapa ya! (tu salahnya ga’ belajar). Akhirnya… soal diganti (ge’ Yo’o diganti barang to kak ).Sebutkan salah satu SKK krida bina gizi (mati loe aku kan krida penanggulangan penyakit). Yow wis tak relain wae tu buat anak-anak krida bina gizi ( relain atau emang ga bisa ).Akhire yang berangkat kelompoke Yuni.Soal berikutnya siapa ketua dewan saka ? pikiranku tu Pak Ni ternyata Supri yang jawab kak Khanang (glodaks…soal mudah kok ndak bisa kasihan dech loe).Aku dah pesimis tapi aku yakin aku bisa (emang apa’an).Soal berikutnya siapa istri Bodden Powell (ya bu bodden powell donx..he..he..)Tapi ga’ bisa juga akhirnya soal diganti lagi siapa nama kecil Bodden powell yo kalau itu aku bisa coz masih nemplek difikiranku yaitu R.S.S Bodden powell (ye… akhirnya bisa juga btw ,R.S.S capa? ).

Aku berangkat juga aku di beri soal yang harus dikerjakan dijalan. alhamdulilah aku bawa buku PMR jadi dikit2 bisa ( ge’ yo’o nyonto ).Mari ke pos II dirumah Pak Ni. Pos II ni tentang pengetahuan agama .Yo biasa dijede’i gitu2an .Ga’ada yang spesial banget di pos II tapi aku tambah pengetahuan tentang agama ( Waduch..masa’ tow ga da yang special bukanne disuruh buat peta pita??).Lha tu dia PETA PITA aku ga mudeng tapi tenang..ada les privat dari kak Radhit jadi 25 % donx lach dari pada blas ( Minta bayaran aza kak,Privat loe kak lumayan buat nambah uang saku..he..just kidding).Dari pos II ini aku harus lebih jeli lagi buat ngitung jarak,arah waktu dan lain2,tapi ada juga manfaatnya ( manfaat??beneran ga tuch..tumben ga ngeluh ).Yach dari ngitung itu kita jadi belajar peta pita.Setelah sekian lama dijalan (ngapain bu’?) akhirnya sampai juga di pos III,pos’e kak Idha.Seperti adat kalau baru sampai pos laporan dulu baru kegiatan.Kegiatannya sih asik banget kaya permainan gitu namun hikmahnya kita harus jeli agar kita ga salah pilih kotak coz jika kita salah nginjak kotak kita bisa dihukum.Aku sich lulus ( kaya school za ) jadi ga dapat hukuman n untuk yang terkena hukuman wajib menemui kak Do2.

Abis dari pos tu kami diberi tugas tuk buat yel – yel disepanjang jalan (kenangan..he..he..Whatssssss…..yel?). Akhirnya kami melanjutkan ke pos selanjutnya yaitu kepos IV pos LBB ( duch..dah panas,ga ada payung,ga bawa air LBB lagi…tuch di sungai banyak air!).Dipos ini kami di LBB ma kak Bram.Waktu LBB dijalan ada truck jadi kami buat aba – aba sendiri “geser otomatis agar ga ketabtrak…..grak”! (emang ada ya aba – aba tuch,kapan diresmikannya?).Setelah kepanasan saatnya kedinginan ( nyemplung kali kamzud’e…glodaks…walah kak aku mah dah bosen atu nyemplung kali terus..). Setelah itu ngapalin dasa dharma and disuruh kak Tifa nyanyi saat terakhir n Rosi nyanyi Cinta sampai disini.But,kak Do2 ngrubah scenario (emang drama bu’?) aku malah di suruh nyanyi berkemah ( wdiihh…pramuka ada tes nyanyi juga ya..kaya pepatah sekali dayung 2 pulau terlampaui kamzud’e ikut pramuka sekaligus belajar nyanyi…). Setelah puazzz banget nyebur lepen + jadi penyanyi pingkal ( pinggir kali makzud’e ) we let’s go to next post.Jarak’e jawuuuuuuuuuuh ga pake bangetzz.Mana panas kanan sungai kiri sawah ( apa hubungannya??) tapi kami tetap semangat… (ceile..tenan pora wi ).Udah kami kelompok 2 dari akhir tapi gpp lach alon2 asal klakon ( sampai tujuan makzudnya).

Setelah melalui hamparan sawah yang begitu indah…air sungai kaya coklat ( diminum aza bu’?) n ada ajah pokoknya…akhirnya sampai juga diwarung pojok. (loch bukan pos tow ).Ya cih sebenarnya itu pos tapi berhubung dah haus pake buangeeet akhirnya…jreng dulu ah.. (minum sisri dibilang jreng).Setelah nongkrong diwarung kami akhir’e nemui kak Khanang di pos V. Namun saat itu aku ga ikut nyemplung kesungai ( yach..ga jadi renang gratis dech ).Temen2ku yang renang enak banget bisa mandi coklat gratis..he..he..Akhirnya selesai juga renangnya alias time out. Hampir aza kartu kegiatanku ga ditanda tangani gara2 ga ikut nyemplung ( tapi aku kan penonton setia ).But,karena kak Khanang tu orangnya baik hati ( rajin menabung dan tidak sombong ) ditanda tangani juga tu kartu kegiatan (makasih ya kak,begitu berartinya kartu itu untukku).Setelah itu kami ke warung lagi buat..makan lagi mumpung ada gratisan lagi dari Pak Ni.( makan??ngambil tas yow...Tapi makasih ya pak dah mau mbayarin makan).

Disitu Pak Ni juga bilang siapa yang darahnya “O” disuruh donor n dari pertanyaan tu tercipta berbagai macam jawaban,ada yang ga mau (emang ga mau semua kan?).Abis tu kami nglanjutin lagi sekitar 1 KM buat sampai ke base camp.Akhir’e dengan perasaan kaget,gembira,seneng,happy n etc ( apa bedanya?) sampai juga kami ketempat tujuan yaitu SD Beran VI.Subhanallah begitu indahnya SD Beran VI ni bersih lagi.Aku n my prend langsung istirahat.Ga berapa lama dari tu kami have lunch n mau mandi ga jadi coz dah disuruh kumpul.Tapi kumpulnya cuma sebentar ngasih tau peraturan jadi aku bisa mandi.

Abis sholat kamipun melaksanakan upacara pembukaan yang super special coz upacarane didalam ruangan.Yang jadi pemimpin adalah kakak yang budaya jawanya kental banget ( capa tu??) n yang jadi Pembina kak Bram.Abis upacara kami diajari rapling yang di handle kak Khanang.Dalam materi ini kami memperdalam ilmu tentang rapling mulai alat2,cara pake n prakteknya sekalian.Kami dari peserta diharapkan mencoba untuk memakai alat2 rapling dengan benar ( biar adil..di suruh satu persatu ).Setelah materi rapling kami istirahat istirahat sebentar namun tak berapa lama ada sensasi baru dari kak Do2,Pak Ni n etc.Disitu kami belajar mencintai budaya bangsa ( glodaks.. aku ga bisa namun aku tetap semangat).Kami diajarin ini lah,itu lah n apa lah poko’e banyak dech dari nari sampai..merauke dech sampai2 aku bisa menjatuhkan air mata ( waduch..kok bisa bukane acarane seru banget?? ) .

Yach..aku harus terima kalau akhirnya di SBH ini tambah lagi yang bisa bikin aku ngeluarin mutiara ( kaya putri duyung aza ) dari mulai kak Danis,terus dischool kak Radhit,kak Dimas,kak Khodhori,lha ini malah tambah Pak Ni ma kak Do2 n yang ikut pada permainan sore tu.Padahal setauku kak Do2 tu ga gokiel2 amat dech eh ternyata malah diatas rata2 he..he..Akhirnya acara yang dikemas dalam tema “ marilah kita lestarikan ( hutan kita) budaya bangsa “ selesai juga n kami istirahat lagi.Habis itu kami diambil alih kak Khanang,di situ kami di PLB sore hari.Ada aja pokoknya kesalahan kami.Konsekuensi yang harus kami terima ialah push up. ( beri keringanan donk kak kakak kan baik hati..).Ditambah lagi ada kak Do2 n kak Radhit.Kami di LBB model baru ala SBH (apa’an tu ).Tangan keatas kesamping diayun grak…he..he,.. itulah sepenggal dari LBB ala SBH.

Setelah itu masih ada LBB yang unik serta trend 2009 dari kakak’e.Waktu LBB kami ditanya siapa yang lapar,ya aku jawab aja lapar ( waduch..lapar juga ternyata>kalau lapar makanya makan..).Setelah sekian lama aku menunggu kedatanganmu oh..nasi (datanglah..kedatanganmu kutunggu..gubrak..malah nyanyi).Setelah diLBB akhirnya makan juga.Waktu makan kami disuruh jalan jongkok (rasain loe susahnya cari makan).Jalan jongkok..jadi inget penggalan lagu forget to me waktu pramuka di SMP “mau makan jalan jongkok habis makan lompat kodok,kudicaci dimaki dan dibentak – bentak..”.Setelah semuanya dapat nasi kami disuruh buat lingkaran n disuruh nanya nasinya “nasi,mau ga kamu saya makan” ( ga mau..gila nasi diajak ngomong).

Setelah makan kami sholat Isya ( ga wudhu dulu to ).Abis bersimpuh kepada Yang Esa kamipun diberi materi PeJas dari DinKes.Dimateri tersebut kami dijelaskan lebih jauh lagi tentang pemantauan jentik n ditambah lagi materi tentang Narkotika.Banyak banget,,sampai2 aku ngantuk.he..he..Setelah itu kami diberi pertanyaan terus kalau kita bisa kita akan mendapatkan kaos dai DinKes (duch enak’e,hari gini masih ada yang gratis…enak dech).Pertanyaan pertama ga da yang bisa terus pertanyaan kedua agak nyrempet tapi sayang…….aku ga dapat kaos ( sedih ya…kasihan dech loe salahe jawaban rokok malah dijawab nikotin…he..he..).Abis itu yang dapat kaos kak Khanang,Rita n Rifky ( loch kok anak smasa semua…ga salah nich).Untuk kaos terakhir…Gita yang dapat…Sedih dech ga dapat kaos ( tenang za persediaan terbatas he…he..).

Abis tes…(e..maksudnya habis memperebutkan kaos kita rebutan…apa ya).Saat itu kata kak Radhit kita ( loe aja kali gue ya…) berada antara hidup dan mati karena kita akan tes penempuhan badge.Soalnya 10 jawabannya…sok pasti ya 15 ( dikurang 5 ).Mana soalnya tentang arti lambang semua padahal aku ga begitu paham ( karena ga dibaca..ya tow..).Aku berbudrek - budrek ria daripada aku ga lulus gara – gara nyontek mending ngerjain sendiri tapi halal ( sok banget…).Disitu aku takut banget mana kak Radhit keliling,kak Khanang dibelakang dan para kakak – kakak kaum hawa didepan.Difikiranku Cuma ada kata aku yakin aku bisa ngerjain.Waktu terus berjalan ( emang punya kaki….)jadi waktunya dah habis.Aku segera ngumpulin dan berdoa agar aku diberikan hasil yang memuaskan.

Setelah bermumet – mumet ria kami disuruh tidur karena kegiatan berat akan menunggu kami.Sebelum tidur aku ma best friendku pasang alarm (mang buat pa??).Buat antisipasi PBL ( PLB makzudnya..).Soalnya disetiap perkemahan apa aza itu pasti ada adat itu.Sebelum itu,kami juga persiapan apa aza yang diperlukan buat PLB misal pramuka lengkap yang kami taruh dimeja diatas kami tidur.Habis itu kami berlayar kepulau impian…

Alarm jam 01.45 WIB berbunyi tapi….( da pa??) kok ga ada PLB ya…!tebakanku keliru nich.Ya udah lanjutin aza terbang kealam impian…Sekitar jam 03.00 WIB kami dibangunkan buat Qiyamul Lail.Abis itu nunggu sholat shubuh.Setelah mentari muncul kami disiapkan buat senam pagi.Setelah senam pagi kami makan pagi.Seperti adat kalau mau makan kami harus jalan ditempat,….(glak) tangan diatas kesamping diayun…turun lalu makan…Dalam makan pagi ada yang tidak habis lalu kak Tifa mengumpulkan makanan yang tidak habis dijadiin gado – gado lalu kami disuapin satu persatu ( kaya bayi ya…).Kak Tifa makanan kami dah habis masa kami disuruh makan lagi.Perutku dah miscal n SMS katanya dah kenyang ( no hape’nya perut berapa Vit??).Ya dengan terpaksa ketelen juga tu nasi.Abis makan ternyata ada materi P3k.Sebelum itu katanya kak Radhit mau ada praktik rapling ( ayo…rapling aza),kak Radhit masih mencari tempat yang pas buat rapling karena ga semua tempat bisa ditempati.(Ya iya lach masa’ ya iya lach…).Saat materi P3k yang handle kak Tifa.Kami dijelasin tentang apa itu P3k dan ruang lingkupnya.

Saat materi itu kak Radhit nambahin materi (untung kamu sedikit punya walapun harus pake ilmu keling).Abis itu kami ditanya kak Khanang siapa yang bawa senter kuning (glodak aku kan bawa yang putih).Saat itu berhubung banyak yang ga bawa kami diberi waktu 30 menit buat cari.(30 menit kumencari senter tak dapat juga…kok malah nyanyi).Aku mencari bareng Muzi. Rumah demi rumah kami masuki tapi jawabannya sama “sepurane mbak,sentere wonten tapi bateraine mboten wonten”(glodak…beli..ga dech. Sekarang kalau ilmu ekonomi dikeluarkan…ga jadi dech).Akhirnya…(kumenemukanmu senter pinjamanku) kami masuk kesalah satu rumah…untung ada.Terus kami pinjem dech.Setelah sampai di sekolah kami dibagi menjadi beberapa kelompok.Aku ndiri bagian kelompok RT 4.Anggotanya aku,anis ma mbak puji n leadernya mbak Nia.kami dikasih selebaran ( bukan brosur loch ) ma abate.

Kami memulai perjalanan dengan berkunjung kerumah pak RT.Saat itu penunjuk jalannya anak SD yang ikut kami.Diantaranya yang aku hafal cuma de Erik. Kami bersama – sama masuk rumah satu kerumah lain.Disitu ada rumah yang kamar mandinya positif ada jentiknya dan ada yang negatif. Aku kaget banget kok dirumah – rumah warga dah ada sanyo istilah jawane.Padahal rumahnya ya biasa – biasa aja.Aku seneng lagi orang disekitar situ tu ramah banget kita – kita malah kalah dalam hal bahasa (salahe jadi anaknya werkudoro sing ra iso boso).Saat dijalan aku dibeliin adeknya es,duch malu sich kakaknya malah dibeli’in (jan ga bondo) seharusnya sebaliknya..he…he…he…Aku juga kasihan ma temene de’ Erik coz talinya hilang ( dibeli’in donk kak ).Saat Jumantik kami juga mengunjungi rumahnya de’ Erik.De’ Erik tu lucu banget.

Setelah selesai dapat 20 rumah buat disurvei ma diberi abate kami kembali ke base camp.Setelah kembali ke Base camp kami istirahat.Tak berapa lama kami tuker – tukeran no Hp ma adek’2’e.Duch kenalan baru anak SD pasti lucu – lucu.Setelah itu adek2’e berpamitan dan akupun melanjutkan tugas dari kak Radhit yaitu buat cerita kegiatan.Ga disangka aku ketiduran (cape kaya’e).Tau – tau aku bangun dah jam setengah satu. Muzi ngajak aku buat ngembali’in senter (hayo…minjem kok ga segera dikembali’in).Abis mengucapkan terima kasih dah dipinjemi senter kamipun cari makanan (laper ya…).Setelah itu kami kembali lagi kesekolah..eh SD Beran VI makzud’e.Ternyata diSD tu belum mulai aktivitas.Masih ada yang istirahat,ngerjain tugas n ada juga yang pegang Hp’nya masing – masing.Setelah jum’atan selesai kamipun disuruh masuk coz ada materi dari kakak pembina.Materi pertama demam berdarah.Disitu yang mau bertanya dicatat ma Pak Ni. Katanya mau dikasih hadiah.

Dari sesi awal – akhir jarang ada yang tanya.Abis itu materi tentang Flu burung.Saat materi bikin ngantuk coz di Indoor. Tapi kalo di outdoor juga panas (Di indoor-outdoor aza biar ga ngantuk n ga panas..he.he..he..).Dari materi ini kami mendapat hikmah n dapat pelajaran tentang kesehatan yang belum kita ketahui sebelumnya.Habis itu kami makan…padang ( emang biasanya ga padang..berarti gelap donk).Habis makan Lanjutin lagi ke materi Demam Berdarah.Setelah itu materi Gelut…(eh…salah Gilut makzudnya Gigi dan Mulut) oleh Pak Ni.Dimateri kali ini kami sharing permasalahan kesehatan apa za yang menjadi keluhan.Waduch..jadi tambah luas nich pengetahuannya.Abiz beberapa materi kami Sholat Ashar… Setelah sholat Ashar kami istirahat bentar.Aku kira habis itu materi Rapling.eh…ternyata ga jadi coz kata kak Radhit Pohon yang digunakan ga mendukung,aduch…kak ga menarik donk ga pake rapling.Tapi aku agak seneng coz diganti ma outbond.Biasalach out bondnya anak SBH,itu..tu..yang bikin gelak tawa.Disitu banyak yang dihukum tapi…Aku ga. Sampai – sampai Kak Bram juga ikut kehukum.

Dioutbond tersebut untungnya ga ada diskriminasi sosial..apan tu?makzudnya kakak ma Adik sama za coz lebur jadi 1 dioutbond tersebut.Kasihan banget lo pas kakak’e dihukum kan biasane kakak yang hukum ade’e.He..he,..he……Di outbond tu seru banget malah ga da yang bosen semuanya tertawa.Disela sela outbond ada temenku yang disuruh menghadap kak Danis dkk….hayo..ngapain tu…Diantaranya Anis,Novi,Dais ma Hak Atas Kekayaan Intelektual…Haki makzud’e.Mereka dipanggil coz aktif bertanya..ciye…ciye…Tapi kalau aku lihat dari sudut pandang…(mana Ya)..kaya’e mereka dimarahi ma diLBB dech..Dais aja sampai nangis…Ternyata setelah menimbang,mengingat,mendengar dan memutuskan akhirnya menetapkan….(busyet panjang banget ) ternyata mereka diberi PIN ANTI ROKOK. Uenak…ceritane ternyata kaya perumpamaan Bersusah – susah dahulu baru Seneng.Setelah matahari kembali keperaduaannya akhir’e kami diisuruh ISHOMA.Waktu makan asyik banget loch..diLBB dulu baru makan,mana diketawa’in anak SD pisan,terus disuruh lagi bilang ”Pak Ni mintau makan…”duch mau makan aza kok sulit padahal dah bayar kok masih sulit makannya apalagi yang belum mbayar ya…he..he..Tapi akhir’e dapat makan juga kok yach meskipun kita – kita (loe za kali gua ya..) harus akting jadi pengemis harus rela DiLBB n etc dech tapi kami tetep seneng coz mengandung banyak sekali hikmah dibalik semua tu.

Saat Ishoma di ruang kelas kami kumpul bareng ada yang nyiapin pensi,ada yang ngobrol…Namun setelah kak Radhit datang kami malah flash back bicara’in PAS.. (Ko masih inget ya PAS,emang berkesan…).Disitu kak Radhit sedikit cerita tentang kepandaian kak Dimas dalam membuat Lelucon,Cerita juga tentang kak Khodhori dan lainnya dech.Kami diberi waktu kak Khanang sekitar 20 menit untuk ngrembuk masalah pensi.Setelah lama Syuro’ ( paan tuch..??) kamipun disiapkan di Lapangan untuk Pensi.Namun kaya’e malam tu cuacanya ga bersahabat alias gerimis jadi lom sempet pensi dah disuruh pindah.Namun seperti adat diperkemahan kami tetep bisa nyalain api unggun walaupun sederhana banget.Tapi ya’e anak – anak SD juga menikmati banget.Saat tu yang handle kak Lita.Kelompok pertama yang dsuruh maju aku ma Muzi…waduch ga siap nc,,,namun akhir’e Allah masih membantu kami dengan cara agak nurunin banyak air jadi kami disuruh pindah keruang kelas.Sesampainya diruang kelas kami punya inisiatif untuk mengundi kelompok mana yang harus tampil.Syukur dech aku no.4.

Pensine lutu..lutu…da yang nyanyi puisi nari n ada juga yang sok bisa sulap.Namun yang paling berkesan adalah pensinya adek2 SD dari Beran VI coz bagus banget aku ndiri za belum tentu bisa.Waktu aku pensi aku takut aku salah tebak coz ga da latihan..(salahe disuruh latihan ga latihan…).Untung za Muzi tu temen yang bisa diajak kompromi jadi mudah tapi ditengah aku sok bisa sulap aku dikerjain ma kakak’e masa permenku diambil satu dan disuruh nebak capa yang bawa..ya ga bisa now kemampuan seseorang kan terbatas lagian aku juga ndak sehebat yang dibayangkan.Aku bilang aza permennya pasti dicuri ma salah satu orang yang saat itu ada diruangan tersebut…(ya..iya lach masa’ orang yang ada dilapangan).Setelah selesai pensi kami ditanya kak Kholil rahasianya apa kok bisa sulap tu..kami bilang aza rahasia umum….pasti suatu saat nanti akan tau rahasianya apa..(kasihan dech kakak ga dikasih tau Muzi…he,,,he..Just Kidding).Kak Kholil tanya lagi tapi kaya ga tau Muzi gimana za…Saat itu dibelakangku ada mbak Atma,Mbak Binti dkk..Aku ditanya kenal ga ma cowok yang ada disamping mbak Atma…ya aku ga kenal donk..akhir’e aku dikasih tau kalau tu ketua SBH zamannya mbak Atma..Orang’e kaya’e pendiem tapi tau ya asline gimana..

Setelah Pensi demi Pensi dilewati kami sampai di akhir akhir pensi waktu tu kelompok’e Adit yang tampil.Seru abiessssssssssssssssss…coz Ketuaku Saka ikut ngedan dipensi tu..Masa’ seorang Kak Khanang bisa heboh kaya gitu..agak ga percaya dech..tapi apa sich yang ga mungkin (bukanne tu pensi pembukaan tow??waduch maaf pembaca salah naruh berita).Dilanjutin lagi da pensinya Kak Heri,Kak Bram,Mbak Tifa ma Mbak Atma yang kaya patung alias diem – dieman.Tapi teteeeeeep serrrrrrrrrrrrrru abis.Dilajutin lagi nyanyi berjamaah…(kaya sholat aza).Abiessssssssss tu tidur dech coz waktunya dah ga memungkinkan…Seperti adat aku ma Muzi siap siaga ada (Banjir…)salah kamzud’e kalau ada PLB dadakan.Aku bilange ke Muzi jam 24.00.Ya udah di alarm aza tu.

Waktu kaya’e dah menunjukkan tengah malam tapi kakak’e kok ga da yang bangunin berarti PLB’nya diundur..yaw wiz kembali ke khayangan lagi dech akhire.Jam 2 pagi aku bangun eh,,,ternyata sama kakaknya langsung dibilangin “De’ ganti pramuka lengkap pake sepatu.,”Busyet dach…Lengkap…ya udah aku dobel aja tu baju…Setelah itu kami diambil alih ma kakak’e.Kebetulan aku yang megang kak Danis.(siap mental nich..)Disitu kami ditanya tentang SBH masalah SKK.Aku takut coz aku ga begitu hafal.Kami juga ditanya siapa yang mau berangkat duluan.Aku mau za dari pada nanti.Jadi yang berangkat aku ma Rita.Kami langsung dikasih tau untuk menghadap Kak Do2.

Kami dikasih tau kak Do2 mana rutenya.Kami hanya dibekali korek api 7 ma lilin.Habis itu berangkat dech…….Setelah sampai dipos 2 kami dihandle kak Tifa ditanya mau jadi apa di SBH,Tujuannya inovasi buat SBH n etc.Disitu kami mengungkapkan keluhan2 kami diSBH.Setelah puas dipos 2 kami melanjutkan perjalanan hingga kepos 3.Disana ada kak Radhit.Busyit dech kalau yang ngetes kak Radhit coz pertanyaannya bisa sampai sabang ampe kembali lagi ke merauke coz kak Radhit tu orange pinter banget low disuruh induksi n deduksi pertanyaan.Intine yang berhadapan ma kak Radhit tu harus siap segalanya mulai dari mental,belajar,etc dach.(uang ga kan???he…he…).Syukur dech aku lulus waktu di tes kak Radhit padahal jawabanku tu asal jeplak aza…Makacih yaw kak,ternyata kakak ga separah yang aku tulis diatas tadi..

Setelah itu aku ma Rita nglanjutin perjalanan alias Hijrah…he…he..he…Ini pos yang paling n sangat – sangat,very-very,banget- banget(ga usah narziez..napa??) mendebarkan coz pos buat cari badge…(yes..yes..yes..aku mau cari badge..doa’in dapat yaw) Aku ma Rita cebener’e ragu.Ge’ Yo’o nanti dikerjain gimana…Tapi niat dapat menaklukan ketakutanku.Kamipun disuruh cari badge ma mbak Binti ma mbak siapa ya…kaya’e ku lupa (maap ya mbak…Aku inget kaya’e mbak Devik dech).Ga berapa lama Rita dapat dulu’an.Waduch gimana nich kalau aku ga dapat,bisa dihukum,dimarahi,di………cincang (direbus atauu digoreng aza sekalian ).Mbak Binti akhir’e ngasih petunjuk keselatan sekitar 2 m.Waktu itu aku nemu’in kaya rokok gitu coz dibungkus plastik eh..ternyatau tu badgenya..(seneng dech aku).Kalau boleh Flash back seumur –umur kalau disuruh nyari badge ga pernah dibungkus,tu sebabnya aku buang lagi tu badge.Tapi aku tetep seneng n bersyukur banget bisa dapet badge.Setelah itu kami disuruh ngungkapin gimana rasanya dapat badge sambill lari..tapi……aku dikasih tau kak Kholil bahwa temenku ga dapat.Kok Gitu sich…………

Setelah merasa senang diatas penderitaan orang lain akupun disuruh duduk dipinggir kali..(whats….nyamuk thok kak..)taupi ga p0p0 lach dari pada ngadek terus.Ga berapa lama datang kakaknya ngasih tau lagi “dhek,temenmu ada yang ga dapat badge..gimana sikap kamu?”glodaks…kak jane aku yow mesak’ke tapi piye ya…aku dewe yow bingung bantune gimana.Mana aku dah ga konsen lagi coz di’cium abis- abisan ma nyamuk.Sedikit demi sedikit yang dapat badge bertambah,da Muzi,Rifky,Ester n etc.Sampai pada suatu saat kami dikumpulkan yang dapat badge ditanya “apa yang akan kalian lakukan buat temen2 yang belum dapat badge,padahal kalian saudara senasib (n sepenanggungan)”.

Seketika itu kami diam tanpa kata ( ya iyalach kalau berkata – kata tu namane ngoceh…).Kami ditawar’I kakak’e gimana kalau badge yang udah kami peroleh dikembalikan lagi..(whatsssssssssssss……………dikembalikan??????Sia – sia donk nempuhnya).Kami pun berkata “tidak”.Kami maunya bantu anak – anak yang belum dapat badge.Namun kakaknya berpendapat lain lagi “Dek,kalau kalian bantu aza pazti kalian ga akan sungguh – sungguh coz kalian dah dapat badge”.(glodaks…bener juga yach.tapi……….aku ga mau kak nolak rezeki yang udah di kasih oleh yang Maha Kuasa…).Kami akhirnya dihadapkan ma anak yang belum dapat badge.Kak Anam memberi kesempatan buat yang belum dapat badge buat minta kakak’e,namun ada yang mau dan ada pula yang ga mau.Spontan kak Anam langsung bilang ”pengecut bagi yang ga berani minta kakaknya”.Astaugfirullah…kak kata2’ne diganti pasti lebih enak didengar..N bagi yang udah dapat badge ditanya satu persatu “apa yang akan kalian lakukan,mau ga kalian penempuhan lagi 1 malam” (gubrak…nginep lagi sontak dech aku ga mau).Ada yang menjawab membantu untuk meminta badge.Aku juga bilang gitu terus sama kak Do2 disuruh Bantu Rosi.

Pertamanya disuruh bilang ke kak Radhit.Sama kak Radhit disuruh Bantu Rosi.Aku langsung cari Rosi ‘n ternyata Rosi dihandle Kak Do2 (perasaan dari tadi kaya dikerjain dech disuruh mondar-mandir¬¬_riwa-riwi_hilir-mudik_bolak-balik_ke sana_ke mari tapi hasilnya ga pasti_Ge Yo’o diberi kepastian napa??).Ma Kak Do2 aku ditanya aku mau ngapain.Terus mau ga nyerahin badge ku untuk nempuh lagi Yow moh now aku.Tapi kalau aku ga mau gimana nasib’e temen2ku yang belum dapat badge?Waktu itu kak Anam datang n kak Do2 bilang ke kak Anam low aku ga mau ngasihkan badgeku.Kak Anam langsung bilang pengecut. Busyit…….Pengecut kak dalam hatiku berkata gitu.Seumur umur baru kali ini dibilang pengecut.

Orang tuaku aza low ga pernah bilang kaya gitu.Akhirnya aku serahin aza tu badge ke kak Do2 n aku disuruh ikut bergabung ma temen2ku yang juga ngrelain badgenya.Ohy…aku agak seneng coz tez tulisku kemari lulus..yach walaupun dengan nilai yang ga begitu baik.Setelah ikut gabung ternyata ada yang nangis dan da yang ga.Dan aku ndiri diantara 2 pilihan tu.Kami yang ga nangis ditanya ma kak Bram kenapa kami ga nangis. Jawabanne kaya gado2 ditambah tahu campur.Aku jawab aza bahwa nangis ga akan nyelesain masalah.Kekesalanku pada Kak Anam yang bilang pengecut tu pun bisa sedikit hilang ketika kak Anam bilang salut pada kami semua.(Akhir’e ga mangkel lagi,dasar cwe;’ kalau dah dipuji pasti mangkel’nya juga hilang).Kami ditanya mau penempuhan lagi atau ga aku bilang aza mau asal ga menginap.Waktu itu Yuni nangis n kami disuruh untuk menenangkannya.Tapi Yuni malah nangis n kamipun bukannya menolong tapi kami juga ditolong (ge’ yo’o ngapain lo nangis jare nangis ga nyelesain masalah??).

Yang bisa nasehatin Yuni adalah mbak Yana.Setelah ada ultimatum dari kak Khanang dan kakak lainnya kamipun disuruh berkumpul.Setelah itu dengan rasa terharu kamipun diberi tau bahwa kami ga perlu kemah buat nempuh lagi dan kamipun dapat badge….(duch so sweet…seneng banget kaya’e).Abis tu masak’e jabat tangan ma kami.Akhirnya berakhir dengan senyuman n semua kekecewaan pada kakaknya hilang.Kakak2’e juga memberi suatu masukan bahwa rasa kekeluargaan itu lebih dari segalanya,dalam suatu keluarga sakit satu sakit semua dan jika salah satu senang maka senang semua.Setelah bersedih – sedih ria,dan bersenang – senang kemudian kamipun kembali ke base camp.Dijalan kami lihat kerbau mandi,lucu banget (emang da hubungannya ya…??).Setelah kami sampai dibase camp kamipun disuruh istirahat sampai jam 06.15 WIB.Namun maklum jamnya Ngawi,molor juga tu waktu.Padahal prinsipnya time is waktu…(ya iyalach…he..he..).Setelah bangun tidur kamipun cinta alam dan kasih cayanx……(cee..ilech pramukane metu).Kami bersih – bersih habis tu baksos.Abis baksos kamipun upacara penutupan yang jadi Pembina kak Anggun,setelah itu ternyata kami diberi souvenir.....PIN makzud’e.

Waktu ngambil kami disuruh duduk coz kak Khanang duduk ya sebagai wujud kita menghormati masaknya..(ge’ yo’o akhir’e kak Khanang yang berdiri).Setelah itu waktunya pulang…..kami pakai system Cloter.Cloter pertama enak ndanx c4 pulang lha…aku cloter ke-2 tapi gpp lach lagi’an berat ninggalin SD Beran VI ( tenan pora wi??).Waktu tu de’ Khoirul datang ngasih kenang-kenangan ke masaknya..duch pengen……Setelah sekian lama menunggu akhirnya pulang juga naik ambulance…Aku bersyukur karena kemah penempuhan badge dan aku tempuh tinggal pekerjaan baru dah nunggu didepan mata………..

Buat kakak2’e semuane wae makacih dah mau bimbing kami sampai saat ini dan memberikan suatu kenangan yang mungkin akan tetap jadi kenangan sekaligus semangat…Tetap semangat buat bimbing kami n jangan pernah puas buat bimbing kami..Dalam kemah 3 hari ini banyak hal yang aku dapat diantaranya gimana sich rasanya orang – orang yang sulit nyari makan,rasa kekeluargaan yang ga akan pernah tergantikan n etc.

Buat kakak Alumni dan Pembina makacih dah nyadarin aku agar aku ga egois mikirin diriku sendiri terutama buat kak Anam,mungkin disalah satu sisi emang mangkel dibilang pengecut namun dengan kata2 tu juga dapat memberiku motivasi agar aku berusaha bagaimana cara memperbaiki diriku agar aku ga dibilang pengecut lagi.Kak Danis kok dalam kemah 3 hari ini ga bisa buat full komedi napa,,biasanya masak kan yang paling bisa bikin suasana rame..

Buat Kak Khanang Tetaplah jadi pemimpin yang dapat dijadikan contoh rekan – rekan maupun adek2nya serta ga bosen buat dakwah’n kami.he..he...Kagem kak Radhit matur suwun pelajaran basa jawinipun,,(sulit basa jawanya ganti bahasa za).Kak,menawi maringi soal mboten sah ingkang

awrat,yang easy - easy mawon.(ge’ yo’o bahasane campur kaya gado2).Menawi wekdal nglampahi kemah meniko kulo kaliyan rencang2 wonten kalepatan nyuwun pangapunten kagem sedoyo mawon.Afwan juga kalau ceritanya mulek,ga maksud n kemarin kan nyuruhnya synopsis eh..ni malah cerpan,I’m Sorry ya kak,…..Yow emang hanya ini kemampuannya de’ Vita..he..he..Maaf juga kalau ada kata – kata atau nama,tempat dan tokoh yang sama karena itu hanya kebetulan semata tidak ada unsur kesengajaan serta tidak bermaksud menyinggung.

Kawan kenalkah kau dengan kami
Kami ini semua sahabatmu
Praja Muda Karana namaku
Saka Bhakti Husada Pangkalan Ngawi kota
Kami semua slalu bergembira
Jalankan tugasmu untuk semua saja
Ya..ya..ya…ya
( Theme Song SBH Ngawi Kota )




Nah...udah tau kan ceritanya... Ya cukup sekian dan terima kasih...hehe ^_^


Sangiran, 17 Mei 2011
©

MOTIVASI : Pilihlah Aku Hai Ikhwan

| 0
Bismillaahirrahmaanirrahiim
Assalamualaykum warahmatullahi wabarakatuh
===========================
Sahabat........
Adakah diantara kita, khususnya kita para wanita dan kaum akhwat pada khususnya, yg berani mengatakan 'Pilihlah Aku Hai Ikhwan' kepada seorang ikhwan yg diharapkan menjadi pangeran hatinya..??

Adakah seorang wanita yg cinta demikian tulus sehingga rela mengalah untuk kebahagian saudarinya yg lain..??Tulisan ini kurang lebihnya berisi ungkapan curahan hati seseorang wanita yang ‘mengalah’ kepada wanita lainnya, hanya demi kebaikan seorang ikhwan yang dicintainya, hmmmm...

Masa Keindahan Putih - Abu

| 0
 Masa Keindahan Putih - Abu
( Part 5 : Songsong hidup yang sesungguhnya )


Hari ini pengumuman kelulusan, tepat pukul 10.00 WIB tadi pesan dalam amplop putih telah tersampaikan. Saatnya say good bye to Senior High School. Setelah 3 tahun berjuang dengan penuh suka duka, tangis dan tawa akhirnya masa itu berakhir bahagia. Kata "LULUS" itupun kita dengar. Rasanya baru kemarin masuk SMA sekarang sudah disuruh pergi (secara terhormat). Ujian Nasional yang menjadi ketakutan siswa juga sudah terlewati. Sekarang harus qona'ah dengan hasil yang telah diberikan karena itulah yang terbaik bagi kita. Insyaallah... 



Berat juga meninggalkan masa ini, bukan lebay tapi memang berat. Saat ini kita tak ada lagi status bagi kita. Siswa ga, mahasiswa juga belum. Hemz..pengangguran namun sebentar lagi kita akan mempunyai status. ^_^ Setiap siswa pasti punya cita - cita setelah ini, punya rencana mau melanjutkan ataupun memilih untuk bekerja. Semoga sukses ya kawan.
Setelah hari ini kita akan memasuki hidup baru, inilah hidup yang sesungguhnya yang akan memberikan lebih banyak makna. Yang akan lebih banyak menguji kita. Masa lalu yang kelam jadikan sebagai semangat kita untuk memperbaikinya, jangan terus menatap kebelakang karena masa depan sudah menunggu.

Hemz..hemz..teman makasih ya atas semuanya selama ini. Mulai aku masuk SMA sampai saat ini. Makasih buat temen - temen atas semua yang telah diberikan, terima kasih atas bantuan kalian selama ini.  Maafin Vhe ya jika selama ini Vhe banyak buat salah ma kalian, maafin atas semua kesalahan Vhe yang tak mungkin bisa disebutkan satu persatu. Buat Bapak/ Ibu guru terima kasih atas segala pengajaran yang saat ini, maafin Vita apabila selama ini bandel, atau tidak menaati aturan yang berlaku, kadang berlaku kurang sopan atau ucapan yang tidak berkenan. Maafin Vita ya.. Buat Ayah / Bunda dan semua kerabat maafin Vita ya belum bisa menjadi seperti yang kalian harapkan, belum bisa memberikan yang terbaik namun inilah hasil dati usaha Vita, aku dah berusaha semaksimal mungkin dan memang inilah hasilnya, maaf banget bila masih mengecewakan. Aku tau pasti masih sangat mengecewakan. Namun tolong jangan salahkan Vita ya... makasih atas doa kalian semua. Aku masih membutuhkan kalian...... Buat semua teman - temanku mari kita songsong masa depan.
 
Sebait lagu Mirai E ini semoga menjadikan salah satu spirit kita menyongsong masa depan...

ほら足元を見てごらん、これがあなたの歩む道
Hora ashimoto wo mitegoran, kore ga anata no ayumu michi
Ayo, lihatlah ke arah kaki itu, ini adalah jalanmu nanti
ほら 前を見てごらん、 あれがあなたの未来
Hora mae wo mitegoran, are ga anata no mirai
Ayo, lihatlah ke sana, itu masa depanmu  
来へ向かってゆっくりと歩いて行こう
Mirai he mukatte, yukkurito aruite ikou
Menghadap ke masa depan, perlahan, mari berjalan ke sana 



Sangiran, 16 Mei 2011
©

PERHITUNGAN NILAI SNMPTN

| 0
JAKARTA - Untuk menembus sebuah program studi pada ujian tulis/keterampilan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), kamu perlu nilai cukup, sesuai dengan standar minimal yang ditetapkan panitia. Bagaimana cara hasil ujianmu dihitung?
Keputusan kamu diterima di satu prodi atau tidak tergantung pada rangking nilai ujian tulis/keterampilan SNMPTN-mu dan daya tampung yang dimiliki tiap prodi. Sistem penilaian ini melibatkan pembobotan dan perangkingan dalam tiap tes yang diujikan.

Ujian tulis/keterampilan SNMPTN meliputi tes potensi akademik (TPA), tes bidang studi prediktif (TBSP), dan uji keterampilan. Tiap tes memiliki bobot penilaian berbeda.

TIPS MENGERJAKAN TPA

| 0
HARI pertama ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan mengujikan Tes Potensi Akademik (TPA). Sebagai tes yang mengandalkan kemampuan alamiah peserta, TPA bisa dilatih, meski tidak bisa dihafalkan.

Yuk, simak tips mengerjakan TPA seperti yang dilansir situs snmptn.or.id, Rabu (4/5/2011).

1. Rutin berlatih
Seperti halnya tes bidang studi prediktif (TBSP), kamu juga bisa berlatih soal-soal TPA sesering dan sebanyak mungkin. Latihan akan membuatmu akrab dengan berbagai jenis dan model soal. Kemampuan analisamu juga akan meningkat melalui berbagai latihan tersebut.  

Masa Keindahan Putih - Abu

| 0
MASA KEINDAHAN PUTIH - ABU
( Part 4 : "15-05-10" )

Apa yang terindah saat hari kelahiranmu? Kalau menurutku biasa aja sebab umur kita kan berkurang. Namun ada sesuatu yang membuatku selalu teringat pada waktu sweet 17, aku merasakan hal yang tak biasa. Bukan karena apa - apa sih... Sebenarnya hanya karena aku belum pernah melihat sebelumnya.

Mungkin kalau kalian dapat kado ada suratnya kan, dan pasti itu ucapan. Mungkin lho ya.. Tapi yang terjadi padaku kata pengantar suratnya banyak banget. Setelah aku baca, subhanallah... bukan ucapan melainkan permintaan maaf dan didalam surat itu ada hadist / cerita tentang hukum memberi hadiah.. Pengen tau isi suratnya gimana?? Ya udah baca sendiri aja ya. hehehe.........


Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda:
تَهَادُوْا تَحَابُّوْا
“Saling menghadiahilah kalian niscaya kalian akan saling mencintai.” (HR. Al-Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad no. 594, dihasankan Al-Imam Al-Albani t dalam Irwa`ul Ghalil no. 1601)

Seorang wanita dibolehkan memberi dan menerima hadiah dari laki-laki yang bukan mahramnya, demikian pula sebaliknya, dengan catatan apabila aman dari fitnah2. Hal ini tidaklah bertentangan dengan kisah yang disebutkan dalam Al-Qur`anul Karim tentang Ratu negeri Saba` dengan Nabi Sulaiman q. Dikisahkan, ratu ini berkata kepada kaumnya:


“Dan sesungguhnya aku akan mengirim utusan kepada mereka dengan membawa hadiah dan aku akan menunggu apa yang akan dibawa kembali oleh utusan-utusan itu.” (An-Naml: 35)

Ternyata hadiah dari sang ratu ditolak oleh Nabi Sulaiman 'alaihissalam :

“Maka tatkala utusan itu sampai kepada Sulaiman, Sulaiman berkata, ‘Apakah patut kalian menolong aku dengan harta? Maka apa yang diberikan Allah kepadaku lebih baik daripada apa yang diberikan-Nya kepada kalian, tetapi kalian merasa bangga dengan hadiah kalian’.” (An-Naml: 36)

Nabi Sulaiman 'alaihissalam menolak hadiah Ratu Saba’ karena hadiah tersebut merupakan sogokan agar Nabi Sulaiman 'alaihissalam membiarkan keberadaan kerajaan Ratu Saba’ berikut kebiasaan mereka menyembah matahari.

Al-Imam Al-Qurthubi  berkata, “Nabi  Shallallahu 'alaihi wa sallam  menerima hadiah dan membalasnya, namun beliau tidak menerima sedekah. Demikian pula Nabi Sulaiman dan seluruh para nabi, shalawat Allah atas mereka semuanya. Adapun penolakan Nabi Sulaiman  terhadap hadiah yang diberikan Balqis3 (Ratu Saba`, pent.) karena Balqis menjadikan penerimaan dan penolakan hadiah tersebut sebagai tanda terhadap apa yang ada dalam jiwanya berdasarkan apa yang kita telah sebutkan. Yakni, ia ingin menguji apakah Sulaiman seorang raja ataukah seorang nabi. Karena dalam suratnya Nabi Sulaiman  menyatakan kepada sang ratu:


“Janganlah kalian berlaku sombong terhadapku dan datanglah kalian kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri.” (An-Naml: 31)

Dalam perkara seperti ini tentunya tidak diterima tebusan dan tidak pula hadiah. Sehingga dalam keadaan ini bukanlah sama sekali termasuk bab/pembahasan keharusan menerima hadiah seperti yang ditetapkan oleh syariat. Namun ini merupakan sogokan dan menjual kebenaran dengan kebatilan. Ini adalah sogokan yang tidak halal (sehingga harus ditolak, pent.)….” (Al-Jami’ li Ahkamil Qur`an, 13/132)
Ibnu Abbas  mengabarkan:

أَهْدَتْ خَالَتِي أُمُّ حُفَيْدٍ إِلَى رَسُوْلِ اللهِ  n سَمْنًا وَأَقِطًا وَأَضُبًّا، فَأَكَلَ مِنَ السَّمْنِ وَالْأَقِطِ وَتَرَكَ اْلضَّبَّ تَقَذُّرًا. وَأُكِلَ عَلَى مَائِدَةِ رَسُوْلِ اللهِ n, وَلَوْ كَانَ حَرَامًا مَا أُكِلَ عَلى مَائِدَةِ رَسُوْلِ اللهِ n.
“Bibiku Ummu Hufaid menghadiahkan kepada Rasulullah  Shallallahu 'alaihi wa sallam mentega, keju, dan dhab (sejenis biawak yang hidup di padang pasir, pent.). Maka beliau memakan mentega dan keju serta meninggalkan (tidak memakan) dhab karena tidak suka. Dhab tersebut disantap (dihidangkan dan dimakan oleh yang lain, pent.) di atas tempat hidangan Rasulullah  Shallallahu 'alaihi wa sallam. Seandainya dhab itu haram, niscaya tidak akan disantap di atas tempat hidangan Rasulullah .” (HR. Al-Bukhari no. 2575 dan Muslim no. 5013)

Hadits di atas menunjukkan bolehnya seorang wanita memberikan hadiah kepada laki-laki dan diperkenankannya menerima hadiah tersebut.

Anas bin Malik  berkata:
أُتِيَ النَّبِيُّ n بِلَحْمٍ, فَقِيْلَ: تُصُدِّقَ عَلَى بَرِيْرَةٍ. قَالَ: هُوَ لَهَا صَدَقَةٌ وَلَنَا هَدِيَّةٌ

Didatangkan kepada Nabi  Shallallahu 'alaihi wa sallam daging, lalu dikatakan, “Daging ini disedekahkan untuk Barirah.” Beliau menjawab, “Untuk Barirah ini sedekah, tapi bagi kita ini hadiah.” (HR. Al-Bukhari no. 2577)

Dalam riwayat Muslim (no. 2482) disebutkan:
أَهْدَتْ بَرِيْرَةُ إِلَى النَّبِيِّ n لَحْمًا تُصُدِّقَ بِهِ عَلَيْهَا, فَقَالَ: هُوَ لَهَا صَدَقَةٌ وَلَنَا هَدِيَّةٌ

Barirah menghadiahi Nabi  Shallallahu 'alaihi wa sallam daging yang disedekahkan kepadanya. Maka Nabi mengatakan, “Untuk Barirah ini sedekah, tapi bagi kita ini hadiah.”

Diberitakan oleh Abu Hurairah :
كاَنَ رَسُوْلُ اللهِ n إِذَا أُتِيَ بِطَعَامٍ، سَأَلَ عَنْهُ: أَهَدِيَّةٌ أَمْ صَدَقَةٌ؟ فَإِنْ قِيْلَ: صَدَقَةٌ. قَالَ لِأَصْحَابِهِ: كُلُوْا. وَلَمْ يَأْكُلْ، وَإِنْ قِيْلَ: هَدِيَّةٌ، ضَرَبَ بِيَدِهِ n وَأَكَلَ مَعَهُمْ.
Biasanya Rasulullah n bila dihidangkan makanan, beliau menanyakannya, “Apakah makanan ini hadiah ataukah sedekah?” Bila dijawab, “Sedekah”, beliau mempersilakan kepada para sahabatnya, “Makanlah kalian.” Sementara beliau sendiri tidak memakannya. Bila dijawab, “Hadiah”, beliau dengan segera memakannya bersama para sahabatnya. (HR. Al-Bukhari no. 2576)


Nah, itulah teman - teman isi dalam surat itu dan itu menambah ilmu saya. Thank's ya my friend. Sebenarnya banyak yang terjadi pada sweet 17 namun inilah salah satu yang akan saya ingat karena ini pertama kalinya bukan ucapan melainkan pengajaran. Okey dech semoga bermanfaat ^_^

Sangiran, 16 Mei 2011
©
 
 “To be continue….Insyaallah di Cerita yang lainnya ^_^”

AKU AKAN SANGAT MERINDUKAN KALIAN

| 2
OSIS

GASKINST
Tak terasa besok sudah pengumuman kelulusan, semoga kelas XII di seluruh Indonesia diberikan hasil yang terbaik bagi masing - masing siswa. Amiin... Malam ini malam penantian hasil perjuangan selama berjuang 3 tahun di SMA. Masa - masa penuh kenangan dan cerita. Terbayang - bayang didepan mata mungkin akan tidak bertemu lagi orang - orang seperti yang kita temui di SMA. Tak akan ada lagi mencontek, berbuat ulah, dan seabreg kegiatan lain yang HANYA ADA di SMA. Maihkan kalian nanti akan mengingatku?? Aku akan sangat merindukan kalian nanti. Lama tak berjumpa, berbeda arah dan tujuan, dan mempunyai kehidupan baru masing - masing. Huft...sulit rasanya untuk berpisah dengan kalian namun bagaimana lagi Setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan.....

Hikmah Dibalik Kehilangan

| 2
Kawan, masih pantaskah kita menganggap bahwa semua yang kita miliki saat ini semata-mata merupakan milik kita? Benarkah bahwa harta kita, jabatan kita, mobil kita, rumah kita, perhiasan kita, dan semua kekayaan kita saat ini adalah mutlak milik kita? Kawan, masih pantaskan kita bersedih hati jika itu semua meninggalkan kita?
 
Kawan, tidakah kita sadar bahwa semua yang kita miliki di dunia saat ini hanyalah titipan semata. Kita cuma diberi amanah oleh NYA untuk memanfaatkan itu semua untuk dapat mengabdi padaNYA. Tidak ingatkah kita bahwa harta kita, kekayaan kita saat ini sifatnya semu dan tidak ada yang abadi? Masih pantaskah kita bersedih atas kehilangan itu, padahal itu semua sejatinya bukan milik kita? Masih pantaskah kita menangisi hilangnya kenikmatan itu semua yang diambil oleh pemilik yang sebenarnya? Kawan………..bukankah perbuatan itu perbuatan yang naif? Bukankah itu bentuk penyesalan yang tidak ada gunanya? Bukankah itu semua justru akan makin membawa kita kepada kekufuran?
 

Kelulusan UN SMA 2011 Capai 99,22 Persen

| 0
Jumat, 13 Mei 2011 19:40 WIB


Jakarta (ANTARA News) - Kelulusan peserta Ujian Nasional (UN) SMA/MA Tahun Ajaran 2010/2011 mencapai 99,22 persen atau dari sebanyak 1.461.941 peserta UN SMA/MA jumlah peserta yang lulus sebanyak 1.450.498, sedangkan peserta yang tidak lulus 11.443 peserta atau 0,78 persen.

"Dibandingkan angka kelulusan tahun 2009/2010 ada kenaikan jumlah kelulusan. Angka kelulusan UN tahun lalu gabungan ujian utama dan ujian ulang sebanyak 99,04 persen," kata Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh saat menyampaikan data hasil kelulusan UN dan distribusinya di Jakarta, Jumat.

STAN.......Siapa yang Mau Daftar??

| 1
Update terbaru tentang pelaksanaan USM STAN

  1. Pengumuman pendaftaran USM STAN direncanakan 16 Mei 2011. Jadi mulai tanggal tersebut silahkan akses usm.stan.ac.id
  2. Pendaftaran dimulai tanggal 25 Mei s.d 17 Juni 2011
  3. Pendaftaran dilaksanakan secara E-REGISTRASI (usm.stan.ac.id)
  4. Berkas pendaftaran dikirim ke PO BOX STAN, JKS 12000 --> untuk mengetahui berkas apa saja yang dikirimkan, tunggu saja pengumumannya :)
  5. Peserta yang lolos verifikasi berkas berhak mengikuti tahap selanjutnya (tes tulis).
  6. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran --> jadi teman-teman di sini setelah lolos verifikasi baru membayar biaya pendaftaran. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang membayar dulu baru mengumpulkan berkas-berkasnya.

"Uwalah..mesakke men tha uripmu" :D

| 0
Madiun, 10 Mei 2011.............


Setiap pagi selama liburan kegiatannya yaitu sekolah lagi di Madiun. Ya kaya anak sekolah berangkat jam 07.00 pulangnya ga jamin jam berapa.hehe... Nah, pagi ni semuanya serba cepet" coz dijalan ga disangka ban motorku ada masalah. Ya lumayan di gas pol sih biar ga telat, tapi akhirnya telat juga. Sampai di Neutron, aku langsun masuk ruang 5, yaitu ruang dimana tempat anak IPA R1 (reguler) belajar. Waktu masuk wah dah banyak yang dateng (ya iya lach namanya juga telat). Langsung duduk, ngeluarin buku dan beberapa menit kemudian dering lagu "nano-sebatas mimpi" berbunyi. Lhadala...itu mah HP'ku. Waktu ku cari ternyata HP'nya nyungsep disela - sela buku. Haduwh malu banget, anak" dan pada nyloteh ga karuan (jawane sih nyindir). Terus tentornya bilang "isuk - isuk senengane sing kalem (baca: pagi - pagi kok sukanya yang melow)". Aku hanya sebatas senyum 'n malu juga sih lupa silent HP.

Cinta Maya: Witing Tresno Jalaran Soko Kulino

| 0
Oleh Zahwa az-Zahra

Kamu bilang, "ini cinta". Ah, sepertinya kamu terlalu cepat menyimpulkan, saudariku. Hanya karena kamu kagum pada kepribadiannya: pintar, shalih, bijaksana, memikatmu dengan tulisan-tulisannya, lalu dengan mudah kamu mengatakan bahwa kamu sedang dimabuk asmara. Ya, sepertinya kamu memang benar-benar mabuk. Dan itu tidak baik sebenarnya untuk tubuhnya, terlebih hatimu.

Tidakkah kamu sadar bahwa pengetahuanmu tentangnya hanya secuil? Dia orang asing yang bahkan belum pernah kamu temui. Bagaimana bisa kamu menghadirkan cinta pada si maya? *meski kamu selalu meyakinkanku, "sosoknya ada, meski aku belum pernah menemuinya"* Hmm.. Atau mungkin kamu terjebak pepatah Jawa: witing tresno jalaran soko kulino? Yasudahlah. Aku pun tak berhak menyalahkan fitrahmu. Hanya, jangan kau pupuk cintamu itu. Karena, belum saatnya taman hatimu bersemi oleh cinta semu.

...

Jejaring Sosial made in Indonesia

| 0
 Assalamu'alaykum....
Malam bro 'n sis..hehe.. Pake istilah agak gaul padahal ga gaul.hehe.. Malam - malam gini waktunya istirahat tapi mau share sedikit nich, mau berbagi cerita. It's about social network. Tadi malam ga' sengaja nich lihat acara di TV One "Ketemu Pepeng",  nah disitu saya lihat Yahya, adik kecil yang baru kelas 1 SMP tapi jenius, keren dah. Gimana ga, anak SMP dah bisa buat jejaring sosial asli made in Indonesia. Tujuannya sih biar masyarakat bermigrasi dari facebook yang notabene buatan luar negeri agar berpindah ke buatan anak Indonesia. Hemz..good job bro ^_^ Bangga banget sebagai warga Indonesia melihat generasi muda berbakat. Sebenarnya sih saya ga update banget tentang

Sweet Memory..Sangiran Dam

| 0
Sangiran Dam

With Arek" Pramuka (nostalgia)
Do you know Sangiran? Tapi bukan Sangiran tempat ditemukannya fosil di Jateng itu lo...Ini Sangirannya Jawa Timur. Sangiran ini berupa waduk. Nah, kalau kalian semua berkunjung ke Ngawi pasti yang dikenal Jamus, Tawun, Srambang, Waduk Pondok atau yang lainnya. Tapi, pernahkah kalian mengenal Sangiran? Kalu kalian ngaku dah pernah ke Pondok tapi ga tau Sangiran, haduwh..tak kasih tau saja lah buat semuanya. 
Sangiran sendiri letaknya 1 kecamatan sama waduk Pondok, tapi beda desa. Sangiran terletak di Desa Sumberbening, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi. Kalau dari Kabupaten Ngawi (Alun - Alun Ngawi ) Sangiran bisa ditempuh kurang lebih 45 menit memakai kendaraan bermotor dan jaraknya  sekitar 21 KM. Nah, itu sedikit cerita tentang keberadaan waduk Sangiran. 

"For The Rest Of my Life" versi Indonesia

| 0

Assalamu'alaykum.....
Sahabat, ada yang tau Maher Zein ga?? Pastinya tau donk. Lagunya yang terkenal yaitu InsyaAllah. Nah, kali ini bukan masalah lagu InsyaAllah, tapi lagu yang For The Rest Of my Life. Kalau biasanya Maher Zein menyanyikan lagunya dengan bahasa inggris atau arabic version, ini berbeda lagi karena Maher Zein menyanyikan lagunya versi Indonesia yang bertitle "Sepanjang Hidup" Subhanallah... Tetep keren kok malah kita akan lebih mengetahui maksudnya. Sebelumnya ni lho lirik yang asli atau versi bahasa inggris :

For The Rest Of my Life-Maher Zain

I praise Allah for sending me you my love
You found me home and sail with me
And I`m here with you

Jangan Anggap Remeh Sakit Perut

| 0
Hi guys...Gimana nich kabarnya?? Ni mau bagi" informasi setelah apa yang aku alami beberapa waktu yang lalu. Intinya nich jangan anggap remeh kalau perut kita sakit. Jangan langsung beranggapan "ini sakit perut biasa"  kalau ga gitu ya "mungkin ini hanya maag". Hemz.. ternyata nich prends sakit perut tu ga cuma 1 atau 2 tapi banyak macamnya. Berikut ini ada macam - macam sakit perut dengan penyebab dan solusinya. Semoga membantu yah..Atau mungkin anak IPA yang belajar biologi pastinya malah lebih tau..Let's study together,,,,  ^_^ 


1. MAAG
Gejala: Rasa nyeri di derah uluhati, disertai keluhan lain seperti mual, muntah, perut kembung, cepat kenyang, dan bersendawa -terutama ketika Anda lapar.
Penyebab: Macam-macam. Bisa karena makanan, terutama makanan yang mengandung gas seperti kol, ubi, dan sawi. Atau bisa juga disebabkan minuman seperti kopi, alkohol, dan soda. Selain faktor makanan, maag bisa dihubungan dengan faktor stres, merokok, dan konsumsi obat-obat penghilang rasa sakit termasuk obat rematik.
Solusi: Sebenarnya obat-obatan antimaag yang mengandung antasida cukup untuk mengatasi gejalanya. Antasida ini berfungsi untuk menetralisir asam lambung. Tapi jika rasa sakit itu tidak berkurang, barangkali Anda perlu membuat janji dengan dokter. Jangan lupa, kurangi makanan yang bisa mengganggu kinerja lambung -makanan yang terlalu asam atau terlalu pedas. Dan mulai sekarang, makanlah dengan teratur.

Pernahkah Anda Tindihan Saat Tidur??

| 11

DokterSehat.com – Masyarakat Indonesia yang mengalami kondisi tindihan sebagai anggapan bahwa terjadi karena ulah mahluk halus yang menindih tubuh kita. Anggapan itu ada karena orang yang mengalami tindihan sering melihat bayangan hitam.

Dalam kacamata kesehatan, keadaan ketika orang akan tidur atau bangun tidur kemudian merasa sesak napas seperti dicekik, dada sesak, badan sulit bergerak dan sulit berteriak disebut sleep paralysis alias tidur lumpuh (karena tubuh tak bisa bergerak dan serasa lumpuh). Hampir setiap orang pernah mengalaminya. Setidaknya sekali atau dua kali dalam hidupnya. Tindihan bisa terjadi pada lelaki atau perempuan.

Dan, usia rata-rata orang pertama kali mengalami gangguan tidur ini adalah 14-17 tahun. Sleep paralysis berlangsung dalam hitungan detik, hingga menit. Yang menarik, saat tindihan terjadi, kita sering mengalami halusinasi, seperti melihat sosok atau bayangan hitam di sekitar tempat tidur. Tak heran, fenomena ini pun sering dikaitkan dengan hal mistis.